Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.833 views

Dakwah TKI Hong Kong, Kegigihan Muslim Minoritas di Negeri Rantau

Laporan langsung dari Victoria Park, Hong Kong

CUACA pagi itu sangat nyaman. Udaranya terasa hangat, tidak panas dan tidak pula dingin. Musim semi di Hong Kong memang memanjakan ribuan manusia di lapangan Victoria Park yang sedang mengisi liburan akhir pekan. Sudah menjadi rutinitas, di lapangan ini setiap hari Ahad, para buruh migran asal Indonesia (BMI), melepaskan penat setelah kerja keras selama enam hari. Victoria Park adalah tempat mangkal TKW Hong Kong mengisi liburan di Causeway Bay, Hong Kong.

Pagi itu, Victoria Park dipadati para buruh migran asal Indonesia –julukan lain nakerwan atau TKW– yang lalu lalang mengisi waktu liburan dengan berbagai hiburan. Ada yang berdandan ala artis Hollywood dan Bollywood tapi dengan wajah khas Indonesia. Ada juga yang berbusana muslimah yang rapi dengan hijab syar’i. Jam menunjukkan pukul 10.00 waktu Hong Kong, aneka kegiatan Nakerwan mewarnai suasana lapangan Victoria Park di pagi itu. Ada kelompok yang berkerumun hanya sekedar duduk-duduk, ada yang bermain gitar di bawah pohon dan beberapa aktivitas lain.

Di antara sekian banyak orang yang larut dalam aktivitas bersenang-senang, ada pemandangan yang sangat menarik di Victoria Park. Di salah satu sudut lapangan tersebut, ada kesibukan lain yang turut mewarnai rekan-rekan pengembara Indonesia. Mereka tak bergaya ala artis Hollywood atau Bollywood, bukan pula kelompok partai atau golongan yang menganut isme-isme tertentu, tapi mereka adalah sekumpulan Buruh Migran yang sedang menimba ilmu agama di hari libur, demi mempertebal iman agar tidak luntur oleh budaya Hong Kong yang bebas. Terdiri dari beberapa ikhwan dan lebih dari seratusan akhwat.

Grup religius ini terdiri dari berbagai kelompok organisasi kecil di bawah bendera Ar-Rohmah yang didirikan dan dikelola oleh nakerwan.

Ar-Rohmah memiliki anggota lebih dari tiga ratus orang, terdiri dari gabungan-gabungan organisasi-organisasi kecil yang dikelola oleh TKI di Hong Kong. Di antara organisasi-organisasi yang tergabung dalam Ar-Rohmah adalah, Rapinhong (Ranting Pria Indonesia di Hong Kong, satu-satunya organisasi TKI pria Indonesia di Hong Kong), Shilul Arham, Mardhotillah, Organisasi Kesadaran, Al-Hidayah, Roudatul jannah, Roudatul Qur’an, dan Al-Karim. Kedelapan organisasi tersebut memiliki kegiatan yang memfokuskan pada kegiatan sosial.

Grup Ar-Rohmah yang diketuai oleh Akhi Tony ini memfokuskan aktivitas pada kegiatan-kegiatan keagamaan. Kepada reporter voa-islam.com,   Tony menjelaskan, tidak mudah bagi seorang muslim untuk memperkuat iman di tengah lingkungan yang minim kesadaran dalam beragama, apalagi waktu untuk memperdalam agama bagi TKI sangat terbatas. Maka di buatlah persatuan sesama Muslim guna belajar bersama dalam meningkatkan kualitas iman.

…Walau tak mempunyai kantor sekretariat, tapi kami punya tempat mangkal khusus untuk belajar, yaitu di pojok lapangan Victoria Park. Di bawah kolong langit di atas bumi Hong Kong inilah tempat kami berdakwah…

“Walaupun kami tidak mempunyai kantor sekretariat, tapi kami punya tempat mangkal khusus bagi anggota Ar-Rohmah untuk belajar, yaitu di pojok lapangan Victoria Park. Di bawah kolong langit di atas bumi Hong Kong inilah tempat kami beraktivitas,” ujar Tony penuh semangat.

Tony menjelaskan dirinya sangat bersyukur karena dakwah Ar-Rohmah berjalan lancar meski ada beberapa hambatan.

“Walau Ar-Rohmah ini termasuk grup baru, karena baru berdiri setahun lalu, namun anggota dan kegiatannya berjalan dengan lancar. Kalaupun ada hambatan, itu sudah wajar dan bisa diatasi oleh pengurus,” jelas dia.

Fokus kajian akidah, fiqih dan perbandingan agama

Meski tergolong group baru, namun dalam hal berdakwah dan menuntut ilmu di komunitas Ar-Rohmat yang patut diacungi jempol. Mereka sangat bersemangat dalam kajian-kajian ilmu agama yang di adakan tiap hari Ahad. Hari libur resmi para pekerja nakerwan di Hong Kong yang oleh kebanyakan orang dimanfaatkan untuk bersantai melepas lelah, namun mereka justru menciptakan kesibukan menuntut ilmu agama. Tak heran kalau banyak anggota Ar-Rohmah menjadi bertambah pemahaman agamanya setelah mengikuti kajian-kajian yang di adakan Ar-Rohmah.

Materi kajian yang sangat ditekankan saat ini adalah fiqih Islam, karena masih banyak anggota yang belum mengetahui dan belum pernah mempelajari fiqih Islam.

Selain memfokuskan pada kajian ilmu agama, Ar-Rohmah juga mengadakan penggalangan dana, zakat maal dari anggota dikeluarkan tiap bulan lalu dikelola untuk disalurkan pada orang-orang dekat yang membutuhkan.


Di bawah bimbingan Bpk H Abdurrahim SPdI, dakwah Ar-Rohmah semakin solid. Salah satu hasil dakwah ustadz yang dijuluki Ki Joko Goro-goro ini, Ar-Rohmah telah banyak merekrut wanita yang belum berjilbab menjadi berjilbab setelah mengikuti bimbingan dari pengurus.

Meski sedang mengalami kemajuan, namun Ar-Rohmah tak mengendurkan dakwahnya, karena tantangan dakwah masih terbuka di depan mata. Tony menjelaskan, saat ini masih banyak rekan-rekan Indonesia di Hong Kong yang membutuhkan bimbingan untuk dituntun kepada kedamaian Islam. Ladang dakwah terbuka lebar bagi para pendakwah.

“Saya berharap akan lebih banyak lagi rekan-rekan yang teguh dan komitmen dengan dakwah melalui Ar-Rohmah ini,” pungkas Tony menutup wawancaranya dengan koresponden voa-islam Hong Kong.

Selamat berjuang di negeri rantau saudara-saudaraku. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah dan kemudahan. [Yuli Anna/voa-islam.com]

Baca berita terkait:

  1. TKW Hong Kong dalam Cengkeraman Salibis.
  2. Membungkam Artikel Facebook yang Menyudutkan Muslim Indonesia di Hong Kong.
  3. TKW Hong Kong: Pernik-pernik Dakwah di Tengah Sejuta Masalah.
  4. Semarak Dakwah Nakerwan Indonesia di 'Negeri Beton' Hong Kong.
  5. TKW Teladan di Hong Kong: Jajakan Buku Agama untuk Berdakwah dan Beramal.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Di usia senja, Bu Janih bersama 5 anak yatimnya tinggal di rumah rombeng yang kumuh, lapuk dan sering roboh. Upah sebagai buruh cuci serabutan pun tak menentu sehingga tidak bisa memasak nasi...

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Sudah 23 hari tangan Ramdani remuk dalam insiden tabrak lari. Ia harus segera dioperasi supaya patahan tulang tidak berantakan dan dagingnya tidak membusuk. Butuh dana puluhan juta untuk operasi....

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Ratusan murid SD Islam Cikal Cendekia Pinang Tangerang Banten antusias mengumpulkan barang-barang yang tidak terpakai, untuk disedekahkan kepada yatim dan dhuafa....

Latest News
Parlemen Jerman Kecam Kekerasan Terhadap Muslim Rohingya

Parlemen Jerman Kecam Kekerasan Terhadap Muslim Rohingya

Ahad, 22 Apr 2018 09:01

Assad Memulai Serangan untuk Rebut Kembali Wilayah yang Dikuasai Pejuang

Assad Memulai Serangan untuk Rebut Kembali Wilayah yang Dikuasai Pejuang

Ahad, 22 Apr 2018 08:54

PLO Desak Pengadilan Kriminal Internasional Selidiki Kejahatan Israel

PLO Desak Pengadilan Kriminal Internasional Selidiki Kejahatan Israel

Ahad, 22 Apr 2018 08:47

AS Siap Serang Suriah Lagi Jika Assad Abaikan Pesan Mereka

AS Siap Serang Suriah Lagi Jika Assad Abaikan Pesan Mereka

Ahad, 22 Apr 2018 08:40

Hamas: Mossad Dalang Pembunuhan Dr Fadi di Kuala Lumpur

Hamas: Mossad Dalang Pembunuhan Dr Fadi di Kuala Lumpur

Ahad, 22 Apr 2018 08:28

Hadirilah! Tabligh 'Misteri Dajjal Akhir Zaman' di Bandung

Hadirilah! Tabligh 'Misteri Dajjal Akhir Zaman' di Bandung

Sabtu, 21 Apr 2018 23:46

Warga Saudi Keluhkan Harga Tiket Bioskop yang Terlalu Mahal

Warga Saudi Keluhkan Harga Tiket Bioskop yang Terlalu Mahal

Sabtu, 21 Apr 2018 22:15

Wakil PM Malaysia Sebut Pembunuhan Ilmuan asal Palestina Kemungkinan Terkait Intelijen Asing

Wakil PM Malaysia Sebut Pembunuhan Ilmuan asal Palestina Kemungkinan Terkait Intelijen Asing

Sabtu, 21 Apr 2018 21:35

Jihad Islam: Mossad Berada di Balik Pembunuhan Ilmuan Palestina di Malaysia

Jihad Islam: Mossad Berada di Balik Pembunuhan Ilmuan Palestina di Malaysia

Sabtu, 21 Apr 2018 21:10

Mengamuk, WNA di Rudenim Rusak Fasilitas

Mengamuk, WNA di Rudenim Rusak Fasilitas

Sabtu, 21 Apr 2018 17:59

Itu Bukan Duniaku Lagi

Itu Bukan Duniaku Lagi

Sabtu, 21 Apr 2018 17:20

Logika Sesat Kesetaraan Gender

Logika Sesat Kesetaraan Gender

Sabtu, 21 Apr 2018 17:00

Hamas Berduka Atas Wafatnya Ilmuwan Palestina di Kuala Lumpur

Hamas Berduka Atas Wafatnya Ilmuwan Palestina di Kuala Lumpur

Sabtu, 21 Apr 2018 16:53

Meneropong Idealisme Partai Islam

Meneropong Idealisme Partai Islam

Sabtu, 21 Apr 2018 16:45

Ikutilah! Tabligh 'Tragedi Ukhuwah di Akhir Zaman' Bersama Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani

Ikutilah! Tabligh 'Tragedi Ukhuwah di Akhir Zaman' Bersama Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani

Sabtu, 21 Apr 2018 16:45

Wanita, Karirmu Tidak Hanya Sebatas Dunia

Wanita, Karirmu Tidak Hanya Sebatas Dunia

Sabtu, 21 Apr 2018 16:40

Kementan Apresiasi Bantuan Beras Ke Suriah

Kementan Apresiasi Bantuan Beras Ke Suriah

Sabtu, 21 Apr 2018 15:19

Rakernas KB-PII Dorong Konsolidasi Umat

Rakernas KB-PII Dorong Konsolidasi Umat

Sabtu, 21 Apr 2018 15:15

Pembangunan di Rezim Jokowi Tidak Sesuai dengan Kondisi di Lapangan, Kita hanya Tersandra Informasi

Pembangunan di Rezim Jokowi Tidak Sesuai dengan Kondisi di Lapangan, Kita hanya Tersandra Informasi

Sabtu, 21 Apr 2018 14:59

Tips Hindari Cyberbullying

Tips Hindari Cyberbullying

Sabtu, 21 Apr 2018 14:11


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X