Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
55.910 views

Rebecca Reijman: Masuk Islam Setelah Mendengar Ayat Suci Al-Quran

Lahir dan dibesarkan di Belanda, menjadikannya tak beragama dan minim pengetahuan tentang agama Islam, meski ibunya beragama Islam. Di Jakarta, tanah kelahiran ibundanya, Rebecca Soejati Reijman kembali menemukan Islam.

Penyanyi dan bintang iklan berdarah Jawa-Belanda ini baru dua bulan jadi mualaf. Sejak memeluk agama Islam, Rebecca mengaku lebih tenang dan bahagia menjadi seorang muslimah. “Lebih merasa bahagia. Masuk Islam merasa lebih komplit," katanya.

Gadis blesteran yang logat bahasa Indonesianya belum sempurna ini, memutuskan memeluk Islam setelah mendengarkan ayat suci Al-Qur’an saat menghadiri acara tahlilan di rumah almarhum Andrey Chilink, mantan drummer grup band Bunglon yang tewas setelah mobil yang ditumpanginya terperosok ke jurang di kawasan Dago, Bandung.

“Dengar tahlilan, wow saya merasa tidak kosong lagi. Saya merasa ada yang di samping saya dan memberi kekuatan,” tuturnya. "Saya mualaf pas dua hari sebelum Lebaran. Setelah Lebaran saya merasa yakin, Islam bisa memberi ketenteraman. Makanya saya mantap jadi muslimah," kenangnya.

Saat itu, akunya, ia dalam kondisi labil bahkan sempat mengungsi ke Bali untuk mencari inspirasi dan ketenangan diri. “Tapi setelah mendengarkan tahlilan itu, aku justru merasa ada yang di samping aku dan beri aku kekuatan," aku pemilik album Rock and Soul itu.

Sebelumnya, Rebecca sudah mulai jatuh hati terhadap ajaran Islam sejak bulan puasa. Pelantun tembang Kata Hati itu selalu menyimak acara-acara ceramah dan santapan rohani yang ditayangkan berbagai stasiun televisi menjelang berbuka puasa dan saat sahur. Hatinya terasa bergetar tiap kali mendengar ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Menjawab pertanyaan soal keputusannya menjadi mualaf, Rebecca mengaku keputusannya itu karena niat yang murni tanpa dipengaruhi orang lain.

..tanda-tanda akan masuk Islam sudah terlihat sebelum Idul Fitri. Ia sering bertanya kepada sejumlah ustadz mengenai Islam. Bahkan tak jarang ia membaca buku-buku yang berkaitan dengan Islam...

"Saya masuk Islam benar-benar dari hati. Saya jadi lebih khuyuk Islamnya," ungkapnya.

Diakui, keinginannya memeluk Islam  bukan tanpa paksaan atau dorongan orang lain. "Enggak ada yang maksa aku buat meluk agama, karena awalnya aku tidak beragama. Di Belanda sudah biasa seperti itu," ungkap Rebecca.

Sebelum jadi muallaf, Rebecca memang tak memeluk agama apapun. Namun ketika mempelajari Islam, gadis yang tiga kali menolak tawaran tampil bugil di majalah Playboy ini mulai jatuh hati. "Rasanya lebih tenang saja. Lebih damai jika mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Saya baru mulai, doakan semoga semua berjalan baik," harapnya.

Tanda-tanda Rebecca akan masuk Islam memang sudah terlihat sebelum Idul Fitri. Ia sering bertanya kepada sejumlah ustadz mengenai Islam. Bahkan tak jarang ia membaca buku-buku yang berkaitan dengan Islam.

Beruntung, keluarga besar Rebecca cukup mafhum dengan keputusannya menjadi seorang muallaf. "Keluarga di Belanda memang tanya aku, dan saya jelaskan, akhirnya mereka mensupport saja. Tidak ada yang bilang 'hei kamu mau ngapain'," tegasnya.

Setelah membacakan dua kalimat syahadat, ia mengaku kian getol mendalami Islam, salah satunya melalui situs YouTube. Rebecca mengaku belajar dari YouTube untuk memudahkan dirinya mengeja dalam bahasa Arab. Seperti mengucapkan surat Al Fatihah dan yang lainnya.

“Saya syahadatnya di rumah saya, saya belajar Islam baca buku tapi enggak ngerti. Ya saya belajar dari internet karena di internet banyak pelajaran Islam bahasa Belanda," jelas gadis kelahiran Den Haag, Belanda, 21 Februari 1985 itu.

Sampai sekarang Rebecca masih ingin belajar tentang Islam. Karena itu ia banyak bertanya tentang agama yang baru dianutnya kepada siapa pun. "Aku sering tanya-tanya sama teman apa saja tentang Islam. Aku sekarang sudah bisa baca surat Al-Fatihah dan An-nas, ujarnya bangga.

Rebecca mulai belajar meninggalkan apa yang diharamkan Islam. Salah satunya, Rebecca berjanji tak lagi mengkonsumsi minuman alkohol...

Meski sudah membiasakan shalat, Rebecca mengaku  masih mendalami bacaan Tasyahud –bacaan tahiyat pada waktu shalat– dan berupaya tak ketinggalan shalat lima waktu. "Paling susah belajar Tasyahud. Shalat saya belajar kerjakan lima kali sehari, kalau lagi kerja saya pasti usahakan shalat," ungkapnya. "Doakan semoga semuanya berjalan baik. Aku sudah shalat sendiri," katanya berharap.

Stop Minum Alkohol

Sebelum masuk Islam, Rebecca  mempunyai cara sendiri untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat lagu. Ia harus meminum alkohol terlebih dulu untuk dapat menciptakan lagu. "Rasanya beda meminum alkohol dengan tidak meminum. Kalau dengan minum, inspirasi cepat mengalirnya," kenangnya.

Kebiasan menenggak alkohol itu memang sudah biasa dilakukan Rebecca sebelum membuat lagu. Maklum ia lahir dan dibesarkan di lingkungan sudah sangat akrab dengan alkohol.

Namun setelah memutuskan hijrah memeluk agama Islam, Rebecca mulai belajar untuk tidak mengerjakan apa yang diharamkan Islam. Salah satunya, Rebecca berjanji tak lagi mengkonsumsi minuman alkohol, apalagi sampai mabuk-mabukan. "Insya Allah bisa," janjinya. [taz/dbs/voa-islam.com]

Baca berita terkait:

  1. Marlon King: Striker Liga Inggris yang Menemukan Islam di Penjara
  2. Penyanyi Rap Wanita Asal Perancis Masuk Islam
  3. Profesor Masuk Islam Karena Keajaiban al-Qur'an
  4. "Loon" Penyanyi Rap Terkenal AS yang Masuk Islam
  5. Yahudi Simon Cowell Masuk Islam untuk Nikahi Pacarnya?
  6. Sembilan Petinju Afrika Masuk Islam di Pakistan
  7. Rebecca Reijman: Masuk Islam Setelah Mendengar Ayat Suci Al-Quran
  8. Terima Seruan Kaddafi, Gadis Italia Masuk Islam
  9. Pesepak Bola Portugal, Abel Xavier Masuk Islam 
  10. Mr. Jacques Yves Costeau: Masuk Islam Setelah Temukan Mukjizat 'Sungai di dalam Laut'
  11. Pemain Sepak Bola Muslim Tetap Berpuasa Ramadhan
  12. Franck Ribery: Islam Sumber Kekuatan Saya

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X