Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.704 views

Doa Diselamatkan dari Pemimpin Kafir (Agar Tidak Dipimpin si Kafir)


"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (SASARAN) FITNAH bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Mumtahanah : 5)

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Sangat lengkap Al-Qur'an dalam mengharamkan pemimpin kafir atas kaum muslimin. Tidak hanya mengharamkan memilih dan mendukung pemimpin kafir dengan larangan, Al-Qur'an juga mengabadikan doa agar tidak dipimpin orang kafir.

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلَّذِينَ كَفَرُوا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (SASARAN) FITNAH bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Mumtahanah : 5)

Doa tersebut, seperti disebutkan Imam Ibnu Jarir al-Thabari di tafsirnya, adalah doa Khalilullah Ibrahim dan para pengikutnya. Kemudian beliau jelaskan maksudnya,

يا ربَّنا لا تجعلنا فتنة للذين كفروا بك فجحدوا وحدانيتك، وعبدوا غيرك، بأن تسلطهم علينا، فيروا أنهم على حقّ، وأنا على باطل، فتجعلنا بذلك فتنة لهم.

“Wahai Tuhan kami, janganleh Engkau jadikan kami sasaran fitnah orang-orang kafir terhadap-Mu, lalu mereka menentang keesaan-Mu, dan menyembah selain-Mu, dengan Engkau jadikan mereka berkuasa atas kami, sehingga mereka menilai diri mereka di atas kebenaran dan menilai kami di atas kebatilan, berarti dengan itu Engkau telah jadikan kami sasaran fitnah mereka.”

Al-Imam Ibnu Katsir menukil pendapat Qatadah Rahimahullah, “Janganlah Engkau (Ya Allah,-pent) menangkan mereka atas kami sehingga menimpakan fitnah dengan kemenangan itu; karena dengan kemenangan itu mereka merasa yang benar.”

Mufassir Syihabuddin Al-Alusi di tafsirnya Ruuh al-Ma’ani,  menjelaskan maksud ayat di atas, “janganlah Engkau kuasakan mereka atas kami sehingga mereka mencaci dan menyiksa kami.” Beliau lanjutkan, “seolah-olah dikatakan: waha Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami disiksa oleh orang-orang kafir.”

Beliau nukil perkataan Mujahid, “Maksudnya: janganlah Engkau siksa kami dengan tangan-tangan mereka, atau dengan adzab dari sisi-Mu sehingga mereka merasa berada di atas kebenaran sedangkan kami berada di atas kebatilan, sehingga meraka menimpakan fitnah kepada kami dengan sebab itu..”

Dari pendapat sejumlah mufassirin, doa atas mengandung makna agar Allah tidak jadikan orang kafir menguasai kaum musimin. Mereka tidak berada di bawa kekuasaan orang kafir sehingga mereka terfitnah agamanya. Maka jelas, doa ini salah satu usaha untuk menghindarkan kita –kaum muslimin- dari kepemimpinan dan kekuasaan orang kafir.

Dosa Sebab Kehinaan

Kaum kuffar tak akan pernah berhenti timpakan fitnah atas kaum muslimin, berkaitan dien maupun dunianya. Namun, makar mereka tak akan mempan jika Allah tak izinkan. Karena segala sesuatu terjadi di muka bumi dengan izin, kehendak, dan takdir-Nya. Lalu apa yang menyebabkan makar mereka sukses?

Suksesnya makar kuffar bukan karena mereka lebih hebat dari Allah Ta’ala. Rabb kita, Allah Jalla Jalaaluh pencipta alam semesta dan menguasai-Nya. Alam raya tunduk kepada perintah-Nya. Dzat Maha kuat dan perkasa; tak ada sesuatu yang bisa melemahkan-Nya.

Suksesnya kuffar menguasai negeri kaum muslimin dan menjajah mereka karena sebab dosa-dosa mereka. Maka di dalam doa tersebut, setelah minta kepada Allah agar tidak dikuasai atau tidak dipimpin orang kafir yang akan menimpakan fitnah atas mereka, meminta ampun kepada Allah dari dosa-dosa yang menjadi sebab Allah membiarkan kekalahan kita.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir al-Sa’di Rahimahullah berkata tentang maksud dosa di atas,

لا تسلطهم علينا بذنوبنا، فيفتنونا، ويمنعونا مما يقدرون عليه من أمور الإيمان، ويفتنون أيضا بأنفسهم، فإنهم إذا رأوا لهم الغلبة، ظنوا أنهم على الحق وأنا على الباطل، فازدادوا كفرا وطغيانا

Janganlah Engkau kuasakan mereka atas kami karena sebab dosa-dosa kami, lalu mereka menimpakan fitnah terhadap kami dan melarang kami melaksanakan perintah keimanan dari yang mereka kuasai. Juga, mereka menimpakan fitnah kepada kami dengan diri mereka, karena apabila mereka menyaksikan kemenangan mereka, pasti mereka menyangka diri mereka berada di atas kebenaran sedangkan saya berada di atas kebatilan, sehingga mereka bertambah kafir dan melampaui batas.

Kemudian doa di atas ditutup dengan menyebut 2 nama Allah yang Maha Indah,  al-‘Aziz dan al-Hakim. Syaikh Sa’di menjelaskan, Al-Aziz, adalah yang perkasa atas segala sesuatu. Al-Hakim adalah yang meletakkan sesuatu pada tempatnya. Maka dengan keperkasaan dan hikmah-Mu, tolonglah kami atas musuh-musuh kami, ampunilah dosa-dosa kami, dan perbaiki kekurangan-kekurangan kami.

Pemimpin Kafir Bahayakan Eksistensi Kaum Muslimin

Kepemimpinan kafir atas kaum muslimin membahayakan dien dan kemaslahatan dunia kaum muslimin (terpeliharanya halal dan haram). Karenanya, Islam haramkan memilih dan mendukung kepemimpinan kafir di wilayah kaum muslimin. Lebih dari itu QS. Al-Maidah: 51 menyingkap, pemimpin kafir memprioritaskan kepentingan sesama mereka. Saling tolong menolong dan bantu membantuk untuk kepentingan mereka. Sedangkan kepada kaum muslimin, mereka tidak. Kenapa? Kata Syaikh Al-Sa’di, karena mereka ada musuh yang sebenarnya sehingga tidak peduli dengan kesengsaraan kaum muslimin. Bahkan, mereka terus menerus berusaha  sedikit demi sedikit untuk menyesatkan kalian. Maka tidaklah mendukung mereka kecuali orang yang semisal mereka.

Satu pendapat yang dinukil Al-Alusi,

المراد ومن يتولهم منكم فإنه كافر مثلهم حقيقة

Maksudnya: siapa yang mendukung mereka dari kalian maka ia kafir yang sebenarnya seperti mereka.

Abdullah bin Utbah, seperti dinukil Ibnu Katsir, berkata tentang ayat itu, “Hendaknya salah seorang kalian berhati-hati menjadi Yahudi ata Nasrani tanpa ia sadari.”

[Baca: Antara Ayat Haramkan Daging Babi dan Haramkan Pemimpin Kafir, Lebih Banyak Mana?]

Penutup

Menghadapi fitnah kuffar yang sedang merajalela di negeri ini kita harus kembali kepada Allah; memohon ampunan kepada-Nya, memperbaiki diri dan bertaqarrub kepada-Nya dengan perkara yang Dia cintai dan ridhai.

Tanamkan husnudzan kepada Allah, bahwa Dia Maha kuasa atas segala sesuatu untuk memenangkan kaum muslimin dan menghindarkan dari fitnah kuffar. Allah kuasa memporak-porandakan strategi jahat terhebat kuffar, mengalahkan dan menghinakan musuh-musuh-Nya. Sehingga hanya kepada-Nya kita bertawakkal setelah berusaha sebagai bentuk ikhtiyar. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Ingin Raih Kemenangan Ramadhan? Ini Tips dari Ustaz Zaitun Rasmin dan Ustaz Abdul Somad

Ingin Raih Kemenangan Ramadhan? Ini Tips dari Ustaz Zaitun Rasmin dan Ustaz Abdul Somad

Jum'at, 07 May 2021 08:55

Kelompok Jihadis Terkait Al-Qaidah Culik Wartawan Prancis Di Mali Utara

Kelompok Jihadis Terkait Al-Qaidah Culik Wartawan Prancis Di Mali Utara

Kamis, 06 May 2021 21:00

Adian Husaini Dorong Media Islam Berkolaborasi Bangun Peradaban Bangsa

Adian Husaini Dorong Media Islam Berkolaborasi Bangun Peradaban Bangsa

Kamis, 06 May 2021 20:39

Malam Jum’at, 25 Ramadhan, Berpotensi Lailatul Qadar 1442 H

Malam Jum’at, 25 Ramadhan, Berpotensi Lailatul Qadar 1442 H

Kamis, 06 May 2021 20:36

Presiden Brazil Bolsonaro Sebut Krisis COVID-19 Terkait 'Perang Biologis' Cina

Presiden Brazil Bolsonaro Sebut Krisis COVID-19 Terkait 'Perang Biologis' Cina

Kamis, 06 May 2021 20:35

Otoritas Palestina Adukan Penggusuran Paksa Penduduk Arab Di Sheikh Jarrah Oleh Israel Ke ICC

Otoritas Palestina Adukan Penggusuran Paksa Penduduk Arab Di Sheikh Jarrah Oleh Israel Ke ICC

Kamis, 06 May 2021 20:15

Saudi Pertimbangkan Larang Jamaah Luar Negeri Untuk Menunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Saudi Pertimbangkan Larang Jamaah Luar Negeri Untuk Menunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Kamis, 06 May 2021 19:01

Telisik Larangan Mudik Versus Penerbangan Wuhan-Jakarta PP

Telisik Larangan Mudik Versus Penerbangan Wuhan-Jakarta PP

Kamis, 06 May 2021 16:01

Manusia Sekian Rupiah

Manusia Sekian Rupiah

Kamis, 06 May 2021 15:00

Jeritan Sopir Pejuang Nafkah Keluarga

Jeritan Sopir Pejuang Nafkah Keluarga

Kamis, 06 May 2021 13:59

Permakluman Tindak Kemungkaran, Ibliskah?

Permakluman Tindak Kemungkaran, Ibliskah?

Kamis, 06 May 2021 12:57

Larangan Mudik Jilid II dengan Problematikanya

Larangan Mudik Jilid II dengan Problematikanya

Kamis, 06 May 2021 11:06

Akhir Ramadhan, ASAR Humanity Berbagi Kebahagiaan dengan Yatim-Dhuafa

Akhir Ramadhan, ASAR Humanity Berbagi Kebahagiaan dengan Yatim-Dhuafa

Kamis, 06 May 2021 10:14

Seorang Wanita Mali Lahirkan 9 Bayi Sekaligus

Seorang Wanita Mali Lahirkan 9 Bayi Sekaligus

Rabu, 05 May 2021 20:27

Taliban Rebut Sebuah Distrik Di Baghlan Utara Afghanistan

Taliban Rebut Sebuah Distrik Di Baghlan Utara Afghanistan

Rabu, 05 May 2021 19:15

Sayap Militer Hamas Peringatkan Israel Atas Serangan Geng Zionis Di Yerusalem Timur

Sayap Militer Hamas Peringatkan Israel Atas Serangan Geng Zionis Di Yerusalem Timur

Rabu, 05 May 2021 18:54

Jangan Tinggalkan Doa Ini di Lailatul Qadar

Jangan Tinggalkan Doa Ini di Lailatul Qadar

Rabu, 05 May 2021 15:08

Tips Menghindari Tag Video Porno di Facebook

Tips Menghindari Tag Video Porno di Facebook

Rabu, 05 May 2021 14:59

Al Qur'an, Perempuan, dan Literasi

Al Qur'an, Perempuan, dan Literasi

Rabu, 05 May 2021 14:52

E-KTP untuk Transgender, dari Toleransi Hingga Mengasihi

E-KTP untuk Transgender, dari Toleransi Hingga Mengasihi

Rabu, 05 May 2021 14:31


MUI

Must Read!
X

Kamis, 06/05/2021 13:59

Jeritan Sopir Pejuang Nafkah Keluarga