Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.159 views

Ahli Sarankan tak Perlu Hindari Karbohidrat Usai Olahraga

JAKARTA (voa-islam.com) - Energi bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan berkarbohidrat dengan serat tinggi seperti ubi, oatmeal, beras merah, dan quinoa.

Oleh sebab itu, National Academy of Sports Medicine (NASM) dan organisasi lain merekomendasikan Anda untuk memenuhi asupan karbohidrat sebelum berolahraga dengan makanan-makanan itu. 

Tak hanya itu, bahkan ternyata tubuh juga membutuhkan karbohidrat setelah latihan. Dilansir di laman Health Digest, karbohidrat adalah nutrisi yang menjadi sumber utama dalam pola makan. Itu juga memainkan peran kunci dalam fungsi otak, metabolisme, pertumbuhan otot, dan pemulihan.

Setelah Anda konsumsi, karbohidrat dipecah menjadi glukosa dan digunakan untuk bahan bakar atau energi. Sementara, kelebihan glukosa diubah menjadi glikogen dan kemudian disimpan di hati dan otot. Jika simpanan glikogen telah penuh, kelebihan energi disimpan sebagai lemak.

Tetapi jika Anda aktif secara fisik dan makan karbohidrat dalam jumlah sedang, tubuh akan menggunakannya sebagai sumber energi. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk tak menghindari karbohidrat setelah berolahraga. Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi nasi putih, buah-buahan segar, dan makanan lain yang kaya karbohidrat sederhana saat selesai berolahraga. 

Menurut Journal of International Society of Sports Nutrition (JISSN), hati Anda dapat menyimpan hingga 100 gram glikogen, sementara otot dapat menyimpan 300 hingga 400 gram. Aktivitas fisik, terutama latihan kekuatan dan latihan aerobik intensitas tinggi, menghabiskan simpanan glikogen. 

Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, kekuatan berkurang, dan daya tahan menurun. Jika Anda menunggu terlalu lama untuk mengisi bahan bakar tubuh, kinerja Anda mungkin akan menurun dalam jangka panjang.

Karbohidrat pascaolahraga memiliki peran untuk mengisi kembali simpanan glikogen dan mempercepat pemulihan dari olahraga. Akibatnya, mereka dapat mengurangi kerusakan otot dan meningkatkan kinerja olahraga.

Menurut JISSN, akan lebih baik lagi jika karbohidrat dikonsumsi bersama dengan sumber protein, seperti unggas, daging sapi tanpa lemak, atau telur. Kombo ini dapat meningkatkan komposisi tubuh dan kekuatan otot. 

Asosiasi Ilmu Olahraga Internasional merekomendasikan konsumsi makanan tinggi karbohidrat selama 60 menit pertama pasca latihan. Penuhi karbohidrat kompleks, seperti ubi atau pasta utuh saat sebelum berolahraga dan beralihlah ke karbohidrat sederhana setelah selesai berolahraga.

Jika tak sempat, makanlah protein bar setelah berolahraga. American Academy of Nutrition and Dietetics menyebut, susu cokelat rendah lemak dan smoothie juga merupakan pilihan yang bagus. Anda bisa mengkonsumsinya melalui protein shake dengan madu, pisang tumbuk atau beri. [syahid/voa-islam.com]

sumber: republika.co.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X