Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.230 views

Menimbang Ulang Bahaya Ledakan Penduduk Indonesia

Oleh: Ririn Ummi Hanif (Pemerhati Ibu dan Anak – Gresik)

Sahabat VOA-Islam...

CIA World Factbook 2015, menempatkan Indonesia sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia, yakni 255 juta jiwa dengan laju pertumbuhan 1,32%.

Kondisi kependudukan Indonesia juga pernah dipaparkan oleh PLH Deputi Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Ida Bagus Permana dalam Lokakarya Wartawan dengan Jajaran Pejabat Badan Keluarga Berencanan Nasional (BKKBN) Pusat di Cimacan, Cianjur, JABAR, tahun 2015 lalu.

“Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yaitu jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai sekitar 70 persen, sedang 30 persen penduduk yang tidak produktif (usia 14 tahun ke bawah dan usia di atas 65 tahun) yang akan terjadi pada tahun 2020-2030. Namun, jika bangsa Indonesia tidak mampu menyiapkan akan terjadinya bonus demografi, seperti penyediaan lapangan kerja dan peningkatan kualitas SDM seperti pendidikan yang tinggi dan pelayanan kesehatan dan gizi yang memadai, maka akan terjadi permasalahan, yaitu teradinya pengangguran yang besar dan akan menjadi beban negara”. (AntaraNews, okt 2015).

Memantapkan langkah untuk menghadapi ledakan penduduk ini, maka pada akhir Januari 2016 lalu, diadakan Konferensi Internasional Keluarga Berencana ke-4 di Bali. Dalam sambutannya presiden Joko Widodo menegaskan bahwa KB menjadi investasi strategis untuk memastikan kesehatan generasi masa depan dan pencapaian kemakmuran dunia. Program KB menjadi satu investasi untuk generasi yang akan datang karena diasumsikan bahwa keberhasilan KB akan menekan laju pertumbuhan penduduk.

Pemerintah kapitalis selalu beranggapan bahwa besarnya jumlah penduduk menyebabkan naiknya biaya pendidikan, kesehatan dan lain – lain yang harus ditanggung pemerintah

 

Rendahnya pertumbuhan penduduk dianggap akan mengurangi beban negara untuk membiayai rakyatnya. Pemerintah kapitalis selalu beranggapan bahwa besarnya jumlah penduduk menyebabkan naiknya biaya pendidikan, kesehatan dan lain – lain yang harus ditanggung pemerintah. Sehingga mereka akan fokus menyelesaikan masalah kependudukan dengan cara mengurangi jumlah penduduk. Konsep ini juga berusaha ditanamkan kepada keluarga – keluarga yang ada, bahwa jika anak sedikit, maka biaya kesehatan, pendidikan dan lain – lain akan lebih sedikit sehingga mereka bisa menabung untuk masa depan.

Adapun langkah – langkah yang telah diambil pemerintah  untuk mensukseskan program KB ini adalah dengan menyediakan dana sebesar 3,8 M pada anggaran 2016 (TribunNews.com, 25/9/2015) dan kerja sama dengan lembaga asing The Bill and Melinda Gates foundation, yang akan memberi bantuan sebesar USD 120, yang diberikan sampai tiga tahun mendatang (beritasatu.com, 28/01/2016). Langkah praktisnya, akan dibentuk kampung – kampung KB dengan edukasi massif bagi, kader PKK, Posyandu, PKB/PLKB, bidan maupun dokter. Program utamanya adalah tercapainya penekanan jumlah pertumbuhan penduduk melalui program KB terjangkau bahkan gratis.

Data kependudukan Indonesia juga diterjemahkan kementrian PP dan PA dengan nada yang seirama. Pada 13 Oktober 2015, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengeluarkan pernyataan pers yang berjudul Peningkatan Perempuan Guna Memantapkan Bonus Demografi. Pernyataan pers ini menggarisbawahi pentingnya peran perempuan untuk memantapkan potensi bonus demografi di Indonesia.

“Bonus demografi memiliki 4 prasyarat, salah satunya adalah partisipasi perempuan dalam pasar kerja harus ditingkatkan,“ ujar Yohanna Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ia menekankan bahwa potensi perempuan dalam ketenagakerjaan lebih besar dibandingkan laki-laki. Namun, potensi tersebut belum dioptimalkan peran dan partisipasinya dalam pasar kerja.

Ini menarik, narasi kebijakan pemerintah dunia termasuk Indonesia, hanya menerjemahkan hubungan bonus demografi dan kesetaraan gender – semata dalam bahasa ekonomi, yakni jumlah penduduk yang banyak akan membebani negara. Sehingga harus ada upaya bagaimana mengurangi penduduk. Dan jika ledakan penduduk sudah terlanjur terjadi, minimal bagaimana potensi pemuda usia produktif (termasuk perempuan) bisa memberi keuntungan bagi pembangunan ekonomi di negeri Muslim terbesar ini.

Konsep depupolasi (pengurangan jumlah penduduk), kalau dicermati lebih dalam sebenarnya kurang tepat digunakan untuk menentukan sejahtera – tidaknya sebuah bangsa. Kesejahteraan amat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor terpentingnya adalah sistem distribusi kekayaan negara. Selama sistem ekonomi tidak dibangun berdasarkan politik ekonomi yang menjamin terpenuhinya kebutuhan individu per individu, kesejahteraan individu tetap merupakan sebuah mimpi. Hal ini bisa dilihat dari data Bank Indonesia. Rasio gini Indonesia sampai desember 2015 sebesar 0,41.

Ini menunjukan adanya ketimpangan ekonomi sebesar 41%, artinya hanya ada 1% rumah tangga di Indonesia yang menguasai 41% kekayaan di Indonesia. Sehingga PR besar Indonesia sebenarnya adalah bagaimana cara negara mengatur distribusi kekayaan, agar semua rakyat bisa terpenuhi kebutuhan utamanya. Dan hal ini tidak ada kaitannya dengan berapa jumlah penduduknya. PR selanjutnya adalah membuka seluas – luasnya lapangan pekerjaan bagi para lelaki agar kebutuhan keluarga bisa tercukupi.

Di sisi lain, politik depopulasi akan membawa dampak ikutan di tahun – tahun yang akan datang, karena pada suatu titik tertentu akan menghasilkan komposisi penduduk yang tidak seimbang. Tengok saja Cina dan Singapura, kebijakan negara untuk membatasi jumlah anak rakyatnya telah membawa dampak cukup serius. Cina banyaknya penduduk usia lanjut yang tidak terawat. Sementara singapura menghadapi kekurangan tenaga kerja produktif dari anak bangsa sendiri.

Dan yang tidak kalah menariknya adalah upaya menarik kaum perempuan untuk ikut terjun di dunia ekonomi, seperti yang disampaikan oleh mentri PP dan PA. Pemerintah Indonesia seakan tak mampu melihat hubungan strategis antara peran keibuan kaum perempuan dan kualitas generasi. Berapa banyak contoh yang harus dipaparkan untuk menunjukan hubungan kualitas seorang ibu dengan kualitas anak – anaknya?

Bukankah dengan menjamin fitrah peran keibuan tetap efektif di masyarakat dengan dukungan sistem pendidikan, sosial dan ekonomi dari sebuah negara dapat memastikan keberlanjutan lahirnya generasi umat terbaik? Seharusnya pemberdayaan utama perempuan, adalah optimasi perannya sebagai penjaga peradaban dan pendidik generassi masa depan BUKAN sebagai angkatan kerja.

Di sisi lain ambisi terhadap pertumbuhan ekonomi – membuat penguasa negeri ini menumbalkan kualitas generasi mudanya hanya karena memandang mereka sekedar sebagai pekerja dan mesin pertumbuhan ekonomi, bukan sebagai generasi pembangun peradaban yang memiliki integritas kepribadian yang luhur.

Atau sebenarnya sistem kapitalis telah menemukan titik kritisnya, yakni tidak lagi mampu menyelesaikan persoalan manusia yang terus berkembang

Dari sini, cukuplah bahan untuk kita merenungkan kembali, masihkah sistem kapitalis ini mampu menyelesaikan setiap permasalah negeri ini dengan solusi yang tidak mendatangkan masalah baru? Atau sebenarnya sistem kapitalis telah menemukan titik kritisnya, yakni tidak lagi mampu menyelesaikan persoalan manusia yang terus berkembang.

Sehingga butuh alternatif baru dari sudut pandang kita? Belum saatnyakah kita semua melihat solusi yang selalu ditawarkan Islam dalam segala masalah kehidupan? Wallua’lam bi ash showab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X