Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
2.717 views

Pertukaran Tawanan Kemenangan bagi Palestina

JALUR GAZA (voa-islam.com) - Gerakan Perlawanan Palestina Hamas menggambarkan pertukaran tahanan dengan Israel sebagai tanda kemenangan perlawanan terhadap rezim pendudukan, Press TV melaporkan.

Berpidato di hadapan puluhan ribu orang di Jalur Gaza pada Selasa, Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh menyambut para tahanan dibebaskan dan menggambarkan para tahanan sebagai "pahlawan yang telah kembali ke rumah dengan kemenangan."

Haniyeh mengatakan itu adalah "hari yang signifikan bagi Palestina."

Pada hari Selasa, 477 tahanan Palestina dibebaskan dari penjara-penjara Israel sebagai bagian pertama dari kesepakatan untuk melepaskan tahanan Palestina 1.027 dalam pertukaran untuk tentara Israel Gilad Shalit yang ditangkap
Hamas.

Berdasarkan kesepakatan, yang dimediasi oleh Mesir tersebut, 550 warga Palestina lain yang dipenjara diharapkan akan dilepas bulan depan.

Shalit ditangkap pada Juni 2006 oleh pejuang perlawanan Palestina setelah dia menyusup ke dalam Jalur Gaza.

Haniyeh menambahkan bahwa seluruh Palestina akan dibebaskan melalui perlawanan, menambahkan bahwa kemenangan besar ini tidak hanya untuk Palestina, tapi juga untuk semua orang Arab.

Dia mengatakan bahwa Hamas berkomitmen untuk menjamin pembebasan warga Palestina dari semua faksi, yang menunjukkan kesatuan Palestina.

Kemenangan besar pihak Palestina

Sementara itu, dosen ilmu politik di Universitas Qatar, Dr. Muhammad Musfir, memuji tercapainya pertukaran tawanan antara Hamas dan Israel,menganggap peristiwa ini sebuah capaian Palestina yang penting, dan Hamas sangat trampil dalam perlawanan dan perundingan.

Dalam pernyataannya kepada Kantor Berita Quds Press, Musfir menyebutkan bahwa pertukaran tawanan dan bebasnya lebih dari seribu tawanan penjara yang divonis berat dengan syarat yang ditetapkan perlawanan sangat berdampak secara politik. Menurutnya, pembebasan jumlah besar tawanan Palestina ini tidak diragukan merupakan kesuksesan besar Hamas, yang telah membuktikan keterampilannya dalam perundingan dan perlawanan, serta berhasil menyembunyikan tawanan Israel selama lima tahun, dan Israel tidak mampu membebaskannya meski dengan melakukan serangan terhadap Gaza. apa yang terjadi hari ini adalah kemenangan besar di pihak Palestina, kita berharap agar rakyat Palestina terus berjuang untuk membebaskan tawanan yang tersisa di sejumlah penjara Israel.

Musfir menyebutkan, “Tidak diragukan bahwa penerimaan Israel berunding dengan Hamas dan penerimaan segenap pihak di kawasan dan internasional atas kekuatan Hamas, sikap ini bisa jadi merupakan wacana perubahan baru dalam berinteraksi dengan Hamas, yang akan ada kelanjutannya.

Di pihak Palestina, Musfir menegaskan bahwa hasil ini tidak akan mengubah banyak sikap Mahmud Abbas terhadap Hamas. menurutnya Abbas dan otoritasnya mengakui secara rahasia kekuatan Hamas, namun mereka menolak mengakuinya secara terang-terangan, ini merupakan sikap angkuh otoritas. Saya berharap Abbas menarik sikapnya, Abbas tidak mampu menarik arogansinya, ia hanya mampu melakukan upaya diplomasi yang tidak membawa manfaat. (an/ptv. pip)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Dua Tahun Nuraini Menahan Sakit Tumor Mata. Cita-citanya Ingin Jadi Ustadzah. Ayo Bantu!!

Dua Tahun Nuraini Menahan Sakit Tumor Mata. Cita-citanya Ingin Jadi Ustadzah. Ayo Bantu!!

Orang dewasa saja belum tentu sanggup menahan nyeri yang hebat selama dua tahun pada mata dan kepala. Tapi balita Nuraini ini bisa bersabar menghadapi ujian Allah, tumor mata ganas....

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Untuk meningkatkan dakwah dan kesejahteraan umat Islam, IDC mensinergikan dakwah Islamiyah, misi kemanusiaan dan medis. Ayo bantu program KLINIK UMMAT di berbagai daerah....

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Gadis yatim syuhada ini wafat di RS Adam Malik Medan setelah menderita penyakit Lupus. Ayahnya gugur tahun 2010 saat menegakkan syariat i'dad bersama kafilah Mujahidin Aceh....

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Setelah dua pekan opname di rumah sakit, akhirnya Luqman Rivai bisa pulang ke rumah. Biaya operasi sebesar 33,5 juta rupiah dilunasi, IDC turut membantu biaya 8,5 juta rupiah...

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Sudah dua pekan Luqman opname di rumah sakit, usai operasi penyumbatan usus. Ia tak bisa pulang karena terganjal biaya operasi 33,5 juta rupiah yang belum dilunasi. Ayo bantu!! ...

Latest News


Must Read!
X