Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.022 views

Taliban: NATO Lari dengan Hina dan Aib dari Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Memasuki tahun ke 12 perang di Afghanistan pada hari Ahad (7/10/2012) kemarin, kelompok pejuang Islam Taliban membuat pernyataan mengatakan bahwa pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) lari dari Afghanistan dengan hina dan aib.

"Dengan bantuan Allah, rakyat Afghanistan yang gagah berani di bawah kepemimpinan jihad keamiran Islam telah mengalahkan kekuatan tentara dan berbagai siasat persekutuan Amerika Serikat dan NATO," kata pernyataan Taliban pada Ahad (7/10/2012).

"Sekarang, sesudah sebelas tahun teror tanpa henti, tirani, kejahatan dan kebiadaban, mereka lari dari Afghanistan dengan hina dan aib, yang harus mereka pertanggungjawabkan," kata pernyataan tersebut.

Perang Afghanistan, perang terpanjang dalam sejarah AS, ditandai dengan serbuan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat pada 7 Oktober 2001. Perang itu dilakukan untuk menggulingkan pemerintah sah Taliban di Afghanistan, dengan dalih melawan terorisme, yang dituduh menyembunyikan pemimpin Al-Qaidah, Syaikh Usamah bin Ladin, orang yang diduga sebagai otak serangan  11 September di New York dan Washington.

Taliban sendiri sempat memberikan perlawanan hebat dalam menghadapi gempuran dari pasukan koalisi, namun demi menghindari lebih banyak jatuhnya korban sipil akibat bombardir serampangan pasukan NATO, Taliban akhirnya mundur dari kabul.

Namun, mundurnya mereka dari pusat kekuasaan, yang katakan merupakan kekalahan oleh pihak musuh, tidak ditandai dengan mengendurkan perlawanan mereka, justru selama bertahun-tahun, perlawanan itu semakin kuat hingga NATO mengerahkan sekitar 130.000 tentara dari 50, negara belum termasuk 100.000 dari pasukan AS, untuk membela pemerintah dukungan Barat Presiden Hamid Karzai.

Perlawanan hebat para pejuang Islam yang ditandai semakin meningkatnya korban dari pasukan asing, ditambah maraknya demonstrasi menuntut penarikan segera para tentara anggota pasukan koalisi dari Afghanistan, membuat NATO akhirnya sedikit demi sedikit mulai menarik keluar dan seluruh pasukan tempur asing akan pergi pada akhir 2014, sesuai dengan jadwal penarikan kesepakatan Amerika Serikat dan NATO.

Hingga kini 3.199 tentara NATO telah tewas dalam perang itu, lebih dari 2.000 dari mereka orang Amerika Serikat. Sebagian besar kematian terjadi dalam lima tahun belakangan saat serangan Taliban meningkat, kata laman mandiri pelacak korban perang Irak dan Afghanistan icasualties.com.

Pada tahun ini, angka resmi menunjukkan bahwa kematian di antara pasukan keamanan Afghanistan tercatat lima kali lebih tinggi daripada NATO, saat Afghanistan mengambil peningkatan tanggung jawab sebelum penarikan tentara Barat.

Amerika Serikat dan NATO mengklaim pasukan Afghanistan akan mampu mengambil alih perang melawan Taliban setelah 2014, namun banyak pengamat memperkirakan terjadi perang saudara baru berdarah di antara banyak unsur.

Seorang pakar Afghanistan dari Carnegie Endowment for International Peace, Gilles Dorronsoro memperkirakan pemerintah Afghanistan akan runtuh dan pejuang Islam Taliban kemungkinan merebut kembali kekuasaan setelah Amerika Serikat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menarik pasukan mereka pada 2014. (by/ant)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X