Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.883 views

Dear PSI, Jangan Pusingkan Kami yang Berpoligami

Oleh:

Helmiyatul Hidayati, Blogger profesional dan praktisi poligami

 

TIDAK biasanya, poligami menjadi perbincangan panas bukan karena AA Gym, Opick dan Ustaz Arifin Ilham. Kali ini oleh sebuah partai baru lahir bernama Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Adalah Grace Natalie, ketua umum partai tersebut yang memberi pernyataan tidak akan mendukung poligami.

Bila ini adalah pernyataan pribadi seorang Non-Muslim, bisa kita pahami bahwa ada faktor ‘ketidakmengertian’ pada diri orang tersebut. Mungkin, ini perbedaan pemahaman, sudut pandang dan memberikan kita pelajaran agar tidak mudah berkomentar terhadap urusan dapur yang bahkan kita tidak tahu dimana letaknya, apa isinya serta aktivitas apa saja yang terjadi di sana (dibaca: poligami dalam Islam). 

Rakyat Indonesia tidak asing dengan kata poligami. Ini adalah sebuah konsep keluarga di dalam Islam dimana seorang suami boleh memiliki istri maximal 4 (empat) wanita. Hukum poligami adalah mubah, status hukum ini berarti boleh dilakukan, boleh juga tidak dilakukan. Tidak ada konsekuensi pahala atau dosa terhadap aktivitas yang dihukumi mubah. Dengan kata lain, ini adalah pilihan

(Catatan: Ulama lain ada yang berpendapat sunnah, namun tidak ada ulama yang mengharamkan poligami). 

Bahkan kita pun tidak akan menampik, bahwa RA. Kartini yang sampai detik ini kita anggap sebagai pahlawan emansipasi wanita di Indonesia adalah seorang praktisi poligami juga. Prestasinya yang gemilang telah membuktikan bahwa poligami tidak menghambatnya. 

Poligami juga bukan hal baru. Jauh sebelum Islam datang, sudah biasa bagi lelaki untuk memiliki lebih dari 1 (satu) istri. Karena tidak jelasnya aturan, umumnya para wanita pun tersakiti, anak-anak terlantarkan. Tidak ada definisi adil yang tepat, tidak ada standar hak dan kewajiban antara suami dan istri. Hal ini pun menyebabkan “branding” lelaki beristri lebih dari satu menjadi buruk dari masa ke masa.

Media pun memberi banyak pengaruh bagaimana pandangan buruk tentang poligami sukses terbentuk hampir di setiap benak wanita. Drama-drama yang paling banyak dilihat adalah drama-drama yang menggambarkan bahwa cinta atau kesetiaan itu hanyalah pada satu pasangan saja. Bahkan seringkali kita jumpai cinta ‘sehidup-semati’. Juga isu timpang mengenai kesetaraan gender yang digembosi oleh kaum feminisme menambah citra buruk poligami.

Di sinilah kami rasa letak perbedaan pemahaman tentang cinta. Di dalam Islam, cinta sejati adalah kepada Ya Rabbi yang satu. Cinta ini memiliki konsekuensi untuk taat, tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Termasuk segala syariat yang datangnya dari Allah SWT, dimana salah satunya adalah poligami. 

Karena itu dikatakan di dalam Islam bahwa menikah adalah ibadah. Seperti yang kita tahu bahwa bila sesuatu bernama ibadah maka ada hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Bila dalam pernikahan seorang wanita mengharapkan kemudahan dunia, misalkan perbaikan ekonomi, perbaikan keturunan atau perhatian, maka saat semua itu tak di dapat, wanita pun akan merasa ditelantarkan. Untuk mencegah semua hal itu, maka Islam pun memberikan peraturan, ditetapkannya hak dan kewajiban bagi suami dan istri. Bila masih terjadi kemudharatan, itu terjadi karena ada pelanggaran peraturan, bukan karena poligaminya. 

Seringkali, banyak orang dan mungkin termasuk kader PSI mengganggap bahwa pernikahan kedua dst seorang suami dengan selingkuhannya disebut poligami. Jelas, rumah tangga yang dimulai dengan cara seperti ini akan sulit atau bahkan tidak akan mampu mencapai sakinah. Padahal Islam telah mengatur dengan ketat pergaulan pria dan wanita. Juga syariat mengenai pernikahan.

Bertambahnya istri seorang suami, tidak lantas membuat hak dan kewajibannya menjadi berkurang dan memiliki tingkat prioritas. Misalnya istri pertama dianggap istri utama dan diprioritaskan dalam segala hal atau sebaliknya. Semuanya berhak mendapat perlakuan yang ma’ruf dari suaminya dan berhak atas nafkah sesuai kebutuhannya. Bahkan seorang suami dilarang menunjukkan kecenderungannya di depan istri yang lain atau di depan umum untuk menjaga perasaan. Sebuah hadits menyatakan, “Barang siapa yang memiliki dua istri dan ia lebih cenderung terhadap salah satu daripada yang lainnya, pada hari Kiamat, ia akan menyeret salah satu dari kakinya yang jatuh atau bengkok.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya). 

Memang benar tidak mengapa seorang suami menikah lagi tanpa seizin istri pertamanya, namun tidak pernah Rasulullah atau para sahabat mencontohkan untuk menyembunyikan istri yang baru dinikahinya. Mereka juga memiliki hak untuk dikabarkan dan diterima di keluarga selayaknya istri pertama. Dan ini merupakan tugas suami memberikan pemahaman. 

Kurang tepat pula pernyataan yang mengatakan, “tidak ada wanita yang mau dimadu” karena kenyataannya terkadang banyak pula istri pertama yang mau terlibat secara sukarela dalam proses pernikahan kedua suaminya, dari mencarikan calon, melamar hingga mendampingi ke pernikahan. Seperti kakak madu dari penulis artikel ini. 

Rumah tangga apapun, baik monogami maupun poligami pasti akan menghadapi masalah. Bahkan di beberapa daerah, yang menjadi faktor perceraian paling besar bukanlah poligami. Misalnya di daerah Karawang, pada semester pertama tahun 2018 saja, media sosial menjadi faktor utama perceraian (idntimes.com). 

Di Cianjur Jawa Barat, pengadilan agama mencatat ada 6.000 perkara perceraian yang masuk. Jumlah sebanyak itu hanya terjadi dalam kurun waktu dari Januari hingga Juli saja. Penyebabnya adalah faktor ekonomi yang berujung pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) (detikfinance.com). 

Pada tahun 2017 ada 5.740 janda baru di Jember Jawa Timur, dimana faktor ekonomi menjadi penyebab utamanya. Angka fantastis ini meningkat sekitar 0,5% dari jumlah tahun sebelumnya. Sementara faktor penyebab perceraian kedua adalah kecemburuan, diikuti perselisihan rumah tangga sebagai penyebab perceraian. 

Semua pembahasan problematika keluarga akibat penindasan, kekerasan, pengabaian anak-anak dan broken home, dibuat seolah-olah muncul hanya pada keluarga yang memiliki istri kedua! Padahal itu tidak benar adanya. Bahkan poligami memiliki dampak positif, dapat kita lihat maraknya “istri simpanan” hanya terjadi pada masayarakat yang mempersulit atau bahkan melarang pernikahan poligami (infomuslimahjember.com). 

Poligami pun bisa menjadi solusi untuk beberapa masalah misal istri tidak subur, sakit, reproduksi dalam suatu bangsa serta ketidakseimbangan jumlah laki-laki dan perempuan. 

Sesungguhnya jumlah rumah tangga poligami di Indonesia tidak sebanyak rumah tangga monogami. Bila sebuah partai memang ingin memperhatikan kesejahteraan perempuan, seharusnya menciptakan program yang bisa menghapus kesetaraan gender. Karena kesetaraan gender apalagi dalam sistem kapitalis hanya membuat perempuan tidak lebih menjadi sebuah komoditas dan mesin ‘pencetak uang’. Pelacuran dan perbudakan perempuan dalam dunia kerja jauh lebih mendatangkan kemudharatan dan kemelaratan bagi perempuan. Sementara poligami adalah salah satu cara mengangkat kehormatan wanita karena berada dalam perlindungan seorang wali.

Terlebih lagi bagi seorang muslim, baik dan buruk itu berdasarkan syariah Allah, bukan berdasarkan perasaan atau pemikiran yang dipengaruhi oleh hawa nafsu. Jadi PSI tidak perlu memusingkan wanita-wanita yang dipoligami sesuai dengan tuntunan Islam, karena selama mereka berpegang teguh pada agama-Nya mereka pasti baik-baik saja. Allahu A’lam.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Bercita-cita ngin jadi Dai hafiz Quran, Gasyim & Julaibib tak bisa ikut Ujian Nasional karena menunggak biaya selama 3 tahun (Rp 32 juta). Sang ibu tidak bekerja krn uzur sakit-sakitan....

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Latest News
Umat Islam Bali Kembali Semarakan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah

Umat Islam Bali Kembali Semarakan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah

Senin, 22 Apr 2019 02:24

Lembaga Survei Ditentang karena Berpolitik

Lembaga Survei Ditentang karena Berpolitik

Senin, 22 Apr 2019 01:45

Samakah Perlakuan Dunia Jika Masjid Al-Aqsa Terbakar Sebagaimana Notre Dame!?

Samakah Perlakuan Dunia Jika Masjid Al-Aqsa Terbakar Sebagaimana Notre Dame!?

Senin, 22 Apr 2019 00:30

Lembaga Survei Merusak Demokrasi?

Lembaga Survei Merusak Demokrasi?

Ahad, 21 Apr 2019 23:45

Hari Kartini, Narasi Feminisme dan Upaya Pengaburan Sejarah

Hari Kartini, Narasi Feminisme dan Upaya Pengaburan Sejarah

Ahad, 21 Apr 2019 23:13

Tidak Ada Tertulis di UU Polisi Pegang Salinan C1

Tidak Ada Tertulis di UU Polisi Pegang Salinan C1

Ahad, 21 Apr 2019 22:45

IS Nyatakan Tanggung Jawab Atas Serangan di Kementerian Komunikasi Afghanistan di Kabul

IS Nyatakan Tanggung Jawab Atas Serangan di Kementerian Komunikasi Afghanistan di Kabul

Ahad, 21 Apr 2019 22:15

Demokrasi dan Kebobrokan Pemilu Seharga 25 Triliun

Demokrasi dan Kebobrokan Pemilu Seharga 25 Triliun

Ahad, 21 Apr 2019 21:45

Kosovo Pulangkan 110 Warganya dari Zona Perang Suriah

Kosovo Pulangkan 110 Warganya dari Zona Perang Suriah

Ahad, 21 Apr 2019 21:45

Sebut Idiot Ahmad Dhani Dipenjara, Bagaimana dengan Istri Andre Taulany yang Sebut Sinting?

Sebut Idiot Ahmad Dhani Dipenjara, Bagaimana dengan Istri Andre Taulany yang Sebut Sinting?

Ahad, 21 Apr 2019 21:07

Pihak Berwenang Sudan Tahan Anggota Partai Presiden Terguling Omar Al-Bashir

Pihak Berwenang Sudan Tahan Anggota Partai Presiden Terguling Omar Al-Bashir

Ahad, 21 Apr 2019 21:00

Politisi Demokrat Gelorakan People Power

Politisi Demokrat Gelorakan People Power

Ahad, 21 Apr 2019 20:45

Fahri ke Lembaga Survei: Jangan Ikut Tendang Bola

Fahri ke Lembaga Survei: Jangan Ikut Tendang Bola

Ahad, 21 Apr 2019 19:45

Polisi Baca UU, bukan Baca Politik

Polisi Baca UU, bukan Baca Politik

Ahad, 21 Apr 2019 18:45

Menipu Pilpres 2019 dengan Software Lama

Menipu Pilpres 2019 dengan Software Lama

Ahad, 21 Apr 2019 18:45

Ustaz Yusuf Mansur Potong Foto Kolase Dirinya dengan UAS dan Aa Gym

Ustaz Yusuf Mansur Potong Foto Kolase Dirinya dengan UAS dan Aa Gym

Ahad, 21 Apr 2019 18:24

Safari Dakwah Ustaz Rifky Ja’far Bin Thalib  di Bali, Bedah Tema “Kesalahan Penuntut Ilmu”

Safari Dakwah Ustaz Rifky Ja’far Bin Thalib di Bali, Bedah Tema “Kesalahan Penuntut Ilmu”

Ahad, 21 Apr 2019 17:55

Sebut Prabowo Sinting, Istri Komedian Andre Taulany Dilaporkan Polisi

Sebut Prabowo Sinting, Istri Komedian Andre Taulany Dilaporkan Polisi

Ahad, 21 Apr 2019 16:42

Pakistan Minta Iran Tindak Gerilyawan yang Berada di Balik Pembunuhan 14 Orang di Baluchistan

Pakistan Minta Iran Tindak Gerilyawan yang Berada di Balik Pembunuhan 14 Orang di Baluchistan

Ahad, 21 Apr 2019 15:45

137 Orang Tewas Akibat Ledakan di Hotel-hotel Kelas Atas dan Gereja di Sri Lanka

137 Orang Tewas Akibat Ledakan di Hotel-hotel Kelas Atas dan Gereja di Sri Lanka

Ahad, 21 Apr 2019 15:00


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X