Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
27.766 views

Doa Menyongsong Bulan Baru

Segala puji bagi Allah, shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad, keluarganya, para sahabat, serta yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat. Amma ba’du:

Para pembaca yang dirahmati Allah Ta’alaa, tidak berapa lama lagi kita akan menyongsong bulan Ramadhan yang dirindukan oleh para ahli ibadah dan kebaikan, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selalu menyambut gembira datangnya bulan berkah ini, maka sepatutnya kita mencontoh beliau dengan menunjukkan kegembiraan kita dengan kedatangannya.

Diantara bentuk kegembiraan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam menyongsong datangnya bulan-bulan baru termasuk Ramadhan adalah dengan berdoa.

Tidak ada riwayat khusus mengenai doa bulan Ramadhan namun ada doa umum yang bisa kita ucapkan ketika masuk bulan baru Hijriah:

Syeikh Shalih bin Fauzan hafidhahullah pernah ditanya:

Apakah ada doa-doa khusus ketika masuknya bulan Ramadhan yang berkah dan doa apa yang wajib diucapkan seorang muslim pada malam tersebut, saya mohon penjelasannya semoga Allah memberikan keberkahan ?

Beliau menjawab:

Saya tidak mengetahui adanya doa khusus yang diucapkan ketika masuk bulan Ramadhan namun hanya ada doa umum untuk seluruh bulan yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila beliau melihat hilal Ramadhan atau yang lainnya beliau mengucapkan:


"اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام هلال خير ورشد ربي وربك الله"

(Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal iman was salaamati wal islam hilalu khairin wa rusydin Rabbi wa Rabbuka Allahu)

Artinya:” Ya Allah jadikanlah dia bagi kami bulan kebaikan dan keimanan, keselamatan dan Islam, bulan kebaikan dan petunjuk, Rabb-ku dan Rabbmu adalah Allah”.

Dalam riwayat lain dari haditsnya Thalhah bin ‘Ubaidillah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan: ‏


" الله أكبر اللهم أهله علينا بالأمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله‏"‏

(Allahu Akbar Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal iman was salamati wal Islam Rabbi wa Rabbuka Allahu)

Artinya: “Allahu Akbar, Ya Allah jadikanlah dia bagi kami bulan dengan kemananan dan keimanan, dengan keselamatan dan Islam Rabbku dan Rabbmu adalah Allah”.

HR At-Tirmidzi dalam sunannya (juz:9 hal: 142) dari haditsnya Thalhah bin ‘Ubaidillah radhiallahu ‘anhu semacamnya. Lihat juga musnad Imam Ahmad (juz:1 hal:162) dari haditsnya Bilal bin Yahya bin Thalhah bin ‘Ubaidillah dari bapaknya dari kakeknya. Lihat juga musnad Ad-Darimi (juz:2/hal:7) dari haditsnya Ibnu Umar radhiallahu anhu. Lihat juga Kitabus Sunnah oleh Abi ‘Ashim (juz:1/hal:165) dari haditsnya Bilal bin Yahya bin Thalhah bin ‘Ubaidillah dari ayahnya dari kakeknya. Lihat juga Mu’jam Kabir oleh At-Thabrani (juz:12/hal:375) dari haditsnya Ibnu Umar. Lihat juga Al-Mustadrak Al-Hakim (juz:4/hal:285) dari haditsnya Bilal bin Yahya….dan lihat juga Majma’uz Zawaid wa Manba’ul Fawaid (juz:10/hal:139). Lihat juga Tuhfatut Dzakirin (hal:176-177), Lihat juga Faidzul Qadir (juz:5/hal:136-137) dan juga Shahihul Wabilus Shayyib hal:220) .

Doa ini ditujukan ketika melihat hilal bulan Ramadhan atau yang lainnya, adapun yang doa-doa yang dikhususkan untuk masuknya hilal Ramadhan maka saya tidak tahu sedikitpun dalam halitu, seandainya seorang muslim berdoa supaya Allah menolongnya untuk berpuasa bulan Ramadhan atau mengkabulkannya maka hal itu tidak mengapa akan tetapi tidak menentukan doa yang khusus.

(ar/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X