Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.126 views

Shalat Tarawih

 

SALAH satu amalan yang dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah shalat Tarawih atau shalat Lail. Allah berfirman: 

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ. قُمِ اللَّيْلَ إِلاَّ قَلِيلاً

“Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya).” (QS. Al-Muzzammil: 1–2).

Definisi

Shalat Tarawih adalah shalat Lail/Tahajjud yang dikerjakan pada bulan Ramadhan. Shalat lail mempunyai banyak nama yang disebutkan para ‘ulama berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, di antaranya adalah Qiyamullail, shalat Tahajjud, shalat Witir, Qiyam Ramadhan dan shalat Tarawih.

Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar At-Tarawih adalah bentuk jama’ dari Tarwihah yang berarti istirahat yang satu kali. Dinamakan shalat malam dibulan Ramadhan dengan At-Tarawih karena ketika pertama kali shalat tersebut diadakan mereka beristirahat antara setiap dua salam. (Fathul Bari IV/294)

Tidak didapatkan seorangpun dari ‘ulama salaf yang mempermasalahkan penamaan/istilah shalat tersebut ditinjau dari segi bahasa. Hal ini disebabkan kaedah yang dikenal di antara mereka (tidak ada pertentangan/perdebatan dalam hal istilah). Oleh karena itu, sangatlah mengherankan apabila ada orang di akhir zaman mencoba mempermasalahkan dan menggugat istilah shalat Tarawih, padahal ‘ulama dahulu telah menamakannya demikian. Wallahul musta’an.

Hukum dan Fadhilah Shalat Tarawih

Shalat Lail merupakan salah satu di antara shalat sunnah yang hukumnya sunnah muakkadah yang sangat ditekankan untuk dilaksanakan, dan dia merupakan shalat sunnah yang paling afdhal. Rasulullah bersabda:

أَفْضَلَ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْمَفْرُوضَةِ صَلاَةٌ مِنَ اللَّيْلِ

“Shalat yang paling afdhal sesudah shalat wajib adalah shalat Lail.” (HR. Muslim II/821 no: 1163)

Oleh karena itu, shalat Lail pada bulan Ramadhan yang dikenal dengan shalat Tarawih, lebih dianjurkan dan dikuatkan hukumnya dari bulan-bulan lainnya karena dikerjakan pada bulan yang paling afdhal. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah r menganjurkan (untuk melaksanakan)Qiyam Ramadhan namun beliau tidak mewajibkan atas kaum Muslimin. Beliau bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang menegakkan Qiyam Ramadhan/shalat Tarawih dengan dasar iman dan mengharapkan pahala maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR. Al-Bukhari II/60 no: 2009 dan Muslim I/523 no: 759)

Disyariatkannya Shalat Tarawih secara Berjama’ah

Salah satu dalil khusus tentang keutamaan shalat Tarawih dikerjakan secara berjama’ah adalah qaul (perkataan) dari Rasulullah sebagaimana yang disebutkan oleh hadits Abu Dzar berkata:

صُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- رَمَضَانَ فَلَمْ يَقُمْ بِنَا شَيْئًا مِنْهُ حَتَّى بَقِىَ سَبْعُ لَيَالٍ. فَقَامَ بِنَا لَيْلَةَ السَّابِعَةِ حَتَّى مَضَى نَحْوٌ مِنْ ثُلُثِ اللَّيْلِ. ثُمَّ كَانَتِ اللَّيْلَةُ السَّادِسَةُ الَّتِى تَلِيهَا فَلَمْ يَقُمْهَا حَتَّى كَانَتِ الْخَامِسَةُ الَّتِى تَلِيهَا ثُمَّ قَامَ بِنَا حَتَّى مَضَى نَحْوٌ مِنْ شَطْرِ اللَّيْلِ. فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ نَفَّلْتَنَا بَقِيَّةَ لَيْلَتِنَا هَذِهِ. فَقَالَ: إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَإِنَّهُ يَعْدِلُ قِيَامَ لَيْلَةٍ

“Kami berpuasa bersama Rasulullah r pada bulan Ramadhan dan beliau belum pernah shalat bersama kami, hingga tersisa tujuh malam dari bulan Ramadhan. Lalu beliau shalat bersama kami pada tujuh malam terakhir tersebut, hingga lewat sepertiga malam, kemudian pada enam malam terakhir malam selanjutnya, beliau tidak shalat bersama kami, kemudian datang malam berikutnya dan beliau shalat bersama kami pada saat lima malam terakhir pada bulan Ramadhan hingga lewat pertengahan malam, lalu kami berkata: Wahai Rasulullah seandainya engkau menambah (shalatmu) kepada kami dari sisa seperdua malam ini, maka beliau bersabda: Sesungguhnya barang siapa yang shalat bersama Imam hingga selesai maka dicatat baginya (seperti) dia shalat Tarawih semalam penuh.” (HR. Ibnu Majah no: 1327. Syaikh Al-Albani mengatakan dalam Shahih Sunan Ibnu Majah I/395: shahih)

Dalil di atas menunjukkan kepada kita bahwa shalat Tarawih afdhal dilakukan secara berjama’ah di masjid, adapun yang menyebabkan Rasulullah r kadang meninggalkannya itu disebabkan kekhawatiran beliau jika akan diwajibkan kepada ummatnya yang akan memberatkan mereka sebagaimana disebutkan dalam hadits:

لَكِنِّى خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوا عَنْهَا

“Akan tetapi (yang menyebabkan saya tidak mengerjakan shalat Tarawih berjama’ah secara terus menerus) karena saya khawatir akan diwajibkan atas kalian (shalat Lail secara berjama’ah) lalu kalian tidak sanggup melaksanakannya.” (HR. Al-Bukhari I/293 no: 924 dan Muslim I/524 no: 761).

Sumber: Buku Panduan Praktis Ramadhan, Penerbit Pustaka Belajar Islam

Didukung oleh Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Jogja

FB: https://www.facebook.com/wahdahinspirasizakatjogja/

IG: https://instagram.com/wizjogja?igshid=12o265etywkwd

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X