Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.668 views

Aktivis Oposisi Saudi Klaim Mohamed Bin Salman Tertembak dan Terluka dalam Insiden April Lalu

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Seorang aktivis Saudi telah mengklaim bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang belum terlihat di depan umum selama beberapa pekan terakhir, benar-benar ditembak dan terluka dalam tembakan senjata berat dari luar istana kerajaan di ibukota Riyadh yang dilaporkan terjadi akhir bulan lalu.

Mohammed al-Mas’ari, sekretaris jenderal Partai Kebangkitan Islam, mengutip sumber-sumber yang dapat dipercaya, mengatakan dalam wawancara baru-baru ini dengan televisi al-Mayadeen Libanon bahwa bin Salman terkena peluru selama serangan akhir April.

Dia mengatakan berita tentang luka bin Salman dibocorkan oleh sumber-sumber dalam keluarga kerajaan sebelum banyak beredar di situs web jejaring sosial seperti Twitter.

Di tempat lain dalam sambutannya, al-Mas'ari mengatakan putra mahkota sekarang berencana untuk tampil di hadapan media untuk menyangkal laporan kudeta.

Sejumlah wartawan di Riyadh melaporkan kebakaran besar di luar kompleks istana pada 21 April. Meskipun kantor berita negara Arab Saudi mengklaim itu adalah penembakan jatuh dari drone mainan yang terlalu dekat dengan properti kerajaan, beberapa bertanya-tanya apakah tembakan itu sejatinya adalah kudeta yang dipimpin oleh anggota kerajaan melawan Raja Salman.

Aktivis Saudi mengatakan penembakan itu tidak ada hubungannya dengan pesawat tak berawak, tetapi itu adalah serangan dari kendaraan yang membawa senapan mesin berat dan menembak secara acak.

Dikatakan bahwa bin Salman telah dievakuasi ke bunker terdekat di sebuah pangkalan militer untuk keselamatannya.

Insiden itu terjadi tepat setelah pewaris tahta muda itu mengakhiri tur global yang dimaksudkan untuk mengiklankan dirinya sebagai kekuatan baru di kerajaan. Kembali ke rumah, putra mahkota menghadapi ketegangan dalam keluarga kerajaan.

Tidak ada foto atau video baru dari Mohamed bin Salman yang dirilis oleh media pemerintah. MBS bahkan tidak terlihat di depan kamera ketika Menteri Luar Negeri AS Mike Popmeo melakukan kunjungan perdananya ke Riyadh pada akhir April. Hilangnya dia pada waktu yang lama telah menimbulkan spekulasi tentang nasib sang putra mahkota.

Hilangnya Mohamed Bin Salman selama sebulan dari sorotan media kontras dengan tur profil tinggi dirinya di Amerika Serikat dan Eropa.

Serangan ke istana terjadi setelah kampanye mempromosikan diri di dalam negeri, yang melihat ratusan bangsawan dan pengusaha ditahan dan disiksa. Sebagian besar dari mereka kemudian dibebaskan setelah mencapai kesepakatan membayar uang tebusan dengan kerajaan.

Mungkin hal yang paling aneh tentang pemberontakan terhadap orang kaya dan berkuasa ini, adalah bahwa itu datang dari atas, dari seorang anak berusia 32 tahun yang memberontak melawan kelasnya sendiri dengan harapan akhirnya menjadi orang terakhir yang berkuasa.

Meskipun selalu ada persaingan dari dalam keluarga kerajaan, dan kecaman terhadap perilakunya dari luar, sekitar 15.000 pangeran dan putri serta pengikut mereka secara luas dilihat sebagai tak tersentuh.

Selain perebutan kekuasaan internal dalam keluarga kerajaan, Muhammad bin Nayif dan Mutaib Bin Abdullah, putra mendiang raja, keduanya tidak puas dengan kampanye pimpinan Saudi terhadap Yaman.

Analis mengatakan MBS sangat menginginkan kekuasaan, tetapi ia memiliki sedikit pengalaman, dan bahwa, sebagian orang percaya, adalah kombinasi yang berpotensi berbahaya.

Sikap anti-Palestina putra mahkota Saudi dalam beberapa kesempatan telah menyinggung dunia Muslim. Hubungan antara Riyadh dan rezim Tel Aviv telah memanas lebih cepat sejak Juni 2017, ketika MBS menjadi putra mahkota. Arab Saudi, di bawah bin Salman, diyakini telah mencoba untuk mempersiapkan opini publik di rumah dan di tempat lain untuk normalisasi potensi hubungan dengan Israel.

Pada bulan Maret dan selama tiga pekan kunjungannya ke Amerika Serikat, bin Salman bertemu dengan para pemimpin sejumlah kelompok lobi pro-Israel, termasuk Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC).

Intervensi tidak langsung Arab Saudi di Suriah telah gagal di tengah kekalahan kelompok pejuang oposisi (Jaisyul Islam) yang didanai oleh Riyadh di benteng kota terakhir mereka di ibukota negara yang dilanda konflik itu.

Kampanye Saudi yang mematikan terhadap Yaman telah merusak citra MBS baik secara internasional maupun regional.

Pengganti yang ditunjuk oleh House of Saud itu juga telah berusaha untuk menggambarkan dirinya sebagai seorang "reformer" dan seorang pembela hak-hak perempuan.

Di sisi ekonomi, para analis telah meragukan proyek apa yang disebut Visi 2030 Mohamed bin Salman, yang bertujuan untuk menghentikan ekonomi Saudi dari petrodolar dan membuat negara lebih seperti "negara non-minyak yang normal."

Para pengamat berpendapat bahwa "mimpi" Arab Saudi untuk menjadi kekuatan dominan di dunia Arab telah berakhir. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X