Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
5.986 views

Umat Islam Sudan Membakar Gereja Katholik

Kelompok Muslim di Selatan Sudan membakar Gereja Katolik yang sering dikunjungi jemaah, Minggu. Gereja di distrik Al-Jiraif, Khartoum, distrik dibangun di tanah yang disengketakan.

Namun insiden itu tampaknya menjadi bagian dari dampak situasi konflik antara Sudan dengan Sudan Selatan yang sekarang dikuasai rezim Kristen yang mendapat dukungan Zionis-Israel. Perang yang berkelanjutan itu, sekarang memasuki tahap baru, memperebutkan kota yang kaya minyak Heglig.

Sudan dan Sudan Selatan memasuki tahap perang  dalam skala besar, di mana pemerintah Khartoum telah mengeahkan secara  besar-besaran dengan melibatkan pasukan udarnya, menghancurkan pasukan Kristen dari Sudan Selatan yang berusaha menguasai Heglig.

Pekan lalu, pasukan pemerintah Khartoum berhasil mengusir pasukan Selatan dari kota Heglig. Tetapi, Presiden Sudan Omar Hasan al-Bashir, menegaskan akan terus melancarkan serangan ke wilayah Selatan,dan  bertekad menggulingkan rezim di Selatan, yang disebutnya sebagia "rayap".

Para saksi dan beberapa surat kabar mengatakan massa yang berjumlah ratusan berteriak mengecam pemerintan Selatan yang Kristen, dan kemudian membakar gereja. Mobil pemadam kebakaran tidak bisa memadamkan api, karena banyaknya kerumunan massa yang marahk.

Surat kabar, Al-Sahafah, mengatakan gereja yang dibakar  adalah bagian dari kompleks yang mencakup sekolah dan asrama. Pengungsi Ethiopia yang tinggal di ibukota Sudan juga menggunakan gereja.

Selatan kebanyakan Kristen dan animis, dan memisahkan dari Sudan pada tahun 2011, sekitar enam tahun setelah kesepakatan damai mengakhiri lebih dari dua dasawarsa perang antara kedua belah pihak.


Wakil Presiden Ali Osman Taha, sementara itu, dalam wawancara dengan televisi menolak penyebaran pasukan internasional di Heglig, mengatakan daerah itu diakui secara internasional sebagai wilayah Sudan. Taha mengatakan bahwa Khartoum segera mengumumkan kerugian akibat serangan pasukan Sudan Selatan di Heglig, dan Sudan akan akan menuntut kompensasi. (af/tm)

Sudan juru bicara militer Kolonel Sawarmy Khaled juga mengatakan bahwa pasukan pemerintah telah memukul mundur serangan oleh pasukan Sudan Selatan di daerah sekitar kota Talode di Kordofa Selatan, wilayah yang sama di mana Heglig berada. Dia mengatakan selatan menderita korban yang tidak ditentukan namun tidak mengatakan kapan pertempuran itu terjadi.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Dua Tahun Nuraini Menahan Sakit Tumor Mata. Cita-citanya Ingin Jadi Ustadzah. Ayo Bantu!!

Dua Tahun Nuraini Menahan Sakit Tumor Mata. Cita-citanya Ingin Jadi Ustadzah. Ayo Bantu!!

Orang dewasa saja belum tentu sanggup menahan nyeri yang hebat selama dua tahun pada mata dan kepala. Tapi balita Nuraini ini bisa bersabar menghadapi ujian Allah, tumor mata ganas....

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Untuk meningkatkan dakwah dan kesejahteraan umat Islam, IDC mensinergikan dakwah Islamiyah, misi kemanusiaan dan medis. Ayo bantu program KLINIK UMMAT di berbagai daerah....

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Gadis yatim syuhada ini wafat di RS Adam Malik Medan setelah menderita penyakit Lupus. Ayahnya gugur tahun 2010 saat menegakkan syariat i'dad bersama kafilah Mujahidin Aceh....

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Setelah dua pekan opname di rumah sakit, akhirnya Luqman Rivai bisa pulang ke rumah. Biaya operasi sebesar 33,5 juta rupiah dilunasi, IDC turut membantu biaya 8,5 juta rupiah...

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Sudah dua pekan Luqman opname di rumah sakit, usai operasi penyumbatan usus. Ia tak bisa pulang karena terganjal biaya operasi 33,5 juta rupiah yang belum dilunasi. Ayo bantu!! ...

Latest News


Must Read!
X