Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.652 views

Cara Meruqyah dengan Al-Fatihah

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengabarkan bahwa surat Al-Fatihah bisa untuk meruqyah. Baik meruqyah diri sendiri atau meruqyah orang lain. Karenanya, Imam Al-Syaukani berkesimpulan bahwa di antara nama surat Al-Fatihah adalah Ruqyah. Beliau juga menyebutkan dalam Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an, nama lainnya adalah al-Syafiyah (bacaan penyembuh).

Dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiyallahu 'Anhu, beliau menceritakan sekelompok sahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang berada dalam safar (perjalanan jauh), lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu.

Tidak lama kemudian, kepala kampung disengat binatang berbisa. Penduduk kampung berusaha mengobatinya, namun upaya mereka tidak membuahkan hasil. Sebagian mereka menyarankan, “cobalah kalian datangi rombongan yang datang tadi. Mungkin saja ada di antara mereka yang membawa sesuatu untuk mengobatinya.”

Penduduk kampung tersebut lantas mendatangi rombongan sahabat tadi dan berkata, “wahai para musafir, kepala dusun kami disengat binatang berbisa. Kami telah melakukan berbagai macam upaya untuk menyembuhkannya, namun tidak membuahkan hasil. Apakah di antara kalian ada yang mempunyai cara untuk menyembuhkannya?”

Salah seorang sahabat menjawab, “Benar. Demi Allah, aku bisa meruqyah. Tetapi, Demi Allah, kelian pernah menolak untuk menjamu kami tatkala kami memintanya. Karenanya, aku tidak mau meruqyah kecuali jika kalian bersedia memberikan upah.”

Akhirnya mereka bersepakat untuk memberi beberapa ekor kambing sebagai bayarannya. Sahabat tadi bergegas pergi ke tempat kepala dusun lalu meruqyahnya dengan membacakan surat al-Fatihah, sambil menyemburkan ludah padanya. Seketika itu, kepala kampung itu sembuh. Seakan-akan dirinya baru saja lepas dari ikatan yang membelenggunya. Ia bangun dan berjalan tanpa merasakan sakit lagi.

Penduduk kampung itu menepati upah yang mereka janjikan. Sebagian sahabat meminta agar hadiah itu dibagi untuk mereka. Namun, peruqyah tadi menolaknya, “kita tidak akan membagi sampai mendatangi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan menceritakan apa yang terjadi. Kita menunggu perintah beliau.”

Kemudian mereka mendatangi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan menceritakan kejadian yang mereka alami. Beliau lantas tersenyum dan  bersabda,

وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ

Bagaimana engkau bisa tahu Al Fatihah adalah ruqyah (artinya: bisa digunakan untuk meruqyah, -pen)?

Beliau melanjutkan, “kalian telah melakukan hal yang benar. Bagilah upah tersebut dan berilah aku bagian seperti halnya kalian.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Surat Al-Fatihah terbukti memberikan dampak positif dalam menyembuhkan secara total penyakit yang diderita si kepala dusun, hingga seolah-olah penyakit tersebut tidak pernah ada sebelumnya. “Inilah obat termudah. Seandainya seseorang mampu menggunakan al-Fatihah dengan baik untuk tujuan pengobatan, niscaya dia akan melihat efek penyembuhan yang menakjubkan,” tutur Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Al-Da’ wa al-Dawa’: 9.

Ibnul Qayyim  berkisah dalam kitab yang sama, “saya pernah tinggal di Makkah selama beberapa waktu. Saat itu, saya terkena penyakit tanpa bisa mendapatkan obat maupun tabib. Akhirnya, akhirnya saya mengobati diri sendiri dengan surat Al-Fatihah dan merasakan efeknya yang sangat menakjubkan. Pengalaman ini lantas saya ceritakan kepada orang yang sakit sehingga banyak dari mereka yang sembuh dalam waktu singkat.”

Dalam Madarijus Salikin, Ibnul Qayyim berkisah dengan lebih detail, “Saya merasakan penyakit yang membuat gelisah karena hampir-hampir menghentikan aktifitasku. Hal itu terjadi saat thawaf dan ibadah lainnya. Aku bersegera membaca Al-Fatihah dan mengusapkannya ke anggota tubuh yang sakit. Maka itu seperti ada pasir yang rontok. Aku coba berulang-ulang. Aku juga mengambil secangir zam-zam lalu aku bacakan AL-Fatihah padanya beberapa kali. Kemudian aku meminmnya. Seketika itu aku merasakan manfaat dan kekuatan yang tidak kurasakan khasiat serupa dalam obat lain.” (Madarijus Salikin: 1/58)

Sejumlah ulama juga menuturkan cara lain menggunakan Al-Fatihah sebagai ruqyah dan sarana penyembuh. Di antara cara meruqyah dengan al-Fatihah:

Pertama, membaca Al-Fatihah sekali atau lebih lalu ditiupkan dengan semburan ludah ke tempat sakit.

Kedua, membaca Al-Fatihah sekali atau lebih lalu ditiupkan ke tangan dan diusapkan ke tempat yang sakit.

Ketiga, membacakan Al-Fatihah di segelas air sekali atau lebih –diutamakan ganjil-, lalu diminum.

Keempat, membacakan Al-Fatihah pada segelas atau segayung air sekali atau lebih –diutamakan ganjil- lalu sebagiannya diminum dan sebagiannya diusapkan ke tempat sakit.

Kelima, membacakan Al-Fatihah pada seember air yang disiapkan untuk untuk mandi, sekali atau lebih –diutamakan ganjil- lalu buat mandi. Cara ini dengan catatan, air ruqyah tidak jatuh di tempat najis.

Keenam, membacakan al-Fatihah pada madu (bisa juga dicampurkan dalam air) lalu meminumnya.

Ketujuh, membacakan al-Fatihah pada air zam-zam lalu meminumnya, ini yang dipraktekkan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah.

Kedelapan, membacakan sebanyak 7 kali lalu meniupkannya pada segelas air lalu meminumnya.

Kesembilan, atau bisa dengan cara lainnya berdasarkan pengalaman seperti membacakannya pada secangkir jamu, qustul hindi, segelas kopi, dan lainnya.

Perlu diketahui, khasiat bacaan Al-Fatihah sangat berkaitan dengan keikhlasan orang yang membacanya. Karenanya, hendaknya seseorang ikhlas dalam mengamalkan surat AL-Fatihah ini sebagai ruqyah. Sebabnya, ruqyah bagian dari doa dan doa adalah inti dari ibadah.

Kedua, orang yang mengamalkannya meyakini bahwa kesembuhan itu di tangan Allah. Sedangkan ruqyah hanya sebagai wasilah semata. Oleh sebab itu, hati harus benar-benar bergantung dan bersandar kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

[Baca: Al-Fatihah Sebagai Ruqyah]

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah menyatakan ada dua syarat Al Fatihah bisa dijadikan bacaan ruqyah yaitu:

1. Orang yang membacanya mengimani bahwa bacaan tersebut adalah ruqyah yang bermanfaat.

2. Orang sakit yang diruqyah mengimani kalau ruqyah dengan Al Fatihah bermanfaat.

Karenanya, jika terjadi keterlambatan dalam kesembuhan maka itu disebabkan oleh lemahnya keyakinan dan pengaruh dari orang yang meruqyah atau karena lemahnya keyakinan orang yang sakit terhadap ruqyah ini atau adanya faktor penghalang yang mencegah efek penyembuhan dengan bacaan-bacaan ruqyah yang syar’i itu. Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Israel Serang Masjid Al Aqsha, Ini Pernyataan Sikap DSKS

Israel Serang Masjid Al Aqsha, Ini Pernyataan Sikap DSKS

Selasa, 11 May 2021 17:01

Sikap Wahdah Islamiyah Atas Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsha

Sikap Wahdah Islamiyah Atas Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsha

Selasa, 11 May 2021 16:57

Ditjen Bimas Islam: Ustaz Tengku Zulkarnain Pegiat Dakwah yang Gigih dan Berkarakter

Ditjen Bimas Islam: Ustaz Tengku Zulkarnain Pegiat Dakwah yang Gigih dan Berkarakter

Selasa, 11 May 2021 16:45

WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Muhaimin: Pemerintah Harus Peka

WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Muhaimin: Pemerintah Harus Peka

Selasa, 11 May 2021 16:39

Anis: Rencana Kenaikan PPN Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

Anis: Rencana Kenaikan PPN Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

Selasa, 11 May 2021 16:24

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Masjid JIC Gelar Shalat Id dengan Prokes Ketat

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Masjid JIC Gelar Shalat Id dengan Prokes Ketat

Selasa, 11 May 2021 16:11

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Partai Ummat Mengajak Umat Islam Bersatu

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Partai Ummat Mengajak Umat Islam Bersatu

Selasa, 11 May 2021 16:08

Aksi Solidaritas Umat Muslim Indonesia untuk Palestina dan Bela Masjid Al-Aqsa

Aksi Solidaritas Umat Muslim Indonesia untuk Palestina dan Bela Masjid Al-Aqsa

Selasa, 11 May 2021 12:38

Fraksi PAN Kutuk Aksi Brutal Polisi Israel di Masjid Al Aqsha

Fraksi PAN Kutuk Aksi Brutal Polisi Israel di Masjid Al Aqsha

Selasa, 11 May 2021 12:24

Pasar Dadakan Menjelang Lebaran Imbas Paradoks Kebijakan

Pasar Dadakan Menjelang Lebaran Imbas Paradoks Kebijakan

Selasa, 11 May 2021 12:17

MER-C Mengutuk Aksi Brutal Israel di Masjid Al Aqsa

MER-C Mengutuk Aksi Brutal Israel di Masjid Al Aqsa

Selasa, 11 May 2021 12:01

Legislator: Pemerintah Harus Tegas dan Konsisten Tolak Kedatangan WNA ke Indonesia

Legislator: Pemerintah Harus Tegas dan Konsisten Tolak Kedatangan WNA ke Indonesia

Selasa, 11 May 2021 11:58

Kemenag Terbitkan Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri saat Pandemi

Kemenag Terbitkan Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri saat Pandemi

Selasa, 11 May 2021 11:48

Aksi Cepat Tanggap Serukan Darurat Al-Aqsa

Aksi Cepat Tanggap Serukan Darurat Al-Aqsa

Selasa, 11 May 2021 11:33

Ustad Tengku Zulkarnain: Bintang ILC yang Cerdas dan Tegas

Ustad Tengku Zulkarnain: Bintang ILC yang Cerdas dan Tegas

Selasa, 11 May 2021 11:21

Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah

Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah

Selasa, 11 May 2021 11:18

Fahira Idris: Kebiadaban Israel Setara Teroris

Fahira Idris: Kebiadaban Israel Setara Teroris

Selasa, 11 May 2021 11:04

Ustaz Tengku Zulkarnain Wafat, Sekjen MUI: Semoga Beliau Syahid

Ustaz Tengku Zulkarnain Wafat, Sekjen MUI: Semoga Beliau Syahid

Selasa, 11 May 2021 10:50

Alhamdulillah ini yang dicapai dalam 10 Bulan Ponpes Gratis Manahilul ilmi

Alhamdulillah ini yang dicapai dalam 10 Bulan Ponpes Gratis Manahilul ilmi

Selasa, 11 May 2021 01:27

Peran Orang Tua dan Negara Menyikapi Parodi Sujud “Free Style”

Peran Orang Tua dan Negara Menyikapi Parodi Sujud “Free Style”

Senin, 10 May 2021 21:01


MUI

Must Read!
X

Senin, 10/05/2021 12:23

Lebaran Tanpamu, Dik