Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.264 views

Teori Abu Zahara dan Praktik Audit Lembaga Keuangan Islam

Oleh: Tatu Rahmawati (Mahasiswa STEI SEBI)

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan perkembangan keuangan syariah telah menghasilkan beberapa prestasi. Mulai dari banyaknya produk dan layanan, hingga berkembangnya infrastruktur yang menjadi pendukung bagi keuangan syariah.

Sejak beropersinya Bank Muamalat Indonesia keuangan syariah di Indonesia telah berkembang selama lebih dari dua dekade.  Di pasar global, Indonesia termasuk sepuluh besar negara dengan indeks keuangan syariah terbesar di dunia.

Walau demikian, pertumbuhan industri keuangan syariah belum mampu mengimbangi industri keuangan konvensional. Pertumbuhan indsutri keuangan syariah menurut OJK hingga mei 2019 sebesar 11,25%. 14 Bank Umum Syariah, dan 22 Unit Usaha Syariah tercatat sebagai lembaga keuangan syariah di Indonesia.

Roadmap dan peta perjalanan bank syariah telah di susun oleh OJK guna mendorong pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia. Lembaga keuagan syariah, sebagai salah satu bentuk bermuamalah memiliki tujuan akhir yaitu mencapai maslahah.

Seperti yang kita ketahui, Bank Syariah bersamaan dalam kegiatan transaksi bisnisnya juga menjalankan prinsip syariah. Bank Syariah dalam rangka pengawasan dan memberikan masukan kepada manajemen tentang prinsip syariah memiliki pengawas yaitu Dewan Pengawas Syariah (DPS).

DPS bertugas memastikan bahwa operasi Bank Syariah telah sesuai dengan prinsip syariah dan memeberikan keyakinan kepada nasabah bahwa Bank benar menjalankan prinsip syariah (Karim,1999). Bersamaan dengan laporan keuangan audited DPS menerbitkan pula laporannya.

Selain laporan dari DPS yang diterbitkan guna meyakinkan Bank telah beroperasi sesuai prinsip syariah, peran auditor juga sangat penting dalam hal keandalan laporan keuangan Bank Syariah. Peran auditor dengan kompetensi memadai sesuai dengan kebutuhan profesional akuntan yang mengaudit lembaga keuangan yang menjalankan prinsip syariah.

Selain dalam memastikan keandalan, akuntabilitas dan transparansi  laporan keuangan, menurut Hameed dan Yahya (2005) pentingnya organisasi Islam memiliki audit syariah dalam rangka berkontribusi mencapai tujuan maqashid syariah.  

Menururt AAOIFI seorang auditor internal syariah harus memiliki pengetahuan tentang aturan dan prinsip-prinsip syariah. Akan tetapi pengetahuannya tidak harus melebihi pengetahuan Dewan Pengawas Syariah, karena itu auditor tidak berhak memberi opini atas aturan dan prinsip-psinsip syariat.

Khalid dan Harun (2018) dalam penelitiannya yang berjudul “Competency and Effectivness of Internasional Sharia Audit in Islamic Financial Institution” menyatakan bahwa kompetensi auditor syariah (dalam hal ini mencakup pengetahuan, kualifikasi, pendidikan, keterampila, pengalaman dan pelatihan) menjadi sebuah dasar yang membuat audit syariah menjadi efektiv dengan tujuan akhir dapat mencapai maqashid syariah.

Teori Abu Zahara dalam penelitian Khalid dan Harun (2018) dianggap memiliki tujuan akhir yang sama dengan maqashid syariah yaitu memandang tujuan syariah adalah rahmat bagi seluruh umat.  Di dalam teori Abu Zahara ini, ia mengklasifikasikan tujuan menjadi tiga yaitu mendidik individu, membangun keadilan dan mencapai kepentingan umum. Yang nantinya ketiga tujuan ini akan mencapai tujuan akhir yaitu sebuah maqashid syariah.

Keterkaitan tiga tujuan tersebut dengan praktik audit di lembaga keuangan syariah ialah, pertama dalam kegiatan muamalah yang menjadi salah satu tujuan dari mendidik individu ialah mencapai keadilan, dimana seorang auditor diharuskan memiliki karakteristik demikian dalam rangka memvalidasi sebuah laporan keuangan.

Kedua, membangun keadilan dimaksudkan seorang auditor harus menempatkan segala sesuatu sesuai porsinya, tidak boleh menafsirkan sesuatu dengan asal-asalan karena akan merusak kepentingan orang banyak. Ketiga, mecapai kepentingan umum artinya auditor harus memastikan bahwa kebijakan dan program lembaga keuangan syariah dalam hal kebermanfaatan kepada masyarakat umum menjadi elemen yang harus dipertimbangkan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan guna mencapai maslahah bersama.

Pada akhirnya ketiga konsep tujuan Abu Zahara menjadi multidimensi dalam mencapai efektivitas audit syariah. Auditor syariah harus memastikan bahwa transaksi dalam lembaga keuangan syariah wajar dalam semua lini bisnis yang meliputi ketentuan, persyaratan produk dan harga kontrak. Juga auditor syariah harus memastikan semua transaksi tebebas dari unsur negatif yang dapat mengakibatkan ketidakadilan seperti riba, penipuan, perjudian serta korupsi.

Dengan demikian peran auditor menjadi salah satu hal yang bisa mewujudkan cita-cita menggapai maqashid syariah melalui praktik perbankan keuangan syariah guna mencapai hasil akhir yaitu sebuah maslahah.

Dengan perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia yang potensial, hendaknya peran auditor yang mengaudit lembaga keuangan syariah juga memiliki kompetensi khusus yang bisa mengambil rujukan pada konsep Abu Zahara.

Yang nantinya hal ini menjadi salah satu poin yang dapat meningkatkan pertumbuhan industri keuangan syariah bersamaan dengan perbaikan dan pengembangan dalam aspek lain yang juga mempengaruhi. Dengan harapan akhir bahwa yang menjadi tujuan dari sebuah kegiatan muamalah adalah tercapainya maslahah.

 

Referensi:

https://ojk.go.id

https://katadata.co.id

Khalid & Haron (2018). Competency and Effectivities of Internal Sharia Audit in Islamic Financial Institution. Journal of Islamic Accounting and Business Research.

Peni, (2012). Kebutuhan dan Tantangan Audit Syariah dan Auditor Syariah. Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyyah Yogyakarta.

Shahul A & Yahya R, (2005). The objective and characteristics of Islamic Accounting: preception of Malaysian accountants and accounting academics. Malaysian Accounting Review.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

IDC menerima zakat fitrah Rp 40.000 hingga 51.000 per-jiwa, disalurkan kepada Mustahiq dengan prioritas Muallaf dan Fakir Miskin dari kalangan yatim, aktivis Islam, dan dhuafa terdampak pandemi...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Latest News
New Normal Saat Angka Covid-19 Tinggi dan Tanpa Vaksin, Mardani: Bunuh Diri Massal Namanya

New Normal Saat Angka Covid-19 Tinggi dan Tanpa Vaksin, Mardani: Bunuh Diri Massal Namanya

Rabu, 27 May 2020 11:17

Delapan Tahun Cerol-SS23000, Solusi Sertifikasi Halal di Masa Pandemi Covid-19

Delapan Tahun Cerol-SS23000, Solusi Sertifikasi Halal di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 27 May 2020 10:35

Peraturan Gubernur Anies, Jangan Harap Bisa Masuk Jakarta Tanpa SIKM

Peraturan Gubernur Anies, Jangan Harap Bisa Masuk Jakarta Tanpa SIKM

Rabu, 27 May 2020 09:45

Habib Bahar dan Said Didu, Dua Ikon Perlawanan Baru

Habib Bahar dan Said Didu, Dua Ikon Perlawanan Baru

Rabu, 27 May 2020 07:32

Umat Islam Menghadapi Bangkitnya PKI

Umat Islam Menghadapi Bangkitnya PKI

Selasa, 26 May 2020 23:32

Kemenangan Lelang M. Nuh di Gelaran Konser Amal Corona Dianulir

Kemenangan Lelang M. Nuh di Gelaran Konser Amal Corona Dianulir

Selasa, 26 May 2020 23:31

Perlukah Hari Kebangkitan Rasional di Tengah Pandemi Covid-19?

Perlukah Hari Kebangkitan Rasional di Tengah Pandemi Covid-19?

Selasa, 26 May 2020 23:27

Cek Arah Kiblat, 27 dan 28 Mei Matahari Melintas di atas Ka'bah

Cek Arah Kiblat, 27 dan 28 Mei Matahari Melintas di atas Ka'bah

Selasa, 26 May 2020 21:57

Presiden Filipina Duterte Tidak Akan Izinkan Siswa Kembali ke Sekolah Sampai Vaksin Corona Ditemukan

Presiden Filipina Duterte Tidak Akan Izinkan Siswa Kembali ke Sekolah Sampai Vaksin Corona Ditemukan

Selasa, 26 May 2020 21:30

PKS: Pemerintah Jangan Buru-buru New Normal

PKS: Pemerintah Jangan Buru-buru New Normal

Selasa, 26 May 2020 20:44

Hacker Gantikan Panggilan Adzan di Beberapa Masjid Turki dengan Lagu Protes Italia

Hacker Gantikan Panggilan Adzan di Beberapa Masjid Turki dengan Lagu Protes Italia

Selasa, 26 May 2020 20:35

Muslim AS dan Kanada Lakukan Shalat Idul Fitri di Dalam Mobil Di Tengah Pembatasan Virus Corona

Muslim AS dan Kanada Lakukan Shalat Idul Fitri di Dalam Mobil Di Tengah Pembatasan Virus Corona

Selasa, 26 May 2020 20:15

Status New Normal dan Posisi Dilematis Presiden

Status New Normal dan Posisi Dilematis Presiden

Selasa, 26 May 2020 19:51

Saudi Akan Mulai Cabut Pembatasan Pencegahan Virus Corona

Saudi Akan Mulai Cabut Pembatasan Pencegahan Virus Corona

Selasa, 26 May 2020 19:44

Taat Protokol Kesehatan, Perwujudan Kesholehan Sosial

Taat Protokol Kesehatan, Perwujudan Kesholehan Sosial

Selasa, 26 May 2020 18:57

Sulit Hidup Berdamai dengan Corona

Sulit Hidup Berdamai dengan Corona

Selasa, 26 May 2020 17:38

Muslim di Italia Ikuti Aturan Pencegahan Virus Corona Saat Rayakan Idul Fitri

Muslim di Italia Ikuti Aturan Pencegahan Virus Corona Saat Rayakan Idul Fitri

Selasa, 26 May 2020 16:56

Update 26 Mei 2020 Infografis Covid-19

Update 26 Mei 2020 Infografis Covid-19

Selasa, 26 May 2020 16:28

Gelar Halal Bihalal di Tengah Corona, IPW Minta Mendagri Tindak Tegas Rektor IPDN

Gelar Halal Bihalal di Tengah Corona, IPW Minta Mendagri Tindak Tegas Rektor IPDN

Selasa, 26 May 2020 15:06

Miris! Di Tengah Corona, Kampus IPDN Gelar Halal Bihalal Undang Penyanyi dari Jakarta

Miris! Di Tengah Corona, Kampus IPDN Gelar Halal Bihalal Undang Penyanyi dari Jakarta

Selasa, 26 May 2020 14:02


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X