Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.507 views

AS Serahkan 55 Mantan Pejabat Saddam Hussein

Penyerahan para tahanan mantan pejabat itu termasuk bagian dari rencana penarikan pasukan AS

 

Hidayatullah.com--Amerika Serikat membebaskan 55 tahanan Iraq mantan orang-orang dekat Saddam Hussein, termasuk Tariq Aziz.

Pengumuman dari Wakil Menteri Kehakiman Iraq itu disampaikan pada hari Rabu (14/7), sebelum pihak Amerika Serikat menyerahkan penjara Kamp Cropper kepada pemerintah Iraq.

Menurut Wakil Menteri Kehakiman Bushro Ibrahim kepada AP, penyerahan penjara kamp tahanan buatan AS itu berlangsung selama tiga hari sejak Senin lalu.

"Hari ini kami menerima 55 mantan pejabat rejim sebelumnya, salah satunya adalah Tariq Aziz, dan yang lainnya adalah para menteri perminyakan dan kebudayaan," kata Ibrahim, seraya menambahkan bahwa Iraq juga menerima mantan Sekretaris Saddam Hussein, Abed Hamoud, mantan Menteri Pendidikan serta Menteri Perdagangan.

"Kami akan menerima tambahan lain besok, tapi saya tidak memiliki informasi tentang hal itu dan kami tidak memiliki daftarnya," ujar wakil menteri itu.

Pihak militer AS sebagaimana dilansir Arab News telah mengkonfirmasi berita tersebut, tapi tidak memberikan identitas siapa saja yang diserahkan ke pemerintah Iraq.

Menurut pihak Iraq, Hussein Rashid Mohammed, mantan Wakil Direktur Operasional Militer Iraq, dan mantan Menteri Pertahanan Sultan Hashim Al-Taie, tidak termasuk mereka yang diserahkan.

Mulai Kamis ini (15/7), pihak keamanan Iraq akan mengambil alih operasional Kamp Cropper dan AS akan menyerahkan sekitar 1.600 warga Iraq yang ditahan Amerika.

Meskipun demikian, militer AS sebelumnya mengatakan bahwa ada 200 orang yang akan tetap berada dalam tahanan mereka atas permintaan pemerintah Iraq dengan alasan keamanan.

Serah terima kamp tahanan tersebut merupakan bagian dari rencana AS untuk menarik sekitar 50.000 pasukannya hingga akhir Agustus mendatang, sebelum akhirnya semua pasukan ditarik.

Tariq Aziz adalah satu-satunya penganut Kristen yang menjabat di pemerintahan Saddam Hussein. Ketika menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Iraq ia dikenal sebagai pembela Saddam dan sering berkeliling dunia untuk melakukan misi diplomatik.

Pertemuannya dengan Menlu AS James A. Baker di Jenewa pada Januari 1991 gagal mencegah terjadinya Perang Teluk 1991.

Beberapa tahun kemudian Tariq Aziz bertemu dengan mendiang Paus Paulus II di Vatikan, beberapa pekan sebelum Amerika Serikat menginvasi Iraq pada Maret 2003, yang mengakibatkan derita berkepanjangan rakyat Iraq hingga saat ini.

Setelah Saddam Hussein digulingkan, Tariq Aziz disidang dan dijatuhi hukuman 22 tahun penjara. Setelah lepas dari tahanan AS, kini ia berada dalam tahanan rejim Iraq bentukan Amerika Serikat. [di/an/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X