Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.957 views

Hasanat Jariyah, Modal Beharga Menuju Surga

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Hasanat jariyah adalah amal kebaikan yang terus mengalir pahalanya setelah kematiannya. Hasanat ini salah satu dari bekal terbaik untuk kehidupan akhirat. Saat nasib manusia ditentukan oleh amal perbuatannya.

Untuk kemakmuran dunia sebagian manusia mempersiapkan bekalnya dengan serius dan berinvestasi untuk keamanan dirinya di usia tua. Padahal kehidupan dunia hanya sementara. Namun untuk  akhirat yang kekal abadi tidak sedikit yang cuek dan tak mau peduli.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan tentang sifat akhirat dengan penjelasan yang dalam,

وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى

Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS. Al-A’la: 17) seharusnya seorang muslim semangat menyiapkan bekal untuk tempat tinggal yang lebih indah dan abadi dengan amal-amal utama.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah menjelaskan hasanat jariyah ini dalam beberapa hadits agar menjadi panduan dan penerang bagi siapa yang menempuh jalannya.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah bersabda,

سَبْعٌ يَجْرِي لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ : مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا أَوْ أَجْرَى نَهْرًا أَوْ حَفَرَ بِئْرًا أَوْ غَرَسَ نَخْلاً أَوْ بَنَى مَسْجِدًا أَوْ وَرَّثَ مُصْحَفًا أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

“Ada 7 amalan yang pahalanya tetap mengalir bagi seorang hamba saat ia di kuburnya setelah wafatnya:  orang yang mengajarkan suatu ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanam kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf, atau meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.” (HR. Al-Bazzar dalam Kasyful Astâr dan dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahihul Jami’, no. 3602)

Hadits yang agung ini menjelaskan sumber-sumber kebaikan yang terus mengalir pahalanya. Sumber-sumber tersebut menjadi sarana mudah meraih pahala besar bagi siapa yang menginginkan kehidupan akhirat dan mengusahakan sebab-sebabnya.

Contoh nyata amal-amal yang terus mengalir pahalanya:

- Membagikan mushaf kepada kaum muslimin atau dihibahkan di masjid. Selama mushaf tersebut dibaca maka dirinya mendapat pahala tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala pembacanya. Pahala ini akan tetap mengalir kepadanya walau ia sudah meninggal dunia.

- Dirikan masjid untuk ibadah kaum muslimin atau ikut serta dalam pembangunan masjid. Selama masjid dipakai untuk ibadah maka dirinya akan terus mendapatkan pahalanya, walau sudah berbaring di kuburnya.

- Bagikan tulisan bermanfaat, artikel atau famplet, kepada kaum muslimin. Selama tulisan tersebut diamalkan, dirinya akan memperoleh pahala.

- Sebarkan nasihat baik kepada teman-teman di jejaring sosial; Facebook, WhatsApp, Line, dan selainnya.

- Sumbangkan pemikiran positif yang membangun; berkaitan dunia ataupun ibadah. Orang yang menunjukkan kepada kebaikan mendapat pahala seperti yang mengerjakannya, tanpa dikurangi sedikitpun dari palanya.

- Ikut serta mengajarkan ngaji kepada anak-anak seperti membaca surat Al-Fatihah, ayat kursi, Surat Al-Ikhas, dan surat lainnya kepada anak sendiri, anak-anak tetangga, anak-anak di TPA, atau siapa saja. Selama orang yang kita ajarkan tadi membacanya dalam shalatnya atau selainnya, maka kita mendapatkan pahalanya. Lebih-lebih lagi mereka mengajarkan kepada orang lain dari pengajaran kita tersebut, maka pahalanya akan lebih panjang.

- Bersedekah perangkat alat shalat seperti mukena, sarung, peci, sajadah shalat kepada orang tua kita, saudara-saudari kita, paman dan bibi kita, atau kepada orang lain. Selama barang-barang tersebut dipakai, kita akan mendapatkan jatah pahalanya.

- Ajarkan dzikir dan keutamaannya kepada orang lain; kerabat dekat, kerabat jauh, atau siapa saja. Kita pun akan mendapat jatah pahalanya.

- Didik anak-anak kita dengan pendidikan Islam yang benar sehingga mereka tumbuh besar dalam ibadah kepada Allah Ta’ala. Kita akan mendapat jatah pahala melalui amal-amal shalih mereka.

- Bagi-bagikan air minum kemasan kepada jamaah pengajian, atau orang yang ikut shalat Jum’at, maka sebanyak yang terhilangan dahaganya maka kita akan memperoleh pahalanya. Lebih-lebih amal kita ini dijadikan tradisi baik menyuguhkan hidangan sesudah shalat Jum’at.

- Amal minimal menanamkan niat baik dalam diri untuk beramal shalih jika Allah beri kekuatan dan kesempatan kepada kita, seperti jihad fi sabilillah, bersedekah, membantu orang susah, dan selainnya.

Penutup

Sudah sepatutnya kita bersemangat mengejar karunia besar dari Allah ini, yakni hasanat jariyah. Bentuknya tidak terbatas yang disebutkan di atas. Medannya sangat luas. Semoga Allah anugerahkan kepada kita hasanat-hasanat di kehidupan ini, dan tetap mengalir hasanat tersebut sesudah kita meninggal dunia. Harapannya, kita menempati tempat terbaik di surga dan mendapat balasan paling ahsan di sisi Allah Ta’ala. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X