Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.164 views

Cinta dalam Sepotong Coklat

 

Oleh:

Dina Wachid

 

COKLAT merupakan kudapan yang disukai oleh berbagai usia. Dari anak kecil hingga orang tua, semua menyukainya.  Rasanya yang manis dan lembut menjadi pemikat siapa saja.

Apalagi di masa sekarang, dimana berbagai bentuk dan jenis olahan coklat bisa ditemukan dimana-mana. Mulai dari beraneka ragam kue, pudding, hingga dalam bentuk minuman, coklat lezat disantap. Banyaknya varian coklat yang tersedia semakin mendapat tempat di hati dan lidah penikmatnya.

Tak hanya enak dirasakan, ternyata coklat juga memiliki berbagai khasiat, khususnya coklat hitam (dark chocolate). Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh.  Kokoa yang merupakan kandungan utama coklat memiliki zat flavanol. Zat inilah yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel dan menurunkan resiko penyakit tertentu seperti tekanan darah, jantung dan diabetes. 

Dilansir dari www.klikdokter.com disebutkan beberapa manfaat coklat bagi tubuh. Diantaranya:

1. Coklat bisa mengembalikan mood. Kandungan feniletilamin yang bersifat anti depresan bisa memberikan efek penenang. Setelah mengonsumsi coklat, galau menjadi berkurang. Apalagi jika makannya ditraktir teman. Jelaslah teramat menyenangkan.

2. Beberapa penelitian juga menunjukkan adanya manfaat coklat untuk otak. Yakni dari kandungan kafein dan teobromin yang mampu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

3. Menghambat Penuaan dini. Kandungan mangan yang tinggi dalam kakao coklat berperan untuk menghasilkan protein kolagen. Protein ini menjaga kulit tampak muda dan sehat.

4. Membantu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi coklat akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi. Ini karena coklat berperan sebagai probiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik. Metabolisme yang bagus, bisa menjaga tubuh ideal.

5. Membantu mengurangi komplikasi pada kehamilan. Teobromin dalam cokelat juga dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil karena dapat merangsang jantung dan membuat pembuluh darah arteri membesar. 

Itulah diantara manfaat coklat. Namun, tetap saja harus diperhatikan seberapa banyak yang dikonsumsi serta efek sampingnya seperti menimbulkan kecanduan dan alergi. Apalagi, sudah banyak cokelat yang diolah dengan penambahan gula, susu, dan lain sebagainya. Alih-alih mendapatkan manfaat cokelat, konsumsi cokelat jenis ini justru berbahaya bagi kesehatan.

Apalagi di momen-momen tertentu seperti acara keluarga, pernikahan, ulang tahun, hari raya atau perayaan hari tertentu seperti valentine day, coklat menjadi pilihan untuk disajikan. Dengan beraneka macam bentuk, rupa dan jumlah yang istimewa, coklat diharapkan membawa kegembiraan melimpah untuk semuanya. Harus hati-hati mengonsumsinya agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Jangan hanya karena senang hingga akhirnya lupa diri.

Agar mendapat manfaat dan kebaikan dari sesuatu, memang diperlukan takaran yang pas. Untuk itu amat penting adanya suatu aturan untuk menentukan dan menata segala sesuatu agar pas dengan ketentuan sehingga bisa memberikan kebaikan yang sebenarnya.

Demikian pula dengan kehidupan, harus ada sebuah aturan yang menjadi panduan manusia untuk melakukan setiap aktivitasnya. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, mulai dari perkara pribadi hingga urusan publik, semua mengikuti aturan yang ada. Bukan hanya agar bisa berjalan dengan baik dan teratur, tetapi benar sesuai ketentuannya.

Ketentuan siapa? Tentunya ketentuan yang menciptakan kehidupan ini. Tersebab kita manusia adalah hamba bagiNya. Dan tugas hamba adalah tunduk dan patuh pada aturan Sang Kuasa. Adakah yang lebih berhak selain Allah bagi manusia untuk ditaati?

Begitu pun dalam urusan cinta, ada rambu-rambu yang wajib diikuti agar ia tak keliru dalam penempatannya. Rasa cinta pada diri manusia merupakan perwujudan dari naluri melestarikan jenis (Gharizatun Nau’). Mencintai tidak hanya terbatas terhadap pasangan, tetapi juga pada anak, orang tua, saudara, kerabat atau siapapun. Munculnya rasa keibuan, rasa kebapakan, keinginan untuk menikah dan berkeluarga, kasih sayang pada sesama, kecenderungan untuk menolong orang lain, dll juga menjadi wujud naluri melestarikan jenis ini.

Naluri itu melekat pada diri manusia, tak bisa dihilangkan. Namun, naluri bisa diatur agar dalam pemenuhannya dilakukan dengan cara menurut aturan yang benar dan tepat. Kita tak bisa menghilangkan rasa cinta yang muncul, tapi kita bisa mengelola rasa cinta itu agar tak menghambat aktivitas, membuat resah dan gelisah, atau tak malah menjerumuskan dengan disalurkan kepada jalur yang benar.

Bagi yang masih belum punya pasangan misalnya, ia bisa mengalihkan rasa cinta dan kasih sayang kepada ibu, saudara, atau yang lainnya selama tak bertentangan dengan aturan. Bisa juga dengan menyibukkan diri pada bermacam aktivitas yang positif dan bermanfaat, seperti mengikuti kajian, bekerja, menghasilkan karya untuk mencerdaskan umat, aktif berdakwah, dsb. Melakukan hal-hal yang baik dan produktif, sembari mempersiapkan diri hingga jodoh benar-benar menghampiri.

Dalam memenuhi rasa cinta haruslah dengan mengikuti apa yang telah diperintahkan. Tak mudah memang mengelola cinta agar tak terperangkap dalam nafsu syahwat semata. Dalam dunia yang terkungkung kapitalisme memang berat, bila tak hati-hati menjaga hati.

Godaan dunia tentang cinta memang begitu derasnya. Terlebih di masa sekarang dimana melalui berbagai media, tayangan yang merangsang naluri ini tak diatur dan justru dibiarkan. Perkara cinta terkena imbas dari penerapan aturan yang materialistis. Ia dikomersilkan begitu rupa untuk mengeruk keuntungan dari para pemujanya.

Atas nama cinta, konten-konten yang tak menjaga pergaulan antara pria dan wanita bertebaran dimana-mana. kisah-kisah romantis dipampang seolah nyata, padahal hanya rekaan untuk menarik penontonnya. Sah saja berlakon layaknya suami-istri, nyatanya hanya pura-pura, demi mengikuti naskah yang disodorkan. Aurat juga dibiarkan terbuka dan ditampilkan sesempurna mungkin demi menaikkan rating.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X