Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.740 views

Allah Murka Kepada Negeri Ini?

Oleh: KH. Athian Ali (Ketua Umum ANNAS)

Musibah jika menimpa orang kafir sudah pasti azab Alloh SWT (Ar Ra'du 34, As Sajadah 21). Sebaliknya, Jika menimpa mu'min sudah pasti salah satu bentuk kasih sayang Alloh SWT (Al Hadist).

Paling tidak ada tiga kemungkinan kasih sayang Alloh dibalik musibah yang menimpa orang-orang yang beriman :

Pertama: Ujian keimanan (Al 'Ankabut 2, 3) yang jika berhasil lulus dan bersabar maka dijanjikan Alloh SWT pahala tanpa hisab (Az Zumar 10)

Kedua: Yang dikira musibah, hakekat sesungguhnya pilihan Alloh SWT yang terbaik bagi keselamatan dan kebahagiaan hambaNya dunia akhirat (Al Baqarah 216)

Namun, karena ketidak mampuan membaca hikmah apa yang akan terjadi dikemudian hari (Luqman 34), maka pilihan Alloh yang terbaik itu malah dikira musibah.

Ketiga: Azab dalam bentuk peringatan agar semua pihak yang merasa telah berbuat dosa, segera sadar dan secepatnya kembali kejalan Alloh SWT. 

Dalam musibah gempa di NTB, begitu pula gempa dan tsunami di Sulteng, kita semua tentunya berharap, semoga yang meninggal merupakan saat yang terbaik menurut Alloh SWT bagi mereka untuk menghadap KhalikNya. 

Bagi yang selamat, mudah-mudahan merupakan ujian dan mereka berhasil lulus sehingga semakin meningkatkan pahala amal saleh.

Sementara bagi kita bangsa Indonesia umumnya, yang tidak secara langsung mengalami musibah musibah tersebut, khususnya bagi yang berwenang dan pemegang kekuasaan di negeri ini, saya yakin haqqul yaqien, ini semua merupakan teguran dan peringatan dari Alloh SWT.

Bagaimana tidak?

1. Kita sebagai bangsa yang beragama yang telah sepakat menjadikan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama Pancasila dalam dasar negara, semakin hari semakin jauh meninggalkan syariat Alloh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Faham SEPILIS (SekularismeLiberalisme dan Pluralisme) yang di tahun 2005 sudah difatwalan MUI, sebagai faham dan ajaran yang sesat dan menyesatkan, nyatanya saat ini, semakin dibiarkan meracuni pemikiran dan mewarnai berbagai keputusan dan kebijakan

2. Aliran dan faham lainnya , seperti Ahmadiyah dan atau Syiah yang juga telah difatwakan MUI sebagai ajaran sesat dan menyesatkan, yang karenanya harus diwaspadai ,karena tidak hanya saja berbahaya bagi akidah, tapi juga sangat mengancam keutuhan NKRI, nyatanya terus dibiarkan berkembang.

3. Mereka yang istiqomah berjuang menegakkan norma-norma agama untuk memperbaiki sebagian moral masyarakat yg semakin rusak, malah dicurigai, dituduh radikal, bahkan dikriminalisasikan. 

4. Mereka yang perduli dan tulus ingin memperbaiki keadaan negeri ini agar lebih baik, malah dituduh makar , bahkan ada yang sempat ditahan untuk kemudian dilepaskan karena memang tidak cukup bukti.

5. TAP MPRS no XXV tahu 1966 yang secara tegas membubarkan PKI dan melarang pengembangan faham Komunisme, Leninisme dan Marxisme, semakin terasa kehadiran dan kebangkitannya kembali. Terbukti dengan adanya sementara pihak yang berupaya untuk mencabut TAP MPRS tersebut, bahkan menuntut Pemerintah untuk secara resmi meminta maaf.

Sementara itu, mereka yang mengingatkan adanya ancaman bangkitnya kembali PKI di negeri ini , malah dianggap mengada-ada, bahkan ada yang sempat pula ditahan, kendati Pengadilan kemudian membebaskannya.

6. Mereka yang paling nyaring berteriak mengklaim diri sebagai yang paling Pancasialis, malah justeru yang seringmenunjukkan ungkapan dan sikap yang paling tidak berketuhanan Yang Maha Esa. Selalu tampil dipaling depan menentang syariat Tuhan Yang Maha Esa, bahkan mengkufuri dan mencemoohkan hari akhirat,salahsatu rukun iman yang mutlak harus diyakini oleh orang orang yang beriman. 

7. Kemaksiatan dalam berbagai bentuknya yang sangat dimurkai Alloh, terkesan dibiarkan terus berkembang.

8. Kelompok LGBT yang seharusnya diluruskan agar kembali kepada fitrah sebagai manusia yang normal, malah atas nama HAM diperjuangkan untuk diakui legilitas dan eksistensinya.

9. Mereka yang secara eksplisit melakukan pelanggaran, namun karena berada dalam lingkaran kekuasaan, terkesan kebal hukum. Sementara yang berseberangan terkesan sangat dicari-cari kesalahannya.

10. Pengelolaan negara terutama disektor perekonomian terasa semakin memprihatinkan. Hutang luar negeri yang semakin membengkak. Kekayaan negara yang semakin dikuasai Asing dan Aseng. Sangat banyaknya perusahaan dalam negeri milik pribumi yang pada gulung tikar, yang berakibat kepada PHK dan semakin meningkatnya jumlah pengangguran serta sulitnya memperoleh lapangan pekerjaan. 

Jika kehidupan kita sebagai bangsa yang mengaku beragama sudah seperti ini, bukankah wajar bahkan sangat patut kiranya jika Alloh SWT menegur kita?

Hanya saja sayangnya, karena masih sangat lemahnya keimanan, dampak dari saking cintanya kepada kekuasaan dan segala yang berbau duniawi, melebihi cinta kepada Alloh dan RasulNya (Al Baqarah 165, At Taubah 24) yang terjadi, bukannya mengambil 'ibroh dan tadzkirah (pelajaran dan peringatan).

Bahkan masing masing berusaha cuci tangan dan berkelit, bahwasanya musibah demi musibah yang menimpa negeri ini, samasekali tidak ada kaitannya dengan kesalahan dan dosa mereka sebagai pemegang amanah, tapi semata-mata semua ini hanyalah 'Hukum Alam'. 

Jangan-jangan mereka mengira, bahwasanya setelah Alloh SWT menciptakan Alam semesta ini serta menetapkan hukum alam, lalu Alloh SWT tidur dan membiarkan alam semesta ini berjalan sesuai dengan hukum yang ditetapkanNya. 

Tidak, samasekali tidak, karena Alloh SWT jangankan tidur, bahka Dia tidak pernah ngantuk (Al Baqarah 255) untuk setiap saat mengawasi makhluk ciptaanNya.

Alloh SWT tidaklah terbelenggu (na'udzu billah) oleh hukum alam yang ditetapkannya, tapi setiap saat Dia Maha Kuasa untuk merubahnya. 

Sejak pertama kali diciptakan, api memiliki sifat panas dan membakar, namun dengan 'Kun fayakun' Alloh SWT (Al Anbiyaa 21), api suatu ketika berubah menjadi dingin dan menyelamatkan bagi diri Nabi Ibrahim as. 

Laut pun membelah menyelamatkan Nabi Musa as dan Bani Israil, dimana hukum air yang cair sejak pertama kali diciptakan, tiba-tiba bak tembok yang kokoh berdiri tegak, untuk kemudian kembali kepada sifat dan hukum asal air sehingga menenggelamkan Firaun dan bala tentaranya (Asy Syu'araa 61-68).
Segala sesuatu bisa berubah dalam sekejap hanya dengan 'Kun fayakun' Alloh SWT.

Prinsip dan keimanan seperti ini, harusnya sudah cukup untuk mengantarkan keyakinan bagi setiap mu'min, bahwasanya di negeri yang secara perhitungan ilmu pengetahuan sangat berpotensi untuk terjadi gempa atau tsunami, namun jika Alloh tidak menghendaki terjadi, maka pasti tidak akan pernah terjadi. Karena itulah sampai detik ini ilmu pengetahuan tidak pernah mampu memprediksi detik kapan gempa atau tsunami akan terjadi. 

Disisi lain, Al Qur'an juga mengkisahkan, bagaimana ummat-ummat terdahulu secara tiba-tiba dibinasakan Alloh Yang Maha Kuasa, tanpa ada kaitan bahkan bertolak belakang dengan hukum alam. Ada yang dibinasakan lewat hujan batu kerikil. Ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur. Ada yang dibenamkan ke perut bumi dan ada pula yang ditenggelamkan (Al 'Ankabuut 40).

Karenanya, lewat musibah demi musibah yang terasa semakin akrab dengan negeri ini, sudah saatnya kita semua, khususnya yang sedang memegang amanah untuk bersikap dan berujar: Ya Alloh mustahil Engkau bersikap dzalim, karena Engkau telah haramkan kedzaliman atas diriMu (hadist qudsi).
Kami lah ya Alloh yang telah mendzalimi diri diri kami sendiri. Kini, kami benar-benar bertaubat dan segera kembali untuk meniti kehidupan sesuai syariatMu. 

Semoga di 2019 kita tidak akan salah lagi dalam menentukan pilihan. Semoga yang akan terpilih nanti adalah sosok-sosok pemimpin yang siap bahkan bertekad membawa negeri ini dalam kehidupan yang dirahmati dan diridhoi Alloh SWT. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Pembangunan rumah korban banjir Tasikmalaya ini masih butuh dana 14 juta rupiah untuk. Rumah ini sangat dibutuhkan warga sekitar untuk menimba ilmu agama, ibadah, aqidah, tajwid, tahfizh, akhlaq...

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

Di dalam harta kita terdapat hak orang lain, maka wajib hukumnya bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat. Di dalam zakat itu ada senyum masa depan fakir miskin yatim dan dhuafa....

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Robohhhh Diterjang Banjir. Ayo Bantu..!!!

Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Robohhhh Diterjang Banjir. Ayo Bantu..!!!

Diterjang banjir bandang, rumah sekaligus markas pengajian Ustadz Wahyudin roboh. Taklim diliburkan, puluhan santri berduka. Dibutuhkan dana Rp 60 juta untuk membangunnya dengan tembok permanen....

Latest News
Sejumlah Wali Kota Protes Hasil Riset Setara Institute

Sejumlah Wali Kota Protes Hasil Riset Setara Institute

Jum'at, 14 Dec 2018 21:41

Erdogan: Saya Tahu Orang yang Berada Dibalik Pembunuhan Khashoggi

Erdogan: Saya Tahu Orang yang Berada Dibalik Pembunuhan Khashoggi

Jum'at, 14 Dec 2018 21:15

Istri Ambil Duit Suami Tanpa Sepengatuhannya

Istri Ambil Duit Suami Tanpa Sepengatuhannya

Jum'at, 14 Dec 2018 17:07

Kotak Suara dari Kardus, Apa yang Ada di Pikiran KPU dan Negara?

Kotak Suara dari Kardus, Apa yang Ada di Pikiran KPU dan Negara?

Jum'at, 14 Dec 2018 15:35

Politisi: Semakin Hari, Kubu Jokowi semakin Menunjukkan Sifat Aslinya

Politisi: Semakin Hari, Kubu Jokowi semakin Menunjukkan Sifat Aslinya

Jum'at, 14 Dec 2018 14:35

15.000 Pasukan Oposisi Suriah Siap Bergabung dalam Operasi Militer Turki Melawan YPG di Timur Efrat

15.000 Pasukan Oposisi Suriah Siap Bergabung dalam Operasi Militer Turki Melawan YPG di Timur Efrat

Jum'at, 14 Dec 2018 14:15

Pernyataan Moeldoko Dinilai Otoriter dan Miskin Empati

Pernyataan Moeldoko Dinilai Otoriter dan Miskin Empati

Jum'at, 14 Dec 2018 13:35

Bukan Rakyat yang Urusi Presiden

Bukan Rakyat yang Urusi Presiden

Jum'at, 14 Dec 2018 12:35

Keluhan Petani ke Cawapres 02

Keluhan Petani ke Cawapres 02

Jum'at, 14 Dec 2018 11:35

Paska Keliling Jatim, Andi Singgung Potong Leher

Paska Keliling Jatim, Andi Singgung Potong Leher

Jum'at, 14 Dec 2018 10:35

Aktris Israel-Amerika Terkenal Kecam Hukum Kontroversial Israel, Menyebutnya Sebagai Rasis

Aktris Israel-Amerika Terkenal Kecam Hukum Kontroversial Israel, Menyebutnya Sebagai Rasis

Jum'at, 14 Dec 2018 10:15

Bom 212, Teror Terhadap Elektabilitas Jokowi

Bom 212, Teror Terhadap Elektabilitas Jokowi

Jum'at, 14 Dec 2018 10:05

Survey Abal-abal Masjid Radikal, Yuk Bangga jadi Aktivisnya

Survey Abal-abal Masjid Radikal, Yuk Bangga jadi Aktivisnya

Jum'at, 14 Dec 2018 09:33

Yang Terkenang dari 212, Peran Muslimah untuk Kebangkitan

Yang Terkenang dari 212, Peran Muslimah untuk Kebangkitan

Jum'at, 14 Dec 2018 09:04

Mantan Jubir Al-Shabaab yang Membelot ke Pemerintah Ditangkap Pasukan Somalia dan Ethiopia

Mantan Jubir Al-Shabaab yang Membelot ke Pemerintah Ditangkap Pasukan Somalia dan Ethiopia

Jum'at, 14 Dec 2018 09:00

[VIDEO] Bantahan untuk Grace Natalie, Perda Syariah Tak Langgar Aturan Negara

[VIDEO] Bantahan untuk Grace Natalie, Perda Syariah Tak Langgar Aturan Negara

Jum'at, 14 Dec 2018 07:42

[VIDEO] Habib Bahar bin Smith Dijadikan Tersangka, GNPF Ulama Tuntut Keadilan Hukum

[VIDEO] Habib Bahar bin Smith Dijadikan Tersangka, GNPF Ulama Tuntut Keadilan Hukum

Jum'at, 14 Dec 2018 04:54

[VIDEO] Boikot Berbalas Boikot

[VIDEO] Boikot Berbalas Boikot

Jum'at, 14 Dec 2018 02:43

Lifestyle kekinian: Ala Korea atau Islam?

Lifestyle kekinian: Ala Korea atau Islam?

Kamis, 13 Dec 2018 23:23

Virus Islamophobia di Balik Stigma Radikal

Virus Islamophobia di Balik Stigma Radikal

Kamis, 13 Dec 2018 22:08


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X