Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.589 views

Engkong Bilang, Biar Ape Mau Dikate?

Di kampung Pedurenan lagi rame. Bukan ape-ape. Masalahnye engkong punya "gadis" yang baru gede, dan keliatan cantik, legit. Banyak perjake kesengsem. Semuanya ngeliatin si "gadis" yang lagi numbuh gede. Kembang mawar pedurenan yang arum baunye.

Sampe-sampe si engkong, empunya gadis, puyeng tujuh keliling. Kepada siape jodoh si "ijah" yang  cantik itu, bakal diberikan? Tetapi, saking begitu banyaknye, yang milih, si engkong, menimbang-nimbang, akhirnye tinggal dua bocah yang hati engkong resep, yang ntar bakal dijodohin ame si "ijah"

Namun, bukan tidak ada masalah bagi engkong, sesudah memilih dua bocah bagi calon si "ijah" itu. Memang, di zaman kuda gigit besi, seperti sekarang ini, orang tua tidak mudah mencarikan jodoh anaknye. Kalau sale bise-bise, jadi barang jogrokan, kagak bakal bergune, malah bikin sial. Lebih sial lagi, si "ijah" bakal menderita seumur-umur. Engkong menerawang. Mikirin anaknye yang semata wayang, yang sekarang menjadi gadis paling top di kampung Pedurenan.

Si mualim (ustad) Omon  bilang kalau mencarikan jodoh anak harus, pertama-tama yang sekupu imannye. Nasehat mualim itu masih terngiang di telinga engkong. Keturunannye harus bener. Tidak boleh sembarangan. Baru jogrokan. Boleh berkumis. Boleh plontos. Tidak penting. Tapi, yang penting harus seiman, keturunannye jelas, bukan sembarangan. Itulah nasehat mualim, yang membuat engkong terus terusik.

Engkong sudah kebelet pengin punya mantu. Bisa diajak dagang di pasar pedurenan, bareng sama si "ijah", biar bisa nambahin pengasilan yang kian cekak. Tahun-tahun belakang ini, si engkong  merasakan, rezekinya kian cekak.

Meskipun, engkong dikenal orang yang paling kaya  dikampung pedurenan. Semua orang pada tahu. Engkong dikenal orang yang lihai mengumpulkan apa saja, yang penting harta nambe terus. Memang engkong tak pernah merasa  cukup. Keinginannya ngumpulin duit dan harte terus-terusan,  kagak pernah berenti. Terkadang si "ijah" melihat engkongnya jadi sebel juge.

Di senja matahari yang kian memudar, dan semburat merah mulai  nampak, di Pedurenan. Engkong lagi duduk-duduk dengan bininya empok siti, di dekat taneman bunga, yang tidak jauh dari berande. Engkong nanye kepada bininya  siti, "Siti. Anak lu di dapetin siape? Nih. Ada dua bocah yang demen sama si "ijah", celoteh engkong kepada mpok siti. "Siape kong yang demen ame si "ijah"?", sahut siti.

Engkong tak lekas-lekas menjawab pertanyaan mpok siti. Hatinya gundah. Tak menentu. Mikirin antare dua bocah. Mane yang bakal diambil menantu? Sampai-sampai engkong tak dapat menjawab pertanyaan mpok siti, dan terus ngeloyor, meninggalkan bininye di dekat kebon taneman di dekat berande. Engkong merebahkan dirinya di dipan. Sambil merem melek, memikirkan dua bocah itu, yang dua-duanye demen ame si "ijah".

Dua bocah itu sudah terdaftar di benak engkong. Satunya si foye dan satunya lagi si jojo. Si foye sudah berumur. kelihatan gagah. Berkumis. Namun, konon para tetangge sudah pada tahu kelakuan si foye.

Tetangge di pedurenan pade kage demen sama si foye. Orang-orang pedurenan melihat si foye sudah kagak lagi menarik. Udeh bosen dengan si foye. Seperti bintang yang sudah kelamaan main, kagak ade lagunye yang enak di denger. Mukenye itu-itu aje. Udah pada sebel. Ibarat nasi basi. Kage enak dimakan. Lidah pahit, jadinye.

Tetapi, si engkong yang gundah dengan si foye, dan walaupun orang pedurenan kagak demen, tetapi si foye, begitu-begitu masih muslim. KTP nye masih Islam. Masih shalat. Masih puase. Masih datengi majelis taklim. Lagi-lagi. Saat menerawang. Sekelebatan engkong inget nasihat mualim, yang anaknye  harus dijodohin dengan laki yang sekupu aqidahnye. Tidak boleh dikawinin sama kafir.

Memang, sebelumnye engkong sudah pernah ketemu dengan foye, dan engkong sudah bilang sama foye, kalu pengin foye menjadi menantunye. Engkong demen, ngeliat jogrokannye foye. Bak bintang zaman bahuela. Dengan kumis yang tebel.  Sayangnye, foye masih belum srek ngeliat penampilan engkong, yang rada matre. Kage tawadhu'. Makanye manuver engkong sama foye menjadi majal, dan kage jadi. Ini membuat engkong kesel, dan terus inget, foye yang menolak lamarannye engkong di dapetin si "ijah".

Si jojo dikenal di Pedurenan, konon baik, tetapi temennya orang kagak beres, kadang temennya itu, suka pergi makan-makanan, yang kage pantes. Suka makan babi. Maklum temennya si jojo itu, agamenye bukan Islam. Namun, jojo sudah lengket dengan temennya itu.

Memang, si jojo, agamenye Islam, tetapi masih percaye same kuburan, dan klenik.Si "ijah" memang pernah melihat si jojo, hanya tersenyum simpul belaka. Entah demen. Entah tidak. Karena, si "ijah" pernah ketemu sama jojo, tapi sudah baheula. Nostalgia ngkali. Tetapi, si "ijah" kagak berani sama engkong, karena engkong, tak pernah mau kompromi, sama si "ijah" soal jodoh.

Berhari-hari engkong dalam kebimbangan. Berhari-hari engkong tidak dapat memutuskan. Berhari-hari engkong hanya berdiam. Tak mau ngomong sama si mpok siti. Bininya datang. Engkong cemberut. Lantaran bingung kepada siapa  "ijah" harus dikawinkan? Tentu, engkong sebagai wali dan orang tue "ijah" harus yakin, kalau melepaskan anaknye, anaknye harus ditangan laki  yang bakal bisa menjage, dan ngasih makan,  sayang, dan bisa dipercaye.

Di tengah-tengah kebimbangan itu, menjelang isyak, tak disangke, tiba-tiba si foye, datang dengan temannye.

"Kong. Tolong niat baek ane diterima, kong. Ane pengin sama si "ijah". Tanpa "ijah", ane tak bakal bisa idup. Saya hanya pengin idup sama si "ijah", kong. Ane bakal membahagiakan  "ijah" dengan segelanye, kong. Segala yang diminta dan diinginkan "ijah" akan ane penuhi, kong", ucap si foye. Engkong yang  lagi sedih, adrinalinnya tersentak ngeliat si foye. "Hee .. Foye .. Ente beneran mau sama "ijah"?, tanya foye. Di ujung malam itu, engkong akhirnya tak dapat lagi mengelak, siapa bakal calon menantunye.

Malam itu, bener-bener terjadi antiklimaks. Engkong yang sudah berhari-hari dan bermalem-malem dirundung gundah, pupus sudah gundah itu. Engkong keluar menemui  mpok siti dengan wajah riang. Wajahnye engkong, bak mentari, bener-bener semringah..

Lantaran itu, engkong menemui bininya, siti, sembari membawa bungkusan, yang disodorkan kepada mpok siti. Engkong bilang kepada mpok siti, "Siti. Ini mahar sebagai tande  jadi dari si foye. Foye ingin sama "ijah". Foye bakal jadi mantu kite. "Ijah" akan bahagie. Foye bakal membahagiakan anak keturunan kite seumur-umur. Kite terima foye, yee", ujar engkong.

Engkong mengerti tentang foye. Di mana rakyat Pedurenan kage demen. Tetapi, engkong ingat petuah mualim Omon, yang melarang anaknye dikawinin same orang yang bukan sekupu aqidahnye. Biarpun, orang sepedurenan kagak demen ame si foye, yang penting keluarga engkong demen, dan bahagia. Apalagi, si jojo temennya suka makan .. baa ..

Malem-malem engkong berdendang dengan suaranye yang parau, dan menandakan kegembiraan,  yang mpok siti tak pernah mengerti  yang dimaksudkan oleh engkong. "Biar ape dikatee. Gue demen sama si foye. Maharnya gede", lirihnya. Wallahu'alam.

 

 

 

 

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X