Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.215 views

Sukses Belum Identik Bahagia

 

Oleh:

Hafis Azhari

Penulis novel Pikiran Orang Indonesia dan Perasaan Orang Banten

“Berapa banyak orang yang sukses tapi hidupnya belum bahagia. Padahal sasaran utama yang ingin dicapai dari kesuksesan adalah kebahagiaan hidup."

Dalam ajaran Islam parameter kesuksesan itu mengacu dari doa Rasulullah agar manusia mencapai kebaikan hidup di dunia, yang mengantarkan kebaikan hidupnya di akhirat kelak. Karenanya kualitas ketakwaan seseorang lebih dipentingkan daripada sekadar kekayaan materi atau kedudukan politik semata. Orang-orang saleh, para sufi dan waliullah tidak bergembira dengan sekadar nikmat materi, kecuali bila nikmat materi itu bisa menjadi ladang persemaian untuk mencapai kebaikan akhirat. Bahkan sebaliknya, mereka justru akan bersedih bila materi yang melimpah itu membuat seseorang lupa-diri, serta menjadi penghalang jalannya kebaikan.

Di dalam nilai-nilai ketakwaan, derajat hidup seseorang terukur dari kemanfaatan dirinya di tengah kehidupan masyarakat. Kualitas kekayaan seseorang tak ada artinya selama kepribadian manusia tidak membawa maslahat bagi kepentingan banyak orang. Pada hakiketanya, setiap anugerah yang dilimpahkan Allah kepadanya hanyalah jembatan untuk mencapai kampung akhirat. Karenanya, nikmat hidup yang hakiki yang diperoleh seseorang adalah nikmat yang dapat menjadi ladang persemaian untuk kehidupan akhirat.

Dengan itu, hidup bergelimang materi tidak ada guananya bila tanpa disertai nilai-nilai ketakwaan. Seperti halnya ungkapan Rasulullah (yang diriwayatkan Imam Ahmad): “Sebaik-baik harta ialah harta yang bersih di tangan orang-orang yang saleh.”

Sedangkan kekayaan di tangan orang-orang yang tidak berkah, mereka mengira bahwa popularitas, jabatan, pangkat dan kedudukan adalah tujuan utama dalam kehidupan manusia. Mereka sedih dan frustasi bila tidak mendapatkan apa-apa yang dicita-citakannya. Mereka kecewa dan putus asa bila hasil yang dicapainya tidak sesuai dengan ambisi dan harapan yang direncanakannya semula. Coba kita bayangkan, bagaimana perasaan seorang kandidat dari calon bupati, walikota atau calon anggota dewan, bila ternyata hasil yang mereka capai tidak sesuai dengan target yang menjadi impian dan cita-citanya mereka?

Dalam surat Al-Fajr (ayat 15-16) secara eksplisit disampaikan mengenai tabiat manusia yang kurang beriman, bahwa bila keinginan dan harapannya itu tercapai seakan-akan Tuhan sedang memuliakannya, tetapi bila hasil yang dicapai itu tidak sesuai dengan keinginannya seakan-akan Tuhan sedang menghinakannya. Padahal sesungguhnya, baik kesuksesan maupun kegagalan adalah ujian hidup yang diberikan Tuhan, bagaimana manusia sanggup menyikapinya dengan penuh kesabaran.

Orang sukses yang sabar, dia akan bersyukur dengan menafkahkan hartanya di jalan Allah, demi untuk menolong orang-orang yang kekurangan. Sedangkan orang gagal yang sabar, dia pun akan bersikap tenang dan tawakkal, serta mencari ilmu yang dipelajari dari kekurangan dan kegagalannya, untuk mencapai derajat kesuksesan secara melejit dan gemilang di kemudian hari. Jadi, tidak ada masalah bagi orang beriman (demikian sabda Rasulullah): “Karena mereka akan bersabar bila ditimpa kesulitan, dan mereka akan bersyukur bila datang kemudahan.”

Memang beruntung orang yang pandai dan cerdas dalam mengelola ruang dan waktunya, karena ia tidak terikat oleh ketentuan umum bahwa dalam kesempitan hidup seolah-olah rentangan waktu begitu lama dan panjang. Dan dalam keadaan lapang ia pun tidak terpedaya tetapi sanggup memenej sang waktu untuk menikmatinya, mensyukurinya, dan memanfaatkan dirinya untuk kebaikan dan kemaslahatan banyak orang. Dan bukankah hidup bersyukur itu berarti hidup menikmati anugerah Allah, karenanya sayang sekali bila kita membiarkan sang waktu berjalan begitu cepat dan terbuang sia-sia.

Selain itu, tidak sedikit orang yang tekun beribadah mahdlah, tapi tolok-ukurnya adalah keuntungan dan kekayaan duniawi. Apabila memperoleh kebaikan dalam hal materi, mereka merasa ibadahnya telah membawa manfaat tetapi bila keuntungan itu belum diperoleh mereka menganggap ibadahnya itu hanya perbuatan yang melelahkan saja. Akibatnya, mereka rajin dan tekun beribadah bila hidupnya dalam kecukupan, tetapi akan bermalas-malasan bahkan meninggalkannya bila hidupnya dirundung kesulitan.

Sebagian dari mereka ada juga yang rajin menghitung dan mengkalkulasi jumlah infaq dan sedekahnya secara matematis. Berapa nilai materi yang telah dikeluarkan selama ini, hingga mereka lupa sekan-akan materi itu hanya didapatkan dari usaha dan jerih-payahnya, tanpa campur-tangan Allah. Padahal, kalau Allah menghendaki, mudah saja jumlah kekayaan yang diperoleh itu hilang dalam sekejap. Berapa banyak orang yang menginvestasikan hartanya tetapi dalam hitungan hari lenyap seketika karena ditipu orang. Berapa banyak orang menimbun-nimbun hartanya tetapi dalam tempo sekejap raib karena seorang anaknya divonis menderita penyakit berbahaya. Dan berapa banyak orang yang bertahun-tahun mengumpulkan uang haram untuk mendapatkan mobil mewah tetapi pas keluar dari dealer tiba-tiba tertabrak truk trailer hingga mobil pun hancur dan pemiliknya dilarikan ke rumah sakit.

Beberapa waktu lalu, kita pun menyaksikan bersama ketika dalam waktu satu malam saja, hujan deras datang dan banjir bandang meluluhlantakkan desa dan perkampungan. Mudah bagi Allah untuk memberikan kejutan kenikmatan pada hamba-hamba-Nya, sebagaimana ia mampu untuk memberikan kejutan untuk mengambil kembali apa-apa yang telah kita miliki. Sungguh tidak berdayanya manusia di mata Allah. Karenanya, alangkah bodoh dan idiot bagi mereka yang angkuh dan sombong dengan kesuksesan dan kekayaan yang dimilikinya, dan alangkah sia-sia orang yang gampang frustasi dan putus-asa ketika apa yang menjadi cita-citanya belum tercapai.

Ada dua pilihan di mana manusia diberi kemerdekaan untuk memutuskannya. Apakah akan mengikuti mereka yang mengutamakan nilai-nilai ketakwaan hingga tetap konsisten untuk mensyukuri setiap keadaan, ataukah akan mengikuti golongan mereka yang mengutamakan kebendaan hingga menjerumuskan manusia pada kekufuran dan kehinaan.

Bagi kita yang belum mencapai apa-apa yang diharapkan dalam hidup ini, marilah tekun bersabar dan mengambil hikmah dari segala kekurangan dan kekhilafan. Dan bagi kita yang sedang menikmati kesuksesan dan impian yang sudah terwujud, marilah tekun bersyukur agar keberhasilan itu membawa maslahat dan ladang amal yang membawa pada kebaikan kita di akhirat nanti. Insya Allah.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Muslim India Kecewa Pengadilan Vonis Bebas Terdakwa Konspirator Penghancuran Masjid Babri

Muslim India Kecewa Pengadilan Vonis Bebas Terdakwa Konspirator Penghancuran Masjid Babri

Rabu, 30 Sep 2020 22:40

Pemberontak Syi'ah Houtsi Lakukan 65.971 Pelanggaran Terhadap Anak-anak Yaman

Pemberontak Syi'ah Houtsi Lakukan 65.971 Pelanggaran Terhadap Anak-anak Yaman

Rabu, 30 Sep 2020 20:55

Armenia Angkut Ratusan Militan Komunis Kurdi PKK untuk Perangi Azerbaijan

Armenia Angkut Ratusan Militan Komunis Kurdi PKK untuk Perangi Azerbaijan

Rabu, 30 Sep 2020 20:25

Orang Kaya Saudi Berusaha Pergi Dari Kerajaan Khawatir Represi Yang Meningkat Sejak MBS Berkuasa

Orang Kaya Saudi Berusaha Pergi Dari Kerajaan Khawatir Represi Yang Meningkat Sejak MBS Berkuasa

Rabu, 30 Sep 2020 19:35

Din Syamsuddin dan Pergerakan KAMI Kedepan

Din Syamsuddin dan Pergerakan KAMI Kedepan

Rabu, 30 Sep 2020 08:25

Sexual Content Bertentangan dengan Nilai Indonesia

Sexual Content Bertentangan dengan Nilai Indonesia

Rabu, 30 Sep 2020 06:35

Musala di Tangerang Jadi Sasaran Vandalisme, Ada Tulisan Anti-Islam dan Alquran Disobek

Musala di Tangerang Jadi Sasaran Vandalisme, Ada Tulisan Anti-Islam dan Alquran Disobek

Rabu, 30 Sep 2020 05:59

Covid-19 Menyadarkan Manusia untuk Ikhtiar dan Tawakkal

Covid-19 Menyadarkan Manusia untuk Ikhtiar dan Tawakkal

Selasa, 29 Sep 2020 23:53

Bola Pantul Itu Bernama KAMI

Bola Pantul Itu Bernama KAMI

Selasa, 29 Sep 2020 22:54

Film G 30S PKI, Cara Bangsa Menolak Lupa Kekajaman PKI

Film G 30S PKI, Cara Bangsa Menolak Lupa Kekajaman PKI

Selasa, 29 Sep 2020 22:30

Amir Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah Wafat di Usia 91 Tahun

Amir Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah Wafat di Usia 91 Tahun

Selasa, 29 Sep 2020 22:07

Jilbab Bukti Ketaatan, Bukan Pengekangan

Jilbab Bukti Ketaatan, Bukan Pengekangan

Selasa, 29 Sep 2020 21:41

Pertempuran Hebat Berlanjut di Garis Depan Armenia-Azerbaijan

Pertempuran Hebat Berlanjut di Garis Depan Armenia-Azerbaijan

Selasa, 29 Sep 2020 21:30

Rapatkan Barisan, Pemuda Muhammadiyah Gelar Rakornas

Rapatkan Barisan, Pemuda Muhammadiyah Gelar Rakornas

Selasa, 29 Sep 2020 20:55

Jangan Takut Mengajari Anak Berhijab sejak Dini

Jangan Takut Mengajari Anak Berhijab sejak Dini

Selasa, 29 Sep 2020 20:51

Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Kecam Pembunuhan 2 Nelayan Palestina Oleh Tentara Mesir

Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Kecam Pembunuhan 2 Nelayan Palestina Oleh Tentara Mesir

Selasa, 29 Sep 2020 20:50

KAMI Beruntung, Semakin Dibesarkan oleh Demo Penolakan

KAMI Beruntung, Semakin Dibesarkan oleh Demo Penolakan

Selasa, 29 Sep 2020 20:37

Saudi Paksa Para Pedagang Untuk Tidak Mengimpor Barang Lagi Dari Turki

Saudi Paksa Para Pedagang Untuk Tidak Mengimpor Barang Lagi Dari Turki

Selasa, 29 Sep 2020 20:15

Legislator: Anggaran Penggadaan Vaksin Covid-19 Perlu Diawasi dan Dikawal

Legislator: Anggaran Penggadaan Vaksin Covid-19 Perlu Diawasi dan Dikawal

Selasa, 29 Sep 2020 19:57

Legislator PKS Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

Legislator PKS Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

Selasa, 29 Sep 2020 19:45


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X