Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
6.427 views

Dialog Islam - Barat Bukan Dialog Agama, Tapi Dialog Peradaban

JAKARTA (VoA-Islam) - Selama ini Islam dipahami Barat atau masyarakat Internasional sebagai agama. Sedangkan agama dalam pengertian Barat adalah dogma. Dan dogma dalam kacamata Barat adalah fundamentalis, dan fundamentalis sekarang sudah dekat dengan teroris.

“Adapun Islam adalah agama dan peradaban. Ketika ingin bicara dengan Barat, maka kita bukan bicara Islam sebagai agama, tapi Islam sebagai peradaban. Barat bukanlah agama, Barat adalah peradaban. Karena itu dialog dengan Barat yang betul adalah dialog peradaban, dan bukan dialog agama.” Demikian diungkapkan Pendiri INSIST (Institute for The Study of Islamic Thought and Civilizations) Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi , M.Phil, Ph.D yang juga Ketua Majelis Pimpinan  Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI).

Dikatakan Hamid, Islam adalah sesuatu yang privat dan juga publik, tidak bisa diprivatkan. Islam adalah agama yang menghargai materi dan spritualitas, Islam adalah agama yang berbasis pada teori dan praktik, Islam adalah ilmiah dan amaliah. Islam adalah agama lahiriah dan batiniah, Islam adalah akidah dan syariah, Islam adalah agama yang menghargai dan menjunjung tinggi ilmu, iman dan amal. Itulah arti Islam sebagai peradaban.

Dalam sejarahnya, Islam bermula dari sebuah kitab suci, bahkan dalam Al-Qur'an terdapat 800 kata ilmu disebutkan. Hamid mengaku sangat tidak suka membaca bukunya Kim Well, seorang Amerika yang menulis dalam bukunya “Is Religion  Killing? Isi buku itu mengatakan, bahwa agama menyuruh seseorang untuk melakukan pembunuhan. Penulis buku tersebut tampaknya tidak membaca Al- Qur'an.

“Di dalam Al-Quran kata ilmu paling banyak disebutkan setelah kata Allah. Ilmu pengetahuan dalam Islam itu dikembangkan melalui akidah Islamiyah. Hanya Islamlah, agama yang akidahnya mempunyai basis keilmuan. Akidah tidak mendorong kita pada ekstrimisme, tapi justru mendorong pada intelektualisme. Etiologi Islam mengandung  Epistimologi, dan epistimologi mengandung theologi. Sebab itu, Agama mendorong kita untuk berpikir sekaligus beriman,” ujar Hamid.

Adapun tempat seseorang berpikir dan beriman adalah qalb (hati). Dari sinilah Islam menjadi sebuah tradisi ilmiah dan keilmuan yang luar biasa berkembang, hingga bertemulah dengan peradaban asing. Ketika bertemu peradaban asing terjadi proses asimilasilasi, sehingga Islam tidak alergi dengan perabadan dan konsep-konsep asing. “Tentu saja, di dalam proses itu melalui asimilasi atau islamisasi. Dari situlah Islam menjadi peradaban Islam yang luar biasa besarnya,” tandasnya.

Lebih lanjut Hamid menjelaskan, ketika Baghdad menjadi pusat peraban dan negara Islam, tradisi keilmuan melebihi tradisi politiknya. Islam berjaya bukan karena kekuasan para khalifah, tapi karena ulamanya sangat produktif dan semua berdasar pada keilmuan.

Di zaman Abbasiyah dulu, seorang ulama bisa memiliki buku yang jumlahnya ratusan ribu. Bahkan, di sebuah kota terdapat sekurangnya 30-40 perpusatakaan  umum, dan saudagar kaya akan bangga bila perpusatakaan di rumahnya dikunjungi orang. Toko-toko buku jumlahnya mencapai ratusan, orang yang suka mencopy buku dengan cara menulis buku jumlahnya ribuan. Bukti, ketika itu tradisi ilmu luar biasa,  dan telah mewarnai peradaban Islam.

Segala persoalan diselesaikan dengan cara menulis. Sebagai contoh, ketika Ibnu Taimiyah melihat praktik kebatinan dan mengaku sebagai wali Allah, ia menulis buku. Selain  menulis buku, ia juga melihat persoalan  masyarakat yang dianggap sesat, kemudian ia datangi dan memberi nasihat, lalu orang itu tobat.

Begitu juga dengan Imam Ghazali ketika menghadapi pemikiran yang tidak jelas karena pengaruh filsafat Yunani. Beliau pun menulis buku. Oleh karenanya,   perubahan apapun yang akan kita lakukan harus didasarkan pada ilmu pengetahuan. Persoalan serumit apapun, bila kita duduk bersama dan bicara pada konteks ilmu pengetahuan, Insya Allah berbagai persoalan akan selesai diatasi.

Peradaban Islam

Perlu diketahui, peradaban Islam adalah peradaban yang berdiri karena kekuasaan poilitik, kekuatan ekonomi, stabilitas politik, pendidikan dan berkembangnya ilmu pengetahuan.

Hami Fahmy Zarkasyi mengungkapkan, sekarang ini banyak ulama yang menjadi politisi. Banyak pula orang yang mendaftar menjadi ulama. Ketika kyai menjadi politisi, maka ada pula yang mendaftar menjadi kiai. “Kita ingin ada sekelompok  orang yang tafakuhu fiddin, atau yang kerjaanya hanya mencari lmu dan memperdalam ilmu pengetahuan, dan memberi nasihat kepada orang yang berkecimpung di dunia politik  bila melakukan kesalahan. Kita khawatir, semua orang akan berpolitik, dan khawatir jika kursi majelis ilmu ini menjadi kosong,” tandas Hamid.

Gerakan Majelis Intelektual dan Ulama Muda (MIUMI) yang diprakarsai Hamid dan kawan-kawan, tidak akan menyaingi organisasi manapun.  Majelis ini akan melakukan apa yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan ormas lain, termasuk MUI. “Jadi  tidak ada saingan ataupun penggembosan. Ini adalah upaya untuk menyatukan dari sekian banyak perbedaan. Majelis yang terdiri dari seluruh kelompok yang ada di Indonesia, bersatu membahas berbagai persoalan dengan  cara-cara ilmiah.”

Direktur INSIST itu teringat kata-kata, ketika melihat kalimat di depan Pintu gerbang Universitas Qordova-Spanyol: Kebaikan dunia  ini hanya ditangan empat kelompok: 1)  pengetahuan orang yang  bijak. 2) keadilan penguasa, 3) doanya orang-orang yang saleh, dan 4)  keberanian kesatria. “Kalau dalam bahasa modern, 4 unsur itu terdiri dari intelektual, penguasa, ulama, dan militer. Namun, kita hanya ambil dua porsi saja, intelektual dan ulama.

Tentu berbagai persoalan tidak bisa diselesaikan, kecuali dengan jalan kebijakan orang-orang  yang berpengetahuan dengan doanya para ulama. Kita berharap, Indonesia diwarnai dengan iman, ilmu, amal dan akhlak. Desastian

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas???

Di sini tempatnya-Kiosherbalku.com melayani Grosir & Eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan DISKON sd 60%. Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Mahasiswi Berprestasi Penghafal Al-Qur'an Butuh Biaya Kuliah Kebidanan, Ayo Bantu!!

Mahasiswi Berprestasi Penghafal Al-Qur'an Butuh Biaya Kuliah Kebidanan, Ayo Bantu!!

Mahasiswi berprestasi ini ingin berkhidmat untuk umat Islam di bidang kebidanan. Pekerjaan sang ayah sebagai guru jauh dari cukup untuk memenuhi biaya kuliah sekira Rp 60 juta....

Terusir dari Keluarga, Muallaf Noval Joe Kho Fei Butuh Modal Usaha 12 Juta. Ayo Bantu!!

Terusir dari Keluarga, Muallaf Noval Joe Kho Fei Butuh Modal Usaha 12 Juta. Ayo Bantu!!

Di usia keislaman yang belum genap dua tahun, muallaf ini mendapat banyak ujian iman: terusir dari keluarga, kehilangan pekerjaan di rezim Ahok, kontrakan menunggak 6 bulan, anaknya sakit paru-paru,...

Program Cinta Yatim Syuhada: Mari Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Program Cinta Yatim Syuhada: Mari Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Didedikasikan sebagai rasa cinta dan ta?zhim terhadap anak-anak yatim syuhada. Semoga para dermawan sukses meraih pahala jihad dan masuk surga bersama Nabi sedekat dua jari....

Ayo Perang Melawan Riba dan Rentenir Bersama Laskar GARR

Ayo Perang Melawan Riba dan Rentenir Bersama Laskar GARR

Hampir setiap hari IDC mendapat pengaduan dan permohonan bantuan kaum muslimin yang dililit hutang rentenir. Untuk mewadahi persoalan rentenir, silahkan lapor kepada Laskar GARR....

PENGUMUMAN..!! Perubahan Nomor Kontak IDC yang Baru 08122.700020

PENGUMUMAN..!! Perubahan Nomor Kontak IDC yang Baru 08122.700020

Untuk meningkatkan pelayanan dakwah dan infaq, IDC merubah nomor layanan ummat. Semoga komunikasi Admin IDC dengan para donatur, relasi dan klien IDC tidak tersendat...

Latest News
Tangkap Sejumlah Aktivis yang Dituduh Makar, IPW Desak Copot Kapolda Metro Jaya

Tangkap Sejumlah Aktivis yang Dituduh Makar, IPW Desak Copot Kapolda Metro Jaya

Sabtu, 03 Dec 2016 06:02

Kapitalisme dan Hegemoni Asing Ancaman Hakiki NKRI

Kapitalisme dan Hegemoni Asing Ancaman Hakiki NKRI

Jum'at, 02 Dec 2016 23:53

Bukan Sekedar Berbeda, Berbhineka itu  Keanekaragaman yang Bertenggang Rasa

Bukan Sekedar Berbeda, Berbhineka itu Keanekaragaman yang Bertenggang Rasa

Jum'at, 02 Dec 2016 23:47

Ikut Aksi 212, Limbad Berharap Ahok Segera Ditahan

Ikut Aksi 212, Limbad Berharap Ahok Segera Ditahan

Jum'at, 02 Dec 2016 19:25

Tiga Juta Lebih Umat Islam Putihkan Kawasan Monas Tuntut Ahok Dipenjara

Tiga Juta Lebih Umat Islam Putihkan Kawasan Monas Tuntut Ahok Dipenjara

Jum'at, 02 Dec 2016 16:02

Beri Sambutan pada Aksi Bela Islam III, Kapolri Disoraki dan Diteriaki

Beri Sambutan pada Aksi Bela Islam III, Kapolri Disoraki dan Diteriaki "Tangkap Ahok"

Jum'at, 02 Dec 2016 09:54

Jangan Biarkan Penguasa Lindungi Penista Al-Qur'an

Jangan Biarkan Penguasa Lindungi Penista Al-Qur'an

Jum'at, 02 Dec 2016 06:44

GNPF MUI Perkirakan Massa Aksi 212 Dua Juta Lebih

GNPF MUI Perkirakan Massa Aksi 212 Dua Juta Lebih

Jum'at, 02 Dec 2016 00:15

Politisi Ini Yakin, Banyaknya Umat Aksi Damai 212 Ada Satu Doa yang Dikabulkan Allah

Politisi Ini Yakin, Banyaknya Umat Aksi Damai 212 Ada Satu Doa yang Dikabulkan Allah

Kamis, 01 Dec 2016 21:59

Hambat Peserta Aksi 212, KB-PII Kecam Aparat Keamanan

Hambat Peserta Aksi 212, KB-PII Kecam Aparat Keamanan

Kamis, 01 Dec 2016 20:37

Inilah Prediksi yang Terjadi jika Hasil Aksi Super Damai Bela Islam III Tidak Sesuai Harapan

Inilah Prediksi yang Terjadi jika Hasil Aksi Super Damai Bela Islam III Tidak Sesuai Harapan

Kamis, 01 Dec 2016 18:59

Pesantren Ustadz Yusuf Mansur Sumbang 10 Ribu Sajadah untuk Aksi Bela Islam III

Pesantren Ustadz Yusuf Mansur Sumbang 10 Ribu Sajadah untuk Aksi Bela Islam III

Kamis, 01 Dec 2016 18:11

Dinilai Koorperatif dan Sudah Dicekal, Kejaksaan Agung Putuskan Tidak Tahan Ahok

Dinilai Koorperatif dan Sudah Dicekal, Kejaksaan Agung Putuskan Tidak Tahan Ahok

Kamis, 01 Dec 2016 17:05

Sehari Sebelum Aksi 212, Massa Papua Ditangkap Polisi karena Demo di Bundaran HI Bawa Bendera OPM

Sehari Sebelum Aksi 212, Massa Papua Ditangkap Polisi karena Demo di Bundaran HI Bawa Bendera OPM

Kamis, 01 Dec 2016 16:38

Peserta Aksi Bela Islam dari Sejumlah Daerah Mulai Penuhi Kantor Dewan Dakwah Pusat

Peserta Aksi Bela Islam dari Sejumlah Daerah Mulai Penuhi Kantor Dewan Dakwah Pusat

Kamis, 01 Dec 2016 16:18

Faksi Oposisi Suriah Usir Pasukan Pro-Assad dari Lingkungan Sheikh Saeed Aleppo

Faksi Oposisi Suriah Usir Pasukan Pro-Assad dari Lingkungan Sheikh Saeed Aleppo

Kamis, 01 Dec 2016 16:05

Besok Turun Aksi Bela Islam, Alumni IPB Desak Kejagung Tahan Ahok

Besok Turun Aksi Bela Islam, Alumni IPB Desak Kejagung Tahan Ahok

Kamis, 01 Dec 2016 15:05

Membuat Jengkel & Ciut Nyali Musuh Islam Adalah Ibadah & Amal Shalih

Membuat Jengkel & Ciut Nyali Musuh Islam Adalah Ibadah & Amal Shalih

Kamis, 01 Dec 2016 14:27

Spanduk Penggembosan Aksi Bela Islam Menjamur di Solo

Spanduk Penggembosan Aksi Bela Islam Menjamur di Solo

Kamis, 01 Dec 2016 14:26

Santri Daarut Tauhid Yakini Ulama Penggerak Kemerdekaan

Santri Daarut Tauhid Yakini Ulama Penggerak Kemerdekaan

Kamis, 01 Dec 2016 12:33


Must Read!
X