Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.939 views

Sudahkah Anda Meraih Surga Dunia?

Oleh: Dwi Susanti (Praktisi Pendidikan di Tulungagung)

Setiap orang yang sehat dan cerdas akalnya pasti bercita-cita meraih surga. Dimana surga adalah tempat kembali bagi orang-orang yang sholih dan sholihah sebagai balasan amal perbuatannya di dunia. Namun surga dan neraka akan bisa dirasakan ketika Hari kiamat telah tiba dan penghisaban dilakukan kelak. 

Sehingga kadang-kadang sebagai manusia kita lalai dari persiapan untuk meraih tiket ke surga, artinya punya cita-cita masuk surga tapi amal dan perbuatannya jauh dari kriteria calon penghuni surga.

Disini saya tidak akan membahas tentang surga diakhirat kelak tetapi tentang "Surga Dunia" yang tentunya kita juga ingin meraihnya. Menurut ustad/ustadzah dan buku yang pernah saya baca ada beberapa kriteria bahwa seseorang telah meraih surga dunia. Diantara ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Memiliki Suami atau Istri yang Sholih / Sholihah

Suami atau istri yang sholih memiliki tujuan rumah tangga yang jelas yaitu dalam rangka melestarikan keturunan dan meraih ridho Allah. Keduanya seiya dan sekata dalam menjalankan biduk rumah tangga, saling melengkapi, saling menutupi kekurangan masing-masing. Keduanya seperti sahabat karib yang bisa memberikan nasehat-nasehat, menghibur dikala sedih, dan tertawa bersama dikala suka. Selalu kompak dalam mendidik anak, berharap anak-anaknya kelak menjadi wasilahnya meraih surga Allah. 

Masing-masing memahami hak dan kewajibannya sehingga rumah tangganya tenang dan bersahaja. Sebagai suami sangat paham dengan tugasnya sebagai imam ,pengayom,dan  pencari nafkah keluarga. Begitu juga dengan istri sebagai ibu rumah tangga, menjaga dan mendidik anak-anak, menjaga kehormatan dan harta suaminya. Bila smua hal tersebut  ada pada rumah tanggakita betapa bahagia hidup ini.

 

2. Rumah yang Lapang

Setiap orang yang masih ada di dunia pasti juga berharap memiliki rumah sendiri yang bagus dan nyaman. Rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia, sebagai tempat tinggal, tempat berlindung dan beristirahat. Memiliki rumah yang lapang merupakan salah satu ciri Kita telah meraih surga dunia maka tidak heran jika ada istilah "Baiti Jannatii atau Rumahku Surgaku".Nah yang dimaksud lapang disini ada beda pendapat ada yang memahami lapang secara fisik yaitu rumahnya memang luas dan indah dan ada yang memahami secara non fisik maksudnya meski rumahnya tidak luas tetapi penghuninya merasa betah dan nyaman berada dirumah.Sebaliknya, ada yang punya rumah mewah d lapang tetapi terasa sempit bak berada dilubang semut.

 

3. Kendaraan yang Bagus

Memiliki kendaraan yang bagus memang akan menaikkan prestis dan pamor seseorang.Kaya atau miskin seseorang kadang langsung dinilai dari kendaraan yang dinaikinya. Rasa percaya diri makin mantap jika kendaraan yang dipakai bermerk. Maka memiliki kendaraan yang bagus termasuk salah satu surga dunia.

 

4. Memiliki Tetangga yang Baik

Sebagai mahluk sosial tentu Kita butuh berhubungan dengan sesama manusia, salah satunya dengang tetangga.Menjalin hubungan baik dengan tetangga sangat penting karena ketika Kita menghadapi masalah misal sakit, punya hajat, kemalingan dll, orang yang menolong dan membantu Kita lebih dahulu adalah tetangga. Memiliki tetangga yang baik juga akan membuat Kita merasa aman dan nyaman berada dirumah.

Sebaliknya jika Kita memiliki tetangga yang jahil dan usil maka bisa membuat Kita tidak betah dirumah. Karena itu nabi memerintahkan Kita jika memasak untuk melebihkan kuahnya untuk dibagikan kepada tetangga dekat kita(2 rumah yang pintunya terdekat dari rumah kita. Karena dengan saling memberikan hadiah akan menimbulkan kasih sayang. Supaya tetangga kita baik maka kita harus baik dahulu. Ramah, murah senyum, dan jangan pelit berbagi.

Nah 4 hal ini  jika kita mendapati dalam hidup ini maka seolah-olah teraih sudah surga dunia. Jika belum maka belum terlambat untuk mengupayakannya. Tentunya dengan melakukan ikhtiar yang dibolehkan oleh hukum syara' dan berdoa yang tidak terputus. Tetapi yang perlu diingat jangan sampai untuk mengejar surga dunia kita lalai dari menyiapkan bekal untuk meraih surga akhirat yang lebih kekal dan abadi. Ada ungakapan "Rugi Donyo ra Dadi Ngopo, Rugi Akhirat Bakal Ciloko (merugi di dunia tidak apa-apa, merugi di akhirat bakal celaka). "

Karena itu kita harus seimbangkan antara dunia dan akherat seperti sabda nabi "Bekerjalah Kamu Seakan-akan Hidup Selamanya dan Beribadahlah Kamu Seakan-akan Mati Besok". Semoga kta semua tergolong sebagai ahlu ibadah dan ahlu jannah.. Aamiin ya mujibud du'a. Wallahuaqlamu. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X