Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.859 views

Untuk Kesehatan, Cara Baru Konsumsi Kurma

JAKARTA (voa-islam.com)--Kurma adalah buah yang amat populer di Indonesia. Kurma mengandung banyak manfaat kesehatan. Setiap Ramadhan kurma menjadi penganan saat berbuka puasa.

Kini, tanpa harus menunggu Ramadhan, masyarakat Indonesia bisa mengonsumsi kurma. Cara mengonsumsinya pun bukan cara dimakan, melainkan diminum. Ya, cara lain mengonsumsi kurma. 

Nabil Salim, pengusaha muda kelahiran Cirebon 15 Maret 1983 ini melakukan inovasi dengan memproduksi minuman segar yang bahan dasarnya berasal dari buah kurma alami. Founder dan CEO PT Ajwa Madinah Barakah tersebut menamakan produknya 7Dates (baca: seven dates). 

Penamaan 7Dates diambil dari bahasa Inggris, yang artinya 7 kurma. Nabil membuat minuman tersebut, karena belum ada produk minuman ringan botol yang berbahan dasar hanya kurma dan air. Konsepnya sederhana, menyajikan yang sehat ala kurma. Biar masyarakat lebih mengerti kurma itu enak juga untuk minuman. 

“Sekarang ini banyak produk sejenis Ready to Drink (RTD), tapi untuk kurma belum ada. Yang ada adalah Sari Kurma, Coklat Kurma, tapi minuman kurma belum ada,” kata Nabil yang lama berniaga ekspor ke Timteng, seperti krupuk dan produk UKM lainnya.  

Diharapkan, semua orang bisa mendapatkan khasiat 7 butir kurma dalam sekali teguk, tanpa harus bersusah payah mengkonsumsinya. Menikmati dan merasakan manfaat 7 butir kurma dengan cara yang mudah, cepat, nikmat dan tentunya sehat. 

 

Mengapa 7Dates

Pemakaian nama 7Dates, dikatakan Nabil, bersumber dari hadist Rasulullah tentang keutamaan mengkonsumsi 7 kurma setiap hari. Memang, dalam hadist tersebut hanya mengkonsumsi kurma Ajwa, namun menurut banyak penelitian ahli gizi hampir semua jenis kurma memiliki khasiat baik untuk tubuh. 

Adapun khasiat dari tujuh butir kurma memiliki makna spiritual, yakni: Allah menciptakan langit dan bumi masing-masing tujuh lapis. Jumlah hari dalam sepekan adalah tujuh. 

Manusia mencapai tahapan kesempurnaan penciptaan dirinya ketika telah mencapai tujuh fase. Allah mensyariatkan kepada para hamba-Nya untuk berthawaf tujuh putaran. Sa’i antara Shafa dan Marwah juga sebanyak tujuh putaran. Melempar jumrah masing-masing tujuh kali. Takbir shalat Ied di raka’at pertama juga tujuh kali.

Tidak ingin memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat dan demi menjaga rasa yang alami, Nabil memilih tidak menambahkan campuran apapun dalam 7 dates. 

“Sebotol itu hanya terdiri 7 butir kurma dan air, tanpa perasa buatan, tanpa pewarna buatan, tanpa pemanis buatan, dan bahan pengawet,”ujarnya.

Kendati pada dasarnya semua kurma bisa, namun kurma yang dipakai untuk pembuatan minuman ini hanya jenis kurma tertentu. Pasalnya, itu akan menentukan kualitas dan rasa dari perasan air yang dihasilkan. 

Bicara kurma ada banyak jenisnya. Kurma yang dijadikan minuman segar dalam bentuk botol berasal dari Emirat Arab, namun Nabil tidak bersedia menyebutkan jenis kurma yang dijadikan bahan minuman 7Dates.  

“Untuk kapasitas pemula, baru sekitar 100.000 botol per bulan. Meski, sebetulnya bisa lebih dari itu. Kita lihat dulu marketnya, jangan terlalu besar dulu, sebelum marketnya terbentuk,” pungkas Nabil.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X