Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.674 views

Pengadilan Kairo Cabut Larangan Niqab

Kairo - Sebuah keputusan oleh pengadilan Mesir, mencabut larangan kontroversial, mengenakan niqab (cadar wajah penuh) di asrama universitas dan ruang ujian, telah menambah kontroversi atas pakaian tersebut.

Pengadilan Administratif di Kairo pada hari Minggu mengatakan bahwa larangan, yang dipaksakan oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan presiden universitas-universitas publik, melanggar konstitusi, yang menghormati kebebasan pribadi dan hak untuk mempraktikkan agama seseorang.

Kebebasan keyakinan


"Putusan ini adalah bersejarah karena kebebasan mengabadikan keyakinan kami," kata Hanan Okasha, salah satu mahasiswa, yang telah pergi ke pengadilan untuk memprotes larangan.

"Pengadilan mengatakan bahwa larangan tersebut sewenang-wenang, menuntut kami untuk melepas niqab dan melanjutkan kuliah di universitas, atau tetap memakainya dan tinggal di rumah. Larangan ini tidak adil dan diskriminatif, terutama karena gadis-gadis berpakaian minim diijinkan untuk pergi ke mana-mana, termasuk universitas , bebas. "

 Larangan ini tidak adil dan diskriminatif, terutama karena gadis-gadis berpakaian minim diijinkan untuk pergi ke mana-mana, termasuk universitas , bebas.

Beberapa pemakai niqab mengatakan pakaian yang menutup seluruh tubuh hingga kepala melindungi mereka dari pelecehan seksual, yang menurut kelompok-kelompok pro-perempuan telah tersebar luas di negara dengan 80 juta orang penduduk ini.

Kontroversi atas niqab di negeri mayoritas Muslim ini meledak Oktober lalu ketika Muhammad Tantawi, Syekh Besar Al Azhar, yang merupakan perguruan tinggi terkemuka di dunia, melarang mengenakan niqab bagi perempuan  di kelas dan asrama. Ulama tersebut mengatakan bahwa niqab tidak ada hubungannya dengan Islam dan bukan kewajiban.

Beberapa hari kemudian, Menteri Pendidikan Tinggi Hani Hilal mengikutinya, mengutip alasan keamanan. Dia menjelaskan bahwa beberapa orang laki-laki ditangkap dengan mengenakan niqab untuk memasuki asrama-asrama universitas. Pekan lalu, Hilal melarang siswa yang mengenakan niqab- mengambil ujian mereka kecuali mereka melepas cadarnya.

Dia juga memerintahkan agar dosen wanita yang mengenakan niqab- tidak boleh diizinkan masuk ke kelas.

Larangan tersebut memperbaharui protes di luar Universitas Kairo, universitas terbesar di Mesir yang dikelola pemerintah, dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Meluasnya arangan,  telah menarik kecaman besar-besaran dari kelompok-kelompok Islam dan hak asasi manusia.

Sementara itu, Perkumpulan Staf Pengajaran Universitas Kairo, sebuah serikat pekerja independen, mengecam pemerintah karena campur tangan dengan urusan universitas.

"Presiden Universitas-universitas harus membatalkan larangan ini, yang melanggar kebebasan yang dilindungi oleh konstitusi," kata anggota serikat pekerja dalam sebuah pernyataan yang diperoleh oleh Gulf News.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X