Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.866 views

Tren Jurnalisme Drone: Sejarah dan Aturan Main Drone Journalism

JAKARTA (voa-islam.com) - Tren jurnalisme meggunakan pesawat drone mulai berkembang dan digunakan secara umum, namun metode baru mengabadikan objek jurnalisme ini menggunakan drone ini tidak sembarangan, ada kaidah dan bahkan license yang harus diketahui. Sebelum berbicara terlalu jauh mari kita bedah apa makna drone journalism.

Drone, atau dikenal juga dengan Unmanned aerial vehicles (UAVS), yang banyak diberitakan oleh media adalah drone yang digambarkan sebagai sebuah objek yang memata-matai atau mengintai pihak musuh. Karena memang pada dasarnya drone ini dibuat untuk kebutuhan para militer yang mungkin kewalahan dalam mencari target musuh.

Drone secara umum, adalah kapal pesawat tanpa awak yang bisa menjelajahi wilayah yang menjadi target dengan hanya dikontrol dari jarak yang jauh. Jadi jurnalisme drone adalah penggunaan drone (pesawat tanpa awak) untuk kegiatan jurnalistik berupa pengambilan foto atau video. 

Awalnya pemanfaatan drone dalam kegiatan jurnalistik awalnya diperkenalkan sejak 2012 lalu oleh media-media televisi di luar negeri. Di antaranya CNN dan Al Jazeera. Kalangan jurnalis di Indonesia baru memanfaatkan drone pada 2014 lalu.

Jadi jurnalisme drone adalah penggunaan drone (pesawat tanpa awak) untuk kegiatan jurnalistik berupa pengambilan foto atau video.

Jurnalisme Drone memang relatif mahal, meski sebanding dengan yang dihasilkan oleh  drone karena kita langsung bisa lihat dilayar yang disediakan. Drone bisa seharga lebih Rp 30 jutaan per unit.
 
Namun penggunaan drone lebih hemat biaya dari pada kita sewa helikopter. Penggunaan drone ini juga kami lakukan sebagai bagian dari persaingan di industri televisi, meski drone telah lama dan akrab dimanfaatkan militer Amerika Serikat sejak Perang Vietnam. Drone menggantikan balon udara untuk pengambilan gambar atau video.
 
Aturan main Drone Journalism
 
Aturan penerbangan drone di dunia, termasuk di Indonesia, memang belum ada aturan bakunya. Kendati demikian, penggunaan drone rupanya tak boleh sembarangan. 

Yang boleh menerbangkan drone adalah orang yang punya izin atau berlisensi. KompasTV punya orang yang memang berlisensi untuk menerbangkan drone. Satu di antaranya adalah Tesar dan
untuk mendapatkan lisensi itu, ia harus ditugaskan belajar di Kanada beberapa pekan. Memiliki lisensi, bukan lantas leluasa lagi menggunakan drone. Namun harus tetap mengindahkan beberapa aturan atau norma umum. 

1. Drone dilarang terbang pada malam hari. Juga dilarang terbang di keramaian. Sebab bisa dibayangkan jika drone yang memiliki berat rata-rata sekira 25 kilogram itu jatuh dan menimpa orang, bisa fatal akibatnya. 

2. Penggunaan drone juga dilarang dia area bandara.
 
3. Larangan keras pemanfaatan drone juga berlaku untuk kepentingan kerja-kerja paparazi (ambil foto atau rekaman para selebriti dan tokoh terkenal atau berpengaruh secara sembunyi-sembunyi dan tanpa sepengetahuan selebritas atau tokoh yang menjadi obyeknya).

4. Ketika akan menerbangkan drone, harus punya motivasi baik atau dalam rangka menghasilkan karya jurnalistik. Harus diperhatikan relevansi dan motifnya. Misalnya
penggunaan drone untuk memantau atau mendapatkan foto dan rekaman wilayah yang terkena banjir atau kondisi kemacetan, tentu sangat baik.

5. Tak mengindahkan norma-norma di atas atau tak tahu aturan penggunaan drone, bisa berdampak buruk bagi penggunanya. Pengalaman ini dialami seorang jurnalis Al Jazeera saat menerbangkan drone di area sekitar Menara Eiffel, Paris, Prancis.
Padahal, di Prancis ada larangan penggunaan drone oleh masyarakat sipil. Karena ulahnya itu, sang jurnalis itu terpaksa berurusan dengan aparat hukum setempat. Ia kemudian dihukum tiga bulan penjara. 

Nah walau di Indonesia belum ada larangan seketat di Prancis, sekali lagi, bukan berarti pemanfaatan drone bisa leluasa. [brbs/jumadim/adivammar/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tekno lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X