Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.378 views

Cinta dalam Sepotong Coklat

 

Oleh:

Dina Wachid

 

COKLAT merupakan kudapan yang disukai oleh berbagai usia. Dari anak kecil hingga orang tua, semua menyukainya.  Rasanya yang manis dan lembut menjadi pemikat siapa saja.

Apalagi di masa sekarang, dimana berbagai bentuk dan jenis olahan coklat bisa ditemukan dimana-mana. Mulai dari beraneka ragam kue, pudding, hingga dalam bentuk minuman, coklat lezat disantap. Banyaknya varian coklat yang tersedia semakin mendapat tempat di hati dan lidah penikmatnya.

Tak hanya enak dirasakan, ternyata coklat juga memiliki berbagai khasiat, khususnya coklat hitam (dark chocolate). Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh.  Kokoa yang merupakan kandungan utama coklat memiliki zat flavanol. Zat inilah yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel dan menurunkan resiko penyakit tertentu seperti tekanan darah, jantung dan diabetes. 

Dilansir dari www.klikdokter.com disebutkan beberapa manfaat coklat bagi tubuh. Diantaranya:

1. Coklat bisa mengembalikan mood. Kandungan feniletilamin yang bersifat anti depresan bisa memberikan efek penenang. Setelah mengonsumsi coklat, galau menjadi berkurang. Apalagi jika makannya ditraktir teman. Jelaslah teramat menyenangkan.

2. Beberapa penelitian juga menunjukkan adanya manfaat coklat untuk otak. Yakni dari kandungan kafein dan teobromin yang mampu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

3. Menghambat Penuaan dini. Kandungan mangan yang tinggi dalam kakao coklat berperan untuk menghasilkan protein kolagen. Protein ini menjaga kulit tampak muda dan sehat.

4. Membantu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi coklat akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi. Ini karena coklat berperan sebagai probiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik. Metabolisme yang bagus, bisa menjaga tubuh ideal.

5. Membantu mengurangi komplikasi pada kehamilan. Teobromin dalam cokelat juga dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil karena dapat merangsang jantung dan membuat pembuluh darah arteri membesar. 

Itulah diantara manfaat coklat. Namun, tetap saja harus diperhatikan seberapa banyak yang dikonsumsi serta efek sampingnya seperti menimbulkan kecanduan dan alergi. Apalagi, sudah banyak cokelat yang diolah dengan penambahan gula, susu, dan lain sebagainya. Alih-alih mendapatkan manfaat cokelat, konsumsi cokelat jenis ini justru berbahaya bagi kesehatan.

Apalagi di momen-momen tertentu seperti acara keluarga, pernikahan, ulang tahun, hari raya atau perayaan hari tertentu seperti valentine day, coklat menjadi pilihan untuk disajikan. Dengan beraneka macam bentuk, rupa dan jumlah yang istimewa, coklat diharapkan membawa kegembiraan melimpah untuk semuanya. Harus hati-hati mengonsumsinya agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Jangan hanya karena senang hingga akhirnya lupa diri.

Agar mendapat manfaat dan kebaikan dari sesuatu, memang diperlukan takaran yang pas. Untuk itu amat penting adanya suatu aturan untuk menentukan dan menata segala sesuatu agar pas dengan ketentuan sehingga bisa memberikan kebaikan yang sebenarnya.

Demikian pula dengan kehidupan, harus ada sebuah aturan yang menjadi panduan manusia untuk melakukan setiap aktivitasnya. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, mulai dari perkara pribadi hingga urusan publik, semua mengikuti aturan yang ada. Bukan hanya agar bisa berjalan dengan baik dan teratur, tetapi benar sesuai ketentuannya.

Ketentuan siapa? Tentunya ketentuan yang menciptakan kehidupan ini. Tersebab kita manusia adalah hamba bagiNya. Dan tugas hamba adalah tunduk dan patuh pada aturan Sang Kuasa. Adakah yang lebih berhak selain Allah bagi manusia untuk ditaati?

Begitu pun dalam urusan cinta, ada rambu-rambu yang wajib diikuti agar ia tak keliru dalam penempatannya. Rasa cinta pada diri manusia merupakan perwujudan dari naluri melestarikan jenis (Gharizatun Nau’). Mencintai tidak hanya terbatas terhadap pasangan, tetapi juga pada anak, orang tua, saudara, kerabat atau siapapun. Munculnya rasa keibuan, rasa kebapakan, keinginan untuk menikah dan berkeluarga, kasih sayang pada sesama, kecenderungan untuk menolong orang lain, dll juga menjadi wujud naluri melestarikan jenis ini.

Naluri itu melekat pada diri manusia, tak bisa dihilangkan. Namun, naluri bisa diatur agar dalam pemenuhannya dilakukan dengan cara menurut aturan yang benar dan tepat. Kita tak bisa menghilangkan rasa cinta yang muncul, tapi kita bisa mengelola rasa cinta itu agar tak menghambat aktivitas, membuat resah dan gelisah, atau tak malah menjerumuskan dengan disalurkan kepada jalur yang benar.

Bagi yang masih belum punya pasangan misalnya, ia bisa mengalihkan rasa cinta dan kasih sayang kepada ibu, saudara, atau yang lainnya selama tak bertentangan dengan aturan. Bisa juga dengan menyibukkan diri pada bermacam aktivitas yang positif dan bermanfaat, seperti mengikuti kajian, bekerja, menghasilkan karya untuk mencerdaskan umat, aktif berdakwah, dsb. Melakukan hal-hal yang baik dan produktif, sembari mempersiapkan diri hingga jodoh benar-benar menghampiri.

Dalam memenuhi rasa cinta haruslah dengan mengikuti apa yang telah diperintahkan. Tak mudah memang mengelola cinta agar tak terperangkap dalam nafsu syahwat semata. Dalam dunia yang terkungkung kapitalisme memang berat, bila tak hati-hati menjaga hati.

Godaan dunia tentang cinta memang begitu derasnya. Terlebih di masa sekarang dimana melalui berbagai media, tayangan yang merangsang naluri ini tak diatur dan justru dibiarkan. Perkara cinta terkena imbas dari penerapan aturan yang materialistis. Ia dikomersilkan begitu rupa untuk mengeruk keuntungan dari para pemujanya.

Atas nama cinta, konten-konten yang tak menjaga pergaulan antara pria dan wanita bertebaran dimana-mana. kisah-kisah romantis dipampang seolah nyata, padahal hanya rekaan untuk menarik penontonnya. Sah saja berlakon layaknya suami-istri, nyatanya hanya pura-pura, demi mengikuti naskah yang disodorkan. Aurat juga dibiarkan terbuka dan ditampilkan sesempurna mungkin demi menaikkan rating.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Latest News
KontraS Berharap PKS Bisa Lanjutkan Aspirasi Korban HAM Berat Masa Lalu

KontraS Berharap PKS Bisa Lanjutkan Aspirasi Korban HAM Berat Masa Lalu

Rabu, 14 Apr 2021 20:31

Hak Bunuh Diri Bikin Ngeri!

Hak Bunuh Diri Bikin Ngeri!

Rabu, 14 Apr 2021 19:56

Antisipasi Utang BUMN Karya Demi Kepentingan Nasional, Ini Saran Partai Gelora

Antisipasi Utang BUMN Karya Demi Kepentingan Nasional, Ini Saran Partai Gelora

Rabu, 14 Apr 2021 19:27

Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Gugat Penjaranya Karena Larang Dia Pelajari Al-Qur'an

Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Gugat Penjaranya Karena Larang Dia Pelajari Al-Qur'an

Rabu, 14 Apr 2021 18:30

Taliban Tidak Akan Hadiri Pertemuan Puncak Tentang Afghanistan Sampai Pasukan Asing Ditarik

Taliban Tidak Akan Hadiri Pertemuan Puncak Tentang Afghanistan Sampai Pasukan Asing Ditarik

Rabu, 14 Apr 2021 17:45

Mesut Ozil Sumbangkan 101.000 Euro Untuk Pengungsi Rohingya, Suriah Serta Somalia

Mesut Ozil Sumbangkan 101.000 Euro Untuk Pengungsi Rohingya, Suriah Serta Somalia

Rabu, 14 Apr 2021 16:44

Mensos Tak Usulkan Perpanjangan Bansos Tunai, HNW: Harusnya Berpihak pada Rakyat!

Mensos Tak Usulkan Perpanjangan Bansos Tunai, HNW: Harusnya Berpihak pada Rakyat!

Rabu, 14 Apr 2021 15:56

Hukum Puasa Ramadhan Bagian I

Hukum Puasa Ramadhan Bagian I

Rabu, 14 Apr 2021 14:59

Ramadhan, Momen Bonding Bersama Buah Hati

Ramadhan, Momen Bonding Bersama Buah Hati

Rabu, 14 Apr 2021 14:43

Membela Saudara Seiman, Butuh Pengetahuan

Membela Saudara Seiman, Butuh Pengetahuan

Rabu, 14 Apr 2021 14:27

Tips 5 M, Bijak Sosmed Kala Ramadhan

Tips 5 M, Bijak Sosmed Kala Ramadhan

Rabu, 14 Apr 2021 13:10

Ramadhan#1 Persiapan Hadapi Ramadhan

Ramadhan#1 Persiapan Hadapi Ramadhan

Rabu, 14 Apr 2021 12:39

INDONESIA NGERTI, GAK SIH?

INDONESIA NGERTI, GAK SIH?

Rabu, 14 Apr 2021 11:04

Potret Tercabutnya Akar Kehidupan yang Hakiki

Potret Tercabutnya Akar Kehidupan yang Hakiki

Rabu, 14 Apr 2021 08:16

Tuduhan Radikalisme, Kotori Nuansa Sambut Ramadan

Tuduhan Radikalisme, Kotori Nuansa Sambut Ramadan

Rabu, 14 Apr 2021 03:44

Jokowi Masuk Surga?

Jokowi Masuk Surga?

Selasa, 13 Apr 2021 23:31

Resensi Novel Pembuka Hidayah: Biografi Kh. Choer Affandi

Resensi Novel Pembuka Hidayah: Biografi Kh. Choer Affandi

Selasa, 13 Apr 2021 22:49

Ini Fatwa MUI tentang Panduan Ibadah Ramadhan 1442 H

Ini Fatwa MUI tentang Panduan Ibadah Ramadhan 1442 H

Selasa, 13 Apr 2021 22:30

Kesalahan Fatal Komnas HAM

Kesalahan Fatal Komnas HAM

Selasa, 13 Apr 2021 22:25

ADI dan FDP Kirim Kafilah Dakwah Ke Daerah Perbatasan

ADI dan FDP Kirim Kafilah Dakwah Ke Daerah Perbatasan

Selasa, 13 Apr 2021 21:25


MUI

Must Read!
X