Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.784 views

Irak Akan Deportasi 500 Lebih Istri Asing Pejuang Islamic State (IS)

MOSUL, IRAK (voa-islam.com) - Irak akan mendeportasi 500 wanita asing anggota dari islamic State (IS), bersama dengan anak-anak mereka, seorang pejabat mengklaim, saat pihak berwenang memindahkan mereka ke sebuah pusat penahanan untuk persiapan keberangkatan mereka.

Otoritas Irak memindahkan perempuan dan anak-anak itu dari sebuah fasilitas di sebelah selatan Mosul ke pusat kota, utara kota.

"Mereka berada di sebuah pusat penahanan di Tal Kayf di bawah kendali pasukan keamanan Irak, sehingga kasus mereka dapat diperiksa sebelum akhirnya dikeluarkan dari negara tersebut," seorang anggota dewan provinsi dari Niniwe, wilayah tempat Mosul berada, mengklaim kepada AFP.

Istri dan anak-anak para pejuang IS tersebut dipindahkan pada akhir pekan dari sebuah kamp yang dikelola oleh badan-badan bantuan internasional 60km selatan Mosul, kata sang pejabat yang meminta untuk tetap anonim.

Anggota dewan Ninawa mengatakan Perdana Menteri Haider al-Abadi telah memerintahkan pengiriman mereka ke pusat penahanan dan "dapat menjadi bagian persiapan untuk keberangkatan mereka ke negara asal mereka".

Ratusan wanita telah melakukan perjalanan dengan para pejuang asing untuk bergabung dengan IS, dan beberapa wanita telah melakukan perjalanan untuk menikahi pejuang IS di Irak dan Suriah.

Dewan Pengungsi Norwegia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memiliki "ketakutan berat" atas kondisi dan keamanan kelompok perempuan dan anak-anak tersebut, karena dugaan hubungan mereka dengan IS.

"Para perempuan dan anak-anak ini sangat rentan, terlepas dari apa yang dapat dituduhkan terhadap anggota keluarga mereka, mereka memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dan bantuan," Julie Davidson dari NRC mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kelompok ini terdiri dari 509 wanita dan 813 anak, dari 13 negara yang berbeda di seluruh Eropa, Asia dan Amerika Utara.

NRC mengatakan bahwa kebanyakan dari mereka berasal dari Turki, Azerbaijan, Tajikistan dan Rusia.

Pasukan Irak telah mengumpulkan para pejuang IS, baik perempuan maupun laki-laki, dalam kampanye untuk membebaskan Mosul.

Pihak berwenang mengatakan pekan lalu bahwa mereka menahan sekitar 1.400 warga negara asing istri dan anak-anak dari pejuang IS di sebuah kamp, ​​banyak di antara mereka berasal dari Rusia, Turki dan Asia Tengah. (st/TNA) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X