Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.456 views

Silaturrahim dengan Jurnalis Muslim, Ini yang Disampaikan Ketua Umum DDII Adian Husaini

JAKARTA (voa-islam.com)--Cendekiawan Muslim, Dr. Adian Husaini, baru saja menerima tampuk kepemimpinan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII). Adian ditunjuk oleh Dewan Pembina untuk menggantikan Mohammad Siddik sebagai ketua umum periode 2020-2025.

Jumat siang, 2 Oktober 2020, usai shalat Jumat, Adian mengundang pengurus Forum Jurnalis Muslim (Forjim) untuk berbincang tentang dakwah dan media. “Menggregetkan Jurnalistik Dakwah” topik pembicaraannya. Sekitar 15 orang hadir dalam pertemuan yang digelar di lantai delapan gedung Menara Dakwah, Jl Kramat Raya 45 Jakarta Pusat itu.

Forjim sendiri selama ini merupakan salah satu wadah para jurnalis Muslim yang selalu mendukung pemberitaan kegiatan-kegiatan Dewan Dakwah, terutama kegiatan Laznas Dewan Dakwah.

Di awal pembicaraan, Adian bercerita bila dirinya sebenarnya tidak terpikir untuk aktif di Dewan Dakwah. Sepuluh tahun terakhir, kata dia, ia hanya duduk sebagai anggota Dewan Pembina.

Namun, beberapa waktu lalu, atas permintaan Ketua Pembina Profesor AM Saefuddin, agar dirinya menjadi ketua umum, akhirnya ia luluh juga. Amanah sebagai Ketua Umum Dewan Dakwah ia terima.

“Tapi saya ajukan syarat, saya mau jadi ketua umum asal semua pengurus siap menjadikan Dewan Dakwah sebagai lembaga dakwah terbaik,” kata dia.

Tantangan dakwah makin hari disebutnya bukan semakin ringan. Mengutip pendapat pendiri Dewan Dakwah, Allahyarham Mohammad Natsir, menurut Adian, tantangan dakwah eksternal hingga kini ada tiga macam, yakni pemurtadan, sekularisasi, nativisasi. Sementara dari tubuh umat Islam sendiri, salah satu tantangannya yaitu penyakit ‘hubud dunya’ alias cinta dunia.

Dengan tantangan seperti ini, Ketua Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor itu bertekad akan menjadikan Dewan Dakwah sebagai lembaga dakwah yang bisa memandu atau menjadi teladan dalam dakwah di negeri ini.

“Saya pikir saatnya Dewan Dakwah terbang, menjalankan fungsi-fungsi penting menebar dakwah. Bagaimana dakwah yang membangun, rahmat, hingga orang tertarik. Menyebarkan Islam yang tidak menakutkan tapi juga nggak lebay. Tegas tapi tidak menakutkan,” kata dia.

Bicara tentang Dewan Dakwah, Direktur Attaqwa College Depok ini mengatakan, lembaga ini dalam sejarah pendiriannya sangatlah unik. Dewan Dakwah memiliki keterkaitan langsung dengan Masyumi.

“Lembaga ini alurnya dulu adalah organisasi yang mempersatukan seluruh komponen utama umat Islam, Masyumi,” kata dia.

Karena awalnya merupakan organisasi pemersatu, maka hingga kini motto Dewan Dakwah adalah sebagai perekat ukhuwah.

“Dakwah kita sekarang ini ingin banyak merangkul, mendatangi. Jangan sampai kita sibuk melawan, tapi tidak membangun apapun,” kata dia.

Terkait dakwah melalui media, mantan wartawan Harian Berita Buana dan Republika ini, bercita-cita Dewan Dakwah memiliki website atau media online terbesar dan terkemuka. “Saya ingin ketika orang ingin mencari berita, di media kita ada,” kata dia.

Ketua Umum Forjim, Dudy Sya’bani Takdir, mengapresiasi undangan silaturahim yang disampaikan Dewan Dakwah. Dudi mengatakan, lembaga yang dipimpinnya memiliki misi untuk menjalin hubungan dengan berbagai pihak termasuk organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan lembaga dakwah.

Forjim, kata Dudy, juga siap mendukung program-program yang akan dijalankan oleh pengurus Dewan Dakwah di bawah kepemimpinan Adian Husaini. Termasuk rencana pembuatan website dakwah terbesar.

“Kami juga menyampaikan terima kasih, karena selama ini Forjim dapat bekerjasama dengan Laznas Dewan Dakwah,” kata Dudy.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X