Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.244 views

Dua Aktivis Lingkungan Hidup Ditangkap, WALHI Bereaksi Keras dan Singgung Orba

JAKARTA (voa-islam.com)- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau yang lebih dikenal dengan WALHI bereaksi keras ketika tahu ada dua aktivis lingkungan hidup ditangkap polisi. Penangkapan tersebut menurut WALHI sebagai upaya kriminalisasi atas keduanya.

Walhi pun meminta aparat kepolisian untuk tidak bersikap demikian dan meminta agar upaya-upaya mirip Orde Baru (Orba) dihentikan kepada aktivis. Berikut reaksi Walhi yang dituangkan ke dalam cuitan di akun resmi mereka, @walhinasional, Kamis (18/10/2018):

Kronolgis Penangkapan Pejuang Lingkungan Hidup yang kritis menolak Pembangunan PLTU Indramayu oleh aparat Polres Indramayu.Ini upaya-upaya model Orba dalam membungkam Warga yang kritisBebaskan Sawin dan Sukma!Kepolisian jangan ikut-ikut jadi alat kekuasaan!

#StopKriminalisasi

          

Penangkapan bentuk Kriminalisasi terhadap Pejuang Lingkungan Hidup Sawin dan Sukma adalah warga yang kritis menolak Pembangunan PLTU-pltu Indramayu yang mngancam kehidupan warga. Kami menduga kasus tuduhan terhadap Sawin dan Sukma mengada-ada karena keduanya melakukan penolakan terhadap rencana pembangunan PLTU Batubara.

#StopKriminalisasi

Mereka melakukan penolakan karena menilai dampaknya terlalu besar bagi lingkungan. Sejak pembangunan PLTU 1 Indramayu, para petani mengaku sawah dan laut tercemar. Akibatnya mereka sulit panen dan mencari ikan.

#StopKriminalisasi

WALHI menilai prosedur penangkapan Sawin dan Sukma janggal. Selain penangkapan dilakukan secara paksa, Polisi baru memberi surat perintah penangkapan sehari setelah penangkapan. Kepolisian juga belum memaparkan bukti dan saksi konkret selama ini.

#StopKriminalisasi

Sementara warga memiliki bukti foto Sawin dan Sukma memasang bendera dengan benar. Ini pembungkaman perlawanan warga. Kepolisian seolah tunjukkan, kekuatannya dengan 

'Kami (Aparat) bisa membuat Anda bungkam, kami bisa penjarakan Anda'. Praktik kriminalisasi aktivis lingkungan sudah terjadi sejak era Orde pemerintahan Jokowi berpotensi mengulangnya.

Ada 2 jenis kriminaliasi yang biasa dlakukan. Pertama, aktivis lingkungan dtuduh sebagai pihak yang melawan negara. dituduh sebagai penyebar ideologi komunisme dan anti-NKRI.

Kedua, aktivis lingkungan dijerat kasus kriminal yang tidak kontekstual dengan kasus lingkungan yang mereka perjuangkan. Cara itu sangat mungkin dlakukan saat ini karena ambisi Pemerintah yang berlebihan dalam proyek pembangunan PLTU, PLTA, bandara, Kulonprogo, Kertajati, Kendeng, STOP KRIMINALISASI terhadap PEJUANG LINGKUNGAN HIDUP.

Aparat kepolisian segera Hentikan gaya-gaya Orba untuk bungkam warganya yang kritis!

Bebasakan SAWIN dan SUKMA!

(Robi/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X