Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.507 views

Bekali Liburan dengan 7 Tips Ini agar Barakah

Oleh: Priani, S.Pd* 
 
 
Asyik liburan. Banyak orang bersuka cita. Baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua, tak terkecuali para bunda. Pasalnya liburan membawa suasana berbeda. Biasanya sibuk dengan rutinitas sehari-hari, jadi berubah ada waktu luang untuk beraktivitas yang lainnya. 
 
Wajar manusia senang dengan liburan. Karena memang secara fitrah manusia butuh refreshing diri agar tidak jenuh dan siap menjalankan aktivitas selanjutnya. Allah berfirman,“(Tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah.” (QS.Ar-Rum:30). 
 
Okay Bunda, yang perlu diingat adalah liburan bukan untuk bermalas-malasan, berfoya-foya maupun beraktivitas yang tidak diridhai Allah. Mengisi liburan pun harus tetap dalam rambu-rambu Syariat Islam. Oleh karena itu, butuh merencanakan agenda liburan agar waktu luang tidak terbuang sia-sia. Yuk Bunda, kita simak beberapa tips agar liburan barokah:
 
Pertama, buat agenda bersifat edukatif. Tujuan agenda ini memperbaiki kekurangan maupun mempersiapkan target  ke depan. Untuk menentukan jenis kegiatannnya, hendaknya introspeksi diri. Apa yang kurang pada diri dan ingin meraih target apa. Misalnya prestasi tahsin Alquran masih kurang dan ingin bisa membaca Alquran dengan baik. Maka, jenis kegiatan liburan dengan mengikuti tahsin Alquran bisa privat maupun mengikuti supercamp Alquran. Maih banyak lagi kegiatan yang bersifat edukatif misalnya mengunjungi perpustakaan, membaca buku di taman, menghafal Alquran, membuat lomba berkisah para Nabi, dan lain sebagainya.
 
Kedua, agendakan untuk mempererat silaturahim maupun silah ukhuwah. Silaturahim dengan mengunjungi saudara sekandung. Memperkuat silah ukhuwah dengan mengunjungi sanak keluarga, teman sejawat, maupun safari ke tokoh-tokoh masyarakat. Kegiatan ini penting untuk meningkatkan rasa persaudaraan setelah lama tidak berjumpa.
 
Ketiga, berlibur untuk meningkatkan rasa peduli. Salah satunya adalah kegiatan sosial yaitu dengan berkunjung ke panti asuhan. Sebelum berkunjung ajak anak memilih dan memilah pakaian yang layak pakai dari lemarinya. Bisa juga mengambil uang tabungan untuk disumbangkan ke panti asuhan maupu kepada faqir miskin.
 
Keempat, liburan juga bisa digunakan untuk menjalankan hobi, seperti olahraga, berenang, berkuda, berkebun, berkemah, memasak, maupun yang lainnya. Libatkan anggota keluarga agar kegiatan lebih bermakna. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan tersebut.
 
Kelima, bisa juga liburan dengan berkunjung ke tempat wisata. Tentunya sesuaikan dengan budget yang ada. Wisata tidak harus jauh dan mahal, yang penting aman dari kemaksiatan. Saat wisata usahakan fokus pada tujuan agar acara berjalan dengan baik. 
 
Keenam, sebelum berlibur, usahakan tugas rumah maupun sekolah sudah selesai. Agar pikiran tidak terganggu dengan tugas yang ada. 
 
Ketujuh, hal yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan. Lihat kondisi diri dan anggota keluarga. Karena tujuan liburan adalah untuk mempersiapkan tubuh agar siap menjalankan aktivitas dengan lebih semangat setelahnya. Jangan sampai liburan usai yang ada malah badan capek semua.
 
Selamat berlibur. Rencanakan liburan dengan baik. Isi liburan dengan aktivitas yang diridhai Allah Swt. Semoga liburan kali ini barokah. Wallahu A’lam.
 
*Penulis adalah Kepala Taman Tahfizh Anak Usia Dini Al Hanif.
 
Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X