Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.172 views

Pasukan Barat Diam-diam Bantu Somaliland Tangkapi Pejuang Islam

SOMALILAND (voa-islam.com) - Pemerintahan di wilayah Somalia yang telah memisahkan diri, Somaliland, tidak memberikan reaksi apa-apa ketika tersebar berita bahwa tentara asing tak dikenal membantu penangkapan para tersangka pejuang Islam di sebuah kota besar, Radio Garowe laporan.

Operasi itu berlangsung Jumat (14/01/2011) malam sekitar 22:00 waktu setempat ketika polisi Somaliland menggerebek sebuah rumah dan menangkap lima tersangka pejuang Islam.

Penduduk lokal di Burao, ibukota wilayah Togdher, mengatakan kepada Garowe Online bahwa pesawat tak dikenal terbang melintas beberapa kali Burao dan mendarat di landasan kecil kota menjelang serangan polisi.

Tak jelas dari negara mana para tentara asing itu berasal, tetapi para saksi menggambarkan tentara dan perlengkapan militer tersebut seperti milik Inggris atau negara Barat lain.

Selanjutnya, tidak jelas apakah tentara asing itu mengambil bagian dari serangan tersebut atau hanya mengawasi, tetapi laporan setempat telah mengkonfirmasi bahwa tentara asing mendarat di landasan udara di Burao pada Jumat malam, ketika lima tersangka pejuang Islam ditangkap.

Pada hari Minggu, laporan-laporan setempat mengatakan bahwa para tersangka dipindahkan ke penjara di Hargeisa, ibukota wilayah Somaliland.

Salah satu dari lima tersangka berasal dari daerah Somaliland dan diidentifikasi sebagai Mohamed Hussein Saleban Naleye, sedangkan sisanya "berasal dari Mogadishu," menurut sumber. Warga lokal menggambarkan Naleye sebagai mantan karyawan Telesom, sebuah perusahaan telekomunikasi besar di Somaliland.

..laporan setempat telah mengkonfirmasi bahwa tentara asing mendarat di landasan udara di Burao pada Jumat malam, ketika lima tersangka pejuang Islam ditangkap..

Mogadishu telah terkoyak oleh kekerasan sejak awal tahun 2007 ketika pejuang Al-Shabaab yang berafiliasi dengan Al-Qaeda mempelopori kampanye tanpa henti untuk menggulingkan pemerintah Trasnsisi Federal Somalia yang diakui PBB (TFG) di Mogadishu.

Pemimpin Al Shabaab, Ahmed Abdi Godane, berasal dari Somaliland.

Pejabat pemerintah di Somaliland telah menolak memberikan komentar secara terbuka tentang serangan anti-teror yang melibatkan pasukan asing di Burao, tetapi kalangan internal mengatakan bahwa Al-Shabaab telah mempertahankan sebuah "kehadiran aktif" dalam Burao selama bertahun-tahun.

Somaliland, terletak di barat laut Somalia, secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan dari Somalia tahun 1991 namun belum diakui secara internasional.

Pemerintah Puntland, yang terletak di timur laut Somalia dan barat Somaliland, telah menuduh pemerintahan Somaliland menjadi tuan rumah dan tempat reorganisasi pelarian pejuang Al Shabaab di bagian barat daerah Sanaag, yang dikendalikan oleh Somaliland.

Tentara Puntland menyerbu tempat persembunyian pejuang Al-Shabaab di wilayah pegunungan Galgala di akhir Oktober setelah serangan militer tiga bulan di mana pihak militer mengklaim lebih dari 96 militan tewas dan yang lainnya melarikan diri ke Somaliland. (aa/grw)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X