Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.900 views

Ikhwan : Mancalonkan Khairat Al-Shater Sebagai Presiden

Jamaah Ikhwanul Muslimin, Sabtu kemarin, secara resmi mengumumkan calon presiden yang akan ikut dalam pemilihan presiden mendantang. Al-Shater merupakan tokoh Ikhwan senior Ikhwan, dan berulangkali masuk penjara di zaman pemerintahan Mubarak. Sebelumnya Jamaah Ikhwan selalu menyatakan menolak mencalonkan tokohnya dalam pemilihan presiden.

Keputusan Ikhwn itu diambil setelah melihat para kandidat calon presiden yang dinilainya, tidak dapat membawa aspirasi pemilihnya. Ikhwan yang mendirikan Partai Kebabasan dan Keadilan berhasil menguasai parlemen, dan mengontrol blok terbesar dalam parlemen. Munculnya calon dari Ikhwan itu, nampaknya akan menimbulkan spekulasi politik baru di Mesir. Ikhwan merasa bahwa pemerintahan militer dan transisi yang ada sekarang ini, dinilainya tidak dapat memenuhi tuntutan revolusi. Karena itu, Ikhwan memunculkan calonnya sendiri, menjelang pemilihan presiden mendatang.

Para analis politik di Cairo mengatakan, bahwa langkah yang diambil Ikhwan, bertujuan mendapatkan kekuasaan, dan pertama kalinya selama 84 tahun, sejak sejarah berdirinya, Ikhwan mengambil langkah politik yang sangat jelas, bersamaan dengan mencalonkan tokohnya  menjdi calon presiden. Jamaah Ikhwanul Muslimin di Mesir, yang berdiri  di tahun 1928 itu, terus-menerus mengalami penindasan politik oleh berbagai rezim yang berkuasa di Mesir, terutama di zamannya Gamal Abdul Nasser, banyak tokohnya yang dihukum mati, digantung, termasuk Sayyid Qutb, Ali Audah, Mirghali dan lainnya.

Ikhwan sepanjang sejarahnya selalu berhadap-hadapan dengan penguasa Mesir, dan kini berusaha menapaki kekuasaan,  sesudah berhasil menggulingkan rezim Mubarak dengan gerakan rakyat yang dikenal dengan “Revolusi Tahrir”.

Inilah awal perubahan politik yang luas di Mesir, dan kemudian Jamaah Ikhwan mendirikan Partai Kebebasan dan Keadilan, dan mememangkan pemilu di Mesir, beberapa waktu yang lalu.

"Kami  menyaksikan hambatan di jalan parlemen dalam mengambil keputusan guna mencapai tuntutan revolusi," kata Mohamed Morsy, Pemimpin Kebebasan dan Partai Keadilan.

"Dengan demikian kami  memilih jalan ingin mengambil jabatan presiden, bukan karena kita serakah terhadap kekuasaan, tetapi karena kita memiliki mayoritas di parlemen yang tidak dapat memenuhi tugasnya di parlemen," tambah Morsy, saat  mengumumkan keputusan mencalonkan  Shater.
,
Shater, 61, merupakan tokoh senior dalam Jamaah Ikhwan, yang sering berhadapan dengan Mubarak, dan berulangkali dijebloskan kedalam penjara. Shater akan mewakili Ikhwan dalam pemilihan presiden mendatang. Ia dikenal seorang pengusaha komputer terbesar di Mesir. Tokoh Ikhwan ini akan berkompetesi dengan kelompok Islam lainnya di Mesir.

Shater memainkan peran kunci dalam kebijakan ekonomi Ikhwan, yang berusaha memperbaiki ekonomi Mesir pasca revolusi. Shater bertemu dengan berbagai kalangan luar negeri, dan bertemu dengan tim  Dana Moneter Internasional yang sedang melakukan negosiasi fasilitas pinjaman sebesar $ 3,2 miliar dollar, guna membantu mengatasi krisis pemerintah Mesir saat sekarang ini.

Keputusan itu diambil oleh Jamaah Ikhwan setelah Majelis Syuro bertemu dua kali sebelum mengumumkan secara resmi Al-Shater sebagai calon presiden yang dipilih Ikhwan,  Sabtu. Perdebatan diantara anggota Majelis Syuro itu, akhirnya mencapai kesepakatan dengan memilih tokoh seniornya, Al-Shater. Menurut seorang anggota Ikhwanul kepada Reuters bahwa 56 dari 108 anggota Mejalis Syura, memberikan suara kepada Shater sebagai calon presiden, sedangkan  52  lainnya suara menentang.

"Mereka yang menentang dengan pencalonan Shater, kemudian berubah pikiran dan mendukung dia”, kata Mursyid ‘Aam Ikhwan Mohamed Badie. Dengan dipilihnya al-Shater secara resmi oleh Majelis Syuro, maka tokoh Ikhwan  Abdel Moneim Abol Fotouh, kehilangan dukungan  resmi dari Jamaah Ikhwan. (af/wb)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!