Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.423 views

Jangan Persekusi Cadarku

Sahabat Muslimah VOA-Islam...

Berita  larangan mahasisiwi bercadar di UIN Sunan Kalijaga menjadi perbincangan hangat banyak kalangan.  Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi, mengatakan bahwa peningkatan jumlah mahasiswi bercadar yang menjadi puluhan menunjukkan gejala peningkatan radikalisme. 

Bahkan beliau akan memecat dan mengeluarkan mahasiswinya yang tidak mau melepas cadar saat beraktivitas di kampus.

Menanggapi hal ini Sekjen MUI, Anwar Abbas mengatakan, tindakan yang dilakukan pihak rektorat kampus tersebut tidak mempunyai dasar yang kuat.

“Jadi kesimpulan saya, dasar hukum yang digunakan mereka sebagai  alasan yang tidak kuat. Nah kalau seandainya kita berbuat sesuatu yang dasar hukumnya tidak kuat, itu yang akan terjadi kegaduhan," ujarnya.

Demikian pula Wakil ketua  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta memberikan pandangannya bahwasannya “ Pelarangan cadar  di kampus ini sesuatu yang sangat dangkal, karena cadar itu kan hanya simbol-simbol saja.”

Perbincangan tentang cadar menjadi hal yang menarik akhir-akhir ini. Ditengah meningkatnya semangat berhijrah terutama dikalangan kaum muda, para mahasiswi, tidaklah asing lagi banyaknya fenomena muslimah memakai cadar sebagai pelengkap busana muslimahnya. 

Disisi yang lain, adanya kalangan yang menjadikan fenomena cadar sebagai  ‘bahaya’ untuk menunjukkan indikasi adanya gejala peningkatan radikalisme. Benarkah demikian? Bukankah seorang muslimah yang meyakini aqidahnya dan mewujudkan dalam bentuk ketaatannya kepada Sang Khaliq dengan menyempurnakan syariat berpakainnya adalah sebuah keniscayaan?

Ada hal mendasar yang harusnya kita pahami.  Islam dengan kesempurnaan syariatnya tidaklah cukup hanya melaksanakan syahadat,  sholat, puasa, zakat dan haji.  Akan tetapi  dilengkapi pula dengan syariat tentang pakaian, makanan, minuman, cara bermuamalah.  Sehingga mengenakan pakaian bagi seorang muslimah adalah bagian dari keterikatan dia didalam menjalankan syariatnya.

Termasuk ketika mereka mengenakan cadar sebagai penutup wajahnya. Memang terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama tentang hukum mengenakan cadar. Masing-masing pendapat memiliki dasar landasan dalil. Sehingga menjadi hukum syariat bagi mereka yang meyakini dalil yang mendasarinya.

Sehingga pemikiran dan tindakan yang menempatkan fenomena cadar dengan mengkaitkannya dengan gejala radikalisme, tidaklah berdasar, dan sangatlah rapuh. Karena pada hakekatnya muslimah yang mengenakan cadar adalah bentuk  perwujudan ketaatannya kepada Sang Pemberi Hidup, Sang Khaliq yang telah memberikan seperangkat aturan bagi dirinya.

Layakkah kita sebagai manusia, hamba Allah yang memiliki segala keterbatasan dalam berfikir dan bertindak ‘menghakimi’ seseorang yang ingin menjalankan ketaatannya kepada Allah dengan dalih radikalisme ? Siapakah yang berhak menentukan baik dan buruk perbuatan manusia ? Syariat Allah sebagai Sang Khaliq mencipta segala sesuatu, tidak hanya sekedar menciptakan, akan tetapi  Allah juga menyiapkan segala aturan kehidupan dengan nama Syariat Islam.

Untuk memberikan kebaikan kehidupan, menjadikan Rahmatan lil  ‘Alamin bagi kehidupan manusia.  Sehingga standar perbuatan bagi manusia tidaklah terletak pada kemampuan manusia didalam menilai baik-buruk, bahaya, radikal dan lain sebagainya. Cukuplah  Syariat Islam memberikan aturan kehidupan yang terbaik bagi kehidupan manusia.

Sudah seharusnya, sebagai seorang muslim yang memiliki keimanan kepada Allah, terlebih memiliki posisi strategis pada Institusi Pendidikan Islam memberikan fasilitas dan kemudahan sesama muslim untuk menjalankan ketaatan kepada sang Pencipta.  Tidak justru mempermasalahkan hal-hal yang menjadi pilihan kehidupannya.  Agar keberkahan hidup senantiasa terlimpah bagi kita semua. Aamiin. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Ummu Nida’  (Gresik)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X