Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.211 views

Masyarakat Islam Versus Masyarakat Sekuler, Apa Bedanya?

Sahabat VOA-Islam...

Masyarakat adalah sekumpulan individu yang diikat dengan peraturan, perasaan dan pemikiran yang sama.

Jadi masyarakat bukan hanya sekumpulan individu saja. Akan tetapi ada aturan, perasaan dan pemikiran yang sama yang mengikat satu individu dengan individu yang lain, sehingganya lahirlah interaksi antar individu itu berdasarkan peraturan, pemikiran dan perasaan yang sama saat berinteraksi.

Bisa dibayangkan, jika tidak ada interaksi antar individu. Pastilah tidak akan ada yang disebut sebagai masyarakat.

Jika aturan yang dibuat, perasaan dan pemikiran yang dipakai adalah aturan, pemikiran dan perasaan yang tidak mengindahkan hukum agama, menegasikan hukum agama, atau kalaupun memakai hukum agama tapi hanya mengatur masalah ibadah,  perkawinan dan waris saja, maka akan terbentuk masyarakat sekuler.

Masyarakat sekuler ini hanya memakai aturan agama untuk masalah ritual keagamaan, semisal hukum ibadah, perkawinan dan waris saja.  Akan tetapi hukum ekonomi, sosial, politik, kebudayaan, hubungan luar negeri, politik dalam negeri, semuanya diatur dengan memakai hukum yang dibuat oleh akal manusia semata, tidak memakai hukum agama, tersebab Sekuler menganggap agama adalah racun/candu bagi masyarakat. sekuler menganggap aturan agama hanya akan membelenggu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat.

Dari sini bisa dipastikan jika sebuah masyarakat diatur dengan aturan yang menegasikan hukum agama maka masyarakat tersebut adalah masyarakat sekuler. Walaupun pemuka agama didalam masyarakat tersebut banyak dan mayoritas.

Hasilnya, menjadi sebuah kewajaran jika dalam masyarakat sekuler banyak terjadi kegaduhan dan kekacauan, tersebab banyak aturan yang melanggar norma-norma agama. Semisal timbulnya istilah lokalisasi perjudian, lokalisasi pelacuran, pekerja sek komersial, perkawinan sejenis dan hal lainnya yang dianggap tabu oleh norma agama tapi boleh dilakukan oleh individu dalam masyarakat sekuler. Hal yang dapat menyebabkan banyak penyimpangan perilaku individu dalam masyarakatnya. Beragama tapi tidak memakai aturan agama dalam kehidupannya.

Masyarakat sekuler ini bisa ditunggangi oleh sistem kapitalis atau sistem sosialis. Akan tetapi masyarakat sekuler tidak bisa ditunggangi oleh sistem Islam. Tersebab baik sistem kapitalis maupun sistem sosialis memiliki kemiripan yaitu sama-sama menegasikan hukum agama untuk masalah interaksi dalam kehidupan. Sedangkan sistem Islam sepenuhnya memakai hukum yang berasal dari agama untuk seluruh kehidupan manusia, yang disebut sebagai hukum syariat Islam.

Berbeda dengan masyarakat sekuler. Justru masyarakat Islam adalah masyarakat yang memakai aturan yang berasal dari agama, yaitu seperangkat aturan yang mengatur seluruh aspek kehidupan,  yang disebut dengan syariat Islam.

Masyarakat Islam tidaklah hanya berisi komunitas muslim atau yang beragama Islam saja. Akan tetapi dalam masyarakat Islam terdapat banyak pemeluk agama lain selain Islam. Antara lain Yahudi, Nasrani, Hindu, Buddha dan lain sebagainya. Semua jenis agama, ada dalam masyarakat Islam. Hanya saja, interaksi antar individu didalamnya, menggunakan aturan yang berasal dari syariat Islam. Semisal aturan ekonomi, aturan sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya. Semua diatur menurut hukum syariat Islam. Sedangkan untuk masalah ibadah ritual agama masing-masing diserahkan pada aturan agamanya sendiri-sendiri. Hal ini terbukti manghasilkan banyak  ketentraman dan kebaikan, karena aturan yang mengatur interaksi individu dalam masyarakat Islam berasal dari Sang Maha Pencipta manusia dan seluruh jagat raya, yaitu Allah SWT. Dimana aturannya sudah pasti sesuai dengan fitrahnya manusia, memuaskan akal dan menentramkan jiwa. Sehingga tidak akan terjadi penyimpangan perilaku individu manusia didalamnya.

Syariat Islam yang diterapkan dalam masyarakat Islam oleh seorang khalifah memberi banyak kebaikan, antara lain :

pertama, menjamin kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tersebab Allah SWT dan RasulNya, telah memerintahkan manusia untuk menguasai bumi dan alam semesta. Tidaklah mungkin dapat menguasai bumi dan alam semesta, jika tidak mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan.

kedua, syariat Islam akan membentuk pribadi manusia yang sholih dan cerdas. Tersebab syariat Islam telah mewajibkan individu manusia untuk menuntut ilmu sepanjang umur dan terikat dengan aturan agama.

ketiga, syariat Islam menjamin seluruh pemenuhan kebutuhan asasi manusia, tanpa melihat latar belakang suku dan agamanya. Semua berhak atas pemenuhan kebutuhan asasi oleh seorang khalifah. Sehingga akan tercipta kesejahteraan bagi eluruh warga masyarakat, walaupun tetap ada perbedaan jumlah kepemilikan harta, tapi tidak akan sampai menjadikan orang miskin teraniaya karena kemiskinannya.

keempat, syariat Islam mengatur tata laksana kemasyarakatan dengan aturan yang sangat jelas yang bersifat sebagai pencegah dan penebus. Sehingga akan dihasilkan individu-individu yang kuat, sehat jasmani maupun ruhaninya.

Kelima, syariat Islam akan mencetak generasi yang cerdas dan berkepribadian unggul. Menguasai iptek juga memiliki kepribadian yang mumpuni. Kepribadian yang mengenal dirinya sebagai makhluk yang merasa harus diatur oleh aturan hidup yang berasal dari sang Pencipta dan sang Pengatur kehidupan yaitu Allah SWT.

Sehingganya, terbukti dan tercatat dengan tinta emas sejarah, betapa masyarakat Islam yang menerapkan syariat Islam kaffah oleh seorang khalifah dalam sistem Khilafah mampu menjadi mercusuar ketinggian peradaban manusia. Dengan sedikitnya kasus kriminal didalam masyarakat, bahkan hampir tidak ada.  Tersebab setiap kasus kejahatan manusia mampu ditangani dengan sempurna tanpa meninggalkan persoalan baru dan tanpa meninggalkan kecacatan hukum sedikitpun.

Kiriman Ayu Mela Yulianti, SPt, Pemerhati Masalah Umat

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X