Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.015 views

Dakwah TKI Hong Kong, Kegigihan Muslim Minoritas di Negeri Rantau

Laporan langsung dari Victoria Park, Hong Kong

CUACA pagi itu sangat nyaman. Udaranya terasa hangat, tidak panas dan tidak pula dingin. Musim semi di Hong Kong memang memanjakan ribuan manusia di lapangan Victoria Park yang sedang mengisi liburan akhir pekan. Sudah menjadi rutinitas, di lapangan ini setiap hari Ahad, para buruh migran asal Indonesia (BMI), melepaskan penat setelah kerja keras selama enam hari. Victoria Park adalah tempat mangkal TKW Hong Kong mengisi liburan di Causeway Bay, Hong Kong.

Pagi itu, Victoria Park dipadati para buruh migran asal Indonesia –julukan lain nakerwan atau TKW– yang lalu lalang mengisi waktu liburan dengan berbagai hiburan. Ada yang berdandan ala artis Hollywood dan Bollywood tapi dengan wajah khas Indonesia. Ada juga yang berbusana muslimah yang rapi dengan hijab syar’i. Jam menunjukkan pukul 10.00 waktu Hong Kong, aneka kegiatan Nakerwan mewarnai suasana lapangan Victoria Park di pagi itu. Ada kelompok yang berkerumun hanya sekedar duduk-duduk, ada yang bermain gitar di bawah pohon dan beberapa aktivitas lain.

Di antara sekian banyak orang yang larut dalam aktivitas bersenang-senang, ada pemandangan yang sangat menarik di Victoria Park. Di salah satu sudut lapangan tersebut, ada kesibukan lain yang turut mewarnai rekan-rekan pengembara Indonesia. Mereka tak bergaya ala artis Hollywood atau Bollywood, bukan pula kelompok partai atau golongan yang menganut isme-isme tertentu, tapi mereka adalah sekumpulan Buruh Migran yang sedang menimba ilmu agama di hari libur, demi mempertebal iman agar tidak luntur oleh budaya Hong Kong yang bebas. Terdiri dari beberapa ikhwan dan lebih dari seratusan akhwat.

Grup religius ini terdiri dari berbagai kelompok organisasi kecil di bawah bendera Ar-Rohmah yang didirikan dan dikelola oleh nakerwan.

Ar-Rohmah memiliki anggota lebih dari tiga ratus orang, terdiri dari gabungan-gabungan organisasi-organisasi kecil yang dikelola oleh TKI di Hong Kong. Di antara organisasi-organisasi yang tergabung dalam Ar-Rohmah adalah, Rapinhong (Ranting Pria Indonesia di Hong Kong, satu-satunya organisasi TKI pria Indonesia di Hong Kong), Shilul Arham, Mardhotillah, Organisasi Kesadaran, Al-Hidayah, Roudatul jannah, Roudatul Qur’an, dan Al-Karim. Kedelapan organisasi tersebut memiliki kegiatan yang memfokuskan pada kegiatan sosial.

Grup Ar-Rohmah yang diketuai oleh Akhi Tony ini memfokuskan aktivitas pada kegiatan-kegiatan keagamaan. Kepada reporter voa-islam.com,   Tony menjelaskan, tidak mudah bagi seorang muslim untuk memperkuat iman di tengah lingkungan yang minim kesadaran dalam beragama, apalagi waktu untuk memperdalam agama bagi TKI sangat terbatas. Maka di buatlah persatuan sesama Muslim guna belajar bersama dalam meningkatkan kualitas iman.

…Walau tak mempunyai kantor sekretariat, tapi kami punya tempat mangkal khusus untuk belajar, yaitu di pojok lapangan Victoria Park. Di bawah kolong langit di atas bumi Hong Kong inilah tempat kami berdakwah…

“Walaupun kami tidak mempunyai kantor sekretariat, tapi kami punya tempat mangkal khusus bagi anggota Ar-Rohmah untuk belajar, yaitu di pojok lapangan Victoria Park. Di bawah kolong langit di atas bumi Hong Kong inilah tempat kami beraktivitas,” ujar Tony penuh semangat.

Tony menjelaskan dirinya sangat bersyukur karena dakwah Ar-Rohmah berjalan lancar meski ada beberapa hambatan.

“Walau Ar-Rohmah ini termasuk grup baru, karena baru berdiri setahun lalu, namun anggota dan kegiatannya berjalan dengan lancar. Kalaupun ada hambatan, itu sudah wajar dan bisa diatasi oleh pengurus,” jelas dia.

Fokus kajian akidah, fiqih dan perbandingan agama

Meski tergolong group baru, namun dalam hal berdakwah dan menuntut ilmu di komunitas Ar-Rohmat yang patut diacungi jempol. Mereka sangat bersemangat dalam kajian-kajian ilmu agama yang di adakan tiap hari Ahad. Hari libur resmi para pekerja nakerwan di Hong Kong yang oleh kebanyakan orang dimanfaatkan untuk bersantai melepas lelah, namun mereka justru menciptakan kesibukan menuntut ilmu agama. Tak heran kalau banyak anggota Ar-Rohmah menjadi bertambah pemahaman agamanya setelah mengikuti kajian-kajian yang di adakan Ar-Rohmah.

Materi kajian yang sangat ditekankan saat ini adalah fiqih Islam, karena masih banyak anggota yang belum mengetahui dan belum pernah mempelajari fiqih Islam.

Selain memfokuskan pada kajian ilmu agama, Ar-Rohmah juga mengadakan penggalangan dana, zakat maal dari anggota dikeluarkan tiap bulan lalu dikelola untuk disalurkan pada orang-orang dekat yang membutuhkan.


Di bawah bimbingan Bpk H Abdurrahim SPdI, dakwah Ar-Rohmah semakin solid. Salah satu hasil dakwah ustadz yang dijuluki Ki Joko Goro-goro ini, Ar-Rohmah telah banyak merekrut wanita yang belum berjilbab menjadi berjilbab setelah mengikuti bimbingan dari pengurus.

Meski sedang mengalami kemajuan, namun Ar-Rohmah tak mengendurkan dakwahnya, karena tantangan dakwah masih terbuka di depan mata. Tony menjelaskan, saat ini masih banyak rekan-rekan Indonesia di Hong Kong yang membutuhkan bimbingan untuk dituntun kepada kedamaian Islam. Ladang dakwah terbuka lebar bagi para pendakwah.

“Saya berharap akan lebih banyak lagi rekan-rekan yang teguh dan komitmen dengan dakwah melalui Ar-Rohmah ini,” pungkas Tony menutup wawancaranya dengan koresponden voa-islam Hong Kong.

Selamat berjuang di negeri rantau saudara-saudaraku. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah dan kemudahan. [Yuli Anna/voa-islam.com]

Baca berita terkait:

  1. TKW Hong Kong dalam Cengkeraman Salibis.
  2. Membungkam Artikel Facebook yang Menyudutkan Muslim Indonesia di Hong Kong.
  3. TKW Hong Kong: Pernik-pernik Dakwah di Tengah Sejuta Masalah.
  4. Semarak Dakwah Nakerwan Indonesia di 'Negeri Beton' Hong Kong.
  5. TKW Teladan di Hong Kong: Jajakan Buku Agama untuk Berdakwah dan Beramal.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas???

Di sini tempatnya-Kiosherbalku.com melayani Grosir & Eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan DISKON sd 60%. Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Anak Mujahid Nahimunkar Tasik Lahir Cesar, Butuh Biaya 10 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!!

Anak Mujahid Nahimunkar Tasik Lahir Cesar, Butuh Biaya 10 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!!

Pasca meninggalnya anak kedua, Ummi Keysan kembali diuji Allah Ta'ala. Ia harus harus menjalani persalinan bedah cessar, padahal kondisi ekonominya sedang dalam masa sulit....

Berjuang Hidup-Mati, Balita Hidrosefalus ini Ditinggalkan Kedua Orangtuanya. Ayo Bantu..!!

Berjuang Hidup-Mati, Balita Hidrosefalus ini Ditinggalkan Kedua Orangtuanya. Ayo Bantu..!!

Malang betul nasib Sofia Putri. Ia bertarung nyawa tanpa didampingi orang tua. Setelah operasi bedah kepala dua kali, pengobatan terhenti terbentur biaya, dan kepala terus membesar....

Daffa Rahmatillah Tutup Usia, Infaq Rp 16,7 Juta Disalurkan untuk Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Daffa Rahmatillah Tutup Usia, Infaq Rp 16,7 Juta Disalurkan untuk Melunasi Tagihan Rumah Sakit

Daffa meninggal setelah dirawat intensif 13 hari. Semoga Allah membalas para donatur dengan keberkahan, rezeki melimpah, mensucikan jiwa, menolak bencana, dan melapangkan jalan ke surga....

SEDEKAH BARANG: Barang Tak Terpakai, Diinfakkan Jadi Berkah dan Bernilai

SEDEKAH BARANG: Barang Tak Terpakai, Diinfakkan Jadi Berkah dan Bernilai

Barang apapun yang tidak berguna lagi bagi Anda, bisa jadi sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain. Mari infakkan barang tak terpakai, agar menjadi sangat bernilai dunia akhirat....

Dapatkan Tausiyah Harian & Update Berita Islam, Mari Bergabung dalam Komunitas Info Dakwah

Dapatkan Tausiyah Harian & Update Berita Islam, Mari Bergabung dalam Komunitas Info Dakwah

Komunitas saling berbagi nasihat, ilmu dan update informasi dunia Islam. Semua dibagikan langsung ke HP anggota, 100% Free/Gratis..!!!...

Latest News
6 Tentara Rusia Tewas dalam Serangan Mujahidin di Fasilitas Militer di Selatan Cehchnya

6 Tentara Rusia Tewas dalam Serangan Mujahidin di Fasilitas Militer di Selatan Cehchnya

Jum'at, 24 Mar 2017 17:00

Serangan Udara Koalisi AS Hari Kamis di Barat Mosul Tewaskan 230 Warga Sipil

Serangan Udara Koalisi AS Hari Kamis di Barat Mosul Tewaskan 230 Warga Sipil

Jum'at, 24 Mar 2017 14:00

Aktivis/Relawan yang Sudah Nikmati Kursi Empuk Pemerintah Buta dengan Kematian Petani Kendeng

Aktivis/Relawan yang Sudah Nikmati Kursi Empuk Pemerintah Buta dengan Kematian Petani Kendeng

Jum'at, 24 Mar 2017 12:35

[VIDEO] 'Umroh Ruqyah Indonesia' Bersama Ustadz Haikal Hassan & Ustadz Adam Amrullah

[VIDEO] 'Umroh Ruqyah Indonesia' Bersama Ustadz Haikal Hassan & Ustadz Adam Amrullah

Jum'at, 24 Mar 2017 10:39

Tidak Ingin Kegaduhan & Keretakkan, DPP PAN Resmi Dukung Anies-Sandi di Putaran Kedua Pilgub DKI

Tidak Ingin Kegaduhan & Keretakkan, DPP PAN Resmi Dukung Anies-Sandi di Putaran Kedua Pilgub DKI

Jum'at, 24 Mar 2017 09:35

Dinilai Manipulasi Perizinan, Siang Ini Umat Islam Bekasi Aksi Tolak Pembangunan Gereja Santa Clara

Dinilai Manipulasi Perizinan, Siang Ini Umat Islam Bekasi Aksi Tolak Pembangunan Gereja Santa Clara

Jum'at, 24 Mar 2017 09:09

Iran Tingkatkan Dukungan Senjata dan Keuangan Untuk Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman

Iran Tingkatkan Dukungan Senjata dan Keuangan Untuk Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman

Jum'at, 24 Mar 2017 09:05

Sebut Al-Quran Sudah Tidak Relevan di Sidang Ahok, KH Ishomudin Dipecat MUI dan Diberi Sanksi PBNU

Sebut Al-Quran Sudah Tidak Relevan di Sidang Ahok, KH Ishomudin Dipecat MUI dan Diberi Sanksi PBNU

Jum'at, 24 Mar 2017 08:33

Kontraproduktif Pendidikan Anti Korupsi

Kontraproduktif Pendidikan Anti Korupsi

Jum'at, 24 Mar 2017 08:01

Inilah Nama Aktor-aktor Inti dari Dugaan Suap Pajak, Fahri: Tak Satupun Manusia Ini yang Saya Kenal

Inilah Nama Aktor-aktor Inti dari Dugaan Suap Pajak, Fahri: Tak Satupun Manusia Ini yang Saya Kenal

Jum'at, 24 Mar 2017 06:35

Ustadz Salim A. Fillah Isi Kajian MJN di Musholla Al Amanah GKN Denpasar

Ustadz Salim A. Fillah Isi Kajian MJN di Musholla Al Amanah GKN Denpasar

Jum'at, 24 Mar 2017 04:31

Gema Pembebasan Cimahi Kritisi Keberadaan Freeport di Indonesia

Gema Pembebasan Cimahi Kritisi Keberadaan Freeport di Indonesia

Kamis, 23 Mar 2017 23:59

Pemuda Persis Pastikan Rumusan Formulasi Ukhuwah Islam

Pemuda Persis Pastikan Rumusan Formulasi Ukhuwah Islam

Kamis, 23 Mar 2017 23:08

Walau Namanya Beberapa Kali Dikaitkan, Fahri Hamzah akan Tetap Kritis demi Kebaikan KPK

Walau Namanya Beberapa Kali Dikaitkan, Fahri Hamzah akan Tetap Kritis demi Kebaikan KPK

Kamis, 23 Mar 2017 22:35

Ilmu dan Manfaatnya

Ilmu dan Manfaatnya

Kamis, 23 Mar 2017 22:20

Ketika Kelaparan di Somalia Sebatas Headline di Media

Ketika Kelaparan di Somalia Sebatas Headline di Media

Kamis, 23 Mar 2017 21:25

Pesan Ibu Palestina untuk Ibu di Indonesia

Pesan Ibu Palestina untuk Ibu di Indonesia

Kamis, 23 Mar 2017 21:16

Kasus Poligami Sang Ustadz VS Kasus Penista Agama

Kasus Poligami Sang Ustadz VS Kasus Penista Agama

Kamis, 23 Mar 2017 20:59

Dugaan Suap, Nama Wakil Ketua DPR Sengaja Dijadikan Bumper KPK sebab Ada Keluarga Jokowi Terlibat?

Dugaan Suap, Nama Wakil Ketua DPR Sengaja Dijadikan Bumper KPK sebab Ada Keluarga Jokowi Terlibat?

Kamis, 23 Mar 2017 20:35

3 Perwira, 7 Prajurit Militer Mesir Tewas Akibat Bom Pinggir Jalan di Pusat Sinai

3 Perwira, 7 Prajurit Militer Mesir Tewas Akibat Bom Pinggir Jalan di Pusat Sinai

Kamis, 23 Mar 2017 20:00


Must Read!
X