Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.707 views

Pemberontak Suriah Belajar Taktik Gerilya ke Kosovo

PRISTINA, KOSOVO (voa-islam.com) - Sebuah delegasi pemberontak Suriah telah membuat kesepakatan dengan pemerintah Pristina untuk bertukar pengalaman dari perang gerilya. Oposisi Suriah mengirim para gerilyawan ke Kosovo untuk mengadopsi taktik dan dilatih untuk menggulingkan rezim Presiden Bashar Assad.

Pada tanggal 26 April sebuah delegasi dari anggota oposisi Suriah singgah di Pristina dalam perjalanan mereka dari AS untuk mengadakan pembicaraan tentang cara menggunakan pengalaman Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) di Suriah, laporan Associated Press.

Sejauh ini, oposisi Suriah yang terorganisir kurang baik telah terbukti mampu mengorganisir diri dan membentuk sebuah front stabil melawan kekuatan Presiden Assad. Taktik teror yang digunakan oleh gerilyawan memungkinkan mereka untuk membunuh para pejabat militer dan pemerintah Suriah, tetapi tidak membantu untuk mempertahankan posisi melawan tentara reguler.

"Kami datang ke sini untuk belajar. Kosovo telah melalui jalan ini dan memiliki pengalaman yang akan sangat berguna bagi kami, "kata ketua delegasi Suriah Ammar Abdulhamid, aktivis hak asasi manusia dan pembangkang kelahiran Suriah. "Secara khusus, kami ingin tahu bagaimana kelompok-kelompok bersenjata yang tersebar akhirnya disusun menjadi KLA."

..Kami datang ke sini untuk belajar. Kosovo telah melalui jalan ini dan memiliki pengalaman yang akan sangat berguna bagi kami..

Pemimpin oposisi Suriah telah berjanji untuk segera mengakui Kosovo setelah mereka merebut kekuasaan di negara ini.

"Kami dalam kebutuhan mendesak dari aksi bersama sebagai koalisi oposisi," tegas Ammar Abdulhamid, lawan lama dari Presiden Suriah Bashar Assad. Pada tahun 2005, ia meninggalkan Suriah untuk menetap di Amerika Serikat.

Kamp pelatihan di perbatasan Albania-Kosovo yang pada awalnya diadakan oleh AS untuk membantu KLA melatih pejuangnya telah menyambut para peserta warga Suriah.

Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) dianggap sebagai organisasi teroris oleh AS, Inggris dan Prancis selama bertahun-tahun sampai, pada 1998, KLA dicabut dari daftar teroris tanpa penjelasan yang diberikan. KLA menggunakan hingga 10 persen dari pejuang di bawah umur di jajarannya.

Ada banyak laporan KLA memiliki kontak dengan Al-Qaidah, mendapatkan senjata dari organisasi teroris, mendapatkan militan yang dilatih di kamp-kamp Al-Qaidah di Pakistan dan bahkan memiliki anggota Al-Qaidah dalam jajarannya saat berperang melawan Serbia.

Pada tahun 1998-1999 separatis Kosovo memulai konflik bersenjata dengan Belgrade untuk membagi wilayah Kosovo dari Serbia. Perang di wilayah ini ditandai dengan kekejaman massal dan eksekusi terhadap penduduk sipil. Sebagian besar orang Serbia yang dulu tinggal di Kosovo menjadi pengungsi.

..Pada tahun 1998-1999 separatis Kosovo memulai konflik bersenjata dengan Belgrade untuk membagi wilayah Kosovo dari Serbia..

Pada tahun 2008, 10 tahun setelah awal konflik bersenjata dengan Serbia, Kosovo secara sepihak memproklamasikan kemerdekaan dari Beograd. Kemerdekaan Kosovo telah diakui oleh negara-negara Barat terkemuka, sebagian besar anggota NATO dan negara-negara yang terkait dengan blok itu.

Kengerian yang sama yang disaksikan selama perang di Kosovo sekarang tampaknya sedang dipersiapkan  oleh Tentara Pembebasan Suriah dilatih Muslim Kosovo di Eropa tengah.

Kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang benar-benar membentuk delegasi untuk Kosovo telah berperang dengan pemerintah Syria selama lebih dari satu tahun sekarang. Pemberontakan ini telah merenggut lebih dari 9.000 nyawa, sekitar setengah dari mereka adalah prajurit penegak hukum dan pejabat Suriah.

Akhir-akhir ini, para militan telah terjepit dari kota-kota Suriah dan posisi mereka di sepanjang perbatasan Suriah-Turki. Karena tidak bisa mengubah pasang surut secara bebas, Tentara Pembebasan Suriah telah memanggil sponsor asing untuk mulai intervensi militer ke Suriah untuk menggulingkan Presiden Bashar Al-Assad. (an/rt)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X