Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
88.603 views

Berapa Tahun Sebenarnya Umur Nabi Nuh 'Alaihisalam ?

ٍSegala puji bagi Allah, shalawat serta salam semoga tercurah kepada baginda Rasulullah, kepada para keluarganya, sahabatnya, dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat. Amma ba'du:

Nabi Nuh 'alaihi salam adalah Nabi Allah yang dikaruniai umur paling panjang sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut:

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun" (Qs. Al-Ankabut 14).

Terdapat banyak nasihat dan ibrah yang mendalam berkaitan dengan umur Nabi Nuh ‘alaihi salam yang panjang:

Beliau melewati beberapa abad lamanya mendakwahi kaumnya kepada Allah Ta’alaa, memperingatkan mereka dari siksaan-Nya, dan mengharapkan rahmat-Nya untuk mereka, namun beliau tidak putus asa, bahkan terus berharap supaya Allah memberi hidayah mereka melalui dirinya meskipun dalam waktu yang lama, maka umur beliau yang panjang merupakan pelajaran bagi para da’i, pengajar, murabbi dalam kesabaran, azam, dan keimanan.

Sebagaimana terdapat didalamnya nasihat dan ibrah bagi setiap manusia, sehingga menyadari bahwa kematian pasti akan datang walaupun dalam waktu yang lama, dan umur manusia hanyalah hari-hari yang berlalu seiring dengan terbenamnya matahari setiap harinya, sehingga tertutuplah tabir kisah perjalanan ruhnya yang dikaruniai kesempatan untuk menggapai kebahagiaan abadi di surga, alangkah bahagianya jika dahulu berusaha untuk mencapai kebahagiaan ini, dan alangkah ruginya jika dahulu telah menyia-nyiakan kesempatannya.

Ibnu Abi Dunya meriwayatkan dalam kitabnya “Az-zuhd” (358) dengan sanadnya dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata: Telah datang Malaikat maut kepada Nuh ‘alaihi salam seraya berkata: Wahai Nabi yang paling panjang umurnya ! bagaimana anda mendapatkan dunia dan kelezatannya ? Beliau menjawab: seperti seorang yang memasuki rumah yang memiliki dua pintu, lalu dia berhenti sebentar ditengah rumah, kemudian keluar dari pintu yang lainnya” selesai.

Muslim yang cerdik adalah yang menoleh kepada makna dan ibrah ini, sehingga membangkitkan azam yang kuat dalam dirinya dan mendorongnya untuk beramal, tidak sepantasnya banyak menyibukkan dirinya dalam rincian-rincian sejarah yang penjelasannya tidak pernah dilirik oleh wahyu, dan tidak sedikitpun dalil syarie yang muktamad membuktikannya.  

Diantaranya adalah pertanyaan mengenai tepatnya umur Nabi Nuh ‘alaihi salam, karena telah diriwayatkan dari beberapa pendapat ulama salaf dari kalangan sahabat dan tabi’in, namun tidak ada kepastian sedikitpun dari Al-Qur’an maupun sunah yang jelas sehingga bisa menguatkan salah satu pendapat ini, akan tetapi kami akan menyampaikan pendapat-pendapat ini disini dalam rangka menambah ilmu yang dinukil oleh kiab-kitab salaf:

Pendapat pertama: 950 tahun: yaitu pendapat Qatadah rahimahullah.
Disebutkan dalam “Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adzim” karangan Ibnu Katsir (6/268):
”Qatadah berkata: dikatakan bahwa umur beliau seluruhnya adalah seribu tahun kurang 50 tahun, beliau tinggal diantara mereka sebelum menyeru mereka selama 300 tahun, lalu menyeru mereka selama 300 tahun, dan tinggal bersama mereka setelah badai taufan selama 350 tahun” selesai.
Ibnu Abi Hatim juga meriwayatkan seperti itu dalam kitab ”At-Tafsir” (18041).

Pendapat kedua: 1050 tahun, seperti dikatakan Ibnu Abbas radhiallahu ’anhu.

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ’anhu berkata:
”Allah Ta’alaa mengutus Nabi Nuh ’alaihi salam ketika berumur 40 tahun, kemudian tinggal diantara kaumnya 1000 tahun kurang 50 tahun menyeru mereka kepada Allah, dan hidup setelah badai taufan selama 60 tahun sehingga manusia bertambah banyak dan menyebar” selesai.

Imam Suyuthi dalam kitab ”Ad-durr Al-Mantsur” (6/455) menisbatkan pendapat ini kepada Ibnu Abi Syaibah(7/18), ’Abd bin Humaid, Ibnu Mundzir, Ibnu Abi Hatim, Abu Syaikh, dan Al-Hakim (9/251) dan dishahihkannya dan oleh Ibnu Marduwaih.

Pendapat ketiga: 1020 tahun: ini pendapat Ka’aab Al-Ahbar.
Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dalam kitab ”At-Tafsir” (18043) dari Ka’ab Al-Ahbar mengenai firman Allah: ”lalu dia (Nuh) tinggal diantara kaumnya seribu tahun kurang lima puluh tahun” dia berkata: ”setelah itu hidup selama 70 tahun”.

Pendapat keempat: 1400 tahun: diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dan merupakan pendapat Wahab bin Munabbih: lihat ”Tafsir Al-Qurtubi” (13/332).

Pendapat kelima: 1650 tahun: pendapat ’Aun bin Abi Syaddad.
Dari ’Aun bin Abi Syaddad berkata: ”Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’alaa mengutus Nuh kepada kaumnya ketika berumur 350 tahun, lalu beliau menyeru mereka selama 1000 tahun kurang 50 tahun, kemudian hidup setelah itu selama 350 tahun”.

Diriwayatkan Ibnu Abi Hatim dalam kitab ”At-Tafsir” (18044) dan At-Thabari dalam kitab ”Jami’ul Bayan” (20/17).

Pendapat keenam: 1700 tahun: pendapat ’Ikrimah .
Dari ’Ikrimah radhiallahu ’anhu berkata:
”dahulu umur Nuh ’alaihi salam sebelum diutus kepada kaumnya dan setelah diutus 1700 tahun” selesai.
Imam Suyuthi dalam kitabnya ”Addurr Al-Mantsur” (6/456) menisbatkannya kepada ’Abd bin Humaid.

Pendapat yang kuat:

Imam Ibnu Katsir berkata dalam ”Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim” (6/268) setelah memandang ganjil pendapat-pendapat diatas: ”pendapat Ibnu Abbas radhiallahu ’anhu (yaitu 1050 tahun)adalah yang paling dekat”.selesai.

Wallahu A'lam bishowab.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X