Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
5.942 views

Dakwah TKI Hong Kong, Kegigihan Muslim Minoritas di Negeri Rantau

Laporan langsung dari Victoria Park, Hong Kong

CUACA pagi itu sangat nyaman. Udaranya terasa hangat, tidak panas dan tidak pula dingin. Musim semi di Hong Kong memang memanjakan ribuan manusia di lapangan Victoria Park yang sedang mengisi liburan akhir pekan. Sudah menjadi rutinitas, di lapangan ini setiap hari Ahad, para buruh migran asal Indonesia (BMI), melepaskan penat setelah kerja keras selama enam hari. Victoria Park adalah tempat mangkal TKW Hong Kong mengisi liburan di Causeway Bay, Hong Kong.

Pagi itu, Victoria Park dipadati para buruh migran asal Indonesia –julukan lain nakerwan atau TKW– yang lalu lalang mengisi waktu liburan dengan berbagai hiburan. Ada yang berdandan ala artis Hollywood dan Bollywood tapi dengan wajah khas Indonesia. Ada juga yang berbusana muslimah yang rapi dengan hijab syar’i. Jam menunjukkan pukul 10.00 waktu Hong Kong, aneka kegiatan Nakerwan mewarnai suasana lapangan Victoria Park di pagi itu. Ada kelompok yang berkerumun hanya sekedar duduk-duduk, ada yang bermain gitar di bawah pohon dan beberapa aktivitas lain.

Di antara sekian banyak orang yang larut dalam aktivitas bersenang-senang, ada pemandangan yang sangat menarik di Victoria Park. Di salah satu sudut lapangan tersebut, ada kesibukan lain yang turut mewarnai rekan-rekan pengembara Indonesia. Mereka tak bergaya ala artis Hollywood atau Bollywood, bukan pula kelompok partai atau golongan yang menganut isme-isme tertentu, tapi mereka adalah sekumpulan Buruh Migran yang sedang menimba ilmu agama di hari libur, demi mempertebal iman agar tidak luntur oleh budaya Hong Kong yang bebas. Terdiri dari beberapa ikhwan dan lebih dari seratusan akhwat.

Grup religius ini terdiri dari berbagai kelompok organisasi kecil di bawah bendera Ar-Rohmah yang didirikan dan dikelola oleh nakerwan.

Ar-Rohmah memiliki anggota lebih dari tiga ratus orang, terdiri dari gabungan-gabungan organisasi-organisasi kecil yang dikelola oleh TKI di Hong Kong. Di antara organisasi-organisasi yang tergabung dalam Ar-Rohmah adalah, Rapinhong (Ranting Pria Indonesia di Hong Kong, satu-satunya organisasi TKI pria Indonesia di Hong Kong), Shilul Arham, Mardhotillah, Organisasi Kesadaran, Al-Hidayah, Roudatul jannah, Roudatul Qur’an, dan Al-Karim. Kedelapan organisasi tersebut memiliki kegiatan yang memfokuskan pada kegiatan sosial.

Grup Ar-Rohmah yang diketuai oleh Akhi Tony ini memfokuskan aktivitas pada kegiatan-kegiatan keagamaan. Kepada reporter voa-islam.com,   Tony menjelaskan, tidak mudah bagi seorang muslim untuk memperkuat iman di tengah lingkungan yang minim kesadaran dalam beragama, apalagi waktu untuk memperdalam agama bagi TKI sangat terbatas. Maka di buatlah persatuan sesama Muslim guna belajar bersama dalam meningkatkan kualitas iman.

…Walau tak mempunyai kantor sekretariat, tapi kami punya tempat mangkal khusus untuk belajar, yaitu di pojok lapangan Victoria Park. Di bawah kolong langit di atas bumi Hong Kong inilah tempat kami berdakwah…

“Walaupun kami tidak mempunyai kantor sekretariat, tapi kami punya tempat mangkal khusus bagi anggota Ar-Rohmah untuk belajar, yaitu di pojok lapangan Victoria Park. Di bawah kolong langit di atas bumi Hong Kong inilah tempat kami beraktivitas,” ujar Tony penuh semangat.

Tony menjelaskan dirinya sangat bersyukur karena dakwah Ar-Rohmah berjalan lancar meski ada beberapa hambatan.

“Walau Ar-Rohmah ini termasuk grup baru, karena baru berdiri setahun lalu, namun anggota dan kegiatannya berjalan dengan lancar. Kalaupun ada hambatan, itu sudah wajar dan bisa diatasi oleh pengurus,” jelas dia.

Fokus kajian akidah, fiqih dan perbandingan agama

Meski tergolong group baru, namun dalam hal berdakwah dan menuntut ilmu di komunitas Ar-Rohmat yang patut diacungi jempol. Mereka sangat bersemangat dalam kajian-kajian ilmu agama yang di adakan tiap hari Ahad. Hari libur resmi para pekerja nakerwan di Hong Kong yang oleh kebanyakan orang dimanfaatkan untuk bersantai melepas lelah, namun mereka justru menciptakan kesibukan menuntut ilmu agama. Tak heran kalau banyak anggota Ar-Rohmah menjadi bertambah pemahaman agamanya setelah mengikuti kajian-kajian yang di adakan Ar-Rohmah.

Materi kajian yang sangat ditekankan saat ini adalah fiqih Islam, karena masih banyak anggota yang belum mengetahui dan belum pernah mempelajari fiqih Islam.

Selain memfokuskan pada kajian ilmu agama, Ar-Rohmah juga mengadakan penggalangan dana, zakat maal dari anggota dikeluarkan tiap bulan lalu dikelola untuk disalurkan pada orang-orang dekat yang membutuhkan.


Di bawah bimbingan Bpk H Abdurrahim SPdI, dakwah Ar-Rohmah semakin solid. Salah satu hasil dakwah ustadz yang dijuluki Ki Joko Goro-goro ini, Ar-Rohmah telah banyak merekrut wanita yang belum berjilbab menjadi berjilbab setelah mengikuti bimbingan dari pengurus.

Meski sedang mengalami kemajuan, namun Ar-Rohmah tak mengendurkan dakwahnya, karena tantangan dakwah masih terbuka di depan mata. Tony menjelaskan, saat ini masih banyak rekan-rekan Indonesia di Hong Kong yang membutuhkan bimbingan untuk dituntun kepada kedamaian Islam. Ladang dakwah terbuka lebar bagi para pendakwah.

“Saya berharap akan lebih banyak lagi rekan-rekan yang teguh dan komitmen dengan dakwah melalui Ar-Rohmah ini,” pungkas Tony menutup wawancaranya dengan koresponden voa-islam Hong Kong.

Selamat berjuang di negeri rantau saudara-saudaraku. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah dan kemudahan. [Yuli Anna/voa-islam.com]

Baca berita terkait:

  1. TKW Hong Kong dalam Cengkeraman Salibis.
  2. Membungkam Artikel Facebook yang Menyudutkan Muslim Indonesia di Hong Kong.
  3. TKW Hong Kong: Pernik-pernik Dakwah di Tengah Sejuta Masalah.
  4. Semarak Dakwah Nakerwan Indonesia di 'Negeri Beton' Hong Kong.
  5. TKW Teladan di Hong Kong: Jajakan Buku Agama untuk Berdakwah dan Beramal.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas???

Di sini tempatnya-Kiosherbalku.com melayani Grosir & Eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan DISKON sd 60%. Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Menderita Hernia Sejak Lahir, Musa Anak Mujahid Harus Segera Dioperasi. Ayo Bantu!!!

Menderita Hernia Sejak Lahir, Musa Anak Mujahid Harus Segera Dioperasi. Ayo Bantu!!!

Musa anak mujahid mendapat ujian Allah, menderita hernia sejak lahir. Setelah di-USG di RS Ummi Bogor, dokter menyatakan berusia 3,5 tahun ini harus segera dioperasi. Butuh biaya 8 juta rupiah....

Yuliana, Pejuang Keluarga yang Hebat, Butuh Dana 11 Juta Lunasi Tagihan Pesantren Anaknya. Ayo Bantu!!

Yuliana, Pejuang Keluarga yang Hebat, Butuh Dana 11 Juta Lunasi Tagihan Pesantren Anaknya. Ayo Bantu!!

Saat sang suami di-phk karena sakit jiwa, ia menjadi buruh cuci pakaian dengan gaji satu juta rupiah perbulan. Susah payah berusaha memenuhi kebutuhan keluarga, biaya pendidikan, dan pengobatan...

Terusir dari Keluarga, Muallaf Noval Joe Kho Fei Butuh Modal Usaha 12 Juta. Ayo Bantu!!

Terusir dari Keluarga, Muallaf Noval Joe Kho Fei Butuh Modal Usaha 12 Juta. Ayo Bantu!!

Di usia keislaman yang belum genap dua tahun, muallaf ini mendapat banyak ujian iman: terusir dari keluarga, kehilangan pekerjaan di rezim Ahok, kontrakan menunggak 6 bulan, anaknya sakit paru-paru,...

Program Cinta Yatim Syuhada: Mari Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Program Cinta Yatim Syuhada: Mari Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Didedikasikan sebagai rasa cinta dan ta?zhim terhadap anak-anak yatim syuhada. Semoga para dermawan sukses meraih pahala jihad dan masuk surga bersama Nabi sedekat dua jari....

Ayo Perang Melawan Riba dan Rentenir Bersama Laskar GARR

Ayo Perang Melawan Riba dan Rentenir Bersama Laskar GARR

Hampir setiap hari IDC mendapat pengaduan dan permohonan bantuan kaum muslimin yang dililit hutang rentenir. Untuk mewadahi persoalan rentenir, silahkan lapor kepada Laskar GARR....

Latest News
Gelatin Halal dari Kulit Kambing Etawah untuk Pembuatan Cangkang Kapsul

Gelatin Halal dari Kulit Kambing Etawah untuk Pembuatan Cangkang Kapsul

Sabtu, 21 Jan 2017 23:47

Ekspor Bahan Mentah adalah Akal-akalan Penguasa Agen Imprealis-Kolonialis Bodohi Rakyat

Ekspor Bahan Mentah adalah Akal-akalan Penguasa Agen Imprealis-Kolonialis Bodohi Rakyat

Sabtu, 21 Jan 2017 23:36

Pembentukan Forum Masjid Seluruh Indonesia Bersatu (Formasi Satu)

Pembentukan Forum Masjid Seluruh Indonesia Bersatu (Formasi Satu)

Sabtu, 21 Jan 2017 22:28

Masyarakat Kep. Seribu: Benar, Ahok Penista Ayat Suci Agama Islam!

Masyarakat Kep. Seribu: Benar, Ahok Penista Ayat Suci Agama Islam!

Sabtu, 21 Jan 2017 21:36

Dicegat dan Dikriminalisasi Polisi Singapura, Ustadz Angga Beserta Istri Gagal Berangkat Umrah

Dicegat dan Dikriminalisasi Polisi Singapura, Ustadz Angga Beserta Istri Gagal Berangkat Umrah

Sabtu, 21 Jan 2017 19:37

GMBI Dinilai Lebih Dulu Provokasi Massa Umat Islam lalu Menyerang dengan Membabibuta

GMBI Dinilai Lebih Dulu Provokasi Massa Umat Islam lalu Menyerang dengan Membabibuta

Sabtu, 21 Jan 2017 19:36

Pelaku Penyerangan Terhadap Massa FPI Harus Segera Ditindak

Pelaku Penyerangan Terhadap Massa FPI Harus Segera Ditindak

Sabtu, 21 Jan 2017 19:08

Takut Ditangkap, Mantan Menlu Zionis Israel Tzivni Livni Batalkan Perjalanan ke Belgia

Takut Ditangkap, Mantan Menlu Zionis Israel Tzivni Livni Batalkan Perjalanan ke Belgia

Sabtu, 21 Jan 2017 18:15

Myanmar Tentang Seruan OKI untuk Hentikan Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya

Myanmar Tentang Seruan OKI untuk Hentikan Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya

Sabtu, 21 Jan 2017 17:00

Dr. Tiar: Pemblokiran Media Islam Merupakan Tindakan Diktator dan Anti-Kritik

Dr. Tiar: Pemblokiran Media Islam Merupakan Tindakan Diktator dan Anti-Kritik

Sabtu, 21 Jan 2017 14:54

Anggota Islamic State (IS) Pelaku Penyerangan Klub Malam Reina Mengaku Tidak Menyesali Perbuatannya

Anggota Islamic State (IS) Pelaku Penyerangan Klub Malam Reina Mengaku Tidak Menyesali Perbuatannya

Sabtu, 21 Jan 2017 11:30

217 Orang Ditangkap Selama Demonstrasi Pelantikan Donald Trump Sebagai Presiden AS

217 Orang Ditangkap Selama Demonstrasi Pelantikan Donald Trump Sebagai Presiden AS

Sabtu, 21 Jan 2017 10:05

Keren! Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Buka Laporan Keuangan ke Publik

Keren! Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Buka Laporan Keuangan ke Publik

Sabtu, 21 Jan 2017 09:55

Sandiaga Uno Buka Muswil Syabab Hidayatullah Jabodebek

Sandiaga Uno Buka Muswil Syabab Hidayatullah Jabodebek

Sabtu, 21 Jan 2017 09:45

Ketua PB Al Washliyah: Polri Saat Ini Jadi Alat Kekuasaan

Ketua PB Al Washliyah: Polri Saat Ini Jadi Alat Kekuasaan

Sabtu, 21 Jan 2017 08:53

Pengurus LUIS Ditangkapi Polisi, Amar Ma'ruf Nahi Munkar di Solo Tak Boleh Kendur

Pengurus LUIS Ditangkapi Polisi, Amar Ma'ruf Nahi Munkar di Solo Tak Boleh Kendur

Sabtu, 21 Jan 2017 07:45

Inilah Delapan Penyebab Baterai Smartphone Anda Cepat Habis

Inilah Delapan Penyebab Baterai Smartphone Anda Cepat Habis

Sabtu, 21 Jan 2017 07:24

Praktisi Hukum: Kalau Tak Sesuai Ketentuan Tak Bisa Disebut Bendera, tapi Sebatas Kain Merah Putih

Praktisi Hukum: Kalau Tak Sesuai Ketentuan Tak Bisa Disebut Bendera, tapi Sebatas Kain Merah Putih

Sabtu, 21 Jan 2017 05:50

Islamic State (IS) Kembali Hancurkan Bagian Kota Kuno Palmyra

Islamic State (IS) Kembali Hancurkan Bagian Kota Kuno Palmyra

Jum'at, 20 Jan 2017 22:00

Hampir 180.000 Warga Suriah Lahir di Turki Sejak Pecah Perang Tahun 2011

Hampir 180.000 Warga Suriah Lahir di Turki Sejak Pecah Perang Tahun 2011

Jum'at, 20 Jan 2017 15:15


Must Read!
X