Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.705 views

Placebo Effect Mencegah Kambuhnya Asma Bronkiale

 

Oleh: Sunarti

"Air diminum rasa duri, nasi dimakan rasa sekam."

Artinya tidak enak makan dan minum karena terlalu sedih.Pernah tidak mengalami rasa yang seperti ini? Atau bahkan sering? Begitu rasa yang mewakili tatkala asma kambuh.

Mengi, bengek atau asma, sebutan sebuah penyakit sesak yang disertai bunyi "ngik-ngik" pada penderitanya. Biasanya, mereka yang mengalami ini, sedang berada dalam kondisi sesak, disertai bunyi "ngik-ngik" yang keluar dari area jalan napasnya. Sering pula disertai batuk yang frekwensinya sering dengan konsistensi dahak yang berlebihan.

Asthma, atau secara medis disebut asthma bronkiale, atau kita lebih akrab dengan “asma." Asma merupakan penyakit akibat peradangan dalam saluran udara (bronkus), yang akhirnya membuat saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif. Ini berakibat saluran pernapasan menyempit sehingga udara yang masuk ke paru-paru menjadi berkurang dan terbatas.

Akhirnya, oksigen dalam paru-paru juga berkurang. Akibatnya, seluruh aktivitas peredaran darah yang membutuhkan oksigen juga berkurang. Jantung juga kurang optimal bekerja. Suplai oksigen ke otak juga berkurang, muncullah rasa pening hingga pusing. Keluar keringat dingin dan rasa ampeg yang tidak mengenakkan.

Perjalanan penyempitan belum selesai. Peradangan pun membuat sel di saluran pernapasan, memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya. Lendir ini dapat makin mempersempit saluran pernapasan dan menyulitkan penderita untuk bernapas lega. Memunculkan rasa ingin batuk yang sulit dihentikan. Tapi karena lendir yang berlebihan, saluran napas menyempit dan tersumbat, maka batuk pun terasa berat. Dada terasa ampeg dan napas tersengal-sengal.

Bunyi ngik-ngik atau disebut wheezing atau bunyi napas mengi adalah sebuah keadaan dimana suara napas ketika ekspirasi (mengeluarkan napas) terdengar tinggi atau seperti meniup peluit.

Penyebabnya Kambuhnya Serangan Asma

Penyebabnya utamanya memang belum diketahui. Karena sejatinya, asthma ini muncul jika ada faktor pemicunya. Misalnya saja, asap (segala asap ya, bisa asap rokok, asap membakar sampah-kalai di tempatku diang, itu), debu, bulu binatang, aktivitas fisik sehingga kelelahan, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia dan stres.

Bagi penderita dengan riwayat asthma, saluran pernapasan akan lebih sensitif. Apalagi pemicu munculnya iritasi pada paru-paru. Maka mudahlah saluran napasnya kaku dan menyempit.

Memang, jumlah pasien asma di Indonesia mencapai 4.5 persen dari total jumlah penduduk. Bahkan, WHO menyebut angka kematian akibat penyakit asma di Indonesia mencapai 24.773 orang atau sekitar 1,77 persen dari total jumlah kematian penduduk.

Trik Mudah dan Murah Mengurangi Frekuensi Kambuhnya Asma

Cara paling mudah agar asma tidak kambuh adalah menghindari stres. Jika memang sudah stress, berarti kita musti mengelola stress agar tidak berlarut-larut memunculkan depresi. Ingat, jika akhir-akhir ini banyak orang khususnya perempuan merasa depresi dan akhirnya bunuh diri. Tak jarang, anak jadi pelampiasan, hingga dihilangkan nyawanya.

Dalam sebuah buku berjudul Cure, karya Jo Marchant, dibahaslah tentang efek nosebo dan placebo. Efek placebo dalam diri kita akan mendatangkan pikiran baik, yang nantinya bisa membuat fisik kita kebal dan kuat.

Sesungguhnya secara alami tubuh mampu membentuk opioid alami, secara otomatis juga mampu menahan rasa sakit secara alami pula. Oleh karena itu, saat stress datang, upayakanlah dengan mengalihkan kepada hal-hal yang menyenangkan. Ini bisa berfungsi layaknya opioid kimia buatan yang menimbulkan rasa senang atau power of illusion.

Sebagai muslim, kekuatan ilusi/visualisasi bisa menghadirkan kekuatan keyakinan terhadap adanya pahala, surga dan kebaikan-kebaikan lain yang memang tak kasat mata. Ini semua tertancap kuat sebagai keimanan yang luar biasa. Kebahagiaan di sini bukan semata hal-hal yang berbau materi dan gemerlap dunia, yang suatu ketika akan sirna.

Sebaliknya, efek nocebo, akan memperburuk kondisi pikiran dan fisik kita. Secara psikologis, efek ini akan terasa sangat merusak bahkan bisa mengakibatkan fisik jadi lemah.

Tak perlu heran jika banyak dari kira yang awalnya hanya lelah raga, namun merambat menjadi lelah pada jiwa. Ini semua bisa jadi tersulut karena berbagai persoalan yang menimpa. Selanjutnya, efek nosebo menjadi dominan di benaknya. Maka, bunuh diri seolah menjadi solusi terbaik untuknya. Nauzubillahi min ndzalik.

Sebenarnya, segala persoalan yang hadir bukan semata salah mereka. Karena sesungguhnya sumber semua persoalan ada pada sistem. Yakni, sistem yang mengatur urusan manusia dipisahkan jauh dengan aturan Sang Maha Pencipta.

Ini untuk satu masalah saja yang sifatnya individual. Belum lagi yang lain, yang lebih pelik semacam, ekonomi, pendidikan, pergaulan dan sebagainya. Maka, prasangka baik kepada Allah dalam kondisi apapun haruslah dikedepankan. Jika sedang dalam kondisi stress, perbanyaklah memohon ampunan padaNya.  

Sering kita berdoa isinya hanya memohon keinginan diri. Misalnya, memohon rezeki yang berkah, memohon anak yang shalih/shalihah, memohon kemudahan, dan memohon kebaikan untuk keluarga. Seringkali kita lupa satu hal yang penting yaitu memohon ampun padaNya. Padahal siapa yang menjamin, dalam sehari, kita bebas maksiat? Meski itu maksiat kecil sekalipun. Jadi, kembalikan semua masalah pada yang membuat soal kehidupan yaitu Allah SWT. Insya Allah akan tenang jiwa, raga, dan keimanan kita. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Milisi Pro-Haftar Tangkap Puluhan Warga Derna Libya Setelah Lima Tahanan Kabur Dari Penjara Ghirnata

Milisi Pro-Haftar Tangkap Puluhan Warga Derna Libya Setelah Lima Tahanan Kabur Dari Penjara Ghirnata

Sabtu, 22 Jan 2022 21:38

Lebih 70 Orang Tewas Dalam Pertempuran Setelah Pembobolan Penjara Oleh Islamic State Di Hasakah

Lebih 70 Orang Tewas Dalam Pertempuran Setelah Pembobolan Penjara Oleh Islamic State Di Hasakah

Sabtu, 22 Jan 2022 21:06

Koalisi Pimpinan Saudi Bantah Targetkan Pusat Penahanan Di Provinsi Saada Yaman

Koalisi Pimpinan Saudi Bantah Targetkan Pusat Penahanan Di Provinsi Saada Yaman

Sabtu, 22 Jan 2022 20:45

Poros Partai Islam: Semoga Tidak Layu Sebelum Berkembang

Poros Partai Islam: Semoga Tidak Layu Sebelum Berkembang

Sabtu, 22 Jan 2022 17:00

Karya Santri SMA Ar-Rohmah Putri Juara Terfavorit Kontes Film Pendek Internasional

Karya Santri SMA Ar-Rohmah Putri Juara Terfavorit Kontes Film Pendek Internasional

Sabtu, 22 Jan 2022 16:21

Fahira Idris Terpilih sebagai Ketua Pansus PCR

Fahira Idris Terpilih sebagai Ketua Pansus PCR

Sabtu, 22 Jan 2022 15:56

18 Pasukan Keamanan Kurdi Tewas Dalam Upaya Pembobolan Penjara Oleh Anggota IS Di Hasakah

18 Pasukan Keamanan Kurdi Tewas Dalam Upaya Pembobolan Penjara Oleh Anggota IS Di Hasakah

Sabtu, 22 Jan 2022 15:15

PP 109 Tahun 2012 Batal Direvisi, Bonus Demografi Terancam Asap Rokok

PP 109 Tahun 2012 Batal Direvisi, Bonus Demografi Terancam Asap Rokok

Sabtu, 22 Jan 2022 14:50

Pengelolaan Baik, Sejumlah Masjid Musala Raih Penghargaan dari Amaliah Astra

Pengelolaan Baik, Sejumlah Masjid Musala Raih Penghargaan dari Amaliah Astra

Sabtu, 22 Jan 2022 13:32

Growth Together: Tumbuh Bersama Ciptakan Karya Terbaik Awal 2022

Growth Together: Tumbuh Bersama Ciptakan Karya Terbaik Awal 2022

Jum'at, 21 Jan 2022 16:38

Ikuti Webinar Sehat Tanpa Obat Dengan Quranic Quantum Healing

Ikuti Webinar Sehat Tanpa Obat Dengan Quranic Quantum Healing

Jum'at, 21 Jan 2022 14:11

Pantau Minyak Goreng Satu Harga, Pemerintah Buka Hotline Pengaduan

Pantau Minyak Goreng Satu Harga, Pemerintah Buka Hotline Pengaduan

Jum'at, 21 Jan 2022 13:34

Kiprah Sandiaga Bisa Menjadi Penyemangat Para Pengusaha dari Persis

Kiprah Sandiaga Bisa Menjadi Penyemangat Para Pengusaha dari Persis

Jum'at, 21 Jan 2022 13:10

Kerap Digunakan Tempat Maksiat, Tiga Hotel di Tasikmalaya Disegel Satpol PP

Kerap Digunakan Tempat Maksiat, Tiga Hotel di Tasikmalaya Disegel Satpol PP

Kamis, 20 Jan 2022 22:14

Negara Eropa Desak Israel Hentikan Pembangunan Unit Rumah Baru Di Yerusalem Timur

Negara Eropa Desak Israel Hentikan Pembangunan Unit Rumah Baru Di Yerusalem Timur

Kamis, 20 Jan 2022 21:35

Seorang Muslimah Di Pakistan Divonis Mati Karena Kirim Pesan Penistaan Dan Karikatur Nabi Lewat WA

Seorang Muslimah Di Pakistan Divonis Mati Karena Kirim Pesan Penistaan Dan Karikatur Nabi Lewat WA

Kamis, 20 Jan 2022 21:10

Senat Prancis Larang Pemakaian Jilbab Di Acara Olahraga

Senat Prancis Larang Pemakaian Jilbab Di Acara Olahraga

Kamis, 20 Jan 2022 20:43

Tendang Sesajen, Niat Baik Belum Tentu Diterima dengan Baik

Tendang Sesajen, Niat Baik Belum Tentu Diterima dengan Baik

Kamis, 20 Jan 2022 18:25

Peluang Usaha Varasi Mobil Bagi hasil 20% di Lumajang, Terbatas!

Peluang Usaha Varasi Mobil Bagi hasil 20% di Lumajang, Terbatas!

Kamis, 20 Jan 2022 18:06

Pemerintah Tetapkan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

Pemerintah Tetapkan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

Kamis, 20 Jan 2022 16:58


MUI

Must Read!
X