Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.511 views

Syi'ah Irak Berperang Bersama Pasukan Bashar Al-Assad di Suriah

SURIAH (voa-islam.com) - Perang agama di Suriah antara Sunni dan Syi'ah tidak hanya menarik sejumlah mujahidin dari negara lain untuk membantu Muslim Sunni yang ada di negara tersebut, tetapi juga mengundang petempur Syi'ah dari negara tetangga suriah seperti Irak dan Iran serta Libanon untuk ikut terjun di lapangan membantu tentara Bashar Al-Assad dalam mempertahankan wilayah dan melakukan operasi tempur terhadap pemberontak Suriah yang notebene berasal dari kaum Sunni.

Puluhan militan Syi'ah Irak yang bersumpah setia kepada pemimpin tertinggi agama Syi'ah Iran saat ini berperang di Suriah bersama pasukan Presiden Bashar al-Assad, menurut petempur dan politisi Syi'ah di Irak.

Bagi warga Syiah Irak yang mengikuti pemimpim tertinggi Syi'ah Iran Ayatollah Ali Khamenei, pemberontakan di Suriah mengancam pengaruh Syiah dan warga Syi'ah Irak yang berperang di Suriah mengatakan mereka memandang adalah sebuah kewajiban untuk membantu Assad yang juga berfaham Syi'ah, karena kesetiaan mereka kepada otoritas tertinggi Republik Syi'ah Iran.

Diantara para milisi Syi'ah Irak yang terlibat dalam perang di Suriah adalah para pembelot dan mantan petempur anti-AS dari Tentara Mehdi pimpinan ulama Syi'ah Irak Moqtada al-Sadr, Badr Group dan Asaib al-Haq yang didukung Iran dan Kata'ib Hizbullah, milisi yang pernah mengobarkan perang terhadap pasukan Amerika, militan Syiah dan politisi Irak mengatakan.

Para politisi Syi'ah mengatakan para militan yang berjuang di Suriah tidak mendapatkan sanksi resmi dari pimpinan milisi mereka atau dari pemerintah Irak yang dipimpinan Syi'ah yang terjebak dalam tindakan menyeimbangkan antara sekutunya Teheran, dan negara-negara Barat dan negara-negara Arab yang menyerukan Assad untuk hengkang.

Beberapa militan Syi'ah Irak tersebut adalah mantan petempur Tentara Mahdi yang mengusi ke Suriah setelah 2007 ketika kelompok mereka hancur oleh pasukan Irak. Sementara yang lain, yang setia kepada Khamenei sebagai otoritas keagamaan, menyeberang baru-baru ini, para petempur dan politisi Syi'ah Irak mengatakan.

"Kami membentuk brigade Abu al-Fadhal al-Abbas yang mencakup 500 warga Irak, Suriah dan beberapa negara lain," kata seorang pembelot Irak dari Tentara Mehdi yang mengaku bernama Abu Hajar kepada Reuters melalui telepon satelit dari Suriah.

"Ketika pertempuran meletus di daerah kami, kami melakukan beberapa operasi militer gabungan berdampingan dengan tentara Suriah untuk membersihkan daerah yang direbut oleh Tentara Pembebasan Suriah (FSA)," kata Abu Hajar, yang seperti orang lain merupakan pengungsi di Suriah sebelum konflik.

Pembelot lain dari Tentara Mehdi, Abu Mujaid, yang baru saja kembali ke Suriah setelah semengunjungi keluarganya di kota Najaf Irak mengatakan misi kelompoknya di Suriah dibatasi untuk mengamankan kuil suci terkenal Syi'ah Sayyida Zeinab dan lingkungan-lingkungan Syi'ah terdekat.

Tapi kadang-kadang, katanya, mereka melakukan penyerbuan pre-emptive para para pejuang FSA, setiap kali mereka mendapatkan informasi Tentara Pembebasan Suriah akan menyerang kuil tersebut, kantor-kantor pemimpin agama Syi'ah, dikenal sebagai Marjaiya, dan lingkungan-lingkungan Syiah.

"Misi kami adalah mengamankan kuil suci Syi'ah, wilayah-wilayah Syiah dan kantor Marjaiya," kata Abu Mujaid. "Kami tidak memiliki medan yang jelas, namun, dari waktu ke waktu, kita melaksanakan penyerangan dengan tentara Suriah di tempat-tempat Tentara Pembebasan Suriah."

"Pasukan tentara Suriah tidak bisa menjaga semua medan," kata Abu Mujaid. "Mereka datang untuk satu atau dua jam, setiap hari, untuk membebaskan daerah yang direbut dari pemberontak dan meninggalkan sisanya terserah kepada kita dan warga Syiah dari daerah-daerah tersebut."

Milisi pro-Assad

Tentara Pembebasan Suriah menganggap militan Syi'ah adalah sebuah milisi pro-Assad. Beberapa dari para militan Syi'ah tersebut telah ditangkap dan dibunuh dalam pertempuran, para militan dan keluarga lokal di Irak mengatakan.

Di kawasan Syi'ah Ameen Baghdad, baru-baru ini didirikan billboard yang menunjukkan foto seorang militan Tentara Mehdi berjanggut yang diposternya diyatakan menjadi "martir" pada bulan Februari. Keluarganya mengatakan dia mati dalam pertempuran di Suriah.

Sebuah video yang diposting di YouTube bulan lalu oleh pejuang Suriah menunjukkan seorang pemuda bernama Ahmed al-Maksosi yang wajahnya tampak bengkak saat ia mengaku bahwa ia adalah seorang petempur Tentara Mahdi.

Para militan Syi'ah Irak mengatakan Maksosi adalah salah satu dari rekan-rekan mereka yang bertempur bersama mereka di salah satu lingkungan Zeinab Sayyida. Mereka mengatakan ia diculik dan disiksa oleh FSA sebelum ia dibunuh.

Abu Mujaid, Abu Hajar dan para politisi Syi'ah Irak yang memiliki pengetahuan tentang para militan Syi'ah mengatakan mereka yang pergi ke Suriah adalah relawan individu yang bepergian dengan paspor mereka sendiri melalui rute biasa.

Mereka mengatakan ada para kontak yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengorganisir relawan, mempersenjatai mereka dan mengarahkan mereka untuk tugas, tetapi semua menghadapi masalah pendanaan, banyak yang mengatakan mereka berasal dari beberapa pedagang Irak di Suriah.

Bantah kirim petempur ke Suriah

Para pemimpin Organisasi Badr, Asaib al-Haq dan Tentara Mehdi mengatakan kepada Reuters mereka tidak mengirimkan petempurnya ke Suriah karena mereka percaya bahwa pergolakan itu merupakan urusan internal. Mengirim para petempurnya akan menjadi sebuah intervensi dalam urusan Suriah.

"Kami tidak mengutus seorangpun ke Suriah ... beberapa orang berpikir berperang di Suriah adalah sah, jadi mungkin orang-orang tersebut pergi ke sana tanpa berkoordinasi dengan para pemimpin mereka," kata pemimpin senior organisasi Badr, yang berbicara dengan syarat anonim.

Pergolakan Suriah adalah mimpi buruk politik bagi pemerintah Irak yang dipimpin Syiah yang percaya jatuhnya Assad akan menghancurkan Suriah sepanjang garis-garis sekterian dan menghasilkan sebuah permusuhan, rezim garis keras Muslim Sunni yang  yang bisa membangkitkan Irak sendiri terbakar Sunni-Syiah campuran komunal.

Irak mengatakan negara itu memiliki kebijakan non-interferensi di Suriah - namun tetap dekat dengan posisi Teheran dengan menolak untuk mendukung tuntutan Liga Barat dan Arab untuk menurunkan Bashar Al-Assad, berfaham Alawit, salah satu cabang Syiah yang merupakan agama minoritas di Suriah

Amerika Serikat, sekutu Eropa, Turki dan negara-negara Arab Teluk telah berpihak pada oposisi Suriah, sementara Iran, Rusia dan China telah mendukung Assad, yang keluarga dan sekte minoritas Alawitnya telah mendominasi Suriah selama 42 tahun.

Pengaruh Iran

Pemerintah Syiah-Iran  telah mencoba untuk melawan tekanan oleh Barat serta AS untuk memutar kembali kekuatan negara itu di Timur Tengah dan ketakutan akan kesuksesan pemberontakan yang dipimpin Sunni di Suriah.

Para militan dan politisi Syi'ah Irak mengatakan tidak ada petempur Iran di tanah di Suriah, tapi ada para ahli dan perwira Hizbullah Lebanon untuk melatih orang-orang.

"Iran bekerja di sana dengan menggunakan Hizbullah, ada perwira dan militan Hizbullah dari Libanon yang melatih warga dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan pertempuran mereka," militan Irak, Abu Mujaid mengatakan.

Iran sendiri telah menunjuk seorang pemimpin senior Syi'ah Irak dalam Group Badar - sayap politik ISCI yang secara erat didukung oleh Teheran - untuk mengendalikan kelompok-kelompok militan Syi'ah dan berkoordinasi antara pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok Syi'ah Irak, seorang politisi yang bersekutu dengan kelompok milisi tersebut mengatakan.

Meski para petempur Syi'ah dari negara-negara tetangga Suriah juga mengalir ke negara itu sebagaimana mujahidin, dimana kehadiran mereka juga telah meradikalisasi konflik dan juga meningkatkan ketegangan sekterian di Suriah, hingga kini tidak ada pertanyaan kekhawatiran yang dikeluarkan oleh PBB atas mereka. (by/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X