Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Jintan Hitam: Obat Mujarab Sejak Ribuan Tahun Lalu

Berita Terkait

13.644 views

Jintan Hitam: Obat Mujarab Sejak Ribuan Tahun Lalu

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Gunakanlah jintan hitam karena sesungguhnya di dalamnya terdapat obat bagi semua penyakit kecuali kematian atau as-sam” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu).

 

Dalam riwayat yang lain, beliau bersabda: “Sesungguhnya jintan hitam dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali As-sam.” Saya bertanya: “Apakah as-sam itu ?” Baginda menjawab: ‘As-sam yaitu maut!” (HR. Bukhari).

Bila melihat dari sudut islami, nyatalah bila jintan hitam ini begitu banyak khasiatnya. Meski begitu, hingga kini, tidak banyak yang mengetahui jintan hitam serta manfaatnya.

Bagi kebanyakan orang, jintan ini identik dengan bumbu masak. Tapi dalam hal ini tidak kaitannya dengan dunia kuliner. Namun, lebih dikenal sebagai pengobatan.

...Sejak ribuan tahun lalu jintan hitam sudah dikenal sebagai obat mujarab untuk berbagai keluhan, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit gigi, alergi, infeksi, serta menambah kekebalan tubuh...

Sejak ribuan tahun lalu, jintan hitam sudah dikenal sebagai obat. Pada jaman Mesir jintan hitam mampu mengobati berbagai keluhan, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit gigi, alergi serta infeksi. Si hitam ini pun, dipercaya fungsinya untuk menambah kekebalan tubuh.

Pada zaman lainnya, jintan hitam dipercaya mampu menstimulasi energi dalam tubuh serta menambah vitalitas. Jadi, jintan hitam ini cocok bagi yang sedang dalam kelelahan fisik dan mental. Hebatnya, lagi jintan hitam yang kemudian dikenal dengan sebutan "Habbabatul Barakah" yang artinya pembawa berkah kesembuhan, baik untuk kehalusan kulit, Juga, untuk mengatasi sakit kulit, mengobati luka dan iritasi, sebagai anti jamur, obat cacing hingga parasit.

Jintan hitam (Arab: habbatus sauda, Inggris: the black cummin, Latin: nigella sativa) atau disebut juga biji hitam ini berasal dari tanaman perdu yang tingginya mencapai 30 hingga 60 cm. Berdaun halus, berbunga dengan warna putih agak kebiru-biruan. Biji hitam ini sekarang bias dibeli di beberapa took tertentu dalam bentuk minyak dalam kapsul atau pun serbuk hitam.

Adapun, dalam biji jintan hitam mengandung sumber protein, asam amino esensial, beberapa vitamin dan mineral. Ada 15 amino termasuk 9 asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh  dalam jumlah yang cukup. Kandungan vitamin dan mineralnya meliputi kalsium, potassium, besi, zinc, magnesium, selenium, vitamin A, vitamin B,  vitamin B2,  niacin dan vitamin c.

Dalam biji jintan hitam mengandung sumber protein, asam amino esensial, beberapa vitamin dan mineral...

Karena kandungan yang terdapat dalam jintan hitam ini maka tak heran bila jintan hitam ini memiliki fungsi dalam mengobati berbagai penyakit serta keluhan seperti  juga berfungsi sebagai:

  1. Detoksifikasi
  2. Meremajakan sel-sel kulit mati
  3. Memperlambat proses penuaan sehingga awet muda
  4. Menghaluskan dan memutihkan kulit
  5. Sumber serat tinggi untuk mengatasi gangguan pencernaan
  6. Menghilangkan rasa sakit
  7. Sebagai anti oksidan dan antibiotic
  8. Meningkatkan pembentukan sel darah
  9. Mencegah dan menghentikan pertumbuhan sela kanker dan tumor
  10. Meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus
  11. Anti bakteri dan jamur
  12. Menurunkan gula darah untuk penderita diabetes
  13. Mengobati kurang darah (anemia dan insomnia (sulit tidur)
  14. Mengobati darah tinggi, menormalkan tekanan darah dan jantung
  15. Mengencerkan kekentalan darah dan melancarkan aliran darah
  16. Menyembuhkan penyakit ginjal
  17. Membantu menyembuhkan berbagai penyakit kerusakan syaraf (lumpuh), jantung berdebar, migrant, ambeien, batuk, menurunkan panas, gangguan pencernaan dan pankreas.
  18. Meningkatkan fungsi otak
  19. Menyembuhkan rambut rontok
  20. Menghilangkan jerawat
  21. Menghilangkan stress
  22. Meningkatkan kecerdasan
  23. Meningkatkan dan memperkuat daya konsentrasi
  24. Menyembuhkan rematik, asam urat, kelelahan, letih lesu, dan menambah tenaga
  25. Masih banyak manfaat lain yang terkandung dalam biji hitam ini. [Herawati Dachlan/dari berbagai sumber]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidup Sehat ala Nabawi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X