Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.800 views

Agar Rumah Ramah Muslimah

Oleh: Puspita Satyawati 

(Pegiat Revowriter, Founder Majelis Qonitaat Yogyakarta)

Baiti jannati, tentu dambaan setiap insan. Rumah yang tak hanya memancarkan pesona keindahan dan nuansa ketenangan. Juga mendukung bagi sang penghuni menjalankan sekian ketaatan kepada Allah SWT di dalamnya.

Pun memberikan perlindungan fisik dan psikis khususnya bagi penghuni wanita ( Muslimah ). Bagi wanita, rumah laksana istana. Menjadi tempat mendapatkan rasa nyaman termasuk bebas mengenakan pakaian keseharian tanpa menutup aurat.

Sebuah kaedah syara’ menyatakan al ashlu fil mar’ah innahaa ummun wa robbatul bait ( fungsi asal wanita adalah sebagai ibu dan pengatur rumah tangga ) karena wanita adalah kehormatan yang harus dijaga. Peran strategis ini akan terlaksana optimal dalam sebuah rumah yang ramah terhadap Muslimah.

 

Adab Bertamu di Rumah Orang Lain

Begitu besarnya perlindungan Islam terhadap kehormatan wanita hingga menetapkan kehidupan  di dalam rumahnya berada dalam kontrol dan wewenang penuh dirinya sebagai pemilik rumah. Syariat Islam telah memberikan tata kelola dalam menjadikan rumah ramah muslimah. Untuk menjaga penghuni rumah dari orang yang berada di luar rumah, Islam memberikan pengaturan antara lain :

  1. Melarang siapapun memasuki rumah tanpa izin penghuni rumah.

Allah SWT berfirman : “Hai orang – orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu ( selalu ) ingat.” ( Terjemahan Q.S. An Nuur : 27 )

Siapapun yang masuk rumah orang lain tanpa izin penghuninya dianggap liar. Jika sembarang orang dibiarkan masuk tanpa izin, tentu Muslimah di dalam rumah tersebut merasa tidak nyaman. Permohonan izin ini sekaligus menjadi semacam isyarat bagi wanita agar mengenakan pakaian penutup aurat jika menemui tamu pria bukan mahram.

  1. Batas meminta izin sebanyak tiga kali.

Mengenai Q.S. An Nuur ayat 27, Imam Al Qurthubi menjelaskan bahwa meminta izin itu tiga kali. Sebab jika seseorng mengatakan suatu perkataan sebanyak tiga kali maka biasanya perkataan itu akan dapat didengar dan dipahami.

  1. Tidak boleh menjawab dengan kata “aku” sebab mengakibatkan pemilik rumah tidak mengetahui pasti siapa tamunya.

Al Khatib menuturkan dalam kitab Jami’ dari Ali bin Ashim Al Washiti, dia berkata, “Aku datang ke Bashrah lalu mendatangi rumah Syu’bah dan mengetuk pintu rumahnya. Dia bertanya, “Siapa itu ?” Aku menjawab, “Aku !” Dia berkata, “Wahai tuan, aku tidak punya teman yang bernama aku.” Dia kemudian menemuiku dan berkata,”Muhammad bin Al Munkadir menceritakan kepadaku dari Jabir bin Abdullah, dia berkata,”Aku pernah mendatangi Nabi SAW karena keperluanku kemudian mengetuk pintu rumah beliau. Beliau bertanya, “Siapa itu ?” Aku menjawab, “Aku !” Beliau bersabda, “Aku. Aku !” seolah beliau tidak menyukai perkataan itu.” 

  1. Larangan melayangkan pandangan ke dalam / seisi rumah tanpa izin.

Imam ath-Thabrani telah meriwayatkan sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Siapa saja yang memasukkan pandangannya ke dalam rumah orang lain tanpa seizin penghuninya, berarti ia telah menghancurkan rumah itu.”

  1. Larangan bagi peminta izin masuk ke dalam rumah jika tidak menjumpai seorang pun di dalamnya sampai ada izin untuknya.

Allah SWT berfirman : “Jika kamu tidak menemui seorangpun di dalamnya maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu, ‘Kembali ( saja ) lah’, maka hendaklah kamu kembali. Itu lebih bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” ( Terjemahan Q.S. An Nuur : 28 )

Imam Al Qurthubi menjelaskan bahwa tidak boleh memasuki rumah yang tidak diberikan izin oleh pemiliknya, sekalipun pintu rumah tersebut terbuka atau tertutup. Karena agama telah menutup pintunya dengan larangan masuk hingga pintu dibuka oleh izin pemiliknya.

  1. Jika penghuni rumah memintanya kembali maka harus kembali dan tidak boleh memaksa agar dibukakan pintu ( Q.S. An Nuur : 28 ).

Dengan kata lain, tidak boleh seorang tamu terus mendesak meminta izin atau memaksa agar dibukakan pintu. Tidak boleh pula berdiri seraya menunggu – nunggu di depan pintu.

 

Adab Pergaulan di Dalam Rumah

Bagi seorang Mukmin, rumah bukan sekedar tempat beristirahat atau melepas lelah tetapi juga tempat melakukan tarbiyah kehidupan beragama. Bahkan hari ini rumah merupakan benteng terakhir pertahanan kaum Muslimin dari berbagai pengaruh luar yang merusak. Islam memberikan pengaturan bagaimana anggota keluarga bergaul di dalam rumah. Salah satu aturannya adalah firman Allah SWT :

Hai orang – orang yang beriman, hendaklah budak – budak yang kamu miliki dan orang – orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali ( dalam satu hari ) yaitu : sebelum sholat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian ( luar ) mu di tengah hari dan sesudah sholat Isya’. Itulah tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak ( pula ) atas mereka selain dari ( tiga waktu ) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu ( ada keperluan ) kepada sebagian ( yang lain ). Demikianlah Allah menjelaskan ayat – ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” ( Terjemahan Q.S. An Nuur : 58 )

Ayat ini mengajarkan kepada Mukmin agar bersopan santun di dalam rumah tangganya sendiri. Jangan sampai di antara anggota keluarga justru bergaul bebas seperti menampakkan atau memandang anggota tubuh lebih dari batas aurat yang diperbolehkan, dll.

Demi menjaga kehormatan ayah bunda dan anggota rumah lainnya, ada tiga waktu yang diharuskan meminta izin termasuk bagi hamba sahaya dan anak belum baligh jika hendak menemui tuan dan nyonya rumah, yaitu sebelum sholat Subuh, menjelang Dzuhur, dan setelah sholat Isya’.

Tiga waktu ini disebut waktu aurat karena mereka ingin beristirahat dengan berganti pakaian yang dianggap paling nyaman dan sangat memungkinkan akan terlihat auratnya. Hal ini sekaligus mengajarkan kepada anak – anak agar menghargai waktu istirahat ayah bundanya dan menjaga kehormatan orang tua.

Maa syaa Allah, begitu sempurna dan detilnya syariat Islam mengatur kehidupan manusia khususnya dalam mewujudkan rumah ramah Muslimah. Tempat Muslimah merasakan rasa aman dan nyaman sehingga maksimal dalam melaksanakan tugas keseharian. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Tanggap Bencana: Relawan IDC, Dai Motivator dan Tim Medis PDUI Bertolak ke Palu. Ayo Bantu.!!

Bencana Palu adalah Derita Kita Semua. Relawan IDC bekerja sama dengan PDUI menerjunkan relawan, dai motivator dan tim medis....

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Masya Allah..!!! Driver Gojek Motor Wakafkan Mobil Dakwah kepada IDC

Bila cinta Allah sudah melekat, tak ada yang bisa menghalangi amal infak. Wakaf mobil bagi driver gojek motor pun menjadi ringan. Semoga Allah memberkahi dan menggantinya dengan yang lebih baik....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Lakukan 6 Hal Ini agar Jin Tidak Menggangu Kaum Perempuan

Lakukan 6 Hal Ini agar Jin Tidak Menggangu Kaum Perempuan

Selasa, 16 Oct 2018 22:59

Arus LGBT di Era Digital, Kaum Millenial Terancam Punah?

Arus LGBT di Era Digital, Kaum Millenial Terancam Punah?

Selasa, 16 Oct 2018 22:36

Bahaya Laten LGBT dan Solusinya

Bahaya Laten LGBT dan Solusinya

Selasa, 16 Oct 2018 22:14

Mengapa Delima Disebutkan dalam Al-Quran?

Mengapa Delima Disebutkan dalam Al-Quran?

Selasa, 16 Oct 2018 21:50

Facebook Ungkap 29 Juta Data Pengguna Diakses Hacker

Facebook Ungkap 29 Juta Data Pengguna Diakses Hacker

Selasa, 16 Oct 2018 21:45

Jaisyul Al-Adl Culik Sedikitnya 10 Pasukan Keamanan Iran di Perbatasan Pakistan

Jaisyul Al-Adl Culik Sedikitnya 10 Pasukan Keamanan Iran di Perbatasan Pakistan

Selasa, 16 Oct 2018 21:45

Kesulitan Air, ASN Kota Bandung Laksanakan Shalat Istisqo

Kesulitan Air, ASN Kota Bandung Laksanakan Shalat Istisqo

Selasa, 16 Oct 2018 21:24

Riyal Saudi Jatuh ke Level Terendah Sejak 2016 Menyusul Kasus Hilangnya Jamal Khasoggi

Riyal Saudi Jatuh ke Level Terendah Sejak 2016 Menyusul Kasus Hilangnya Jamal Khasoggi

Selasa, 16 Oct 2018 20:45

Laporan: Militer Myanmar Gunakan Akun Facebook Palsu untuk Targetkan Muslim Rohingya

Laporan: Militer Myanmar Gunakan Akun Facebook Palsu untuk Targetkan Muslim Rohingya

Selasa, 16 Oct 2018 20:30

(Video) Ini Tanggapan Dani Anwar Tentang Garbi

(Video) Ini Tanggapan Dani Anwar Tentang Garbi

Selasa, 16 Oct 2018 19:21

Satu Tahun Anies Pimpin DKI, Politisi: Hidup Rakyat Miskin Terlindungi

Satu Tahun Anies Pimpin DKI, Politisi: Hidup Rakyat Miskin Terlindungi

Selasa, 16 Oct 2018 17:45

Pesan Mantan Jubir Presiden ke Indonesialeaks

Pesan Mantan Jubir Presiden ke Indonesialeaks

Selasa, 16 Oct 2018 15:45

Australia Pertimbangkan Mengakui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Australia Pertimbangkan Mengakui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Selasa, 16 Oct 2018 13:45

Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Jelang Muktamar, Pengurus Wilayah dan Daerah Pemuda Muhammadiyah Disatroni Polisi

Selasa, 16 Oct 2018 09:21

Maksiat Mengundang Bencana!

Maksiat Mengundang Bencana!

Selasa, 16 Oct 2018 09:14

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

[VIDEO] FPI Evakuasi Jenazah Kristiani Korban Gempa-Tsunami Palu

Selasa, 16 Oct 2018 08:40

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Acara Berbau LGBT di Magelang Digagalkan FPI

Selasa, 16 Oct 2018 05:24

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Duka Rakyat Palu Masih Pilu

Selasa, 16 Oct 2018 05:12

 Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Kebangkitan Ideologi dan Penerapannya

Senin, 15 Oct 2018 23:00

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Penanganan Pasca Bencana yang Carut Marut, Bukti Pemerintah Gagal

Senin, 15 Oct 2018 22:45


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X