Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.686 views

Daging babi 'halal' Pancing Kemarahan Umat Islam Afrika Selatan

Sebuah pemasok daging yang berbasis di Afrika Selatan dilaporkan melabeli daging babi dengan cap halal untuk dipasarkan  kepada minoritas Muslim di negara itu, memicu kemarahan di negara Afrika tersebut.

"Bukti telah menarik perhatian kami bahwa Orion Cold Storage Company di Cape Town telah mengimpor produk babi dari Belgia dan Irlandia,  mereka melabeli ulang sebagai daging domba  halal dan produk sapi," kata Maulana Saeed Navlakhi, dari SA Meat Industry Company (Samic) kepada VOC sebagaimana dilansir onislam pada hari Rabu kemarin.

Dia mengatakan bahwa perusahaan juga diduga melabeli ulang daging kanguru dari Australia dan daging kerbau dari India sebagai daging halal sa[i atau kambing.

"Pada tahap ini, kita tidak memiliki cukup informasi tentang seberapa jauh dampak dari dugaan praktek (bisnis) ini," katanya.

"Tapi kita hanya bisa membayangkan bahwa konsekuensi akan besar karena perusahaan itu adalah importir dan distributor produk  yang sangat besar, baik di Afrika Selatan dan wilayah Selatan Afrika ."

Konsep halal, - yang berarti diijinkan dalam bahasa Arab - secara tradisional telah diterapkan pada makanan.

Muslim hanya boleh makan daging dari ternak yang disembelih dengan pisau yang tajam dari leher mereka, dan dengan menyebut nama Allah.

Sekarang berbagai barang dan jasa juga dapat disertifikasi sebagai halal, termasuk kosmetik, pakaian, farmasi dan jasa keuangan.

Gunung es

Navlakhi mengatakan bahwa tuduhan tersebut adalah "gunung es" dari sebuah skandal besar.

"Ini hanyalah puncak gunung es dan hanya Allah yang tahu berapa lama ini telah terjadi," katanya.

Maulana Igsaan Hendricks, presiden Dewan Yudisial Muslim, yang mengeluarkan sertifikat halal, setuju akan hal ini.

"Pada tahap ini, kita tidak  belum tahu semua detail, sehingga terlalu dini untuk berkomentar, tetapi sudah ada perhatian yang besar tentang perusahaan ini," katanya.

Dia mengatakan dewan akan meluncurkan penyelidikan internal terhadap dalam skandal itu.

"Masalah ini mempengaruhi semua Muslim dan penyelidikan adalah keharusan. Ini sebabnya kami akan bekerja dengan Sanha (South African National Halal Industry) dan lain-lain untuk sampai ke dasar dari masalah ini. "

Namun  perusahaan yang berbasis di Cape Town tersebut membantah tuduhan, menggambarkan klaim ini sebagai kampanye kotor oleh bisnis saingannya. Tetapi mengakui ada sejumlah daging babi yang pernah dilabeli halal.

Perusahaan menyatakan bahwa para pesaingnya membayar sebagian karyawan untuk mengganti produk dan label sebelum dimuat ke dalam truk yang ditujukan untuk provinsi utama Afrika Selatan, Gauteng.

Muslim mengisi hingga 1,5 persen dari 44-juta penduduk Afrika Selatan, menurut sensus 2001.

[muslimdaily.net/onislam]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X