Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.461 views

Islam, Pionir Layanan Kesehatan Terbaik Sepanjang Masa

 

Oleh:

Mimi Ummu Qo

Aktifis Pemerhati Sosial

 

AWAL tahun 2019, dengan dana seadanya, Ulwan dibawa berobat ke Rumah Sakit Harapan Jayakarta. Dari hasil rontgen, ternyata di dalam usus Ulwan terdapat benjolan pembengkakan hingga perutnya membesar. Karena keterbatasan alat, untuk diagnosa lebih detil Ulwan dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Miris,bocah malang itu tak bisa memperoleh pengobatan yang memadai di Rumah Sakit. Pengobatan BPJS tak bisa ditempuh karena beberapa kelengkapan administrasi tak bisa dipenuhi kedua orang tuanya.

Khadijah, sang ibunda tak bisa berbuat banyak, hanya bisa pasrah, bersabar dan berdoa untuk kesembuhan buah hatinya. Karena sang suami tak bisa lagi menjadi penopang. Sudah satu tahun uzur karena keterbatasan fisik dan sakit-sakitan.

Tak hilang akal, Khadijah harus mati-matian menjadi tulang punggung keluarga. Ia pun mengais rezeki sebagai penjual kerupuk kebab. Dengan penjualan yang tidak menentu, penghasilannya jauh dari cukup untuk biaya pengobatan Ulwan. Bahkan sekedar untuk makan dan menghidupi ketiga anaknya yang masih balita saja masih kekurangan.(voa-islam.com)

Abdul Hamid (60), warga Desa Tonggorisa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, menderita lumpuh selama 20 tahun. Karena miskin, ia hanya bisa pasrah menunggu ajal lantaran tak punya biaya untuk berobat.(kompas.com)

Nurhayati (60) hanya bisa pasrah. Warga miskin di Pangkep itu kini berjuang menghadapi penyakit diabetes yang dideritanya sejak setahun terakhir.Akibat tak memiliki biaya untuk berobat serta tak ada yang mencari uang untuk keluarga ini, Nurhayati memilih tinggal di rumahnya sambil menahan rasa sakit. (news.rakyatku.com).

 

Kapitalisme Menggerus Kemanusiaan

Beberapa kasus diatas adalah secuil gambaran betapa buruknya pelayanan pemerintah terhadap rakyat. Tidakkah pemerintah negeri ini merasa bertanggung jawab atas derita yang menimpa sebagian besar rakyatnya? Atau sekedar iba lalu tergerak membantu, adakah? Nothing! Karena kedudukan mereka sebagai wakil rakyat bukanlah untuk kemaslahatan  rakyat melainkan untuk kepentingan segelintir orang yang punya kuasa dan harta.

Begitulah kapitalisme, sangat ampuh menggerus kemanusiaan elite politik negeri ini. Kehadiran BPJS yang di gadang-gadang akan meringankan urusan perobatan semua kalangan dengan sistem”tolong-menolong” nya hanyalah bualan “penguasa boneka” semata. Toh, yang menjadi pusat perhatian mereka bukanlah mudahnya masyarakat mengakses layanan kesehatan, melainkan meraup keuntungan sebesar-besarnya dari iuran “paksa” yang mereka berlakukan pada kalangan menengah kebawah. Lihatlah  betapa menggiurkannya gaji seorang Dirut BPJS Kesehatan. Bahkan setelah 2 bulan kabinet baru dilantik, mereka masih berkutat dengan defisit, defisit dan defisit yang dialami BPJS. Hingga detik ini politikus negeri ini masih sibuk mengkalkulasikan keuntungan yang bisa“dikantongi” BPJS Kesehatan dengan kenaikan premi per bulannya.

Ah begitulah, berbicara tentang kebobrokan kapitalisme memang tak akanada habisnya. Karena sejatinya kapitalisme sudah cacat sejak lahir dan akan menimbulkan kecacatan-kecatan turunan selama masih diterapkan. Sekarang mari kita perhatikan bagaimana awesome nya Sistem Islam dalam mengatur urusan ummat.

 

Islam Pionir Pelayanan Kesehatan Berkwalitas

Adalah Bymaristan sebuah Rumah Sakit sekaligus Sekolah Kedoktoran bersejarah yang menjadi garda terdepan dalam masalah pelayanan medis di saat bangsa-bangsa Barat sedang dalam masa keterpurukan. Pelayanan kesehatan melalui Rumah Sakit yang dalam bahasa Persia disebutBymaristan ini dirintis oleh Khalifah Al Walid dari Dinasti Bani Umayyah.(hidayatullah.com)

Rumah sakit ini dibiayai oleh para sultan, pejabat, maupun para saudagar yang menyerahkan istana dan aset mewahnya guna pengembangan pelayanan kesehatan masa itu. Termasuk, untuk gaji para dokter, tenaga kesehatan, serta staf rumah sakit lainnya. Awesome!

Pemerintah pada masa itu  memfasilitasi masyarakat dengan layanan kesehatan yang menakjubkan dan berstatus high quality sebagai bentuk riayah (pengaturan) mereka terhadap rakyat.

Penguasa di masa peradaban Islam memahami betul bahwa kesehatan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dimana mekanisme pemenuhannya adalah langsung dipenuhi oleh negara. Karena negara dalam Islam adalah sebagai pengatur urusan rakyat, dan penguasa sebagai pelaksana negara akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT atas pelaksanaan pengaturan ini.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Imam (penguasa) adalah pengurus rakyat dan dia bertanggung jawab atas rakyatnya (HR al –Bukhari dari Abdullah bin Umar ra.)"

Sudah Menjadi kewajiban Negara mengadakan rumah sakit, klinik, obat-obatan dan kebutuhan-kebutuhan kesehatan lainnya yang diperlukan oleh kaum Muslim dalam terapi pengobatan dan berobat.

Imam Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan dari Anas ra. Bahwa serombongan orang dari Kabilah Urainah masuk Islam.  Lalu mereka jatuh sakit di Madinah.  Rasulullah SAW selaku kepala Negara saat itu meminta mereka untuk tinggal di penggembalaan unta zakat yang dikelola Baitul Mal di dekat Quba’.  Mereka dibolehkan minum air susunya sampai sembuh. Semua itu merupakan dalil bahwa pelayanan kesehatan termasuk kebutuhan dasar bagi seluruh rakyat yang wajib disediakan oleh Negara secara gratis dan tanpa diskriminasi.

Hal ini Jauh berbeda dari pelayanan kesehatan yang saat ini diberikan oleh penguasa negeri ini. Karena kepemimpinan mereka dijalankan dengan sistem kapitalis yang hanya mementingkan uang, uang dan uang.

Penguasa negeri ini betul-betul abai terhadap urusan rakyat yang dipimpinnya. Padahal semua itu berat pertanggung jawabaanya dihadapan ALLAH SWT. Sebagaimana nasihat yang pernah disampaikan Rasulullah yang mulia kepada salah seorang sahabatnya Abu Dzar Alghifari tentang kekuasaan.

Dari Abu Dzarr , ia berkata, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau tidak memberiku kekuasaan?” Lalu beliau memegang pundakku dengan tangannya, kemudian bersabda,

يَا أَبَا ذَرٍّ إِنَّكَ ضَعِيفٌ وَإِنَّهَا أَمَانَةٌ وَإِنَّهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ خِزْىٌ وَنَدَامَةٌ إِلاَّ مَنْ أَخَذَهَا بِحَقِّهَا وَأَدَّى الَّذِى عَلَيْهِ فِيهَا

Wahai Abu Dzarr, sesungguhnya engkau adalah orang yang lemah. Dan kekuasaan itu adalah amanah, dan kekuasaan tersebut pada hari kiamat menjadi kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang mendapatkan kekuasaan tersebut dengan haknya dan melaksanakan kewajibannya pada kekuasaannya itu.” (HR. Muslim).

Luarbiasanya Islam ketika diterapkan dalam aturan kehidupan yang komprehensif dalam seluruh sendi kehidupan. Jangankan manusia bahkan tumbuhan dan hewan pun tidak akan dizhalimi oleh penguasanya. Sebab aturan dari maha pencipta adalah aturan paripurna tiada cela. Semoga Allah mengizinkan kita segera merasakan sejahteranya hidup dibawah naungan aturan Islam yang sempurna dalam seluruh sendi kehidupan. Aamiin allahumma aamiin.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Latest News
Covid-19 Makin Menggila, Negara Kehilangan Arah?

Covid-19 Makin Menggila, Negara Kehilangan Arah?

Jum'at, 03 Apr 2020 08:14

Ribuan Napi Dibebaskan di Tengah Wabah Corona, Warganet: Ustaz Abu Bakar Baasyir Paling Layak

Ribuan Napi Dibebaskan di Tengah Wabah Corona, Warganet: Ustaz Abu Bakar Baasyir Paling Layak

Jum'at, 03 Apr 2020 07:51

Memutus Mata Rantai Corona

Memutus Mata Rantai Corona

Jum'at, 03 Apr 2020 07:09

Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil, Tepatkah?

Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil, Tepatkah?

Jum'at, 03 Apr 2020 06:31

Hadapi Covid-19, Muhammadiyah Siapkan 60 Psikolog

Hadapi Covid-19, Muhammadiyah Siapkan 60 Psikolog

Jum'at, 03 Apr 2020 06:18

Wabah Corona dan Abainya Penguasa Kapitalis

Wabah Corona dan Abainya Penguasa Kapitalis

Kamis, 02 Apr 2020 23:59

Lockdown, Kebijakan Setengah Hati Para Penguasa Negeri?

Lockdown, Kebijakan Setengah Hati Para Penguasa Negeri?

Kamis, 02 Apr 2020 23:50

Inilah 5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Pencegah Corona

Inilah 5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Pencegah Corona

Kamis, 02 Apr 2020 23:28

Pendaftaran Program Beasiswa Santri 2020 Dibuka, Kemenag Siapkan Kader Ulama

Pendaftaran Program Beasiswa Santri 2020 Dibuka, Kemenag Siapkan Kader Ulama

Kamis, 02 Apr 2020 23:27

Mendiskusikan Skenario Makro Ekonomi Indonesia

Mendiskusikan Skenario Makro Ekonomi Indonesia

Kamis, 02 Apr 2020 23:00

Anies Alokasikan Dana Rp 3 T untuk Penanganan Virus Corona hingga Mei

Anies Alokasikan Dana Rp 3 T untuk Penanganan Virus Corona hingga Mei

Kamis, 02 Apr 2020 22:26

Menimbang Keefektifan Opsi PSBB

Menimbang Keefektifan Opsi PSBB

Kamis, 02 Apr 2020 22:19

Mudik, Saat Pandemi Ancam Nyawa Keluarga

Mudik, Saat Pandemi Ancam Nyawa Keluarga

Kamis, 02 Apr 2020 22:17

Saudi Berlakukan Jam Malam 24 Jam Setiap Hari di Mekah dan Madinah

Saudi Berlakukan Jam Malam 24 Jam Setiap Hari di Mekah dan Madinah

Kamis, 02 Apr 2020 21:45

AS 'Rampas' 60 Juta Masker Medis yang Ditunjukan Untuk Prancis dari Landasan di Cina

AS 'Rampas' 60 Juta Masker Medis yang Ditunjukan Untuk Prancis dari Landasan di Cina

Kamis, 02 Apr 2020 21:15

Cegah Covid-19, SAR Ditpolairud Polda Aceh Semprot Disinfektan di SMA Negeri 15 Adidarma

Cegah Covid-19, SAR Ditpolairud Polda Aceh Semprot Disinfektan di SMA Negeri 15 Adidarma

Kamis, 02 Apr 2020 20:59

Satgas WITC Kendari Salurkan Paket Logistik di 5 Kecamatan

Satgas WITC Kendari Salurkan Paket Logistik di 5 Kecamatan

Kamis, 02 Apr 2020 20:48

Kritisi Perppu Penanganan Covid-19, Bukhori: Pemerintah Jangan Aji Mumpung di Tengah Pandemi

Kritisi Perppu Penanganan Covid-19, Bukhori: Pemerintah Jangan Aji Mumpung di Tengah Pandemi

Kamis, 02 Apr 2020 20:38

Pakistan Batalkan Hukuman Mati Jihadis Pembunuh Wartawan AS Daniel Pearl

Pakistan Batalkan Hukuman Mati Jihadis Pembunuh Wartawan AS Daniel Pearl

Kamis, 02 Apr 2020 20:30

Menteri Kesehatan Israel Positif Terinfeksi COVID-19

Menteri Kesehatan Israel Positif Terinfeksi COVID-19

Kamis, 02 Apr 2020 20:00


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X