Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.420 views

Suami dan Istri, Menjadi Sahabat dalam Taat

Oleh : Sari Mariana, drg*

Setiap pasangan yang menikah pasti mengharapkan terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Semua menginginkan kehidupan suami istri yang penuh kebahagiaan.  Namun, tak jarang masalah komunikasi masih menjadi kendala bagi pasangan yang menikah.

Sebagai seorang muslim yang taat akan perintah Allah tentu menjalankan pernikahan tidak dengan pacaran terlebih dahulu. Seringkali baru beberapa bulan kenal kemudian dilangsungkan pernikahan.  Karena kedua belah pihak berasal dari latar belakang yang berbeda, Kebiasaan-kebiasaan yang jauh bertolak belakang membuat masing-masing “kaget” dengan pasangan barunya. Ketika hal ini tidak diimbangi dengan komunikasi yang efektif tidak jarang menimbulkan pertengkaran yang serius.  

Misalkan masalah handuk basah yang ditaruh sembarangan akan bisa mengakibatkan salah paham.  Atau ketika respon pasangan tidak seperti yang diharapkan juga menimbulkan kekecewaan.  Misalkan ketika istri mengeluh dengan setiap hari berkutat dengan pekerjaan rumah tangga kemudian suami hanya mengatakan “ ah itu kan sudah biasaaa..” , bisa-bisa terjadi kekecewaan di salah satu pihak jika tidak bisa memahami bahasa pasangan.

Pasangan suami istri harus meyakini bahwa tujuan pernikahan adalah semata untuk meraih keridhaan Allah. Visi Misi kehidupan keluarga adalah menyatukan perbedaan yang ada untuk meraih tujuan mulia tersebut. Jika ada perbedaan hendaknya dikomunikasikan dengan pasangannya untuk mencari jalan keluar.  Mereka diciptakan oleh Allah sebagai hambaNya untuk menjadi sahabat dalam suka maupun duka. Pergaulan diantara keduanya bukanlah antara atasan dan bawahan tetapi pergaulan yang penuh kedamaian antara suami dan istri.

Allah berfirman dalam  TQS Ar-Rum:21, “Dan diantara tanda-tanda kekuasaannya adalah Dia menjadikan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih sayang.”  

Dalam ayat ini as Sakn adalah ketenteraman atau kedamaian. Suami merasa tenteram kepada istri begitupun sebaliknya. Mereka akan cenderung kepada satu sama lain bukan malah saling menjauh.

...Suami yang bersikap lemah lembut akan mebuat istri taat dan semakin menunjukkan pengabdian kepada keluarganya. Rasulullah SAW adalah contoh terbaik bagaiman Beliau bergaul indah dengan istri-istrinya. Beliau seing bercanda dengan istrinya sehingga membuat mereka tertawa...

Agar persahabatan suami istri bisa teraih maka suami dan istri perlu memahami hak suami kepada istrinya dan hak istri kepada suaminya. Suami adalah pemimpin keluarga. Dia punya kewajiban untuk meberikan nafkah yang makruf kepada keluarganya. Suami juga tidak boleh menampakkan muka masam kepada istrinya tanpa ada kesalahan dari istri. Hendaknya suami bersikap lemah lembut kepada istrinya, tidak bersikap kasar, serta tidak menampakkan kecenderungan kepada wanita lain. Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan

 “ Wanita adalah tulang rusuk yang bengkok jika engkau meluruskannya dengan kasar maka ia akan patah.” (HR. Muslim).

Suami yang bersikap lemah lembut akan mebuat istri taat dan semakin menunjukkan pengabdian kepada keluarganya. Rasulullah SAW adalah contoh terbaik bagaiman Beliau bergaul indah dengan istri-istrinya. Beliau seing bercanda dengan istrinya sehingga membuat mereka tertawa, bahkan pernah mengajak lomba lari dengan istrinya.  Rasulullah ketika selesai shalat isya, beliau kemudianmasuk kerumahnya. Beliau lantas bersenda gurau dengan keluarganya beberapa saat untuk menghibur keluarganya sebelum tidur. Suami juga perlu berhias sebagaimana dia juga menginginkan agar istrinya berhias untuk istrinya.

Kepemimpinan ada di tangan suami juga tidak berarti kepemimpinan yang mendominasi. Kepemimpinan yang dilandasi persahabatan tentu memberikan ruang bagi istri untuk mengemukakan pendapatnya. Suami bisa berdiskusi dengan istrinya walaupun keputusan tetap di tangan suami. Suami juga punya kewajiban dalam mendidik istrinya agar istri menjalankan kewajibannya dengan baik. Suami memberikan keridhaan bagi istri untuk menuntut ilmu dan melakukan aktivitas dakwah kepada sesama wanita dengan seizinnya.

Sementara di pihak istri, maka istri perlu tahu akan kewajibannya kepada suami.  Ia wajib menjaga amanah yang diberikan suami. Istri adalah sebagai ibu dan pengatur urusan rumah tangga. Istri punya kewajiban untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang shalih dan shalihah. Ibu adalah pendidik yang pertama bagi seorang anak . 

Urusan di rumah seperti menyiapkan makanan, melayani suaminya, menjaga harta suami adalah menjadi tanggung jawabnya hanya saja jika pekerjaan itu terlalu banyak dan istri tidak mampu mengerjakan sendiri,  istri boleh meminta kepada suami untuk menyediakan pembantu.  Suami bisa menyediakan pembantu rumah tangga jika memang diperlukan.  Setiap apa yang dikerjakan istri dalam melayani suami dan memperhatikan kebutuhan anak-anaknya bahkan dihargai setara dengan jihadnya para lelaki.  Luar biasa indahnya Islam.

Akhirnya suami wajib berlaku kasih sayang kepada istri begitupun istri wajib bersikap makruf kepada suami.  Sebagai sahabat tentu dia yang paling tahu apa yang dibutuhkan oleh orang terdekatnya itu.  Lalu bagaimana jika hanya salah satu pihak yang memahami kewajiban ini? Maka terbukalah ladang pahala yang besar bagi suami atau istri untuk mengajak pasangannya memahami kewajibannya dan melaksanakannya demi ketaatan kepada Allah.

Suami istri akan bersabar menghadapi ketidaktahuan atau belum pahamnya pasangan akan kewajibannya. Suami dan istri menjadikan proses pernikahan adalah proses bersama untuk menjadi yang lebih baik. Menjadi sahabat terbaik bagi pasangan semata karena Allah.  Menjadi sahabat dalam ketaatan kepadaNya.  Meraih syurga bersama, insha Allah. (rf/voa-islam.com)

*Penulis tinggal di kec. Lowokwaru, Malang.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Di usia senja, Bu Janih bersama 5 anak yatimnya tinggal di rumah rombeng yang kumuh, lapuk dan sering roboh. Upah sebagai buruh cuci serabutan pun tak menentu sehingga tidak bisa memasak nasi...

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Sudah 23 hari tangan Ramdani remuk dalam insiden tabrak lari. Ia harus segera dioperasi supaya patahan tulang tidak berantakan dan dagingnya tidak membusuk. Butuh dana puluhan juta untuk operasi....

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Ratusan murid SD Islam Cikal Cendekia Pinang Tangerang Banten antusias mengumpulkan barang-barang yang tidak terpakai, untuk disedekahkan kepada yatim dan dhuafa....

Latest News
Bertemu di Turki, Anies Diminta Erdogan Shalat Jumat Disampingnya

Bertemu di Turki, Anies Diminta Erdogan Shalat Jumat Disampingnya

Sabtu, 21 Apr 2018 06:22

Kesetaraan Utopis Kaum Feminis

Kesetaraan Utopis Kaum Feminis

Jum'at, 20 Apr 2018 23:36

Dosen Asing Diberi Gaji Fantastis, Pemerintah Diminta Juga Tingkatkan Kesejahteraan Dosen Lokal

Dosen Asing Diberi Gaji Fantastis, Pemerintah Diminta Juga Tingkatkan Kesejahteraan Dosen Lokal

Jum'at, 20 Apr 2018 22:25

Protes Kekesaran Zionis di Gaza, Aktris Hollywood Ini Tolak Hadiri Undangan Festival di Israel

Protes Kekesaran Zionis di Gaza, Aktris Hollywood Ini Tolak Hadiri Undangan Festival di Israel

Jum'at, 20 Apr 2018 22:15

Besok, Amien Rais Hadiri Silaturrahmi Jawara Ulama di Bekasi

Besok, Amien Rais Hadiri Silaturrahmi Jawara Ulama di Bekasi

Jum'at, 20 Apr 2018 21:37

Aktivis: Islamic State (IS) dan Pasukan SDF Lakukan Pertukaran Tahanan di Deir Al-Zor

Aktivis: Islamic State (IS) dan Pasukan SDF Lakukan Pertukaran Tahanan di Deir Al-Zor

Jum'at, 20 Apr 2018 21:30

Israel Jatuhkan Selebaran di Gaza Peringatkan Warga Palestina Agar Jauhi Pagar Perbatasan

Israel Jatuhkan Selebaran di Gaza Peringatkan Warga Palestina Agar Jauhi Pagar Perbatasan

Jum'at, 20 Apr 2018 21:15

Sambut Ramadhan dengan Mengikuti Training Al Quran Bersanad Bersama Syaikh Abdullah Syajaroh

Sambut Ramadhan dengan Mengikuti Training Al Quran Bersanad Bersama Syaikh Abdullah Syajaroh

Jum'at, 20 Apr 2018 21:13

Perusahaan UEA akan Buka 600 Layar Bioskop di Arab Saudi

Perusahaan UEA akan Buka 600 Layar Bioskop di Arab Saudi

Jum'at, 20 Apr 2018 21:00

Puluhan Tewas dalam Bentrokan antara Pemberontak Houtsi dan Pasukan Pro-Pemerintah Yaman di Taiz

Puluhan Tewas dalam Bentrokan antara Pemberontak Houtsi dan Pasukan Pro-Pemerintah Yaman di Taiz

Jum'at, 20 Apr 2018 20:45

Pentagon: Seorang Warga Jerman Terkait Serangan 9/11 Ditangkap Pasukan Kurdi di Suriah

Pentagon: Seorang Warga Jerman Terkait Serangan 9/11 Ditangkap Pasukan Kurdi di Suriah

Jum'at, 20 Apr 2018 14:45

Aktivis Mesir Ungkap Sejarah Panjang Kerjasama Militer Assad-Barat

Aktivis Mesir Ungkap Sejarah Panjang Kerjasama Militer Assad-Barat

Jum'at, 20 Apr 2018 14:04

Konsep Kepemilikan Syariah Ditawarkan di Pameran Otomotif

Konsep Kepemilikan Syariah Ditawarkan di Pameran Otomotif

Jum'at, 20 Apr 2018 11:11

Sekjen Kemenag Ungkap Cara Tepat Sinergi Bangun Zakat

Sekjen Kemenag Ungkap Cara Tepat Sinergi Bangun Zakat

Jum'at, 20 Apr 2018 11:07

Kartini, Tak Sekadar Kebaya dan Konde

Kartini, Tak Sekadar Kebaya dan Konde

Jum'at, 20 Apr 2018 10:37

Hardiknas, Mendikbud Gelar Nonton Film Dilan; Netizen: Emang Ga Ada Film Lain?

Hardiknas, Mendikbud Gelar Nonton Film Dilan; Netizen: Emang Ga Ada Film Lain?

Jum'at, 20 Apr 2018 09:36

Kurma Palmfruit, Terkenal Murah dan Enak asal Tunisia, ini 20 Khasiatnya

Kurma Palmfruit, Terkenal Murah dan Enak asal Tunisia, ini 20 Khasiatnya

Jum'at, 20 Apr 2018 09:26

Israel Kembali Tutup Media Palestina

Israel Kembali Tutup Media Palestina

Jum'at, 20 Apr 2018 08:58

Menlu Turki Sebut Sentimen Anti-Muslim di Barat Meningkat dengan Cepat

Menlu Turki Sebut Sentimen Anti-Muslim di Barat Meningkat dengan Cepat

Jum'at, 20 Apr 2018 08:52

Fraksi Kiri Pejuang Palestina Tolak Hadiri Pertemuan Dewan Nasional Palestina

Fraksi Kiri Pejuang Palestina Tolak Hadiri Pertemuan Dewan Nasional Palestina

Jum'at, 20 Apr 2018 08:43


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X