Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.218 views

Fenomena "Susuk Kuat Shalat": Mau Taat Berakibat Sesat!!

Fenomena ibadah dengan wasilah ritual kemusyrikan terjadi di negeri jiran Malaysia ini tergolong unik. Ritual yang biasa dipakai untuk pesugihan dan pelet, kini diperalat untuk meningkatkan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mau taat malah sesat!

Alih-alih meningkatkan semangat ibadah, membersihkan hati dan membentengi diri dari perbuatan maksiat, paranormal menjual jasa kemusyrikan berupa pemasangan susuk yang diberi label “Susuk Kuat Sembahyang.”

“Niat saya hanya untuk mendalami agama dan melakukan ibadah. Tapi tak disangka, ternyata jalan yang saya ambil bukan cara yang benar, malah merusak akidah,” sesal Zaki, sebagaimana beritakan Harian Metro Malaysia.

Pria berusia 34 ini mengaku sudah memakai “Susuk Kuat Sembahyang” sekira setahun lalu, dari seorang paranormal yang mengaku sebagai kiyai di Kelantan. Menurutnya, dia ditemukan dengan lelaki itu oleh seorang rakan selepas mendengar cadangan daripada sahabatnya itu yang didakwa turut menggunakan susuk berkenaan.

Zaki menambahkan, dirinya tertarik mendapatkan susuk itu karena ia informasi bahwa susuk itu mujarab untuk merawat hatinya yang dipenuhi dosa. Prosesi pemasangan susuk itu sendiri, jelasnya, diwarnai dengan terapi mistik dan mantra-mantra. “Ustadz itu memasukkan serbuk campuran tertentu pada telapak kakinya, di bagian belakang badan dan tapak tangan dengan jampi-jampi bacaan tertentu seperti mantra yang sulit dipahami,” paparnya.

Setelah kiyai paranormal itu memasukkan serbuk campuran tersebut, kenang Zaki, dia merasakan efek kelainan pada tubuh badannya dan setiap ingin menunaikan ibadah, dia merasa seperti ada suara ghaib membisikkan ke telinganya supaya melakukan ibadah.

Setelah tubuhnya dipasangi susuk, kenang Zaki, ada beberapa pantangan yang harus dijauhi selama tiga bulan pertama, yaitu tidak boleh menginjakkan kaki ke tanah kuburan. Bila pantangan ini dilanggar, maka dirinya akan diserang penyakit aneh yang tak bisa diobati. “Bila tidak mematuhi syarat itu, ustadz mengancam dirinya akan mengidap penyakit aneh yang susah diobati,” pungkasnya.

Begitulah jika ibadah tanpa dilandasi ilmu, ingin taat tetapi malah sesat. Syariat Islam mengharamkan tamimah termasuk di dalamnya jimat maupun susuk untuk apa pun tujuannya karena yang demikian itu merupakan perilaku syirik sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

مَنْ عَلَّقَ تَمِيمَةً فَقَدْ أَشْرَكَ

“Barangsiapa yang menggantungkan diri pada jimat, maka dia telah musyrik.” (H.R.  Ahmad No. 16781, dishahihkan Syaikh Albani dalam Silsilah Shahihah I/889 No. 492).

Sementara orang musyrik, sebanyak apa pun ia beramal tidak ada gunanya karena Allah tidak menerima amal dari orang yang musyrik, Allah Ta’ala bersabda:

وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“...Seandainya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan” (Qs. Al-An’am 88).

Bukan hanya itu, orang musyrik tidak akan diampuni dosanya oleh Allah jika ia tidak segera  bertaubat, hingga pada akhirnya Allah mengharamkan surga baginya dan mengazabnya di dalam neraka kekal selamanya, sebagaimana Firman Allah Ta’ala:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

“Sungguh Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” (Qs. An-Nisa’ 48).

مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

“...Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh Allah mengharamkan Surga baginya, dan tempatnya ialah Neraka dan tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun” (Qs. Al-Ma’idah 72). Wallahu a’lam bish-shawab. [voa-islam.com/taz, ahmed widad]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X