Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
4.865 views

Mengenal Bakal Presiden Mesir Mohammed Mursy?

Mesir (voa-islam.com)  Sesudah negosiasi antara tokoh kharismatik Ikhwan, Khairat al-Shater dengan Dewan Agung Militer (SCAF), yang dipimpin Marsekal Ahmed Husien Tantawi, yang berlangsung hampir sepanjang hari Sabtu, nampaknya konstalasi politik di Mesir mulai berubah, yang kemudian Komisi Pemilihan Presiden (SEP), mengumumkan kemenangan calon Ikhwan Mohammed Mursy, sebagai presiden Mesir.

Sebelumnya, terjadi ketegangan antara  para pemimpin Ikhwan dengan SCAF, yang  mengambil langkah yang sangat dramatis, sejak kemenangan Ikhwan dalam pemilihan parlemen, dan dilanjutkan kemenangan pemilihan presiden.

Militer mula-mula tak hendak menyerahkan kekuasaan kepada sipil, dan bahkan berusaha ingin melanggengkan kekuasaannya, dan secara sistematis, membubarkan parlemen, dan membuat dekrit yang membuat konstitusi baru, yang tujuannya tidak memberikan peluang kepada Ikhwan dan Mohammed Mursy mengambil alih kekuasaan.

Namun, di balik semuanya ketegangan politik yang mengarah kepada konfrontasi antara Ikhwan dengan SCAF itu,  Khairat al-Shater, berperan sangat luar biasa menjembatani antara Ikhwan dengan SCAF. Ketegangan itu, berakhir, yang nampaknya mencapai jalan keluar, sebagai langkah Ikhwan yang memberikan penegasan posisi Ikhwan kepada SCAF. Khairat al-Shater memberikan jalan keluar dan mengakhiri ketegangan antara Ikhwan dengan SCAF, usai pertemuan yang berlangsung hingga, hari Sabtu.

Mohammed Mursy adalah duplikat Khairat al-Shater, dan al-Shaterlah yang terus menemani Mursy berkeliling seluruh Mesir, dan disertai tentang visi masa depan Mesir yang digagas Ikhwan yang disebut dengan : An-Nahdhah (Renaisance). Visi itulah yang disampaikan oleh Mursy kepada seluruh rakyat Mesir, dan itu merupakan buah pikiran Khairat al-Shater. Mursy dengan dukungan organisasi yang sangat kuat dan solid, melakukan kampanye besar-besaran serta terorganisir ke seluruh rakyat Mesir.

Khairat al-Shater memberikan dukungan secara total kepada Mohammed Mursy, dan menggalang seluruh kekuatan politik di Mesir, seperti dari Salafi, kalangan Nasseris, independen, kalangan pemuda, dan menyatukan kembali mantan Wakil Mursyid, Dr.Mu'in Abul Futuh, bergabung dengan Muhammad Mursy, dan menghasilkan konsolidasi. Khairat al-Shater berhasil mempengaruhi tokoh revolusi Mesir, dan tokoh pemuda 6 Mei, yaitu Wael Ghoniem, dan kemudian mendukung Mursi.

Siapa Mohammed Mursy?

Mohammed Mursy lahir tahun 1951 di provinsi Sharqiya Delta. Ia belajar di Fakultas Tehnik, Universitas Kairo. Kemudian melanjutkan ke University of South California, dan mendapatkan gelar PhD. Usai mendapatkan gelar PhD, Mursy, bekerja sebagai asisten profesor di California State University Northridge awal tahun 1980.

Sekarang Mursy dikarunia lima orang anak dan dua orang cucu. Ia kembali ke Mesir pada pertengahan 1980-an mengajar di Fakultas Zagazig University of Engineering.

Tidak seperti tidak seperti tokoh-tokoh Ikhwan lainnya, yang kenyang di penjara,  Morsy belum pernah dipenjara  bertahun-tahun atau puluhan tahun, atau penganiayaan seperti yang dialami tokoh-tokoh Ikhwan lainnya. Namun, mulai menggema dalam kalangan Ikhwan, ketika Mursy memenangkan pemilihan parlemen di awal tahun 2000.

Sejak itu, hubungan antara Mursi dengan Shater semakin dekat. Tidak diragukan komitmen perjuangan Mursy dalam gerakan Ikhwan, dan memiliki disiplin yang tinggi, saat terlibat dalam jajaran pimpinan dalam gerakan Ikhwan. Mursy dianggap orang yang dekat Khairat al-Shater.

"Shater, sangat percaya terhadap Mursy," kata Abdel Rahman Ayyasy, seorang anggota Ikhwan di Cairo. Shater,  lebih suka di belakang panggung, dan  Mursy yang menjadi pemain utama dalam panggung politik di Mesir. Berkat dukungan Shater itu, Mursy akhirnya masuk nominasi calon presiden, bulan April 2011, dan  Dewan Syura Jamaah Ikhwan, memilih Morsy sebagai presiden Partai Kebebasan dan  Keadilan, saat Ikhwan mendirikan partai baru, pasca revolusi.

Dukungan Kepada Mursy

Sesudah Komisi Pemilihan mengumumkan kemenangna Mursi, dukungan kepada calon presiden Mesir itu datang dari berbagai kelangan dan negara.

Tak kurang  Perdana Menteri Hamas, Ismail Haniya melakukan pembicaraan langsung melalui telepon dengan Mursy, dan memberikan ucapan selamat kepadanya. Ismail Haniya, mengatakan kemenangan Mursy, sebagai kemenangan orang-orang beriman, ucapnya. Puluhan ribu penduduk Gaza, keluar rumah, dan merayakan kemenangan Mohammad Mursy.

Mahmud Zahar, salah satu pemimpin Hamas, mengatakan kemenangan Mursy, merupakan kemenangan Islamis pertama dalam sejarah, khususnya dalam dunia Arab. Ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan Islam, ungkap Zahar. Seluruh dunia Arab, dan bukan hanya di Mesir, terjadi eforia kegembiraan atas kemenangan Mohammad Mursy dalam pemilihan presiden Mesir. Di negara Teluk, Qatar, Dubai, Emirat, serta Kuwait, Jordania, serta Saudi, berlangsung eforia, menyambut kemenangan Mohamma Mursy.

Sementara itu, Ketua SCAF, Marsekal Ahmed Husien Tantawi, melalui televisi nasional Mesir, menyampaikan ucapan selamat kepada Mursy.  Juru bicara Gedung Jay Gardner, mengucapkan selamat atas kemenangan Mursy, dan menyatakan, kemenangan Mursy sebagai tonggak sejarah bagi Mesir, menuju pemerintahan sipil, ujarnya.

Dalam pidatonya, semalam, menyambut rakyat Mesir, yang berada Tahrir Square, menyatakan dirinya merupakan presiden bagi seluruh rakyat Mesir, yang Islam, Kristen, tentara, wanita, laki-laki, anak-anak, dan pegawai, petani, dan seluruh rakyat Mesir, tegasnya.

Mursy akan segera meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan, begitu Mursy resmi menjadi presiden. Sebuah sejarah baru kehidupan di dunia Arab.mi


Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Undercover lainnya:

+Pasang iklan

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas???

Di sini tempatnya-Kiosherbalku.com melayani Grosir & Eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan DISKON sd 60%. Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Daffa Rahmatillah Tutup Usia, Infaq Rp 16,7 Juta Disalurkan untuk Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Daffa Rahmatillah Tutup Usia, Infaq Rp 16,7 Juta Disalurkan untuk Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Daffa meninggal setelah dirawat intensif 13 hari. Semoga Allah membalas para donatur dengan keberkahan, rezeki melimpah, mensucikan jiwa, menolak bencana, dan melapangkan jalan ke surga....

Dapatkan Tausiyah Harian & Update Berita Islam, Mari Bergabung dalam Komunitas Info Dakwah

Dapatkan Tausiyah Harian & Update Berita Islam, Mari Bergabung dalam Komunitas Info Dakwah

Komunitas saling berbagi nasihat, ilmu dan update informasi dunia Islam. Semua dibagikan langsung ke HP anggota, 100% Free/Gratis..!!!...

Menderita Hernia Sejak Lahir, Musa Anak Mujahid Harus Segera Dioperasi. Ayo Bantu!!!

Menderita Hernia Sejak Lahir, Musa Anak Mujahid Harus Segera Dioperasi. Ayo Bantu!!!

Musa anak mujahid mendapat ujian Allah, menderita hernia sejak lahir. Setelah di-USG di RS Ummi Bogor, dokter menyatakan berusia 3,5 tahun ini harus segera dioperasi. Butuh biaya 8 juta rupiah....

Yuliana, Pejuang Keluarga yang Hebat, Butuh Dana 11 Juta Lunasi Tagihan Pesantren Anaknya. Ayo Bantu!!

Yuliana, Pejuang Keluarga yang Hebat, Butuh Dana 11 Juta Lunasi Tagihan Pesantren Anaknya. Ayo Bantu!!

Saat sang suami di-phk karena sakit jiwa, ia menjadi buruh cuci pakaian dengan gaji satu juta rupiah perbulan. Susah payah berusaha memenuhi kebutuhan keluarga, biaya pendidikan, dan pengobatan...

Terusir dari Keluarga, Muallaf Noval Joe Kho Fei Butuh Modal Usaha 12 Juta. Ayo Bantu!!

Terusir dari Keluarga, Muallaf Noval Joe Kho Fei Butuh Modal Usaha 12 Juta. Ayo Bantu!!

Di usia keislaman yang belum genap dua tahun, muallaf ini mendapat banyak ujian iman: terusir dari keluarga, kehilangan pekerjaan di rezim Ahok, kontrakan menunggak 6 bulan, anaknya sakit paru-paru,...

Latest News
Dewan Dakwah Mendorong Penegakan Hukum yang Adil untuk Semua

Dewan Dakwah Mendorong Penegakan Hukum yang Adil untuk Semua

Ahad, 26 Feb 2017 23:49

Sertifikasi Ulama; Upaya Mencegah Amar Ma'ruf Nahyi Munkar

Sertifikasi Ulama; Upaya Mencegah Amar Ma'ruf Nahyi Munkar

Ahad, 26 Feb 2017 21:50

DKM Baitul Mu'min Gelar Kajian 'Pemuda Pilihan Islam'

DKM Baitul Mu'min Gelar Kajian 'Pemuda Pilihan Islam'

Ahad, 26 Feb 2017 20:50

Jika Rasulullah SAW Dihadirkan Kembali untuk Menjadi Saksi Zaman Ini (Bagian-1)

Jika Rasulullah SAW Dihadirkan Kembali untuk Menjadi Saksi Zaman Ini (Bagian-1)

Ahad, 26 Feb 2017 20:17

Erdogan Sebut Dunia Tutup Mata Atas Kasus Kudeta Gagal 15 Juli di Turki

Erdogan Sebut Dunia Tutup Mata Atas Kasus Kudeta Gagal 15 Juli di Turki

Ahad, 26 Feb 2017 19:45

Kaum Muslim Harus Berdagang dengan Islam, Iman dan Ihsan

Kaum Muslim Harus Berdagang dengan Islam, Iman dan Ihsan

Ahad, 26 Feb 2017 18:25

BMH Jawa Tengah Bahagiakan 5000 Anak Yatim

BMH Jawa Tengah Bahagiakan 5000 Anak Yatim

Ahad, 26 Feb 2017 18:00

Taliban Tembak Jatuh Sebuah Helikopter Tempur Militer Afghanistan di Kunduz

Taliban Tembak Jatuh Sebuah Helikopter Tempur Militer Afghanistan di Kunduz

Ahad, 26 Feb 2017 16:35

Zionis Israel Kirim Pasukan untuk Lakukan Misi Mata-mata ke Wilayah Suriah

Zionis Israel Kirim Pasukan untuk Lakukan Misi Mata-mata ke Wilayah Suriah

Ahad, 26 Feb 2017 14:15

Fahira Idris Pertemukan

Fahira Idris Pertemukan

Ahad, 26 Feb 2017 12:56

Ketua MPR: Sudah Saatnya Umat Islam Melek Politik dan Bersatu

Ketua MPR: Sudah Saatnya Umat Islam Melek Politik dan Bersatu

Ahad, 26 Feb 2017 12:03

Lima Perusahaan Besar Rokok Pasang Iklan di Sekitar Sekolah, Ratusan Pelajar Protes ke Istana

Lima Perusahaan Besar Rokok Pasang Iklan di Sekitar Sekolah, Ratusan Pelajar Protes ke Istana

Ahad, 26 Feb 2017 11:46

Muhammadiyah: Peradaban Publik Tergerus oleh Kesenjangan Budaya

Muhammadiyah: Peradaban Publik Tergerus oleh Kesenjangan Budaya

Ahad, 26 Feb 2017 10:38

Pushami: Lawan Hoax dengan Pendidikan Literasi bukan Sertifikasi Akun Medsos

Pushami: Lawan Hoax dengan Pendidikan Literasi bukan Sertifikasi Akun Medsos

Ahad, 26 Feb 2017 09:33

Komentar Soal Ahok, Beberapa Perusahaan Batal Mengundang, Penulis: Rezeki dari Allah

Komentar Soal Ahok, Beberapa Perusahaan Batal Mengundang, Penulis: Rezeki dari Allah

Ahad, 26 Feb 2017 09:03

Bergerak dan Lawan!

Bergerak dan Lawan!

Ahad, 26 Feb 2017 08:32

Tim Advokasi GNPF-MUI: Tuduhan Polri Kepada Ketua YKUS Tidak Berdasar

Tim Advokasi GNPF-MUI: Tuduhan Polri Kepada Ketua YKUS Tidak Berdasar

Ahad, 26 Feb 2017 08:29

Jejak Islam untuk Bangsa (JIB) Luncurkan Buku 'Perjuangan yang Dilupakan'

Jejak Islam untuk Bangsa (JIB) Luncurkan Buku 'Perjuangan yang Dilupakan'

Ahad, 26 Feb 2017 07:23

Ingin Buat Akun Wifi Al Maidah dengan Password Kafir, Ahok Kembali Dilaporkan ke Polisi

Ingin Buat Akun Wifi Al Maidah dengan Password Kafir, Ahok Kembali Dilaporkan ke Polisi

Ahad, 26 Feb 2017 06:19

PP Pemuda Muhammadiyah: Mengapa Dana Teman Ahok Tidak Diusut Polisi?

PP Pemuda Muhammadiyah: Mengapa Dana Teman Ahok Tidak Diusut Polisi?

Ahad, 26 Feb 2017 06:03


Must Read!
X