Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.676 views

Relevansi Quran dan Akhlak Rasulullah

 
Oleh:
Eeng Nurhaeni
Pengasuh Ponpes Al-Bayan, Rangkasbitung, Banten Selatan
 
 
BAIK, kita coba merenung sejenak bagaimana teks-teks Alquran mengejawantah dalam perilaku Rasul, misalnya dalam hal yang sederhana bagaimanakah Rasulullah menyikapi makanan sebagai nikmat Allah yang terhidang di hadapannya.
 
Suatu hari beliau didatangi seorang petani miskin yang menyuguhkan sepiring anggur di hadapan Rasul, sambil berkata, “Ya Rasul, anggur ini saya tanam berkat hasil kerja keras saya sendiri. Saya ingin menyedekahkan ini, agar dapat dinikmati oleh Rasulullah.”
 
Rasul tersenyum menerima tawaran tersebut dengan menyatakan, “Syukron.” (terimakasih).
 
Orang tua miskin itu menyaksikan Rasulullah menikmati anggur-anggur di atas piring tersebut. Para sahabat di sekelilingnya bertanya-tanya mengapa Rasul menikmati hidangan anggur itu sendirian, tanpa mempersilakan sahabat lain untuk ikut menikmatinya. Sikap Rasul mengundang tanda-tanya dalam beberapa saat. Karena tidak seperti biasanya Rasul menikmati hidangan makanan tanpa menawarkan sahabat lain untuk ikut-serta menikmatinya.
 
Setelah hidangan anggur itu dimakannya hingga habis, petani miskin tersebut pamit meninggalkan Rasul dengan rasa puas. Tak berapa lama, Rasul pun menjelaskan kepada para sahabat mengapa beliau menghabiskan hidangan anggur itu sendirian.
 
“Ketahuilah bahwa rasa anggur-anggur itu kecut dan pahit. Sengaja saya habiskan hidangan itu sendirian karena khawatir kalian akan mencibir dan menertawakan anggur yang dihidangkan petani itu.”
 
Perbincangan sederhana antara Rasulullah dan para sahabat itu mencerminkan bagaimana sikap dan akhlak Rasul dalam menyikapi makanan. Kita tidak boleh cemberut dan bermuka-masam dalam menyikapi makanan yang terhidang di hadapan kita. Jika kita suka nikmatilah, tetapi jika tidak suka tetap harus menghargai usaha dan jerih-payah seseorang yang berniat baik untuk memberikan hidangannya kepada kita, baik dari tetangga, saudara, terlebih hidangan makanan yang disodorkan istri atau orang tua kita sendiri.
 
Itulah cermin dari sikap rahmatan lil alamin. Nampak sangat kontras dengan sikap keseharian dari sebagian masyarakat yang begitu mudahnya mengumbar caci-maki. Kalau seseorang dengan gampangnya mengumbar amarah dan kedengkian kepada manusia sebagai makhluk dan khalifah di muka bumi, dapat kita pastikan bahwa ia akan mudah meremehkan hewan, apalagi terhadap benda yang tak bernyawa seperti makanan dan minuman di hadapannya.
 
Pernah juga, suatu kali Rasul menerima pemberian dari seorang saudagar kaya-raya saat pembukaan Kota Mekah (fathu makkah), yakni beberapa baju sutera berkancing emas. Rupanya dalam soal pakaian Rasul tidak ingin terlihat mencolok dari para sahabat lainnya. Beliau tak mau menampilkan diri laiknya raja yang bertahta bermahkota, kemudian duduk di atas singgasana, sementara rakyatnya tertunduk-tunduk sambil duduk menggelosor di hadapannya. Akhirnya beliau membagi-bagikan baju sutera tersebut untuk para sahabat, disisakan satu potong baju sutera yang kemudian diberikan pula kepada Miswar bin Makhramah (H.R. Bukhari No. 2895).
 
Ketika pasar-pasar diramaikan oleh para pengunjung dan konsumen yang sibuk memilih pakaian terbaik untuk perayaan Idul Fitri, selayaknya kita berkaca pada kepribadian Rasul dalam menyikapi pakaian. Nilai kefitrian yang mengandung arti ‘bersih’ dan ‘suci’ seakan jauh dari pemaknaan rohani, bahwa berpuasa sebulan penuh dapat membawa seorang hamba kepada hati dan qolbu yang mengalami metamorfosis kepada nilai-nilai kebaikan dan kesantunan.
 
Baju taqwa yang ditegaskan dalam Alquran benar-benar dihayati dalam jiwa Rasul, hingga nampak bertolak-belakang pemaknaannya dengan baju luar yang melekat di badan, yang mudah menggelincirkan manusia pada sikap ujub dan riya. Sedangkan Rasul sangat berhati-hati (wara) apabila dirinya kelihatan lebih mentereng daripada para sahabat. Bahkan ketika kedatangan para kepala suku dari pedalaman Arab, para tamu terkaget-kaget menyaksikan Rasulullah duduk sama tinggi bersama mereka. Dalam bayangan mereka, sosok Rasulullah Sang Nabi akhir zaman itu akan menyambut mereka dengan mengenakan mahkota mewah, duduk di atas singgasana laiknya para raja-raja besar. Tapi dugaan mereka meleset, karena Rasul justru berpakaian sederhana, duduk bersila bersama mereka.
 
Pernah juga para sahabat minta penjelasan Siti Aisyah mengenai karakter Rasul yang berbudi pekerti luhur, berprilaku seperti akhlaq Alquran. Di samping penyantun, pemaaf, dan dermawan, dalam kepribadian Rasul tebersit jiwa kejujuran dan kesederhanaan hidup. Hal inilah yang membuat para ulama membedakan antara membaca Alquran dengan menjiwai atau mentadabburi Alquran. Pada yang kedua itu sudah terkandung makna filosofis tentang penghayatan dari message Alquran yang teraplikasi dalam tingkahlaku dan amal perbuatan. Jadi bukan semata-mata tadarus secara seremonial, atau mengaji Alquran secara lateral dan harfiah belaka.
 
Tapi boleh-boleh saja jika ada kelompok maupun grup pengajian yang hendak mengcounter tulisan ini, lantas melalui salah satu juru bicaranya mengatakan bahwa membaca satu huruf dari Alquran sudah banyak pahalanya, terlebih satu ayat, surat hingga juz-juz dalam Alquran. Namun masalahnya, bila kita sibuk berdalil tentang pahala dan ganjaran membaca Alquran, dengan mengabaikan penafsiran luhur dan mendalam yang dapat diaplikasikan dalam tingkahlaku dan karakter bangsa, bukankah dengan begitu seakan ada pemisahan antara keselamatan hidup di dunia dengan di akhirat kelak? Bukankah keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia ini identik dengan keselamatan hidup di akhirat juga?
 
Lalu, sasaran apa yang ingin dicapai dari kesibukan atau kefasihan lomba mengaji Alquran, bila seusai perhelatan tetap terjadi saling gontok-gontokan antar penganut agama dan kepercayaan lain, sambil mengabaikan sikap kesantunan, kebhinekaan, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, yang merupakan bagian dari cermin akhlak Alquran yang teraplikasi dalam sikap dan karakter Rasulullah Saw?
 
Kiranya tepat apa yang disampaikan orang-orang bijak bahwa ayat-ayat suci Alquran hanya dapat dipahami oleh orang-orang yang jiwa dan pikirannya jernih. Ia akan sulit ditangkap bagi jiwa-jiwa kotor yang terselimuti kabut hawa nafsu, kesyirikan, kedengkian dan keangkuhan diri.
 
Hal ini dapat disimpulkan bahwa jiwa-jiwa yang merdeka, bersih dan lapang, akan mudah terhubung dengan ayat-ayat Allah Subhanahu wata’ala. Inilah yang dimaksud dari ungkapan Siti Aisyah tentang kesesuaian akhlak Rasul yang dapat mengaplikasikan ayat-ayat Alquran secara kontekstual.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Latest News
Jumlah Kematian Akibat Virus Corona di Iran Bertambah Menjadi 4.232 Orang

Jumlah Kematian Akibat Virus Corona di Iran Bertambah Menjadi 4.232 Orang

Jum'at, 10 Apr 2020 22:15

Seorang Warga Palestina di Gaza Ditangkap Karena Berupaya Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Seorang Warga Palestina di Gaza Ditangkap Karena Berupaya Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Jum'at, 10 Apr 2020 22:00

Muhammadiyah dan BNPB Sepakat Gotong Royong Kunci Hadapi Corona

Muhammadiyah dan BNPB Sepakat Gotong Royong Kunci Hadapi Corona

Jum'at, 10 Apr 2020 21:59

Kanada Ancam Lakukan pembalasan Atas Pembatalan Pengiriman Pasokan Medis oleh AS

Kanada Ancam Lakukan pembalasan Atas Pembatalan Pengiriman Pasokan Medis oleh AS

Jum'at, 10 Apr 2020 21:35

Israel Konfirmasi Kasus Virus Corona Lampaui 10.000

Israel Konfirmasi Kasus Virus Corona Lampaui 10.000

Jum'at, 10 Apr 2020 21:05

Turki Akan Lacak Pasien Virus Corona dengan Aplikasi Telepon Pintar

Turki Akan Lacak Pasien Virus Corona dengan Aplikasi Telepon Pintar

Jum'at, 10 Apr 2020 20:35

Penerima Paket Sembako Dapat Surat 'Cinta' dari Gubernur Anies

Penerima Paket Sembako Dapat Surat 'Cinta' dari Gubernur Anies

Jum'at, 10 Apr 2020 19:59

Update 10 April 2020 Infografis Covid-19: 3512 Positif, 282 Sembuh, 306 Meninggal

Update 10 April 2020 Infografis Covid-19: 3512 Positif, 282 Sembuh, 306 Meninggal

Jum'at, 10 Apr 2020 16:43

Syubhat Anjuran Merokok di Tengah Wabah Covid-19

Syubhat Anjuran Merokok di Tengah Wabah Covid-19

Jum'at, 10 Apr 2020 16:27

Islamic State Lancarkan Serangan Mendadak di Kota Sukhna Suriah, 18 Tentara Assad Tewas

Islamic State Lancarkan Serangan Mendadak di Kota Sukhna Suriah, 18 Tentara Assad Tewas

Jum'at, 10 Apr 2020 15:05

Perempuan: Antara Covid'19 dan Deklarasi Beijing+25

Perempuan: Antara Covid'19 dan Deklarasi Beijing+25

Jum'at, 10 Apr 2020 11:32

Pernah Tulis Buku Jokowi Satrio Piningit, Musni Umar: Fakta Tak Sesuai Mimpi dan Harapan

Pernah Tulis Buku Jokowi Satrio Piningit, Musni Umar: Fakta Tak Sesuai Mimpi dan Harapan

Jum'at, 10 Apr 2020 09:35

Ombudsman: Pembiaran Terhadap Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Ombudsman: Pembiaran Terhadap Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Jum'at, 10 Apr 2020 08:56

Rapat dengan Gubernur BI, Anis Ingatkan Kebijakan Moneter Bukan Segalanya

Rapat dengan Gubernur BI, Anis Ingatkan Kebijakan Moneter Bukan Segalanya

Jum'at, 10 Apr 2020 07:52

Antara Imun, Iman, dan Islam

Antara Imun, Iman, dan Islam

Jum'at, 10 Apr 2020 06:31

Isu Corona Muncul, Isu Anak Hilang

Isu Corona Muncul, Isu Anak Hilang

Jum'at, 10 Apr 2020 01:11

PKS Minta PLN Gratiskan Listrik Rumah Ibadah Selama Darurat Corona

PKS Minta PLN Gratiskan Listrik Rumah Ibadah Selama Darurat Corona

Kamis, 09 Apr 2020 23:39

Terima Kasih Bapak Presiden SBY

Terima Kasih Bapak Presiden SBY

Kamis, 09 Apr 2020 22:50

Al Faruq dan Solusi Saat Wabah, Rindukah Kita?

Al Faruq dan Solusi Saat Wabah, Rindukah Kita?

Kamis, 09 Apr 2020 22:24

Viral Lagu Aisyah Istri Rasulullah, No Baper-Baper Club Ya!

Viral Lagu Aisyah Istri Rasulullah, No Baper-Baper Club Ya!

Kamis, 09 Apr 2020 22:02


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X