Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.325 views

Suami dan Istri, Menjadi Sahabat dalam Taat

Oleh : Sari Mariana, drg*

Setiap pasangan yang menikah pasti mengharapkan terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Semua menginginkan kehidupan suami istri yang penuh kebahagiaan.  Namun, tak jarang masalah komunikasi masih menjadi kendala bagi pasangan yang menikah.

Sebagai seorang muslim yang taat akan perintah Allah tentu menjalankan pernikahan tidak dengan pacaran terlebih dahulu. Seringkali baru beberapa bulan kenal kemudian dilangsungkan pernikahan.  Karena kedua belah pihak berasal dari latar belakang yang berbeda, Kebiasaan-kebiasaan yang jauh bertolak belakang membuat masing-masing “kaget” dengan pasangan barunya. Ketika hal ini tidak diimbangi dengan komunikasi yang efektif tidak jarang menimbulkan pertengkaran yang serius.  

Misalkan masalah handuk basah yang ditaruh sembarangan akan bisa mengakibatkan salah paham.  Atau ketika respon pasangan tidak seperti yang diharapkan juga menimbulkan kekecewaan.  Misalkan ketika istri mengeluh dengan setiap hari berkutat dengan pekerjaan rumah tangga kemudian suami hanya mengatakan “ ah itu kan sudah biasaaa..” , bisa-bisa terjadi kekecewaan di salah satu pihak jika tidak bisa memahami bahasa pasangan.

Pasangan suami istri harus meyakini bahwa tujuan pernikahan adalah semata untuk meraih keridhaan Allah. Visi Misi kehidupan keluarga adalah menyatukan perbedaan yang ada untuk meraih tujuan mulia tersebut. Jika ada perbedaan hendaknya dikomunikasikan dengan pasangannya untuk mencari jalan keluar.  Mereka diciptakan oleh Allah sebagai hambaNya untuk menjadi sahabat dalam suka maupun duka. Pergaulan diantara keduanya bukanlah antara atasan dan bawahan tetapi pergaulan yang penuh kedamaian antara suami dan istri.

Allah berfirman dalam  TQS Ar-Rum:21, “Dan diantara tanda-tanda kekuasaannya adalah Dia menjadikan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih sayang.”  

Dalam ayat ini as Sakn adalah ketenteraman atau kedamaian. Suami merasa tenteram kepada istri begitupun sebaliknya. Mereka akan cenderung kepada satu sama lain bukan malah saling menjauh.

...Suami yang bersikap lemah lembut akan mebuat istri taat dan semakin menunjukkan pengabdian kepada keluarganya. Rasulullah SAW adalah contoh terbaik bagaiman Beliau bergaul indah dengan istri-istrinya. Beliau seing bercanda dengan istrinya sehingga membuat mereka tertawa...

Agar persahabatan suami istri bisa teraih maka suami dan istri perlu memahami hak suami kepada istrinya dan hak istri kepada suaminya. Suami adalah pemimpin keluarga. Dia punya kewajiban untuk meberikan nafkah yang makruf kepada keluarganya. Suami juga tidak boleh menampakkan muka masam kepada istrinya tanpa ada kesalahan dari istri. Hendaknya suami bersikap lemah lembut kepada istrinya, tidak bersikap kasar, serta tidak menampakkan kecenderungan kepada wanita lain. Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan

 “ Wanita adalah tulang rusuk yang bengkok jika engkau meluruskannya dengan kasar maka ia akan patah.” (HR. Muslim).

Suami yang bersikap lemah lembut akan mebuat istri taat dan semakin menunjukkan pengabdian kepada keluarganya. Rasulullah SAW adalah contoh terbaik bagaiman Beliau bergaul indah dengan istri-istrinya. Beliau seing bercanda dengan istrinya sehingga membuat mereka tertawa, bahkan pernah mengajak lomba lari dengan istrinya.  Rasulullah ketika selesai shalat isya, beliau kemudianmasuk kerumahnya. Beliau lantas bersenda gurau dengan keluarganya beberapa saat untuk menghibur keluarganya sebelum tidur. Suami juga perlu berhias sebagaimana dia juga menginginkan agar istrinya berhias untuk istrinya.

Kepemimpinan ada di tangan suami juga tidak berarti kepemimpinan yang mendominasi. Kepemimpinan yang dilandasi persahabatan tentu memberikan ruang bagi istri untuk mengemukakan pendapatnya. Suami bisa berdiskusi dengan istrinya walaupun keputusan tetap di tangan suami. Suami juga punya kewajiban dalam mendidik istrinya agar istri menjalankan kewajibannya dengan baik. Suami memberikan keridhaan bagi istri untuk menuntut ilmu dan melakukan aktivitas dakwah kepada sesama wanita dengan seizinnya.

Sementara di pihak istri, maka istri perlu tahu akan kewajibannya kepada suami.  Ia wajib menjaga amanah yang diberikan suami. Istri adalah sebagai ibu dan pengatur urusan rumah tangga. Istri punya kewajiban untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang shalih dan shalihah. Ibu adalah pendidik yang pertama bagi seorang anak . 

Urusan di rumah seperti menyiapkan makanan, melayani suaminya, menjaga harta suami adalah menjadi tanggung jawabnya hanya saja jika pekerjaan itu terlalu banyak dan istri tidak mampu mengerjakan sendiri,  istri boleh meminta kepada suami untuk menyediakan pembantu.  Suami bisa menyediakan pembantu rumah tangga jika memang diperlukan.  Setiap apa yang dikerjakan istri dalam melayani suami dan memperhatikan kebutuhan anak-anaknya bahkan dihargai setara dengan jihadnya para lelaki.  Luar biasa indahnya Islam.

Akhirnya suami wajib berlaku kasih sayang kepada istri begitupun istri wajib bersikap makruf kepada suami.  Sebagai sahabat tentu dia yang paling tahu apa yang dibutuhkan oleh orang terdekatnya itu.  Lalu bagaimana jika hanya salah satu pihak yang memahami kewajiban ini? Maka terbukalah ladang pahala yang besar bagi suami atau istri untuk mengajak pasangannya memahami kewajibannya dan melaksanakannya demi ketaatan kepada Allah.

Suami istri akan bersabar menghadapi ketidaktahuan atau belum pahamnya pasangan akan kewajibannya. Suami dan istri menjadikan proses pernikahan adalah proses bersama untuk menjadi yang lebih baik. Menjadi sahabat terbaik bagi pasangan semata karena Allah.  Menjadi sahabat dalam ketaatan kepadaNya.  Meraih syurga bersama, insha Allah. (rf/voa-islam.com)

*Penulis tinggal di kec. Lowokwaru, Malang.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Bencana Palu adalah Derita Kita Semua. Relawan IDC bekerja sama dengan PDUI menerjunkan relawan, dai motivator dan tim medis....

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Bila cinta Allah sudah melekat, tak ada yang bisa menghalangi amal infak. Wakaf mobil bagi driver gojek motor pun menjadi ringan. Semoga Allah memberkahi dan menggantinya dengan yang lebih baik....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Selasa, 16 Oct 2018 09:21

Maksiat Mengundang Bencana!

Maksiat Mengundang Bencana!

Selasa, 16 Oct 2018 09:14

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

Selasa, 16 Oct 2018 08:40

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Selasa, 16 Oct 2018 05:24

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Selasa, 16 Oct 2018 05:12

 Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Senin, 15 Oct 2018 23:00

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Senin, 15 Oct 2018 22:45

Kehidupan yang Fana

Kehidupan yang Fana

Senin, 15 Oct 2018 22:30

Terobos Bandara, Preman Projo Hadang Dan Persekusi Kedatangan Habib Hanif Alatas Dan Habib Bahar

Terobos Bandara, Preman Projo Hadang Dan Persekusi Kedatangan Habib Hanif Alatas Dan Habib Bahar

Senin, 15 Oct 2018 22:10

Dewan Dakwah Aceh Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Dewan Dakwah Aceh Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Senin, 15 Oct 2018 21:50

Dugaan Phobia dan Fitnah pada Simbol Tauhid dari Sekelompok Santri dan Mahasiswa

Dugaan Phobia dan Fitnah pada Simbol Tauhid dari Sekelompok Santri dan Mahasiswa

Senin, 15 Oct 2018 21:27

HTS Tolak Serahkan Senjata dan Mundur dari Zona Demiliterisasi di Idlib Suriah

HTS Tolak Serahkan Senjata dan Mundur dari Zona Demiliterisasi di Idlib Suriah

Senin, 15 Oct 2018 20:15

Qatar Desak Saudi Ungkap Nasih 4 Warga Mereka yang 'Dihilangkan Paksa' oleh Riyadh

Qatar Desak Saudi Ungkap Nasih 4 Warga Mereka yang 'Dihilangkan Paksa' oleh Riyadh

Senin, 15 Oct 2018 20:05

MUI-Kominfo Ajak Generasi Milenial Bijak Gunakan Gadget

MUI-Kominfo Ajak Generasi Milenial Bijak Gunakan Gadget

Senin, 15 Oct 2018 18:55

Rumah DP Nol Rupiah Terealisasi, Fahira Idris Puji Anies Baswedan

Rumah DP Nol Rupiah Terealisasi, Fahira Idris Puji Anies Baswedan

Senin, 15 Oct 2018 18:48

DPRD Pangandaran Desak Pelaku LGBT Direhabilitasi

DPRD Pangandaran Desak Pelaku LGBT Direhabilitasi

Senin, 15 Oct 2018 18:35

Notaris Muslim Indonesia Terjun ke Wilayah Bencana Palu

Notaris Muslim Indonesia Terjun ke Wilayah Bencana Palu

Senin, 15 Oct 2018 17:50

Pejabat Taliban: AS Setuju Untuk Bahas Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Pejabat Taliban: AS Setuju Untuk Bahas Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Senin, 15 Oct 2018 12:35

Inggris, Prancis dan Jerman Desak Saudi Beri Tanggapan Rinci Atas Hilanngya Jamal Khashoggi

Inggris, Prancis dan Jerman Desak Saudi Beri Tanggapan Rinci Atas Hilanngya Jamal Khashoggi

Senin, 15 Oct 2018 11:18

Jebakan Sekularisme Melalui Media Digital

Jebakan Sekularisme Melalui Media Digital

Senin, 15 Oct 2018 10:59


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X