Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
54.921 views

Rebecca Reijman: Masuk Islam Setelah Mendengar Ayat Suci Al-Quran

Lahir dan dibesarkan di Belanda, menjadikannya tak beragama dan minim pengetahuan tentang agama Islam, meski ibunya beragama Islam. Di Jakarta, tanah kelahiran ibundanya, Rebecca Soejati Reijman kembali menemukan Islam.

Penyanyi dan bintang iklan berdarah Jawa-Belanda ini baru dua bulan jadi mualaf. Sejak memeluk agama Islam, Rebecca mengaku lebih tenang dan bahagia menjadi seorang muslimah. “Lebih merasa bahagia. Masuk Islam merasa lebih komplit," katanya.

Gadis blesteran yang logat bahasa Indonesianya belum sempurna ini, memutuskan memeluk Islam setelah mendengarkan ayat suci Al-Qur’an saat menghadiri acara tahlilan di rumah almarhum Andrey Chilink, mantan drummer grup band Bunglon yang tewas setelah mobil yang ditumpanginya terperosok ke jurang di kawasan Dago, Bandung.

“Dengar tahlilan, wow saya merasa tidak kosong lagi. Saya merasa ada yang di samping saya dan memberi kekuatan,” tuturnya. "Saya mualaf pas dua hari sebelum Lebaran. Setelah Lebaran saya merasa yakin, Islam bisa memberi ketenteraman. Makanya saya mantap jadi muslimah," kenangnya.

Saat itu, akunya, ia dalam kondisi labil bahkan sempat mengungsi ke Bali untuk mencari inspirasi dan ketenangan diri. “Tapi setelah mendengarkan tahlilan itu, aku justru merasa ada yang di samping aku dan beri aku kekuatan," aku pemilik album Rock and Soul itu.

Sebelumnya, Rebecca sudah mulai jatuh hati terhadap ajaran Islam sejak bulan puasa. Pelantun tembang Kata Hati itu selalu menyimak acara-acara ceramah dan santapan rohani yang ditayangkan berbagai stasiun televisi menjelang berbuka puasa dan saat sahur. Hatinya terasa bergetar tiap kali mendengar ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Menjawab pertanyaan soal keputusannya menjadi mualaf, Rebecca mengaku keputusannya itu karena niat yang murni tanpa dipengaruhi orang lain.

..tanda-tanda akan masuk Islam sudah terlihat sebelum Idul Fitri. Ia sering bertanya kepada sejumlah ustadz mengenai Islam. Bahkan tak jarang ia membaca buku-buku yang berkaitan dengan Islam...

"Saya masuk Islam benar-benar dari hati. Saya jadi lebih khuyuk Islamnya," ungkapnya.

Diakui, keinginannya memeluk Islam  bukan tanpa paksaan atau dorongan orang lain. "Enggak ada yang maksa aku buat meluk agama, karena awalnya aku tidak beragama. Di Belanda sudah biasa seperti itu," ungkap Rebecca.

Sebelum jadi muallaf, Rebecca memang tak memeluk agama apapun. Namun ketika mempelajari Islam, gadis yang tiga kali menolak tawaran tampil bugil di majalah Playboy ini mulai jatuh hati. "Rasanya lebih tenang saja. Lebih damai jika mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Saya baru mulai, doakan semoga semua berjalan baik," harapnya.

Tanda-tanda Rebecca akan masuk Islam memang sudah terlihat sebelum Idul Fitri. Ia sering bertanya kepada sejumlah ustadz mengenai Islam. Bahkan tak jarang ia membaca buku-buku yang berkaitan dengan Islam.

Beruntung, keluarga besar Rebecca cukup mafhum dengan keputusannya menjadi seorang muallaf. "Keluarga di Belanda memang tanya aku, dan saya jelaskan, akhirnya mereka mensupport saja. Tidak ada yang bilang 'hei kamu mau ngapain'," tegasnya.

Setelah membacakan dua kalimat syahadat, ia mengaku kian getol mendalami Islam, salah satunya melalui situs YouTube. Rebecca mengaku belajar dari YouTube untuk memudahkan dirinya mengeja dalam bahasa Arab. Seperti mengucapkan surat Al Fatihah dan yang lainnya.

“Saya syahadatnya di rumah saya, saya belajar Islam baca buku tapi enggak ngerti. Ya saya belajar dari internet karena di internet banyak pelajaran Islam bahasa Belanda," jelas gadis kelahiran Den Haag, Belanda, 21 Februari 1985 itu.

Sampai sekarang Rebecca masih ingin belajar tentang Islam. Karena itu ia banyak bertanya tentang agama yang baru dianutnya kepada siapa pun. "Aku sering tanya-tanya sama teman apa saja tentang Islam. Aku sekarang sudah bisa baca surat Al-Fatihah dan An-nas, ujarnya bangga.

Rebecca mulai belajar meninggalkan apa yang diharamkan Islam. Salah satunya, Rebecca berjanji tak lagi mengkonsumsi minuman alkohol...

Meski sudah membiasakan shalat, Rebecca mengaku  masih mendalami bacaan Tasyahud –bacaan tahiyat pada waktu shalat– dan berupaya tak ketinggalan shalat lima waktu. "Paling susah belajar Tasyahud. Shalat saya belajar kerjakan lima kali sehari, kalau lagi kerja saya pasti usahakan shalat," ungkapnya. "Doakan semoga semuanya berjalan baik. Aku sudah shalat sendiri," katanya berharap.

Stop Minum Alkohol

Sebelum masuk Islam, Rebecca  mempunyai cara sendiri untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat lagu. Ia harus meminum alkohol terlebih dulu untuk dapat menciptakan lagu. "Rasanya beda meminum alkohol dengan tidak meminum. Kalau dengan minum, inspirasi cepat mengalirnya," kenangnya.

Kebiasan menenggak alkohol itu memang sudah biasa dilakukan Rebecca sebelum membuat lagu. Maklum ia lahir dan dibesarkan di lingkungan sudah sangat akrab dengan alkohol.

Namun setelah memutuskan hijrah memeluk agama Islam, Rebecca mulai belajar untuk tidak mengerjakan apa yang diharamkan Islam. Salah satunya, Rebecca berjanji tak lagi mengkonsumsi minuman alkohol, apalagi sampai mabuk-mabukan. "Insya Allah bisa," janjinya. [taz/dbs/voa-islam.com]

Baca berita terkait:

  1. Marlon King: Striker Liga Inggris yang Menemukan Islam di Penjara
  2. Penyanyi Rap Wanita Asal Perancis Masuk Islam
  3. Profesor Masuk Islam Karena Keajaiban al-Qur'an
  4. "Loon" Penyanyi Rap Terkenal AS yang Masuk Islam
  5. Yahudi Simon Cowell Masuk Islam untuk Nikahi Pacarnya?
  6. Sembilan Petinju Afrika Masuk Islam di Pakistan
  7. Rebecca Reijman: Masuk Islam Setelah Mendengar Ayat Suci Al-Quran
  8. Terima Seruan Kaddafi, Gadis Italia Masuk Islam
  9. Pesepak Bola Portugal, Abel Xavier Masuk Islam 
  10. Mr. Jacques Yves Costeau: Masuk Islam Setelah Temukan Mukjizat 'Sungai di dalam Laut'
  11. Pemain Sepak Bola Muslim Tetap Berpuasa Ramadhan
  12. Franck Ribery: Islam Sumber Kekuatan Saya

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Upclose lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Turki Akan Kirim 3.250 Personel Keamanan Ke Qatar Untuk Amankan Piala Dunia 2022

Turki Akan Kirim 3.250 Personel Keamanan Ke Qatar Untuk Amankan Piala Dunia 2022

Rabu, 19 Jan 2022 17:27

Hancur-hancuran Pindah Ibu Kota Negara

Hancur-hancuran Pindah Ibu Kota Negara

Rabu, 19 Jan 2022 07:17

DPR Sahkan RUU IKN dan RUU TPKS, PP KAMMI: Jangan Arogan

DPR Sahkan RUU IKN dan RUU TPKS, PP KAMMI: Jangan Arogan

Rabu, 19 Jan 2022 06:57

Calon Presiden Prancis Didenda € 10.000 Karena Sebut Migran Anak 'Pencuri' dan 'Pemerkosa'

Calon Presiden Prancis Didenda € 10.000 Karena Sebut Migran Anak 'Pencuri' dan 'Pemerkosa'

Selasa, 18 Jan 2022 21:20

Mantan Ajudan Tuduh Boris Johnson Bohong Terkait Pesta Di Downing Street Selama Penguncian COVID-19

Mantan Ajudan Tuduh Boris Johnson Bohong Terkait Pesta Di Downing Street Selama Penguncian COVID-19

Selasa, 18 Jan 2022 20:44

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam Harus Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam Harus Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

Selasa, 18 Jan 2022 14:50

Sekum Persis: Umat Ini Harus Baik Ekonominya

Sekum Persis: Umat Ini Harus Baik Ekonominya

Selasa, 18 Jan 2022 12:45

Manuver Cawapres Tak Kalah Gesit dengan Capres

Manuver Cawapres Tak Kalah Gesit dengan Capres

Selasa, 18 Jan 2022 12:19

Terkait Khalid Basalamah, Tokoh Muda Alkhairaat Kritik HPA dan Pemkot Palu

Terkait Khalid Basalamah, Tokoh Muda Alkhairaat Kritik HPA dan Pemkot Palu

Selasa, 18 Jan 2022 10:20

Muslimat Dewan Da’wah Lampung Gelar Tablig Akbar Peradaban Qur’an

Muslimat Dewan Da’wah Lampung Gelar Tablig Akbar Peradaban Qur’an

Selasa, 18 Jan 2022 10:14

Bea Cukai Saudi Gagalkan Penyeludupan 8.3 Juta Pil Narkoba Jenis Captagon

Bea Cukai Saudi Gagalkan Penyeludupan 8.3 Juta Pil Narkoba Jenis Captagon

Senin, 17 Jan 2022 23:00

Kuwait Tunda Rencana Untuk Mulai Latih Tentara Wanita Menyusul Penolakan Dari Otoritas Agama

Kuwait Tunda Rencana Untuk Mulai Latih Tentara Wanita Menyusul Penolakan Dari Otoritas Agama

Senin, 17 Jan 2022 22:45

Marak Klithih, Butuh Penguatan Beragama

Marak Klithih, Butuh Penguatan Beragama

Senin, 17 Jan 2022 22:31

Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman Klaim Serang UEA

Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman Klaim Serang UEA

Senin, 17 Jan 2022 22:15

Perpres Bank Tanah Penuh Pelanggaran

Perpres Bank Tanah Penuh Pelanggaran

Senin, 17 Jan 2022 14:47

Ghozali, Mendulang Milyaran Rupiah dari Foto Selfi

Ghozali, Mendulang Milyaran Rupiah dari Foto Selfi

Senin, 17 Jan 2022 14:31

Korupsi, Kado Pahit dari Manifestasi Kapitalisme

Korupsi, Kado Pahit dari Manifestasi Kapitalisme

Senin, 17 Jan 2022 13:57

Hebat! Dua Tahun, Cendekiawan Muslim Adian Husaini Hasilkan 1000 Artikel Ilmiah

Hebat! Dua Tahun, Cendekiawan Muslim Adian Husaini Hasilkan 1000 Artikel Ilmiah

Senin, 17 Jan 2022 11:38

Muswil VII FLP Jatim, Muchlisin BK Terpilih Jadi Ketua

Muswil VII FLP Jatim, Muchlisin BK Terpilih Jadi Ketua

Senin, 17 Jan 2022 10:34

Prabowo Gagal Nyapres, Gerindra Nyungsep

Prabowo Gagal Nyapres, Gerindra Nyungsep

Senin, 17 Jan 2022 10:19


MUI

Must Read!
X