Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.366 views

Medsos Ini Atur Cegah Komentar Intimidasi

JAKARTA (voa-islam.com)- Instagram tengah meningkatkan fitur filter komentar, dengan memperluas kemampuan untuk secara otomatis memfilter komentar yang bersifat perundungan.

Komentar yang dimaksud "berisi serangan terhadap penampilan atau karakter seseorang, serta ancaman terhadap kesehatan atau kesejahteraan seseorang."

Fitur filter komentar awalnya diperkenalkan tahun lalu, dengan fokus pada komentar yang "beracun" dan bersifat memecah belah, dan pembaruan ini memperluas jenis komentar tersebut. Demikian yang dilansir Antara.

Pengguna juga akan dapat menonaktifkan filter jika mereka ingin melihat komentar yang tidak diedit pada feeds mereka, namun ini akan aktif secara default.

Untuk saat ini, filter anti-perundungan baru diluncurkan untuk komentar berbahasa Inggris, tetapi Instagram juga berencana untuk menawarkannya dalam bahasa lain, demikian The Verge.

Instagram mengumumkan peluncuran alat baru di dalam aplikasinya berupa Kontrol Komen dan Laporan Anonim untuk video siaran langsung.

"Kami telah membangun salah satu aplikasi paling aman, dan secara konsisten, kami terus memperkenalkan perangkat keamanan dan wellbeeing, seperti penyaring komentar dan lainnya," kata Director of Community Instagram Amanda Kelso di Jakarta, Rabu.

Kontrol Komen memberikan pilihan bagi pengguna untuk memilih siapa yang bisa mengomentari unggahan mereka, mulai dari semua orang, hingga grup-grup tertentu seperti orang yang mereka ikuti atau pengikut mereka.

Tool ini bisa digunakan semua pengguna akun, baik itu privat maupun publik. Caranya mengakses alat ini yaitu dengan masuk ke menu "Settings", lalu pilih "Comments". Terdapat beragam pilihan yang bisa disesuaikan pengguna.

Selain itu, Instagram juga menghadirkan fitur Laporan Anonim untuk video siaran langsung. Jika pengguna melihat siaran Instagram Live dan berpendapat bahwa pengguna yang sedang melakukan siaran langsung itu membutuhkan bantuan, mereka dapat melaporkan akun tersebut secara anonim.

Pengguna yang sedang siaran langsung akan melihat sebuah pesan, yang menawarkan bantuan untuk menghubungi saluran bantuan, menghubungi teman atau memperoleh dukungan lain.

Untuk mendukung insiatif ini, Instagram memiliki tim yang bekerja 24 jam sehari dan tujuh hari sepekan di seluruh dunia untuk membantu ketika ada pengguna yang membutuhkan bantuan.

Instagram memanfaatkan artificial intelligence (AI) untuk menyaring komentar negatif dan spam di layanan berbagi foto milik Facebook itu.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya Facebook dan perusahaan internet lainnya untuk membatasi penyebaran troll, ujaran kebencian dan ideologi kekerasan di platform mereka.

"Kalian telah memberi tahu kami bahwa komentar beracun telah menghalangimu menikmati Instagram dan mengekspresikan diri dengan bebas," kata pendiri dan CEO Kevin Systrom dalam sebuah unggahan blog seperti dilansir AFP.

"Untuk membantu, kami telah mengembangkan filter yang akan memblokir komentar ofensif tertentu pada unggahan dan live video."

Komentar tertulis akan muncul seperti biasa di Instagram, dan pengguna dapat memilih untuk mematikan filter baru.

Filter komentar negatif akan diluncurkan pertama kali dalam bahasa Inggris, sementara bahasa lainnya akan ditambahkan, kata Systrom.

Instagram mengatakan bahwa pemindaian filter untuk spam dirancang untuk bahasa Arab, China, Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Portugis, Rusia dan Spanyol.

"Tim kami telah merancang sistem untuk mengenali beberapa jenis komentar negatif dan spam sehingga Anda tidak perlu melihatnya. Sistem ini akan membaik seiring berjalannya waktu,”  kata Systrom. 

 

Terintegrasi Video Call

Dalam konferensi pengembang Facebook, Instagram mengumumkan serangkaian fitur baru untuk platform berbagi foto dan video tersebut.

Dilansir dari laman GSM Arena, setelah memperbaiki cara untuk mengunggah Stories, Instagram akan mengintegrasikan unggahan temporer tersebut ke Spotify dan GoPro.Pengguna dalam beberapa waktu ke depan akan bisa mengunggah Stories atau mengirim pesan langsung dengan sebuah lagu dari Spotify. Instagram Stories juga akan dilengkapi dengan stiker yang berupa utasan ke lagu penuh yang tersedia di Spotify.

Melalui aplikasi untuk kamera GoPro, pengguna bisa memilih video untuk langsung diunggah ke Instagram Stories, pengguna tidak perlu menyambungkan akun GoPro ke Instagram.

Fitur Video Chat bisa diakses dengan mengetuk ikon di pojok atas Direct Message, berlaku untuk pesan individu maupun grup. Diperkirakan panggilan video baru tersedia untuk maksimal empat orang dalam grup DM.

Laman Explore juga akan mendapat pembaruan agar rekomendasi akun yang ingin diikuti terasa lebih personal untuk setiap pengguna. Instagram Explore nanti tidak lagi berupa “feed”, unggahan yang berpotensi disukai, namun, dikategorikan berdasarkan topik.

Jika menyukai sebuah topik, pengguna bisa mencari tanda pagar yang berkaitan dengan topik tersebut.

Sayangnya, tidak bisa dipastikan kapan semua fitur ini akan tersedia. Instagram menyebut fitur integrasi Spotify dan GoPro “segera” tersedia, begitu juga dengan panggilan video. (Robi/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tekno lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X