Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.339 views

Hikmah Dibalik Tantangan Dakwah

Oleh:

Ida Hanifah S.HI 

Ibu rumah tangga, aktifis Pena Ummat dan Komunitas Revowriter

 

KITA harus terus berpacu dengan waktu karena jaman telah berubah. Setiap jaman itu berbeda, bahkan hari ini dan esok itu juga berbeda.

Begitu juga dakwah, meski jalannya sama tapi sarana tetap berbeda dari masa ke masa. Dulu sarana dakwah hanya lisan dan tulisan. Kita dapat dakwah lisan hanya dengan bertatap muka, sementara tulisan hanya ada di kitab-kitab atau buku-buku saja.

Tapi kini dakwah sedikit mudah, dakwah lisan tidak hanya dengan bertatap muka tapi bisa melalui media masa seperti tv, radio, video dll. Begitu juga dakwah tulisan, tidak hanya di buku buku saja tapi bisa kita nikmati juga di dunia maya alias media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram, WA dll.

Walau dakwah sedikit mudah penyebarannya tapi bukan berarti dakwah akan diterima begitu saja. Tetap ada tantangannya dari masa ke masa. Tantangan dakwah saat ini adalah setiap berbicara kita harus menguasai fakta yang akurat dan data yang terpercaya, jika tidak maka siap siap kita di bully oleh massa.

Dalam berdakwah bukan berarti Islam saja yang kita bicarakan tapi kita akan berbicara mengenai fakta kerusakan yang akan kita hukumi dengan Islam karena Islam adalah solusi kehidupan. Berbicara fakta berarti kita harus menguasai data data yang akurat yang kita dapat dari sumber terpercaya bukan sekedar ngarang saja. 

Untuk mendapatkan fakta yang akurat dari sumber terpercaya tentu butuh waktu dan tenaga untuk mencari dan mempelajarinya. Dengan mempelajari fakta dan data data yang ada maka sudah tentu semakin membuka wawasan dan kelihaian seseorang dalam berdakwah menyampaikan kebenaran sekaligus semakin cerdas dalam menghadapi orang orang yang akan didakwahi.

Setiap orang yang didakwahi itu sudah tentu berbeda, adakalanya ia adalah orang orang yang mudah menerima dakwah dan tidak sedikit pula mereka adalah musuh musuh dakwah. Yah, menghadapi musuh musuh dakwah itu harus punya kelihaian dan kecerdasan yang luar bisa. Salah salah menghadapi akan berdampak fatal selamanya.

Para musuh dakwah itu terus mencari-cari kesalahan aktifis dakwah untuk mereka jatuhkan,  bukan hanya aktifis dakwah yang mereka jatuhkan tapi sasaran utamanya adalah Islam itu sendiri. Mereka mencari celah agar Islam tidak diyakini oleh orang orang yang telah memeluk Islam (minimal targetnya adalah diragukan Islam oleh pemeluknya) dan semakin membuat orang orang yang non muslim membenci Islam.

Namun, para pengemban dakwah Islam tentu tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Para pengemban dakwah Islam akan terus berpacu dengan waktu, mengasah kemampuan dan menajamkan kekuatan lisan untuk menghadapi para pembenci Islam.

Para pengemban dakwah menjadikan para musuh musuh Islam itu sebagai tantangan yang harus dihadapi, dibantai dan dimusnahkan ide ide yang mereka tanamkan ditengah tengah ummat Islam. Para pengemban dakwah terus melayakkan diri, terus berlari untuk menjemput seruan yang mulia yakni tegaknya Dinul Islam di bumi ini melalui perantara tangan tangan mereka (baca:pejuang).

Para pengemban dakwah sadar betul bahwa Islam akan tegak ada ataupun tidaknya ia didalam perjuangan ini hingga ia terus melayakkan diri untuk menjadi pedang pedang yang siap menghunus musuh musuh dakwah dengan kelihaian dan kecerdasannya.

Tantangan dakwah itu akan terus dinanti dan dicari karena ia lah yang akan menunjukkan keberhasilan dakwahnya. Semakin para pengemban dakwah itu ditantang maka ia akan semakin matang, dewasa dan memiliki jiwa yang mulia karena ia terus belajar dan belajar atas semua peristiwa yang ada. 

Semakin ditantang maka akan semakin membuatnya yakin bahwa Islam lah satu satunya solusi dari setiap problematika yang ada. Semakin ditentang maka semakin membuat para pengemban dakwah Islam yakin bahwa kemenangan ada didepan mata.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X