Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.535 views

Maraknya Perkosaan dan Pelecehan Seksual Buah Sistem yang Rusak

BLITAR (voa-islam.com) - Mengawali tahun 2014,ironis memang kondisi negeri ini. Betapa tidak, kita disuguhi berita yang cukup memprihatinkan, yakni perkosaan dan pelecehan seksual yang marak terjadi dimasyarakat. Tidak tanggung-tanggung bahkan pelakunya adalah pihak yang seharusnya memberikan keteladanan/memberi jaminan keamanan.

Sebagaimana yang diberitakan di www.tribunnews.com(23/1/2014). Seorang remaja 14 tahun yang mengadukan kasus penculikan dan perkosaan atas dirinya kepada salah satu anggota dewan di Lampung untuk meminta bantuan penyelesaian hukum. Namun, korban bukannya dibantu untuk penyelesaian hukum, malah diperkosa secara bergilir oleh anggota dewan tadi bersama 6 teman lainnya.Selain itu Pelecehan seksual juga terjadi di Halte Busway Harmoni.Dan parahnya itu dilakukan oleh empat petugas Bus Transjakarta yang seharusnya justru melindungi penumpangnya (Merdeka.com Selasa 21/1).

Fakta-fakta ini sebenarnya bukan hal yang baru dalam kasus pelecehan seksual.Bahkan ini menambah daftar kasus-kasus sebelumnya yang bisa jadi ini merupakan fenomena gunung es.

Kalau kita lihat memang masalah ini tidak berdiri dengan sendirinya,sehingga dibutuhkan peran dari semua pihak untuk menyelesaikannya,baik dari individu, masyarakat maupun para penegak hukumnya. Masalah ini bisa dicegah atau diminimalisir,dengan mengetahui akar permasalahannya.Kalau kita lihat, maraknya kasus seperti ini bisa jadi karena Pertama,ringannya sanksi hukum bagi pelaku kejahatan ini,sehingga tidak menjadikan jera pelakunya.Kedua,lemahnya penegakan hukum atau supremasi hukum.Ketiga,tidak adanya social control.Ketika tiga faktor ini bermasalah maka yang terjadi adalah terwujudnya iklim yang kondusif bagi para pelaku kejahatan seksual.Dan itu saat ini yang kita rasakan pada masyarakat kita.

Islam mempunyai cara yang khas untuk mengatasi masalah seperti ini.Islam menganggap bahwa perkosaan dan pelecehan seksual adalah sebuah kejahatan dan termasuk perbuatan-perbuatan tercela (al-qabih). Dan setiap kejahatan baginya adalah dosa yang harus di beri sanksi baik di dunia maupun di akhirat. Kejahatan sendiri bukan berasal dari fitrah manusia. Kejahatan bukan pula semacam “profesi”yang diusahakan oleh manusia. Kejahatan bukan juga ‘penyakit’ yang menimpa manusia. Kejahatan (jarimah) adalah tindakan melanggar aturan yang mengatur perbuatan-perbuatan manusia dalam hubungannya dengan Rabbnya , dengan dirinya sendiri, dan hubungannya dengan manusia lain (muammalah).

Allah SWT. telah menciptakan manusia lengkap dengan potensi kehidupannya, yaitu meliputi naluri-naluri dan kebutuhan jasmani.Sehingga pada dasarnya manusia melakukan perbuatan itu dalam rangka pemenuhan terhadap potensi kehidupannya. Dan pemenuhan potensi itu sangat dipengaruhi oleh rangsangan baik dari dalam maupun luar manusia.

Itulah sebabnya kejahatan itu terjadi bukan sekedar karena niat pelakunya tetapi juga karena adanya kesempatan.Sehingga mengatasi kejahatan ini sebenarnya adalah bagaimana memikirkan supaya manusia tidak memiliki niat untuk melakukan kejahatan dan menciptakan iklim yang tidak memberikan kesempatan manusia untuk melakukan kejahatan. Untuk itulah kenapa tadi disampaikan perlunya kerjasama semua pihak untuk menyelesaikannya,baik dari individu, masyarakat dan negara. Individunya dibekali dengan keimanan dan ketaqwaan. Sehingga dengan keimanan dan ketaqwaan individu ini,tidak akan ada niat atau keinginan untuk melakukan kejahatan.

Masyarakat pro aktif melakukan social control dengan melakukan amar makruf nahi mungkar.Dengan amar makruf nahi mungkar ini juga akan menghilangkan atau meminimalisir kejahatan ini,karena masyarakat merasa peduli dan tidak acuh terhadap kemungkaran yang terjadi.Masyarakat merasa punya kepentingan untuk menghilangkan kemungkaran,karena setiap kemungkaran yang tidak dicegah akan mengundang azab yang merata dan menjadikan doa mereka tidak diterima.

Dan berikutnya yang paling penting adalah peran negara.Negara harus menegakkan hukum,dengan sanksi hukum yang bisa memberikan efek jera.Dan sanksi hukum ini hanya ada pada Sistem Khilafah.Karena persanksian dalam Sistem Khilafah mempunyai dua fungsi yaitu sebagai zawajir (pencegah) dan jawabir (penebus). Sebagai zawajir, karena mampu mencegah manusia dari perbuatan dosa dan tindakan pelanggaran. Sebagai zawabir karena dapat menebus sanksi akhirat. Sanksi akhirat bagi seorang muslim akan gugur oleh sanksi yang dijatuhkan Negara (khilafah) di dunia. Dalilnya adalah apa diriwayatkan oleh Bukhari dari ‘Ubadah bin Shamit r.a. berkata:

Kami bersama Rasulullah SAW. dalam suatu majelis dan beliau bersabda, “Kalian telah membai’atku untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, tidak mencuri, tidak berzina, kemudian beliau membaca keseluruhan ayat tersebut. “Barang siapa di antara kalian memenuhinya, maka pahalanya di sisi Allah, dan barangsiapa mendapatkan dari hal itu sesuatu maka sanksinya adalah kifarat (denda) baginya, dan barang siapa mendapatkan dari hal itu sesuatu, maka Allah akan menutupinya, mungkin mengampuni atau mengazab.”

Hadits ini menjelaskan bahwa sanksi dunia diperuntukkan dosa tertentu, yakni sanksi yang dijatuhkan Negara (khilafah) bagi pelaku dosa, dan ini akan menggugurkan sanksi akhirat.

Dengan demikian, tidak ada satu sistem hukum pun di dunia ini yang serupa sebagaimana sistem hukum Islam. Sistem hukum Islam berfungsi sebagai pencegah (zawajir) atas tindak kriminalitas, sekaligus sebagai penebus (jawabir) atas tindakan jahat yang telah dilakukan oleh si pelaku.

Walhasil,sistem yang rusak yang menciptakan iklim kondusif bagi pelaku kejahatan harus ditinggalkan dan diganti dengan sistem Islam yaitu khilafah.

*Oleh : Umu Audah *Penulis adalah Ibu rumah tangga tinggal di Blitar

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Asosiasi Muslim Kanada Luncurkan Situs Web Baru Untuk Perangi Islamofobia

Asosiasi Muslim Kanada Luncurkan Situs Web Baru Untuk Perangi Islamofobia

Jum'at, 03 Dec 2021 21:15

Ilmuan Temukan Area Pertempuran Mohacs Di Hungaria

Ilmuan Temukan Area Pertempuran Mohacs Di Hungaria

Jum'at, 03 Dec 2021 20:45

Menko Polhukam Dijadwalkan Menjadi Narasumber di Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Menko Polhukam Dijadwalkan Menjadi Narasumber di Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Jum'at, 03 Dec 2021 16:24

Rusia Peringatkan 'Skenario Mimpi Buruk' Dari Konfrontasi Militer Di Eropa

Rusia Peringatkan 'Skenario Mimpi Buruk' Dari Konfrontasi Militer Di Eropa

Jum'at, 03 Dec 2021 16:15

Pengadilan Akhirnya Izinkan Saif Al-Islam Khadafi Ikut Pencalonan Dalam Pilpres Libya

Pengadilan Akhirnya Izinkan Saif Al-Islam Khadafi Ikut Pencalonan Dalam Pilpres Libya

Jum'at, 03 Dec 2021 15:15

Miras di Indonesia dan Cara Islam Memberantasnya

Miras di Indonesia dan Cara Islam Memberantasnya

Jum'at, 03 Dec 2021 14:53

Iman, Tak Kasat Mata Tapi Terasa Ada

Iman, Tak Kasat Mata Tapi Terasa Ada

Jum'at, 03 Dec 2021 14:42

Politisi PKS: Tak Impor Beras tahun 2021, Presiden Jokowi Kembali Lakukan Kebohongan Publik

Politisi PKS: Tak Impor Beras tahun 2021, Presiden Jokowi Kembali Lakukan Kebohongan Publik

Jum'at, 03 Dec 2021 09:16

Warga Jakarta Berlimpah Subsidi

Warga Jakarta Berlimpah Subsidi

Jum'at, 03 Dec 2021 08:54

Membangun Visi Pendidikan yang Benar

Membangun Visi Pendidikan yang Benar

Jum'at, 03 Dec 2021 08:39

Tak Sekadar Lolos ke Senayan, Partai Gelora Targetkan Menang Pemilu 2024

Tak Sekadar Lolos ke Senayan, Partai Gelora Targetkan Menang Pemilu 2024

Jum'at, 03 Dec 2021 08:22

Menilik Makna Ahlul Sunah Wal Jamaah Anti Radikalisme

Menilik Makna Ahlul Sunah Wal Jamaah Anti Radikalisme

Kamis, 02 Dec 2021 15:21

Pornografi Menghantui Generasi, Sampai Kapan?

Pornografi Menghantui Generasi, Sampai Kapan?

Kamis, 02 Dec 2021 15:03

Jurnalis Sebut Media Lakukan Bias dalam Pemberitaan Penjajahan Israel di Palestina

Jurnalis Sebut Media Lakukan Bias dalam Pemberitaan Penjajahan Israel di Palestina

Kamis, 02 Dec 2021 12:24

Pasukan Iran Terlibat Pertempuran Sengit Dengan Taliban Di Perbatasan

Pasukan Iran Terlibat Pertempuran Sengit Dengan Taliban Di Perbatasan

Kamis, 02 Dec 2021 12:15

Taliban Dan Junta Militer Myanmar Tidak Diizinkan Di PBB Untuk Saat Ini

Taliban Dan Junta Militer Myanmar Tidak Diizinkan Di PBB Untuk Saat Ini

Kamis, 02 Dec 2021 10:27

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

Kamis, 02 Dec 2021 02:14

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Rabu, 01 Dec 2021 23:07

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Rabu, 01 Dec 2021 22:27

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Rabu, 01 Dec 2021 19:26


MUI

Must Read!
X