Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.375 views

Lebih Dekat Mengenal Thibbun Nabawi Bekam dalam Konteks Syari dan Medis

DENPASAR (voa-islam.com) – Pengobatan Bekam merupakan pengobatan alternatif yang telah banyak dikenal oleh umat Islam bahkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dalam suatu hadist yang diriwayatkan Anas Bin Malik dikatakan bahwa  Rasullullah melakukan bekam ketika beliau sedang berihram karena nyeri dikepalanya.  

Masih dalam hadits yang sama diungkapkan bahwa Rasulullah biasa melakukan bekam di akhdain  dan kahil dan biasanya beliau  berbekam di tanggal 17, 19, 21. Bekam merupakan pengobatan dengan melakukan penyayatan, penghisapan, dan pengeluaran darah kemudian ditampung dalam gelas dengan tujuan untuk mengeluarkan  zat racun yang tidak terekresikan oleh tubuh.

Semua hal mengenai praktek pengobatan bekam dibahas tuntas dalam kajian yang dibawakan oleh Ustadz Dr Faizal Abdillah Shabib pada Kajian Islam Ilmiyah yang diselenggarakan pada hari Ahad (7/1) 2018 pukul 09.00 wita di Masjid Al Fitrah  Jalan Gunung Mangu V Monang-Maning Denpasar.

Ustadz Dr Faizal Abdillah Shabib merupakan pendakwah dan praktisi pengobatan Thibbun Nabawi. Saat ini beliau menjabat sebagai  Direktur RSIA  Wihdatul Ummah Makassar. Ustadz Faizal Abdillah Shabib merupakan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Anggkatan 1996.

Selain itu, ia juga mendapatkan amanah sebagai Direktur Al Quran  Memorization Training, Pembina Dauroh 40 Hari  Menghadal AlQuran AMT. Beliau juga alumni Dauroh 40 Hari Al Quran di Negara Sudan Tahun 2013.

Menurut Dr Faizal, pengobatan bekam sudah dikenal dalam Tradisi yunani Kuno, namun pada saat itu proses bekam banyak menguras darah pasien sehingga darah pasien banyak terbuang. Di Negara China herbalis atau Tabib  bernama Gehong  dalam bukunya Handbook of Prescripton metodebekam dilakukan dengan tanduk. Lebih ektrimnya di Eropa tindakan bekam menggunakan hewan lintah.

Barulah tahun 300 H di Kota Baghdad , Irak metode bekam  mengembangkan metode bekam dengan menggunakan al kayy (besi panas), fashid dan bekam jubb (terbuat dari gelas kaca).

“Di Indonesia metode bekam menggunakan jubb (gelas kaca) dan melumurkan minyak zaitun di tubuh pasien,” jelas Ustadz kelahiran Surabaya 16 September 1977  ini.

Lanjutnya, bekam merupakan alternatif pengobatan kesehatan selain mengonsumsi obat apabila pasien merasakan sakit pada tubuhnya.

“Bekam merupakan sebaik-baiknya terapi, seperti yang dikatakan oleh Ibnu Qoyyim Attibun Nabawi bahwa bekam dapat membersihkan permukaan tubuh, dan mengeluarkan darah kotor disekitar kulit, terapi bekam  sebaikknya dilakukan saat siang hari pada suhu yang panas,” ungkapnya.

Seorang praktisi bekam harus mengetahui titik-titik yang bisa dilakukan terapi. Perlu diingat pengobatan bekam merupakan terapi alternatif dan apabila seorang pasien mengalami sakit juga wajjib dikombinasikan dengan pengobatan medis.

“Tidak disarankan melakukan bekam bagi ibu hamil, seseorang yang memiliki riwayat diabetes mellitus, darah tinggi, maupun kanker,” paparnya.

Ustadz Dr Faizal Abdillah Shabib menambahkan saat ini banyak masyarakat muslim yang belajar menjadi terapis bekam hanya saja masih sebagian kecil yang membuka praktik pengobatan bekam karena terkendala sertifikasi, dukungan dari pemerintah, dan biaya pembelian alat bekam.

“Mudah-mudahan kedepan pemerintah bisa memberikan sertifikasi dan pembinaan secara professional untuk para terapis bekam” tutupnya. [dhani/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X