Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.098 views

Umat Islam Sudan Membakar Gereja Katholik

Kelompok Muslim di Selatan Sudan membakar Gereja Katolik yang sering dikunjungi jemaah, Minggu. Gereja di distrik Al-Jiraif, Khartoum, distrik dibangun di tanah yang disengketakan.

Namun insiden itu tampaknya menjadi bagian dari dampak situasi konflik antara Sudan dengan Sudan Selatan yang sekarang dikuasai rezim Kristen yang mendapat dukungan Zionis-Israel. Perang yang berkelanjutan itu, sekarang memasuki tahap baru, memperebutkan kota yang kaya minyak Heglig.

Sudan dan Sudan Selatan memasuki tahap perang  dalam skala besar, di mana pemerintah Khartoum telah mengeahkan secara  besar-besaran dengan melibatkan pasukan udarnya, menghancurkan pasukan Kristen dari Sudan Selatan yang berusaha menguasai Heglig.

Pekan lalu, pasukan pemerintah Khartoum berhasil mengusir pasukan Selatan dari kota Heglig. Tetapi, Presiden Sudan Omar Hasan al-Bashir, menegaskan akan terus melancarkan serangan ke wilayah Selatan,dan  bertekad menggulingkan rezim di Selatan, yang disebutnya sebagia "rayap".

Para saksi dan beberapa surat kabar mengatakan massa yang berjumlah ratusan berteriak mengecam pemerintan Selatan yang Kristen, dan kemudian membakar gereja. Mobil pemadam kebakaran tidak bisa memadamkan api, karena banyaknya kerumunan massa yang marahk.

Surat kabar, Al-Sahafah, mengatakan gereja yang dibakar  adalah bagian dari kompleks yang mencakup sekolah dan asrama. Pengungsi Ethiopia yang tinggal di ibukota Sudan juga menggunakan gereja.

Selatan kebanyakan Kristen dan animis, dan memisahkan dari Sudan pada tahun 2011, sekitar enam tahun setelah kesepakatan damai mengakhiri lebih dari dua dasawarsa perang antara kedua belah pihak.


Wakil Presiden Ali Osman Taha, sementara itu, dalam wawancara dengan televisi menolak penyebaran pasukan internasional di Heglig, mengatakan daerah itu diakui secara internasional sebagai wilayah Sudan. Taha mengatakan bahwa Khartoum segera mengumumkan kerugian akibat serangan pasukan Sudan Selatan di Heglig, dan Sudan akan akan menuntut kompensasi. (af/tm)

Sudan juru bicara militer Kolonel Sawarmy Khaled juga mengatakan bahwa pasukan pemerintah telah memukul mundur serangan oleh pasukan Sudan Selatan di daerah sekitar kota Talode di Kordofa Selatan, wilayah yang sama di mana Heglig berada. Dia mengatakan selatan menderita korban yang tidak ditentukan namun tidak mengatakan kapan pertempuran itu terjadi.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X