Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.186 views

Ustaz Abdul Somad Mimpi Buruk Bagi Para Pemecah Belah

Oleh: Tatang Hidayat*

Untuk kesekian kalinya kembali terjadi persekusi dan penolakan kepada salah satu Ustaz yang akhir-akhir ini menjadi sosok yang fenomenal di negeri ini, siapa lagi kalau bukan Ustaz Abdul Somad. Belum lama ini beliau ditolak di Bali dengan tuduhan sepihak yang sangat tendensius dan belum dibuktikan kebenarannya. 

Kini kembali beliau ditolak di Hongkong bahkan sampai dipulangkan dengan alasan yang sangat tidak masuk akal.  Bagaimana tidak, setelah rombongan Ustadz Abdul Somad keluar dari pintu pesawat, beberapa orang yang tidak berseragam langsung menghadang rombongan Ustaz Abdul Somad dan menarik mereka secara terpisah. 

Mereka tanya-tanya identitas, pekerjaan, pendidikan, keterkaitan dengan ormas dan politik. Kemudian, lebih kurang 30 menit berlalu, mereka jelaskan bahwa negara mereka tidak dapat menerima rombongan Ustaz Abdul Somad tanpa alasan yang jelas. 

Ada apa sebenarnya dengan sosok Ustaz Abdul Somad? Mengapa beliau ditolak, dipersekusi hingga bila perlu dimatikan karakternya? Apakah karena ceramah ustaz ini sangat merusak bangunan kerusakan yang dikerjakan dan didanai sejak lama sehingga ia dipersekusi? Atau karena ceramah ustaz ini selalu menebarkan virus persatuan ditengah agen-agen islamofobia bekerja keras memecah belah dan mengkotak-kotakan umat Islam?
 
Memang benar dalam tulisan yang berjudul Daya Rusak Ustaz Abdul Somad karya Muhammad Ilham, menjelaskan bahwa daya dobrak Ustaz Abdul Somad sangat mengganggu para setan pemikiran menjadi gemetar, racun-racun informasi yang mereka hidup dan makan darinya tiba-tiba luruh. Umat yang dahulunya pengecut, takut–takut dan rendah diri, ini berani berdiri tampil kehadapan. Pikiran umat terbuka, bahwa selama ini pihak luar bertepuk tangan atas sikap umat ini yang sudah dipelajari yakni suka terpecah. Tapi Ustaz ini muncul, kekuatan yang terserak itu berhimpun. 

Maka tidak heran, kehadiran Ustaz Abdul Somad akan menjadi mimpi buruk bagi para kaum pemecah belah. Bagaimana tidak, menurut Muhammad Ilham, para aktor bayaran inlander tetiba akan kehilangan pekerjaannya, mereka resah dan gelisah. Tampak kiamat di depan mata. Bagaimana tidak, jualan–jualan mereka bakal tidak laku, akan sepi, dan tutup, seperit tutupnya banyak toko modern retail belakangan ini. 

Di sisi lain, menurut Moeflich Hart selaku Dosen UIN Sunang Gunung Djati Bandung dalam diri Abdul Somad ada kultur NU, ada tradisi Aswaja, ada kemajuan Muhammadiyah, ada nahyi munkar FPI, ada aspirasi para habib, ada penerimaan pada khilafah bahkan ada nuansa salafi-wahabi. Lengkap sudah ulama yang satu ini dan, sekali lagi, bukan mustahil, inilah sosok pemimpin Islam Indonesia masa depan yang selama ini sulit dicari.
 
Maka tidak heran, bahwa Ustaz ini akan terus menebarkan virus persatuan dan mempersatukan, dan tentunya virus tersebut sangat-sangat mengganggu kaum pemecah belah, dan tentunya kaum tersebut akan berusaha sekuat tenaga untuk menghancurkan karakter ustaz ini. Bila perlu dicari-cari kesalahannya, apalagi kalau bukan tuduhan anti-Pancasila, anti NKRI, intoleran menjadi senjata utamanya. 

Namun mengapa tuduhan anti pancasila, anti-NKRI, intoleran dan tuduhan-tuduhan sepihak lainnya yang sangat tendensius seolah-olah tidak berlaku bagi mereka yang justru banyak merugikan negeri ini dan selalu menebarkan provokasi bahkan cenderung akan memecah belah bangsa. Mengapa tuduhan anti Pancasila begitu tajam kepada para Ustadz yang justru berusaha mempersatukan bangsa ini?

Mengapa tuduhan anti-Pancasila seolah tidak terdengar bagi orang yang telah melakukan penodaan agama bahkan sampai kepada ancaman pembantaian umat Islam yang dilakukan oleh Victor Bungtilu Laiskodat alias Vecky pada 1 Agustus 2017 melalui pidatonya di Nusa Tenggara Timur. Apakah pernyataan Victor tersebut sesuai dengan Pancasila?  

Mengapa tuduhan anti-Pancasila begitu lantang kepada ormas Islam yang dalam aktivitasnya belum pernah melanggar hukum bahkan mempunyai solusi untuk kebaikan negeri ini. Namun tuduhan anti-Pancasila seolah tak terdengar kepada oknum ormas Islam yang gemar melakukan persekusi terhadap kegiatan dakwah yang tidak sesuai dengan kelompoknya. Apakah melakukan persekusi atas tuduhan sepihak yang cenderung tendensius dan menunjukkan sikap intoleran sesuai dengan Pancasila?

Mengapa tuduhan anti-Pancasila begitu menggema kepada umat Islam yang ingin menyelamatkan generasi bangsa dari berbagai macam penyakit menyimpang seperti Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) bahkan dituduh intoleran, diskriminatif dan tuduhan sepihak lainnya yang cenderung sangat tendensius. Namun mengapa tuduhan anti Pancasila, intoleran, diskriminatif seolah tidak terdengar bagi mereka para pendukung dan pembela LGBT. Apakah perilaku  LGBT sesuai dengan Pancasila? 

Lain hal lagi dengan orang-orang yang gemar menjual berbagai macam aset negara, menjadi para penghianat bangsa sehingga memudahkan asing dan aseng menjarah kekayaan negeri ini, para koruptor, para pembuat kebijakan yang menimbulkan banyaknya kebijakan yang menyengsarakan rakyat, apakah sikap seperti itu sesuai dengan Pancasila? Mengapa tuduhan anti-Pancasila tidak berlaku bagi mereka? Apakah tuduhan tersebut menjadi bebas hanya karena tebar pesona "Saya Indonesia Saya Pancasila". 

Sebenarnya tuduhan anti-Pancasila yang saat ini kembali menggema dituduhkan kepada para ustaz yang istiqomah menyeru dalam kebaikan, dalam hal ini yang menimpa Ustaz Abdul Somad malah bisa menjadi berkah dan blunder besar bagi mereka yang menuduh tersebut. Bagaimana tidak, tuduhan anti-Pancasila kepada Ustaz Abdul Somad dijawab oleh umat dengan semakin banyaknya undangan kepada beliau. Contohnya setelah dipulangkan dari Hongkong, beliau diundang ke Aceh bahkan sampai disambut gegap gempita. 
 
Seharusnya ini menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa penolakan yang terjadi kepada para Ustadz dengan tuduhan sepihak bahkan cenderung tendensius justru akan semakin mengokohkan umat ini. Bahkan bukan sesuatu yang mustahil jika di masa yang akan datang justru akan semakin banyak Ustadz yang merindukan dirinya ditolak dan dipersekusi, karena semakin banyak yang menolak, justru ustaz tersebut akan semakin dicintai umat. 
    
Ini semua bisa terjadi tentunya di luar logika akal manusia, bagaimana bisa yang awalnya bertujuan untuk menolak dan menghancurkan karakter Ustaz Abdul Somad, namun ternyata beliau semakin banyak diundang dan dicintai umat. 

Ini semua tidak terlepas dari campur tangan Allah SWT, karena jika semua kekuatan jin dan manusia bersatu untuk menghancurkan karakter Ustaz Abdul Somad, namun jika Allah SWT tidak berkehendak, maka semua itu tidak akan terwujud sampai kapan pun. 
    
Dakwah yang dilakukan Ustaz Abdul Somad dalam rangka menebarkan virus persatuan pasti akan selalu dijegal oleh kaum pemecah belah, dan kehadiran beliau tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi mereka. Oleh karena itu, alangkah baiknya bagi kita untuk selalu merenungkan pesan Ustaz Bachtiar Nasir selaku Ketua GNPF Ulama saat menyikapi kejadian yang ada di Garut belum lama ini. 
 
Kepada semua pihak jangan terprovokasi, jangan merasa terintimidasi, tetaplah bersaudara, dahulukan ukhuwah dan nomor sekiankan kepentingan pribadi dan kelompok. Jangan pernah putus asa untuk bersatu. Bersatulah karena pasti Allah akan menolong kita. Dan kalau Allah sudah tolong kita tidak akan pernah ada yang bisa pecah belah kita.

Kita buat iblis putus asa dalam rangka memecah belah kita. Dan jangan biarkan setan berada di shaf antara kita semua. Rapatkan barisan dan kita buat setan-setan itu merintih. [syahid/voa-islam.com]

*) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X